Menakar Fitur Hyundai Creta, Calon Penjegal Honda HR-V

17/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Berhadapan langsung dengan Honda HR-V dan Kia Seltos, mari kita bedah apa saja fitur Hyundai Creta yang siap menjadi SUV teranyar Hyundai di Indonesia.

SUV kompak terbaru Hyundai ini memang sempat terlihat sedang ‘berjalan-jalan’ di Tanah Air dengan masih berbalut kamuflase. Kemungkinan besar bakal diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat. Sebelum akhirnya meluncur nanti, mari kita intip apa saja fitur Hyundai Creta yang siap menjegal nama-nama beken seperti Honda HR-V maupun Kia Seltos.

Fitur Hyundai Creta gen 2

Ada beberapa fitur unggulan yang disematkan Hyundai untuk SUV yang sudah lebih dulu dijual di India ini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Panoramic sunroof dengan perintah suara

fitur Hyundai Creta berupa panoramic sunroof
Fitur ini sudah dilengkapi dengan sistem perintah suara

Salah satu keunggulan terbesar dari fitur Hyundai Creta generasi kedua adalah kehadiran sunroof panoramic pintar yang bisa dikontrol dengan suara. Fitur ini memang berbeda dengan voice recognition yang ditawarkan oleh Wuling Almaz maupun SUV lainnya. Kehadiran fitur ini menjadi poin penting mengingat HR-V dan Kia Seltos sudah memiliki panoramic sunroof.

>>> Bila Meluncur di Indonesia, Hyundai Creta Butuh Modal Ini Biar Sukses

2. Rem parkir elektrik dengan penahan otomatis

fitur Electric Parking Brake yang ada pada Hyundai Creta
Ada fitur Electric Parking Brake dengan fungsi auto hold

Dikenal juga dengan nama Electric Parking Brake (EPB), ini memang sudah menjadi fitur yang cukup banyak ditemukan pada mobil keluaran terbaru. Meski Seltos sudah mendapatkan fitur EPB, namun Creta sudah dilengkapi dengan fungsi auto hold atau penahan otomatis untuk mempermudah pengereman ketika kendaraan berhenti, sehingga mencegah mobil meluncur pada saat berhenti di tanjakan.

3. One-Touch Cruise Control

Satu lagi fitur unggulan yang bisa meningkatkan daya saing mobil ini dibandingkan HR-V maupun Seltos. Seperti namanya, Creta generasi kedua yang dipasarkan di India sudah mendapatkan fungsi cruise control yang sudah bisa diaktifkan hanya dengan satu sentuhan. Meningkatkan efisiensi dan kenyamanan berkendara di jalanan yang tak terlalu padat.

>>> Sports Car Hyundai Bertenaga 640 HP Ini Berbahan Bakar Air

Fitur terbaru di Hyundai Creta Facelift

Bahkan sebelum muncul di Indonesia, Hyundai telah memperkenalkan versi facelift di Rusia dan Amerika Selatan, contohnya di Brasil dan Argentina. Sehingga tak menutup kemungkinan model yang nantinya diperkenalkan di Indonesia adalah edisi facelift terbaru Creta.

Pembaharuan yang diberikan termasuk fitur kamera baru Blind Sport Monitoring yang disematkan pada konsol instrumen digital. Selain menjaga pengemudi tetap waspada terhadap kendaraan dari titik buta, sistem ini juga akan memperingatkan jika ada pesepeda maupun pejalan kaki dan menerapkan Pengereman Otonom untuk mencegah tabrakan.

facelift Hyundai Creta 2022 terbaru berwarna biru
Edisi terbaru Hyundai Creta 2022 yang telah dirilis di Brasil

Selain itu, Hyundai juga menambahkan fitur Left Convergence Defection yang akan memperingatkan jika ada risiko tabrakan dengan kendaraan yang datang dari sisi yang berlawanan dengan mengaktifkan sinyal untuk berpindah ke jalur sebelah kiri. Jika risiko masih ada, maka pengereman akan diterapkan secara otomatis.

Hyundai Creta 2022 juga mendapatkan fitur keselamatan yang tak kalah dibandingkan pesaingnya, termasuk Deteksi Kelelahan pada Driver Fatigue Detector yang akan mendeteksi kelelahan pada pengemudi, Adaptive High Light dan Adaptive Speed Control, serta enam airbag yang tersebar di dalam kabin.

Sayangnya belum ada kepastian apakah model yang akan dibawa ke Indonesia nantinya merupakan edisi awal dari generasi kedua yang meluncurkan awal 2020 silam, atau versi facelift Creta 2022. Sedangkan harga Hyundai Creta kemungkinan besar berada di angka Rp 300 jutaan, atau bahkan bisa lebih rendah untuk menggaet peminat di segmen SUV kompak Tanah Air.

>>> Harga mobil Hyundai terbaru dan promo 2021 terbaik ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top