Komparasi Honda Mobilio vs BR-V: Dimensi Setara, Kenyamanan Gimana?

26/11/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Honda Mobilio vs BR-V 2022, kedua mobil ini memang pernah berbagi sasis yang sama. Tapi dengan pembaruan di tahun 2022, bagaimana aspek kenyamanan keduanya?

Dua mobil besutan Honda ini memang dipersiapkan sebagai mobil keluarga perkotaan dengan tampilan yang stylish, nyaman, dan tentu saja handling yang memikat. Komparasi Mobilio vs BR-V bisa dipertimbangkan dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil ini. Apalagi kedua mobil ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Dimensi Mobilio vs BR-V

Dari segi dimensi, kedua mobil memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Walaupun Honda BR-V pada generasi pertama dikembangkan dari basis Honda Mobilio, namun perubahan besar di generasi kedua terlihat dengan memisahkan platform BR-V 2022 menggunakan mobil konsep N7X milik Honda.

mobil baru Honda Mobilio berwarna merah
Honda Mobilio yang terakhir kali mendapatkan perubahan pada 2019

Spesifikasi dimensi Honda Mobilio tercatat memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Sedangkan Honda BR-V 2022 memiliki dimensi yang sedikit lebih besar, yaitu panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.685 mm.

Begitu pula dengan jarak sumbu roda, atau wheelbase, dimana kedua mobil memiliki perbedaan yang cukup kecil. Wheelbase Mobilio tercatat 2.650 mm, sedangkan BR-V yang lebih baru lebih panjang 50 mm dengan catatan 2.700 mm.

mobil baru Honda BR-V 2022 berwarna putih
Honda BR-V 2022 dikembangkan dari mobil konsep Honda N7X

Bukan hanya untuk pengendaraan perkotaan, Honda BR-V yang dipasarkan sebagai SUV memang diperuntukkan melewati jalanan bermedan kasar. Didukung dengan ground clearance yang terbilang tinggi untuk sebuah crossover, yaitu 200 mm. Sedangkan Mobilio yang dikhususkan sebagai kendaraan perkotaan memiliki ground clearance 180 mm.

>>> Mengenal Beda Tipe Honda BR-V 2022, Penantang Dominasi Rush & Terios

Interior Mobilio vs BR-V

Dengan dimensi yang kurang lebih sama, tentunya kelegaan ruang interior tak jauh berbeda. Interior Honda BR-V dan Mobilio memiliki kesamaan dalam hal ruang kabin. Memiliki kapasitas untuk tiga baris tempat duduk, ruang di bangku baris belakang cukup baik untuk memberi tempat bagi penumpang dewasa. Walaupun mungkin tak terlalu nyaman dalam perjalanan jarak jauh.

kursi Mobilio berwarna beige dengan konfigurasi 7-seater
Kedua mobil sama-sama menggunakan konfigurasi 7-seater

Kepraktisan di dalam kabin bisa dibilang dimenangkan oleh Mobilio. Karena selain memiliki fitur One Touch Tumble, Mobilio dibekali dengan berbagai ruang penyimpanan yang tersebar di dashboard, doortrim, dan konsol tengah. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai bagaimana kepraktisan BR-V terbaru. Namun kemungkinan besar tak begitu jauh dibandingkan Mobilio.

>>> Beda Tipe Mobilio di Indonesia, Jadi Lebih Murah dari Avanza

Mesin Mobilio vs BR-V

Kedua mobil memang sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter. Tapi Honda membedakan rasa berkendara yang diberikan oleh dua mobil yang dahulunya berbagi mesin yang sama. BR-V mendapatkan peningkatan teknologi yang membuatnya memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan Mobilio.me

mesin Honda BR-V 2022 berkapasitas 1.5 liter
Honda Mobilio vs Honda BR-V sama-sama menggunakan mesin 1.5 liter

Untuk catatan teknisnya, spesifikasi teknis Mobilio mampu mengeluarkan tenaga sebesar 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 5.500 rpm. Peningkatan teknologi milik BR-V menghadirkan keluaran tenaga lebih besar menjadi 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm, membuatnya menjadi mobil dengan keluaran tenaga tertinggi di kelasnya.

Yang membedakan kedua mobil tentunya pengendaraan antara Mobilio vs BR-V. Dimana BR-V dipercaya memberikan rasa berkendara yang lebih sporty dengan sistem suspensi yang lebih kaku. Sedangkan Mobilio membawa kesan berkendara yang lebih lembut dengan akselerasi di putaran rendah yang menawan, cocok untuk dibawa berkendara di jalanan perkotaan dengan kondisi stop-and-go.

Fitur Mobilio vs BR-V

Head unit 8.0 inci yang terpasang pada dashboard menjadi pusat hiburan selama berkendara, termasuk dengan 6 premium speaker dan 2 tweeter yang terpasang di dalam kabin menambah kualitas audio sepanjang pengendaraan. Ada pula AC otomatis dengan kemampuan auto climate control.

BR-V memiliki head unit 7.0 inci dengan berbagai fitur anyar, seperti Bluetooth, USB, dan kelengkapan fungsi handsfree, meskipun audio yang ditawarkan tak jauh berbeda. Ada optimalisasi kondensor dan kompresor yang membuat AC BR-V mampu mendinginkan suhu 12% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Honda Sensing pada Honda BR-V 2022
BV-V 2022 sudah dilengkapi dengan Honda Sensing

Namun dari segi keselamatan, Mobilio harus mengakui kelengkapan yang diberikan pada Honda BR-V 2022. Pasalnya tipe tertinggi dari SUV kompak Honda ini sudah mendapatkan sistem Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) dan Honda Sensing yang meliputi,

  • Auto High-Beam
  • Adaptive Cruise Control
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist Systems (LKAS)
  • Lead-Car Departure Notification (LCDN)
  • Road Departure Mitigation System (RDM).

Sedangkan untuk Honda Mobilio, pengaturan keselamatannya bisa dibilang sudah tertinggal jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Mobilio hanya dibekali dengan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Vehicle Stability Assist (VSA), fitur yang sudah ditemukan pada BR-V terbaru.

>>> Komparasi Fitur Honda Mobilio vs Avanza 2022, Avanza Menang Telak?

Harga Mobilio vs BR-V

Ada harga tentu saja ada kenyamanan dan teknologi canggih. Kedua mobil memiliki banderol harga yang sangat jauh berbeda. Dimana harga Honda Mobilio dimulai dari Rp 197 jutaan, sedangkan harga Honda BR-V lebih tinggi dibandingkan Mobilio tipe tertinggi, dengan banderol Rp 275 jutaan. Berikut rangkaian lima tipe yang dipasarkan serta harga kedua masing-masing tipe dari mobil ini.

Tipe Honda Mobilio

Harga

Tipe Honda BR-V

Harga

Honda Mobilio S M/T

Rp 197.600.000

Honda BR-V S M/T

Rp 275.900.000

Honda Mobilio E M/T

Rp 217.200.000

Honda BR-V E M/T

Rp 289.900.000

Honda Mobilio E CVT

Rp 227.400.000

Honda BR-V E CVT

Rp 299.900.000

Honda Mobilio RS M/T

Rp 239.800.000

Honda BR-V Prestige M/T

Rp 321.900.000

Honda Mobilio RS CVT

Rp 250.000.000

Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing

Rp 339.900.000

Honda Mobilio vs BR-V memiliki karakteristiknya tersendiri. Honda BR-V memang diperuntukkan bagi pengendara yang menginginkan tunggangan yang sporty namun tetap menyenangkan untuk pengendaraan bersama keluarga. Bagi bagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan berkendara di jalanan perkotaan dan harga yang lebih terjangkau, Honda Mobilio masih menjadi pilihan terbaik.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda BR-V terbaru?
Harga Honda BR-V mulai dari Rp 275 jutaan untuk tipe terendah BR-V S, dan Rp 339 jutaan untuk tipe tertinggi Honda BR-V Prestige with Honda Sensing.
Berapa kapasitas tempat duduk Honda Mobilio?
Berada di segmen Low MPV, Honda Mobilio memiliki konfigurasi 7-seater atau 3 baris tempat duduk.
Berapa dimensi Honda BR-V 2022?
Honda BR-V memiliki dimensi panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.685 mm. 

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top