Komparasi Fitur Honda Mobilio vs Avanza 2022, Avanza Menang Telak?

25/11/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Meramaikan persaingan Low MPV di Indonesia, intip lagi beda komparasi fitur antara Honda Mobilio vs Avanza terbaru yang baru diperkenalkan November lalu.

Honda Mobilio dan Toyota Avanza masih menjadi bagian dari persaingan Low MPV di Tanah Air. Komparasi Mobilio vs Avanza terbaru patut menjadi perhatian, mengingat Toyota menawarkan berbagai peningkatan dari generasi ketiga yang diperkenalkan pertama kali pada awal November 2021 lalu.

Ada banyak ubahan yang ditawarkan pada Avanza, mulai dari desain yang lebih maskulin, fitur baru, serta perubahan menyeluruh dari segi sasis dan penambahan transmisi CVT yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Honda Mobilio. Sedangkan Mobilio terakhir kali mendapatkan peningkatan fitur dan tampilan pada Februari 2019 silam.

Kali ini kami tidak akan membahas tampilan eksterior maupun interior dari kedua mobil ini. Mengingat hal tersebut merupakan selera dan preferensi masing-masing pengguna. Komparasi kali ini akan fokus pada fitur serta mesin yang digunakan pada Honda Mobilio dan All New Avanza 2022.

Fitur infotainment Mobilio vs Avanza 2022

Ruang kabin Mobilio bisa dibilang cukup baik dalam hal akomodasi, meski sayang bangku baris ketiga tidak begitu lega untuk penumpang dewasa. Sistem Auto climate dengan A/C turut berjasa membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman. Didukung oleh 6 speaker premium yang menemani sepanjang perjalanan.

head unit Honda Mobilio berwarna hitam
Interior Honda Mobilio dengan head unit berukuran 8.0 inci

Head unit berukuran 8 inci untuk Mobilio RS sebagai varian tertinggi terpasang pada dashboard, sedangkan tipe terendah berukuran 6,2 inci. Semuanya sudah didukung dengan konektivitas USB, AUX, Bluetooth dan konektivitas smartphone termasuk Android Mode dengan menggunakan Smart App.

Sistem hiburan dari Avanza mengandalkan head unit layar sentuh baru yang lebih besar. Versi 9.0 inci bergaya floating membuat mobil ini terkesan lebih modern dibandingkan sebelumnya, Ada konektivitas Bluetooth, USB, dan pemutar radio. Hanya saja belum ada konektivitas Android Auto atau Apple CarPlay.

head unit Toyota Avanza berukuran 9.0 inci
Interior All New Avanza sudah dilengkapi head unit 9.0 inci

Toyota menyematkan enam speaker yang tersebar di dalam kabin dan dua tweeter di bawah pilar A. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah, ada switch control terpasang pada bagian tengah kemudi, lalu tambahan USB Port dan Power sot untuk mempermudah penumpang mengisi daya smartphone mereka.

>>> Beda Avanza vs Xenia 2022, Mana yang Lebih Value for Money?

Fitur keselamatan Mobilio vs Avanza

Mobilio juga harus mengakui ketertinggalannya dalam hal keselamatan. Pasalya Honda masih belum menambahkan fitur keselamatan canggih Honda Sensing yang bahkan sudah disematkan pada Honda BR-V 2022 yang diperbarui November lalu. Baik facelift ataupun generasi baru Mobilio kami prediksi nantinya akan dilengkapi dengan fitur ini.

fitur Hill Start Assist yang ada pada mobil Honda
Mobilio baru dibekali fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist

Untuk trim terendah dan menengah Mobilio, konsumen bisa mendapatkan fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Sedangkan fitur berkendara Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Assist (VSA) baru ditemukan pada trim tertinggi, Mobilio RS CVT.

Sedangkan untuk All New Avanza, trim terendah saja sudah mendapatkan fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Bahkan semua tipe Avanza sudah dilengkapi dengan Seatbelt Warning pada seluruh sabuk pengaman di dalam kabin.

Sedangkan yang membuat Avanza terasa lebih aman tentunya kehadiran sistem keselamatan Toyota Safety Sense, rangkaian fitur keselamatan canggih yang membawa beragam teknologi pendukung terbaru milik Toyota. Fitur pada trim 1.5 G CVT TSS ini juga dilengkapi 6 airbag yang tersebar di dalam kabin.

Beberapa diantaranya yaitu Pre Collision System (PCS) untuk meminimalisir tabrakan depan, Lane Departure Assist (LDA) agar mobil melaju tetap pada jalurnya, Blind Spot Monitoring (BSM) yang akan memberikan peringatan jika ada kendaraan di titik buta pengemudi, hingga Pedal Misoperation Control untuk pencegahan terjadinya kecelakaan akibat salah injak pedal.

>>> Kredit Mobilio Bekas Taksi Keluaran 2016, Angsuran Rp 2 Jutaan/Bulan

Konsumsi BBM Mobilio vs Avanza

Salah satu perubahan signifikan yang diberikan pada All New Avanza tentunya peralihan ke penggerak roda depan (FWD) dari sebelumnya menggunakan penggerak roda belakang (RWD) yang menjadi ciri khasnya. Sehingga Avanza memiliki sistem penggerak yang serupa dengan Mobilio yang sedari awal sudah mengadopsi penggerak FWD.

mesin Honda Mobilio berwarna hitam
Mesin Mobilio dengan kapasitas 1.5 liter

Menggunakan penggerak FWD dan transmisi CVT, beberapa pengujian menyebutkan bahwa konsumsi BBM Mobilio mencapai lebih dari 20 km/liter. Dalam pengujian oleh media menyebutkan bahwa Mobilio memang dikenal sebagai LMPV paling irit dengan rata-rata pengetesan menyebutkan efisiensinya mencapai 18-19 km/liter.

Sayangnya belum ada pengetesan resmi yang dilakukan oleh pihak Toyota mengenai konsumsi bahan bakar yang diberikan pada pembaruan kali ini. Mengingat mereka mengklaim bahwa konsumsi BBM Avanza bisa lebih baik berkat penggunaan sasis FWD dan pilihan transmisi CVT yang mampu menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

mesin Toyota Avanza 2022 berwarna hitam
Mobilio vs Avanza sama-sama menggunakan mesin 1.5 liter

Sedangkan bila melihat dari pengetesan internal yang dilakukan oleh pihak Daihatsu, All New Xenia selaku kembaran Avanza mendapatkan capaian 18 km/liter. Dengan bobot dan sistem teknis yang tak terlalu jauh berbeda, maka konsumsi BBM All New Avanza bisa disimpulkan hampir setara dengan capaian Xenia tersebut.

Harga Honda Mobilio vs Avanza

Baik Honda Mobilio dan Toyota Avanza sama-sama mendapatkan diskon pajak PPnBM sehingga keduanya mendapatkan pengurangan harga yang cukup signifikan. Namun perubahan di generasi ketiga membuat Toyota membuat harga Toyota Avanza lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Toyota Avanza mendapatkan peningkatan harga menjadi Rp 206 jutaan dari sebelumnya Rp 197 jutaan ketika mendapatkan diskon pajak PPnBM 25%. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol yang stabil dan sama dengan harga Avanza sebelumnya, yaitu mulai dari Rp 197 jutaan untuk tipe Mobilio S sebagai varian terendah.

Secara total, ada empat varian All New Avanza dan lima varian Honda Mobilio. Semuanya terbagi menjadi pilihan transmisi manual dan CVT. Berikut perbedaan harga Mobilio vs Avanza 2022 sebagaimana dilansir dari laman resmi masing-masing pabrikan.

Tipe Mobilio

Harga (OTR Jakarta)

Tipe Avanza

Harga (OTR Jakarta)

Honda Mobilio S

Rp 197.600.000

Toyota Avanza 1.3 E M/T

Rp 206.200.000

Honda Mobilio E M/T

Rp 217.200.000

Toyota Avanza 1.3 G M/T

Rp 228.500.000

Honda Mobilio E CVT

Rp 227.400.000

Toyota Avanza 1.3 G CVT

Rp 241.400.000

Honda Mobilio RS M/T

Rp 239.800.000

Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Rp 264.400.000

Honda Mobilio RS CVT

Rp 250.000.000

 

 

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Honda Mobilio irit?
Menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dan penggerak roda depan, konsumsi BBM Mobilio bisa dibilang cukup irit dibandingkan pesaingnya di segmen Low MPV.
Berapa harga Toyota Avanza 2022?
Dengan perubahan signifikan di generasi ketiga, All New Avanza dibanderol mulai dari Rp 206 jutaan untuk tipe terendah dan Rp 264 jutaan untuk tipe tertinggi.
Berapa perbedaan dimensi Mobilio vs Avanza?
Dimensi Mobilio tercatat 4.386 x 1.683 x 1.603 mm, sedangkan dimensi Toyota Avanza yaitu 4.395 x 1.730 x 1.700 mm atau sedikit lebih besar dibandingkan Mobilio.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top