Beda Tipe Mobilio di Indonesia, Jadi Lebih Murah dari Avanza

24/11/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ragam tipe Mobilio di Indonesia masih menjadi alternatif yang menawan, bahkan memiliki harga yang lebih murah dari Toyota Avanza yang baru menerima ubahan.

Dengan pesaingnya yang telah memperbaharui diri, Honda Mobilio seakan terlupakan di kancah persaingan Low MPV. Padahal ada banyak tipe Mobilio yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pelanggan Tanah Air untuk mobil keluarga perkotaan yang nyaman serta menyenangkan untuk dikendarai.

Perbedaan tipe Mobilio di Indonesia

Memang sebagian besar pesaing Mobilio sudah mendapatkan pembaruan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada tanggal 11 November lalu. Diantaranya All New Xenia dan All New Avanza yang mendapatkan perubahan masif, ubahan facelift Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki yang meluncurkan edisi khusus dari Ertiga Suzuki Sport FF.

Padahal sebelumnya Mobilio digembar-gemborkan akan mendapatkan perubahan generasi terbaru sejak ubahan terakhir diberikan pada Februari 2019. Tahun yang sama ketika Avanza dan Xenia mendapatkan facelift kedua. Sayangnya Honda malah memperkenalkan mobil konsep Honda SUV RS pada GIIAS 2021.

Ini membuktikan bahwa Honda masih mempercayai Mobilio setelah pembaruan kedua pada 2019 silam. Atau mungkin Honda sedang mempersiapkan perubahan masif guna menjegal model Low MPV lain yang saat ini masih dikuasai oleh duo Avanza-Xenia.

Padahal Mobilio masih mengesankan dengan model yang stylish dan fitur yang sudah modern untuk pasar Tanah Air. Tak percaya? Lihat saja ragam tipe Honda Mobilio yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

1. Honda Mobilio S

Honda Mobilio membawa desain elegan dalam grille khas Solid Wing milik Honda menyertai fascia depan Termasuk lampu depan yang dibuat tipis meskipun masih menggunakan teknologi halogen. Di samping, ada velg alloy two tone 15 inci yang menghadirkan kesan premium pada mobil ini.

mobil baru Honda Mobilio S berwarna putih
Tampilan elegan dari Mobilio S sebagai tipe terendah

>>> Pilihan Warna Mobilio yang Elegant dari Honda

Interior Honda Mobilio sudah cukup modern, walaupun menjadi trim terendah. Ruang kabin cukup lapang meski masih dipenuhi material plastik di seluruh penjuru kabin. Head unit 2DIN sendiri sudah dilengkapi dengan Bluetooth dan Hands Free Telephone untuk kepraktisan berkendara, termasuk sistem One Touch Tumble untuk pelipatan bangku baris kedua.

Mulai dari varian terendah, semua tipe Mobilio menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter berteknologi SOHC dan i-VTEC yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien. Mobilio menawarkan tenaga maksimal 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak

Namun yang membedakan antara Mobilio E dengan tipe Mobilio lainnya adalah hanya ada pilihan transmisi manual 5-percepatan. Belum ada pilihan transmisi CVT otomatis seperti yang ditemukan pada varian di atasnya.

mesin Honda Mobilio terbaru berwarna hitam
Mesin Mobilio berkapasitas 1.5 liter

Dalam hal keamanan, Mobilio S sudah mendapatkan sistem keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Termasuk sistem keyless entry, immobilizer, dan alarm demi keamanan yang lebih baik. Ditambah uji keselamatan dari Honda Real World Crash Test guna memastikan mobil ini mampu meminimalisir risiko kecelakaan parah bagi pengemudi dan penumpangnya.

2. Honda Mobilio E

Tanpa banyak ubahan eksterior dibandingkan Mobilio S, ada beberapa fitur yang ditambahkan sebagai pembeda. Mulai dari lampu depan dengan proyektor dan LED DRL untuk visibilitas yang lebih baik. Termasuk penambahan lampu kabut yang disematkan pada bumper bawah.

Honda Mobilio E terbaru berwarna putih
Tampilan luar dari Mobilio E sebagai varian menengah

Interior semakin modern melalui kehadiran head unit Resistive Touchscreen Display berukuran 6.2 inci. Dengan begitu, fitur tambahan lainnya yang disematkan yaitu kamera belakang guna mempermudah pengemudi ketika akan memarkirkan kendaraan. Masuk ke dalam kabin juga semakin mudah dengan fitur Keyless entry pada tipe ini.

Sedangkan dalam sisi teknis, baru pada Mobilio E yang mendapatkan transmisi CVT sebagai alternatif pilihan dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual. Selain memberikan rasa nyaman ketika berkendara di jalanan perkotaan dan meningkatkan efisiensi berkendara, baru Mobilio E CVT yang menerima fitur Retractable Door Mirror dengan lampu sein pada spion.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Eks Taksi, Untung atau Rugi?

3. Honda Mobilio RS

Sesuai dengan namanya, model RS membawa gaya sporty look sebagai tipe tertinggi yang dipasarkan di Indonesia. Perbedaannya terlihat pada penambahan Sporty Aero Parts dengan finisher knalpot belakang dengan aksen chrome.

Pada pembaharuan yang dilakukan di Februari 2019, trim RS mendapatkan shark fin antenna, tail lamps bergaya smoke, aksen berwarna orange pada trim dan jahitan berwarna merah pada kursi yang memberikan kesan sporty. Sedangkan fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) hanya bisa ditemukan pada trim Mobilio RS CVT.

tipe Honda Mobilio RS berwarna putih
Desain baru tipe Mobilio RS sebagai varian tertinggi

Dan sebagai Mobilio tipe tertinggi, varian RS menerima head unit layar sentuh capacitive 8.0 inci yang terpasang pada dashboard. Sayangnya head unit bisa dibilang masih gaya lama, mengingat pesaingnya sudah mendapatkan head unit bergaya floating yang lebih modern.

Keluaran tenaganya tak berbeda dengan trim lainnya. Mesin 1.5 liter bertenaga 118 PS dan torsi 145 Nm, serta pilihan transmisi manual dan CVT. Sehingga tidak ada perbedaan rasa berkendara yang ditemukan pada Mobilio RS dibandingkan tipe Mobilio lainnya.

Harga tipe Mobilio

Ubahan yang ditawarkan pada Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza membuat harga kedua mobil tersebut naik dibandingkan edisi sebelumnya. Dengan harga All New Xenia 2022 dibanderol mulai dari Rp 190 jutaan dan harga All New Avanza 2022 mulai dari Rp 206 jutaan, harga Mobilio tipe S sebagai varian tertinggi hanya Rp 197 jutaan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut harga dari lima tipe Mobilio yang bisa didapatkan di Indonesia saat ini.

Tipe Mobilio

Harga (OTR Jakarta)

Honda Mobilio S

Rp 197.600.000

Honda Mobilio E M/T

Rp 217.200.000

Honda Mobilio E CVT

Rp 227.400.000

Honda Mobilio RS M/T

Rp 239.800.000

Honda Mobilio RS CVT

Rp 250.000.000

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda Mobilio terbaru?
Harga Honda Mobilio berada di kisaran Rp 197 jutaan untuk tipe terendah dan Rp 250 jutaan untuk Honda Mobilio RS sebagai varian tertinggi.
Berapa tempat duduk Honda Mobilio?
Honda Mobilio ditawarkan dalam tiga baris tempat duduk untuk 7 orang di dalam kabin.
Apakah Honda Mobilio merupakan mobil manual?
Hanya Honda Mobilio S sebagai varian terendah memiliki pilihan transmisi manual, sedangkan Mobilio E dan Mobilio RS mendapatkan transmisi manual dan CVT otomatis.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top