Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Eks Taksi, Untung atau Rugi?

24/10/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Membeli mobil Honda Mobilio eks taksi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan sebagai mobil Anda. Simak kelebihan dan kekurangan mobil eks taksi di bawah ini.

Bukan hanya mobil bekas pemakaian perorangan, namun Anda bisa melihat berbagai Honda Mobilio eks taksi yang berada di pasar mobil bekas. Dipasarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil biasa tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk mobil ini. Mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan ketika membeli Honda Mobilio bekas armada taksi serta beberapa tips dan trik saat membeli mobilnya di bawah ini.

Kelebihan Mobilio eks taksi

Honda Mobilio memang dikenal sebagai salah satu Low MPV terlaris milik Honda di Indonesia. Bahkan tak jarang mobil ini digunakan oleh armada taksi berkat kenyamanan dan value for money yang ditawarkannya. Berikut beberapa kelebihan membeli mobil Honda Mobilio eks taksi yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika membeli mobil bekas.

1. Harga terjangkau

Sebagian besar alasan pembeli mengincar mobil bekas taksi tentunya dikarenakan harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil biasa untuk pengendaraan harian. Bahkan tak menutup kemungkinan Mobilio bekas armada taksi bisa didapatkan dengan banderol jauh di bawah harga pasaran.

mobil bekas Honda Mobilio 2015 berwarna hitam
Mobilio bekas armada taksi ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau

2. Umur tidak terlalu tua

Biasanya perusahaan taksi akan melakukan peremajaan mobil yang mereka gunakan. Sebagian besar memakai mobil sebagai armada dalam rentang waktu 5 tahun saja. Setelah itu, mobil yang digunakan sebagian besar akan dijual. Sehingga Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau namun memiliki umur yang tidak terlalu tua.

>>> Daftar Harga Mobil Bekas Taksi, Honda Mobilio Mengejutkan!

3. Perawatan terjamin

Khusus bagi mobil yang digunakan oleh armada taksi resmi, seperti bekas taksi Blue Bird, taksi Express, maupun armada lainnya, kemungkinan model yang digunakan masih terjaga. Mengingat perusahaan ini memiliki jadwal inspeksi resmi secara berkala untuk mengecek apakah mobil yang digunakan masih berada dalam kondisi terbaik. Sehingga bisa menghemat waktu Anda untuk mengecek kerusakan yang ada.

mesin Honda Mobilio bekas berwarna hitam
Sebagian besar mobil armada taksi mendapatkan perawatan rutin

4. Handling menawan

Sebagian besar mobil Honda memang dikenal menawarkan handling yang sangat baik. Mobilio menggunakan basis sama dengan Honda Brio dimana keduanya sudah menggunakan teknologi Electric Power Steering (EPS) untuk memberikan feedback kemudi yang mulus. Apalagi Mobilio dibuat rendah sebagai Low MPV untuk mengurangi body roll yang sering dialami mobil dengan dimensi yang cukup tinggi.

5. Ruang bagasi dan kabin lega

Mobilio memang dikenal sebagai mobil yang menawarkan ruang bagasi dan ruang kabin yang lega. Desainnya yang sedikit boxy dengan bagian belakang yang tinggi berdampak pada ruang kepala yang baik, apalagi bagi penumpang dewasa. Anda juga bisa melipat bangku baris ketiga untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan ketika berkendara.

Kekurangan Mobilio eks taksi

Sayangnya, tentu saja mobil ini bukan tanpa kekurangan. Bagi Anda yang tertarik meminang model ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika harus membeli Honda Mobilio eks taksi, berikut beberapa di antaranya.

1. Kilometer tinggi

Salah satu kekurangan mobil eks taksi, bukan hanya Mobilio, adalah kilometer yang jauh lebih tinggi dibandingkan mobil untuk pemakaian harian biasa. Mobil ini biasanya mendapatkan julukan ‘mobil capek’ karena lebih sering digunakan untuk mengantar dan menjemput penumpang setiap hari.

Mobilio bekas taksi dengan plat kuning
Mobil bekas taksi selalu dikaitkan dengan kilometer yang tinggi

Karena sebagai taksi, maka mobil akan lebih banyak digunakan di jalan, sehingga berdampak pada komponen di dalam yang kemungkinan besar akan lebih cepat aus. Mulai dari mesin, suspensi, hingga kualitas interior patut menjadi pertimbangan. Sehingga beberapa konsumen tampak menghindari pembelian mobil bekas taksi.

2. Butuh pengecekan lebih

Dengan masa pakainya yang tinggi, bukan tidak mungkin sudah banyak komponen yang lebih cepat aus dibandingkan pemakaian standar. Belum lagi mobil bekas taksi selalu identik dengan perawatan yang tidak teratur. Terlebih jika mobil tersebut dimiliki oleh perorangan. Kecuali pada mobil milik armada taksi, seperti Mobilio eks taksi Blue Bird dengan perawatan berkala yang rutin.

3. Kabin kurang kedap

Begitu pula dengan kekedapan kabin yang perlu diperhatikan lagi. Apalagi ketika mobil dibawa melaju dalam kecepatan lebih dari 80 km/jam, suara dari luar sedikit mengganggu. Termasuk suara AC yang bisa dibilang cukup keras. Hal ini dikarenakan Mobilio menggunakan bodi yang tipis serta hanya memiliki satu lapis peredam saja.

kabin Honda Mobilio dengan kursi berwarna hitam
Kabin Mobilio masih kalah kedap dibandingkan Low MPV lainnya

4. Kepraktisan kurang

Walaupun Mobilio memiliki ruang bagasi yang terbilang lega, namun sayangnya mobil ini tidak memiliki pelipatan kursi yang praktis. Pasalnya bangku belakang pada MPV termurah Honda ini tidak bisa dilipat rata lantai. Jadi jika Anda menginginkan ruang bagasi yang lebih luas untuk mengangkut barang-barang bawaan, jangan lupa bahwa pelipatan bangku Mobilio mengambil ruang yang lebih besar di dalam kabin.

Harga Mobilio eks taksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keunggulan dari Mobilio bekas armada taksi terdapat pada harga yang ditawarkan. Karena sudah digunakan lebih sering dibandingkan mobil untuk pengendaraan harian, tentunya daya jual mobil ini turun jauh lebih cepat. Walaupun hal ini tidak terlalu berhubungan dengan kenyamanan berkendara bersama mobil ini.

bagian interior Honda Mobilio berwarna hitam
Mobilio bekas taksi biasanya dibanderol lebih murah dibandingkan mobil bekas biasa

Contohnya saja harga Honda Mobilio eks taksi 2015 berada di kisaran Rp 95 juta hingga Rp 115 jutaan. Bandingkan dengan harga mobil bekas Mobilio standar berada di kisaran Rp 125 juta hingga Rp 150 jutaan untuk model dengan tahun yang sama. Bahkan banderolnya lebih terjangkau dibandingkan Mobilio keluaran tahun 2014 yang dihargai mulai dari Rp 115 jutaan.

Sekali lagi, membeli mobil bekas taksi memang bukan hal yang mudah. Karena Anda perlu memperhatikan lebih banyak komponen agar mendapatkan model yang menyimpan masalah di kemudian hari. Namun jika Anda sudah bisa memilih, Mobilio eks taksi bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik dengan harga yang terjangkau.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil Honda Mobilio terbaru di Indonesia?
Harga Honda Mobilio yang dipasarkan saat ini mulai dari Rp 197 jutaan.
Apa jenis mobil Honda Mobilio?
Honda Mobilio merupakan mobil dengan jenis MPV (Multi-Purpose Vehicle).
Selain Mobilio, apa saja mobil bekas taksi yang bisa ditemukan?
Armada taksi biasanya menggunakan Toyota Avanza Transmover hingga Toyota Limo.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top