Mengenal Beda Tipe Honda BR-V 2022, Penantang Dominasi Rush & Terios

25/11/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Dengan generasi baru melenggang di Indonesia, mari kita lihat apa saja perbedaan tipe Honda BR-V 2022 yang siap menghadapi Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

All New Honda BR-V 2022 yang baru diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2021 lalu menghadirkan beragam perubahan dan peningkatan pada SUV kompak andalan Honda ini. Pengembangan yang dilakukan di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi, Thailand ini menghadirkan kesan yang lebih elegan dan mewah.

BR-V yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2016 diambil dari basis Honda Brio dan Honda Mobilio. Pada peluncurannya, mobil ini dikenal karena memiliki rasa berkendara yang mengesankan walaupun memiliki bodi SUV yang terbilang kekar.

Dan di pembaruan kali ini, Honda membawa desain luar yang lebih elegan walaupun masih tetap mempertahankan kesan maskulin dan sporty yang menjadi ciri khasnya. Tambahan fitur di dalam kabin pun tentu saja menawarkan pengendaraan yang lebih baik. Agar tak salah memilih, intip lagi apa saja perbedaan dari tipe Honda BR-V 2022 yang dipasarkan saat ini.

All New Honda BR-V S

Garis bodi tegas membawa kesan agresif, termasuk dengan penggunaan lampu LED yang lebih efisien. Di samping ada velg alloy berukuran 16 inci dengan ground clearance yang lebih tinggi 19 mm dibandingkan model sebelumnya. Di belakang, BR-V 2022 juga sudah mendapatkan lampu rem dan lampu kota berteknologi LED.

Masuk ke dalam kabin, head unit layar sentuh berukuran 7.0 inci sudah mendapatkan konektivitas Smartphone Connection. Untuk menambah kepraktisan dan kenyamanan berkendara, ada  konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto dan A/C digital dengan single blower.

interior Honda BR-V 2022 berwarna hitam
BR-V S merupakan tipe terendah namun tetap menawarkan fitur lengkap

Sistem keselamatan pun tak kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Sistem pengereman ABS+EBD masih tetap dipertahankan. Selain airbag samping dan sensor parkir, BR-V sudah mendapatkan fitur keselamatan baru seperti Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Setiap varian BR-V ditenagai dengan mesin 1.5 liter 4-silinder berteknologi katup variable i-VTEC DOHC yang mampu menghadirkan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm. Sayangnya, BR-V hanya memiliki pilihan transmisi 6-percepatan saja, belum ada pilihan transmisi CVT.

Penggunaan mesin berkode L15ZF ini diklaim mendapatkan peningkatan teknologi sehingga mampu memberikan pengalaman berkendara serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Pihak Honda sendiri mengklaim bahwa efisiensi BBM Honda BR-V lebih baik 3% dibandingkan generasi sebelumnya.

>>> Ini 4 Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

All New Honda BR-V E

Tidak ada perubahan signifikan yang terdapat pada bagian eksterior BR-V E dengan BR-V S. Namun yang membuat BR-V E lebih lengkap tentunya adanya lampu kabut berteknologi LED yang memberikan visibilitas lebih baik ketika berkendara. Kepraktisan masuk ke dalam kabin pun lebih baik karena tipe ini sudah mendapatkan Smart Entry System.

transmisi CVT Honda BR-V berwarna hitam
BR-V E sudah mendapatkan pilihan transmisi CVT otomatis

Penggunaan mesin 1.5 liter masih menjadi pemasok tenaga. Tapi BR-V E sudah mendapatkan pilihan transmisi CVT beserta dengan manual 6-percepatan. Namun yang membedakan antara transmisi manual dan CVT adalah adanya Remote Engine Start yang diberikan pada BR-V E CVT.

All New Honda BR-V Prestige

Pada bagian luar, tidak ada perubahan yang berarti. Namun terdapat perbedaan dalam hal penggunaan velg alloy berukuran 17 inci yang lebih besar. Begitu pula dengan kehadiran fitur tambahan berupa Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal yang baru ditemukan pada tipe ini.

mobil baru Honda BR-V Prestige berwarna putih
Honda BR-V Prestige memiliki fitur yang lebih lengkap

Perbedaan yang paling terlihat terdapat pada kehadiran sandaran tangan dan door trim yang sudah mendapatkan lapisan berbahan kulit. Begitu pula ubahan pada panel dashboard yang membuatnya terlihat lebih elegan dan premium dibandingkan tipe di bawahnya.

Sebagai pelengkap, untuk menambah kepraktisan ketika berkendara ada armrest console yang diberikan pada penumpang bangku baris kedua dan power outlet pada bangku baris ketiga. Pengemudi di baris pertama pun dilengkapi dengan Seat Belt Reminder.

>>> All New Honda BR-V vs Suzuki XL7 Alpha, Mana Lebih Value for Money?

All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

Seperti pada namanya, tipe tertinggi Honda BR-V ini mendapatkan semua fitur yang diberikan pada BR-V Prestige dengan tambahan fitur keselamatan Honda Sensing. Fitur canggih ini merupakan rangkaian dari sistem keselamatan terbaru milik Honda yang sudah ditemukan pada Honda Civic, Accord, maupun Honda CR-V 2022.

All New Honda BR-V 2022 berwarna putih
Ada tambahan fitur keselamatan Honda Sensing pada All New BR-V tipe tertinggi

Fitur ini meliputi lima sistem keselamatan aktif terbaru Honda, yaitu:

  • Adaptive Cruise Control (ACC): mengatur kecepatan otomatis dengan mendeteksi jarak mobil di depan.
  • Road Departure Mitigation (RDM): memperingatkan jika mobil keluar marka jalan jika tanpa menyalakan lampu sein.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS): menjaga mobil tetap berada di dalam jalurnya.
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS): memperingatkan pengemudi jika ada potensi benturan dengan objek di depan.
  • Lead Car Departure Notification System (LCDN): menginformasi pengemudi jika kendaraan di depan berhenti atau mulai menjauh.

Selain itu, ternyata ada fitur tambahan yang disematkan pada tipe tertinggi Honda BR-V 2022, yaitu Honda LaneWatch yang berguna untuk memberikan peringatan jika sensor mendeteksi adanya kendaraan lain yang berada di area blind spot mobil.

>>> GIIAS 2021: Bawa 5 Varian, Harga Honda BR-V 2022 Mulai dari Rp 275 Jutaan

Harga Honda BR-V 2022

Secara umum, hanya ada tiga pilihan varian yang dipasarkan di Indonesia, yaitu BR-V S, BR-V E, dan BR-V Prestige. Varian E ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT, sedang tipe Prestige hanya mendapatkan transmisi CVT. Dengan BR-V Prestige tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing. Berikut daftar harga Honda BR-V 2022 terbaru.

Tipe All New BR-V 2022

Harga

All New Honda BR-V S M/T

Rp 275.900.000

All New Honda BR-V E M/T

Rp 289.900.000

All New Honda BR-V E CVT

Rp 299.900.000

All New Honda BR-V Prestige CVT

Rp 312.900.000

All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing

Rp 339.000.000

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Honda BR-V 2022 lebih besar dari sebelumnya?
Pembaruan yang dilakukan pada generasi kedua ini memberikan peningkatan dimensi pada BR-V 2022. Dimensinya lebih besar menjadi 4.490 mm x 1.780 mm x 1.685 mm.
Berapa kapasitas tempat duduk Honda BR-V?
Honda BR-V memiliki pengaturan tiga baris tempat duduk yang bisa menampung hingga 7 orang di dalam kabin.
Berapa harga Honda BR-V 2022 terbaru?
Harga Honda BR-V mulai dari Rp 275 jutaan untuk BR-V S sebagai tipe terendah dan Rp 339 jutaan untuk Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing sebagai varian tertinggi.  

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top