All New Honda BR-V vs Suzuki XL7 Alpha, Mana Lebih Value for Money?

28/10/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com melakukan komparasi terhadap All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 Alpha. Kira-kira mana yang lebih value for money di antara keduanya?

Suzuki XL7 Alpha diperkenalkan pada tahun 2020 dan muncul sebagai Low SUV alternatif dengan value for money yang baik. Masuk ke tahun 2021, Honda melakukan perombakan besar terhadap BR-V yang menawarkan banyak keunggulan dengan banderol sedikit lebih tinggi dibanding rival-rivalnya.

Lantas, mobil mana yang menawarkan value for money lebih baik di antara keduanya? Apakah XL7 yang lebih terjangkau, atau BR-V dengan keunggulan-keunggulannya? Mari kita bandingkan kedua mobil melalui beberapa parameter komparatif.

1. Harga

Suzuki XL7 Alpha ditawarkan dengan harga Rp 251,9 juta untuk transmisi manual dan Rp 261,7 juta untuk pilihan transmisi otomatis. Sedangkan All New Honda BR-V kabarnya akan ditawarkan di kisaran Rp 260-an juta untuk tipe S manual.

Gambar Honda All New BR-V

PT Honda Prospect Motor belum mengumumkan harga resmi dari All New BR-V

Jika Anda ingin tipe lebih tinggi yang dibekali fitur lebih lengkap, Anda harus siap mengeluarkan dana di kisaran Rp 270-280 juta untuk tipe E. Dan Rp 290 hingga 320 untuk tipe Prestige dan Prestige Honda Sensing.

>>> All New Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Menarik?

2. Dimensi

Suzuki XL7 Alpha memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, wheelbase 2.740 mm, dan ground clearance 200 mm. Sedangkan All New Honda BR-V memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.685 mm, wheelbase 2.700 mm, dan ground clearance 220 mm.

Menilik data dimensi di atas, kami bisa menyimpulkan bahwa BR-V menawarkan ruang kabin dan kargo yang lebih luas, tetapi headroom dan legroom pada XL7 mungkin sedikit lebih baik.

Gambar Suzuki XL7 Alpha

Menurut kami, ground clearance XL7 Alpha masih terlalu rendah dibanding rival-rivalnya

BR-V juga lebih unggul dalam hal ground clearance yang membuat pengemudi lebih pede untuk menghadapi jalanan yang kurang baik dan genangan air di musim hujan.

3. Performa

Soal performa, All New Honda BR-V juga masih lebih baik dibanding kompetitornya. Low SUV 7-penumpang dari Honda ini dibekali mesin 4-silinder 1.497 cc DOHC i-VTEC berkode L15ZF yang menghasilkan tenaga 119 HP dengan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT atau manual 6-percepatan.

Sedangkan Suzuki XL7 Alpha dibekali dengan mesin 4-silinder 1.462 cc DOHC VVT berkode K15B yang menghasilkan tenaga 102,7 HP dengan torsi 138 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.

Gambar Mesin BR-V

Mesin L15ZF dari Honda dikenal sangat bertenaga dan cukup efisien dalam konsumsi bahan bakar

Mesin kedua mobil sebenarnya sama-sama efisien, namun karena BR-V terbaru belum diluncurkan secara resmi, kami belum bisa menghimpun data untuk menilai mana yang lebih baik di antara keduanya. Tetapi, mengingat mesin tersebut turut digunakan oleh City Hatchback RS, kami cukup optimis akan efisiensinya.

>>> Mengintip Penjualan Suzuki XL7 di Indonesia

4. Fitur

Secara fitur, XL7 Alpha sebagai varian tertinggi tentu lebih menarik jika dibandingkan dengan BR-V tipe terbawah yang memiliki harga serupa. Tetapi, jika Anda punya dana lebih, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk meminang tipe menengah dari BR-V.

Anda dapat menikmati fitur menarik seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System pada tipe tersebut. Tetapi, dengan harga Rp 260 juta, fitur XL7 masih sedikit lebih baik dibanding pesaingnya.

Gambar Smart E-Mirror

Fitur Smart E-Mirror menjadi salah satu daya tarik XL7 Alpha

Kesimpulan

Jika kita hanya berbicara soal value for money, kami merasa bahwa Suzuki XL7 Alpha sudah menawarkan semua hal yang Anda cari dalam sebuah Low SUV. Kami merasa jika Anda ingin membeli BR-V, setidaknya pilih tipe menengahnya (E).

Pasalnya, dengan tambahan sekitar Rp 20 juta, Anda mendapatkan banyak fitur yang menarik seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah fitur lain seperti speaker yang lebih banyak, AC Double Blower, layar TFT 4,2 inci, dan masih banyak lagi,

Gambar Interior BR-V

Jika ada dana lebih, kami merekomendasikan All New BR-V tipe menengah atau Prestige

Pertanyaannya, apakah Anda mau mengeluarkan dana lebih untuk menebus BR-V tersebut? Kami pribadi merasa itu dana yang sepadan untuk dikeluarkan dengan apa yang akan Anda dapatkan.

>>> Simak Pilihan Mobil Baru Beserta Harga dan Promo Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top