Rekomendasi Mobil MPV Mewah Murah yang Cocok untuk Keluarga

22/05/2021

Jual beli

4 menit

Masih bingung mencari kendaraan bagi garasi Anda? Deretan mobil MPV mewah berikut ini bisa Anda jadikan pilihan untuk mobil keluarga dan keperluan sehari-hari lainnya.

Di antara banyak jenis mobil, mobil bertipe MPV termasuk jenis mobil yang banyak diminati masyarakat. Dimensinya yang besar dan kapasitas penumpangnya yang cukup banyak jadi alasan. Seperti jenis mobil lainnya, MPV juga bisa diklasifikasi menurut kelasnya seperti di kelas entry level atau low MPV, kelas menengah atau medium MPV, dan kelas premium atau mobil MPV mewah.

Karena bentuknya yang besar serta kapasitas penumpangnya yang cukup banyak, mobil MPV cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Deretan mobil MPV mewah berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk mobil keluarga. Tapi tunggu dulu, meski termasuk kategori MPV mewah, deretan mobil MPV berikut ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Tentu saja mobil yang masuk ke dalam daftar ini adalah mobil bekas atau second. Namun meski bekas, kesan mewah tetap terasa pada mobil-mobil berikut ini. Apa saja?

1. Toyota Alphard generasi pertama

Mobil MPV mewah bekas murah yang pertama adalah Toyota Alphard. Toyota Alphard merupakan salah satu MPV kelas mewah paling populer di Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2002, penjualan Toyota Alphard tak tergoyahkan di pasar otomotif tanah air. Toyota Alphard generasi pertama (2002-2007) bekas di situs Cintamobil.com dibanderol di kisaran angka Rp 150-an juta hingga Rp 200-an juta. Angka yang cukup murah untuk kelas mobil MPV mewah.

Alphard generasi pertama menggunakan mesin 2AZ-FE 2.4L 4-silinder yang mampu menghasilkan hingga 160 PS serta torsi maksimal 195 Nm. Varian lainnya menggunakan mesin V6 3.0L berkode 1MZ-FE yang lebih bertenaga yang mampu mengeluarkan 220 PS serta torsi maksimal 310 Nm. Alphard generasi pertama sudah menggunakan transmisi otomatis. Alphard generasi pertama yang dijual di Indonesia terbagi jadi lima varian yakni varian G, V, ASG, MZ, dan MZG.

toyota alphard tahun 2007

Toyota Alphard generasi pertama keluaran tahun 2007

Tidak hanya tampilan eksterior yang elegan dan mewah, Toyota Alphard generasi pertama juga punya keunggulan dari sisi interior. Untuk interior, Toyota Alphard mengutamakan kenyamanan dengan penggunaan material soft touch yang berkualitas, jok elektrik, hingga bahan pembuat jok yang berkualitas. 

Dari segi fitur kabin, Alphard generasi pertama termasuk cukup lengkap di kelasnya. Seperti  pintu geser elektrik, head unit dengan LCD monitor. Untuk area dashboard semua tombol pengaturan AC digital berada di bawah head unit yang mudah dijangkau.

Selain itu Alphard generasi pertama juga memiliki ruang kabin yang lega sehingga menambah kenyamanan Anda dan keluarga. Untuk kapasitas penumpang mobil ini bisa diisi hingga 7-8 orang. Itu pun masih dengan space bagasi yang cukup besar dengan daya tampung yang bisa memuat hingga 3 buah koper berukuran besar.

>>> Pajak Mobil Xpander Terbaru, MPV Mitsubishi yang Popularitasnya Menanjak

2. Hyundai H-1 2014

Salah satu kompetitor Toyota Alphard di pasar mobil MPV mewah adalah Hyundai H-1. Pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2008, Hyundai H-1 memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang Alphard. Secara bentuk, Hyundai H-1 juga memiliki dimensi yang lebih panjang ketimbang Alphard. Di situs jual beli mobil online cintamobil.com, Hyundai H-1 keluaran 2012 dibanderol mulai Rp 168 jutaan.

hyundai h-1 2004 yang lebih murah dari alphard

Hyundai H-1 2014 dijual dengan harga yang lebih murah dari Toyota Alphard 

Hyundai H-1 2014 merupakan versi facelift kedua yang diberi nama H-1 next generation. Hyundai H-1 menawarkan dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel. Kapasitasnya penumpangnya juga cukup besar bisa menampung 9 orang dan 12 orang untuk varian XG-12 seater. Dengan fitur yang cukup lengkap dan desain elegan, Hyundai H-1 cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang mencari mobil MPV mewah bekas murah.

>>> Review Hyundai H-1 2018: MPV Yang Semakin Menajamkan Eksistensinya Dalam Merambah Berbagai Kebutuhan Keluarga

3. Nissan Serena

Yang keempat ada Nissan Serena. Di Indonesia Nissan Serena hanya memasarkan dua varian yakni tipe Highway Star (HWS) dan Serena X. Keberadaan Nissan Serena cukup banyak ditemui di pasar mobil bekas baik offline maupun online. Keunggulan yang dimiliki Nissan Serena antara lain kenyamanan kabin yang lega serta fitur-fiturnya yang cukup lengkap. Nissan Serena menggunakan mesin MR20 2.0L 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150 PS dan torsi maksimum 199 Nm.

mobil nissan serena 2014 warna putih

Mobil Nissan Serena keluaran tahun 2014 warna putih

Untuk pilihan mobil MPV dengan fitur mewah murah, Anda bisa menjadikan Nissan Serena keluaran tahun 2014 sebagai pilihan. Harganya masih cukup terjangkau. Di situs jual-beli Cintamobil.com harga Nissan Serena 2014 bekas dibanderol di bawah Rp 200 jutaan.

>>> Nissan Livina Menghilang di Data Penjualan Low MPV

4. Honda Odyssey

Rekomendasi mobil MPV mewah yang terakhir ada Honda Odyssey. Di awal kemunculannya di Indonesia, Honda Odyssey merupakan MPV mewah yang dipersiapkan Honda untuk melawan Toyota Alphard. Namun Honda Odyssey memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang Alphard. Secara bentuk dan tinggi, Odyssey lebih rendah daripada Alphard. Di situs Cintamobil.com harga Honda Odyssey 2012 bekas dibanderol mulai dari Rp 199 juta-an.

honda odyssey yang dipersenjatai untuk melawan Toyota Alphard

Honda Odyssey menjadi salah satu alternatif mobil keluarga

Honda Odyssey cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena memiliki kabin yang lapang dan cukup lega. Kapasitas penumpangnya bisa memuat hingga tujuh orang.  Tidak hanya itu, penggunaan material kulit di interiornya menambah kenyamanan dan kesan mewah. Selain itu, bagasi pada Honda Odyssey ini juga berukuran lumayan luas yakni 1.076 liter jika semua kursi terisi penuh. Jika kursi pada baris belakang dilipat maka ruang bagasi menjadi berukuran 2.576 liter.

Dari segi performa, mesin yang digunakan yakni mesin 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC+DBW+Torque Boost Resonator 2.354 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 180 PS dengan torsi maksimal 220 Nm.

>>> Tips Modifikasi Velg MPV Biar Mobil Tambah Ganteng

Harga Mobil MPV Mewah Terbaru

Berikut ini adalah harga terbaru mobil MPV dengan desain mewah yang dijual di Indonesia. Ada beberapa tipe merk MPV mewah dan premium yang cukup populer di Indonesia. Apa saja? Berikut daftarnya

  • Lexus LM yang dibanderol Rp 2.39 miliar OTR untuk wilayah DKI Jakarta
  • Toyota Alphard yang dibanderol Rp 1.04 - Rp 1.95 miliar
  • Toyota Vellfire yang dibanderol Rp 1.195 miliar
  • Hyundai H1 yang dibanderol mulai dari Rp 505 juta - Rp 618 juta.

>>> Harga Low MPV Bekas Ini Tak Goyang Meski Ada Diskon PPnBM

Mobil SUV Mewah Jadi Alternatif MPV Mewah

Selain MPV, tipe mobil lain yang cocok dijadikan family car adalah SUV atau Sport Utility Vehicle. Seperti MPV, mobil SUV juga bisa diklasifikasi menurut kelasnya yakni compact SUV dengan ukuran yang lebih kecil, lalu ada medium SUV atau kelas menengah dengan ukuran yang lebih besar.

Terakhir ada big SUV. Sesuai namanya, big SUV memiliki bodi yang lebih bongsor dibandingkan dua kelas SUV lainnya. Selain itu fitur dan harganya juga lebih mewah dan mahal. Beberapa mobil yang masuk kelas ini antara lain Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. 

mobil mitsubishi pajero dengan fitur yang lebih mewah

Mobil Pajero Sport bisa menjadi salah satu alternatif mobil dengan fitur lengkap dan mewah 

SUV memiliki beberapa perbedaan dengan MPV. Selain ukurannya yang lebih kecil, SUV memiliki tampilan yang lebih sporty daripada MPV yang lebih elegan. Performa SUV juga lebih tangguh karena lebih cocok di berbagai medan ketimbang MPV.

Itu tadi daftar mobil MPV mewah murah yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mobil keluarga ataupun aktivitas sehari-hari lainnya. Tertarik untuk membelinya?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa pajak Toyota Alphard?
Pajak Toyota Alphard berbeda-beda tergantung tipe dan tahun produksinya. Untuk Toyota Alphard keluaran tahun awal pajaknya bisa mencapai Rp 4.4 jutaan per tahun. Sedangkan untuk Toyota Alphard terbaru bisa mencapai Rp 16 jutaan per tahun.
Berapa biaya sewa Toyota Alphard seharian di Jakarta?
Harga sewa Toyota Alphard seharian di Jakarta mulai dari Rp 2 jutaan.
Apa Beda SUV dan MPV?
SUV dan MPV merupakan tipe mobil yang berbeda. SUV merupakan singkatan dari sport utility vehicle yang cocok digunakan untuk berbagai di berbagai medan. Ukurannya pun lebih kecil daripada MPV.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top