Tips Modifikasi Velg MPV Biar Mobil Tambah Ganteng

01/04/2021

Perawatan dan service

1 menit

Share this post:
Memodifikasi ukuran dan diameter velg merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan tampilan dan ciri khas dari MPV kesayangan.

Modifikasi memang menjadi salah satu cara untuk membuat tampilan mobil sesuai dengan keinginan Anda. Jenisnya pun beragam, tapi yang paling banyak melakukan modifikasi pada velg. Berhubung mobil yang paling banyak digandrungi oleh orang Indonesia adalah MPV, maka tak sedikit pula tren modifikasi velg MPV dilakukan. 

Tips Modifikasi Velg Mobil  

tips memilih velg mobil

Gambar velg mobil yang dimodif

Fungsi utama dari mobil MPV adalah membawa banyak penumpang dan barang sekaligus. Oleh karena itu, Modifikasi velg MPV tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, pergantian velg yang tidak tepat dapat mengurangi kualitas tampilan, dan kenyamanan mobil saat dikendarai. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memodifikasi velg MPV Anda.

1. Ketahui Komponen yang Terdapat dalam Velg Ban Mobil

Mengenali berbagai komponen dalam velg sebelum melakukan modifikasi velg MPV merupakan hal yang krusial untuk dilakukan. Dengan mengenali komponennya, Anda dapat menyesuaikan velg dengan kebutuhan dan keinginan, sekaligus menghindari kesalahan saat pemasangan velg MPV baru. Beberapa bagian velg yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Rim Marking
    Rim Marking merupakan informasi tentang ukuran dan diameter velg. Contohnya, Rim Marking pada velg adalah 15x7J ET 38, artinya sebuah velg memiliki ukuran 15 inci dengan lebar 7 inci, dan  angka 38 menunjukan offset velg tersebut. 
  • Center Bore
    Center bore merupakan lubang di samping lubang baut yang berada di tengah velg. Lubang kecil ini memiliki fungsi yang vital, yaitu memastikan velg tetap terpasang di pusat roda.
  • Bolt Pattern
    Bolt pattern terletak di dekat center bore. Bagian ini bertugas memberi jarak antara lubang baut di dalam velg sehingga menciptakan ruang agar center bore terpasang dengan benar.
  • Pitch Circle Diameter
    Berdampingan dengan bolt pattern, pitch circle diameter yang merupakan diameter lubang baut di bagian tengah velg dengan satuan ukuran milimeter.
  • Offset
    Istilah ini merujuk pada lebar penampang tengah velg, baik yang ada di bagian dalam atau luarnya. Semakin kecil ukuran offset, maka semakin tebal ukuran offsetnya. Sebaliknya, apabila ukuran offset besar, maka penampang akan terlihat lebih kecil. Offset biasanya menjadi patokan paling penting saat proses modifikasi velg MPV.

>>> Cara Melindungi Velg dari Debu dan Kotoran

 2. Pemilihan Diameter Velg

Setelah mengenal istilah-istilah komponen pada velg ban, maka selanjutnya Anda dapat memilih diameter untuk modifikasi velg MPV Anda. Setiap modifikasi memang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Namun, ada batasan dalam memilih modifikasi diameter velg.

Memilih velg berdasarkan diameternya

Pentingnya mempertimbangkan diameter saat modif velg mobil

 Anda boleh saja mengubah diameter velg menjadi lebih besar, namun jangan lebih dari 2 inci jika dibandingkan dengan diameter awalnya. Pasalnya, besarnya diameter velg memberikan pengaruh besar terhadap kenyamanan berkendara.

3. Pemilihan Motif dan model Velg

Tujuan dari modifikasi velg MPV adalah meningkatkan tampilan mobil Anda. Berangkat dari tujuan tersebut, pilihlah motif dan model yang memang sesuai dengan warna mobil serta kesan yang ingin Anda tonjolkan.

Itulah beberapa tips mengenai Modifikasi velg MPV. Dalam memodifikasi mobil, bijaklah saat memilih bagian yang akan diganti dan bagian penggantinya. Pastikan modifikasi sudah sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki sehingga Anda puas dengan hasilnya.
 
Temukan informasi otomotif lainnya dengan mengujungi cintamobil.com agar Anda tidak ketinggalan informasi terkini mengenai dunia mobil Indonesia. Temukan juga tips dan trik, ulasan, serta layanan jual mobil paling lengkap di Indonesia hanya cintamobil.com.
 
 >>> MPV Terbaru Hyundai Staria Usung Desain Pesawat Luar Angkasa
 

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top