Review Hyundai H-1 2018: MPV Yang Semakin Menajamkan Eksistensinya Dalam Merambah Berbagai Kebutuhan Keluarga

10/06/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Hari ini (3/7) PT. Hyundai Motor Indonesia (HMI) merilis model terbarunya yakni New Hyundai H-1 2018. Acaranya perilisannya diadakan di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan. Di acara hari ini, terlihat cukup ramai dihadiri oleh segenap tim PT. HMI, para peminatnya serta media otomotif lokal yang salah satunya adalah tim Cintamobil.com. Mari kita simak sosok mewahnya dalam review Hyundai H-1 2018.

PENGANTAR Hyundai H-1 2018

Review Hyundai H-1 2018 - Memang sebelumnya, tim Cintamobil.com mendengar kabar kedatangan produk terbarunya ini dari hadirnya Hyundai Grand Starex 2018 di Korea Selatan. Nampaknya, prediksi kami tepat, tak perlu menunggu lama, sebutannya sebagai Hyundai H-1 di Indonesia, diberikan penyegaran dalam mode Facelift New Hyundai H-1 2018 hari ini.

Tampilan Hyundai H-1 2018 terlihat lebih mewah dan modern daripada versi sebelumnya

Tampilan Hyundai H-1 2018 yang dirilis di Korea Selatan belum lama ini

Mungkin kita perlu Flashback ke rekam jejak Hyundai H-1 Indonesia yang memulai kiprahnya pada tahun 2009 silam.Melihat respon positif masyarakat akan produk MPV mewah ini, yang kemudian membuat PT. HMI mengekspor Hyundai H-1 ke Thailand. Setahun berselang, Hyundai H-1 Indonesia juga diekspor ke negara Bhutan dan dilanjutkan ke Brunei pada tahun 2016 lalu. Bahkan, hingga kini proses ekspor memenuhi kebutuhan masyarakat Asia masih terus berlangsung. Melihat geliat pasar yang terus kian meningkat, PT. HMI akhirnya memberikan penyegaran terbaru yang dilakukan hari ini dengan sebutan New Hyundai H-1 2018. Tak tanggung-tanggung, untuk menyambut kedatangan model terbarunya ini, Hyundai Indonesia hendak memperkenalkannya di ajang GIIAS 2018 di bulan Agustus mendatang.

Apa saja fitur terbaru yang ditanamkan pada model teranyarnya ini? Mari kita simak review Hyundai H-1 2018 bersama Cintamobil.com.

EKSTERIOR Hyundai H-1 2018

Kita lakukan review Hyundai H-1 2018 seperti biasa saja, mulai dari sisi eksterior. Desain eksterior Hyundai H-1 2018 mengalami banyak perubahan baik dari sisi Front Grille, Front Bumper dan fitur eksteriornya. Bahkan tim Cintamobil.com sepakat bahwa model teranyarnya ini tampil lebih menguatkan pesan elegan dan mewah, daripada versi sebelumnya.

  • Desain Bagian Depan Hyundai H-1 2018

Jika sebelumnya, Front Grille-nya mengusung palang vertikal, kini model terbarunya menggunakan desain Grille horizontal berlapis krom mengilap. Menggunakan bentuk Grille V-Shape yang tersambung langsung dengan kedua lampu LED Projector-nya. Menariknya, lampunya kini sudah didukung dengan Fog Lamps serta konfigurasi LED Daytime Running Lights (DRL) sehingga mampu memberikan fungsi pencahayaan optimal.

Eksterior Hyundai H-1 2018 mengusung Front Grille berdesain mewah

Tampilan depan Hyundai H-1 2018 mengusung Front Grille horizontal

  • Desain Bagian Samping Hyundai H-1 2018

Sisi samping Hyundai H-1 2018 menggunakan siluet bodi mengalur Natural mampu menambah kesan modis. Adapun bodi sampingnya juga bersolek mewah khususnya jika mengamati desain pelek yang tampil sporty berukuran 17 inci. Sisi ikonik yang terpancar dari Sliding Door-nya, nyatanya masih diaplikasikan pada model teranyarnya ini. Fitur menarik lainnya, juga dirasakan kaca spion yang sudah terintegrasi dengan LED Side Repeater dan Electric Outside Folding Mirror. Dari pembaruan ini, kita mengetahui bahwa fiturnya sangat diprioritaskan bukan hanya tampil mewah, namun juga memberi kesan praktis dan aman.

Eksterior Samping Hyundai H-1 2018 dibekali kaca spion berfitur praktis

Tampilan samping Hyundai H-1 2018 menghadirkan kaca spion berwarna padu dengan bodinya

  • Desain Bagian Belakang Hyundai H-1 2018

Bodi belakangnya juga tak luput dari fitur baru khususnya pada bagian lampu belakang yang menggunakan konfigurasi LED kombinasi. Tampilan lampunya juga semakin anggun dengan mengusung bentuk C-Shaped Taillight. Kami juga merasa kagum dengan penambahan fitur Rear Spoiler yang terintegrasi dengan Stop Lamp pada sisi belakangnya. Tentu dengan hadirnya fitur tersebut, mobil unggulan besutan Hyundai ini semakin terasa sporty dan modern.

Eksterior Belakang Hyundai H-1 2018 menggunakan LED Rear Combination Lamps berbentuk C-Shaped Taillight

Tampilan belakang Hyundai H-1 2018 semakin elok dengan lampu C-Shaped Taillight

​>>> Baca Juga:

INTERIOR Hyundai H-1 2018

Di versi Facelift-nya ini, Hyundai nampak sibuk memoles perubahan dari sisi kabinnya. Tentu terdapat beragam fitur praktis dan teknologi canggih yang disematkan dalam ruang interior Hyundai H-1 2018.

  • Dashboard Hyundai H-1 2018

Dashboardnya kini dikemas lebih kental akan nuansa elegan nan mewah, berkat perpaduan warna hitam dan cokelat muda. Segala fiturnya juga tertata minimalis dalam satu latar berwarna perak sehingga mudah diakses oleh pengendara. Di bagian teratas, terdapat fitur Head Unit 2DIN Touchscreen yang mampu mengoperasikan beragam hiburan atraktif dengan format DVD, CD, MP3, Radio, Bluetooth, Android dan IOS Ready. Di sisi lain, tersedia juga tombol untuk mengaktifkan fitur Auto Light Control sehingga pengendara tak perlu repot-repot mengatur fungsi pencahayaannya. Pembaruan ini sungguh memberikan kesan praktis dan menyamankan seluruh penumpang, cukup memuaskan bagi kami.

Dashboard Hyundai H-1 2018 menyuguhkan atmosfer yang elegan dan mewah

Dashboard Hyundai H-1 2018 dikemas dengan tampilan elegan dan mewah

  • Setir Hyundai H-1 2018

Kemudi setirnya kini didesain dengan model 4-Spoke Steering memberikan tampilan yang lebih modern sehingga pengendara dapat tampil lebih percaya diri. Tak lupa, di setiap sisi samping setirnya sudah dibekali tombol multifungsi yang mampu memberikan akses praktis serta tombol pengaturan audio serta konektivitas Anda.Hal paling menarik saat menggengam kemudi setirnya, kami rasakan pada fitur pengaturan posisi yakni Tilt dan Telescopic Steering. Sehingga, pengendara dapat mengatur posisi menyetir sesuai dengan postur tubuhnya. 

Setir Hyundai H-1 2018 menggunakan desain palang 4

Setir Hyundai H-1 2018 menggunakan desain baru yang lebih modern

  • Kursi Hyundai H-1 2018

Menyinggung masalah kursi, tampilannya cukup mewah dengan warna balutan material Pattern Leather Seat. Khusus varian XG, fungsinya lebih diprioritaskan mirip Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan daya tampung 8 orang. Berbeda dengan model Elegance yang  menyuguhkan kapasitas hingga 11 orang sehingga lebih menampakkan fungsi komersial. Di sisi lain, varian Royale memiliki kapasitas tampung hingga 7 orang yang tampil dengan ruang kabin lebih lega. Hal paling menarik dari kursinya dapat dirasakan pada varian XG dan Elegance, yang mana bangku baris kedua dapat diputar 180 derajat.

Kursi Hyundai H-1 2018 mampu menampung hingga 9 orang sekaligus

Kursi Hyundai H-1 2018 pada varian Royale dikemas dengan tampilan mewah dan elegan

  • Ruang Bagasi Hyundai H-1 2018

Sesuai konsep awalnya, kapasitas bagasi yang dihadirkan oleh Hyundai H-1 2018 tergolong cukup besar, mampu menampung hingga 4 hingga 6 tas berukuran besar. Sehingga, semakin memperkaya fungsinya untuk merangkap berbagai kebutuhan berkendara Anda.

Ruang Bagasi Hyundai H-1 2018 mampu memenuhi beragam kebutuhan berkendara Anda

Ruang bagasi Hyundai H-1 2018 terlihat cukup lebar

>>> Artikel Terkait:

FITUR Hyundai H-1 2018

Setelah mengupas tuntas banyak hal tentang eksterior dan interiornya, kini saatnya Cintamobil.com hendak membahas tentang fitur Hyundai H-1 2018.

  • Fitur Keselamatan Hyundai H-1 2018

Nyatanya tidak begitu banyak perubahan signifikan pada versi penyegarannya ini. Dari aspek pengereman misalnya, teknologi yang diusung masih berkutat pada Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Meski begitu, performanya manuvernya masih tampak mumpuni sama seperti versi sebelumnya. Di sisi lain, teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC) juga ditanamkan dengan fungsi memberikan kestabilan saat melaju di area licin.

Fitur Keselamatan Hyundai H-1 2018 dibekali teknologi Hill-Start Assist sehingga performa lajunya di area tanjakan dapat berlangsung lebih mudah

Fitur keselamatan Hyundai H-1 2018 dibekali dengan teknologi Hill Start Assist

Tak lupa, fitur keselamatan standar juga disematkan sebagai penunjang kenyamanan berkendara Anda. Fitur yang dimaksudkan seperti Driver’s Airbag, Passenger Airbag, Alarm System dan Immobilizer, sudah dihadirkan pada model teranyarnya ini.

  • Fitur Hiburan Hyundai H-1 2018

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur hiburan H-1 2018 mengandalkan panel Head Unit 2DIN Touchscreen. Pasalnya, dari panel tersebut Anda bisa mengoperasikan audio, video, radio serta navigasi. Tak tanggung-tanggung, pengoperasian Head Unit-nya kini tampil lebih praktis dengan didukung format modern seperti MP3. Radio, Bluetooth, CD, Android dan IOS Ready. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, fitur ini tergolong baru. Hal ini tentu sejalan dengan konsepnya yang tampil lebih menyamankan penumpang dalam kabin H-1.

Fitur Hiburan Hyundai H-1 2018 dapat dirasakan dari 2 buah Dock Charger yang mampu mengisi daya gadget Anda

Salah satu fitur hiburan Hyunda H-2018 mengandalkan 2 buah USB Charger

>>> Klik sini untuk simak semua tulisan review mobil di cintamobil.com

OPERASI Hyundai H-1 2018

Nah, di segmen kali ini, tentu paling ditunggu-tunggu oleh sobat semua. Fungsinya yang beragam nampaknya tampil berimbang dengan performa mesinnya. Operasi mesin Hyundai H-1 2018 menawarkan dua pilihan tenaga yakni diesel dan bensin, yang dioperasikan dengan sistem transmisi otomatis saja. Hyundai H-1 2018 bertenaga bensin menggunakan mesin berkapasitas 2.4 Liter yang didukung dengan teknologi Multi Point Injection (MPI). Sedangkan, pada varian diesel, performa mesinnya didukung oleh teknologi CRDi berkapasitas lebih unggul di angka 2.5 Liter. Tentu bagi Anda yang menyukai performa tangguh, Hyundai H-1 diesel sangat direkomendasikan oleh kami. Namun bagi Anda yang lebih menyukai kecepatan dalam tubuh Hyundai H-1 2018, varian bensin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Mesin Hyundai H-1 2018 masih menggunakan 2.5 Liter tenaga diesel berkonfigurasi CRDi

Operasi mesin Hyundai H-1 2018 menggunakan kapasitas 2.5 Liter CRDi bertenaga diesel

>>> Hyundai Sambut Ramadhan dengan Layanan Hyundai Siaga dan Smart Service

spesifikasi Hyundai H-1 2018

Berikut spesifikasi Hyundai H-1 2018 yang berhasil dihimpun oleh Cintamobil.com. Selamat menyimak sobat.

SPESIFIKASI HYUNDAI H-1 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.150 mm x 1.920 mm x 1.925 mm

Jarak Poros Roda

3.200 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.4 Liter MPI (Varian Bensin)

2.5 Liter CRDi (Varian Diesel)

Kapasitas Silinder

2.4000 cc (Varian Bensin)

2.497 cc (Varian Diesel)

Daya Maksimum

N/A

Torsi Maksimum

N/A

Sistem Transmisi

Otomatis

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin / Diesel

kelebihan & kekurangan Hyundai H-1 2018

Setelah mengetahui segala fitur terbarunya, tentu terasa kurang lengkap jika belum membahas kelebihan dan kekurangan Hyundai H-1 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Perubahan desain eksterior sukses menyampaikan pesan mewah dan elegan

Tidak begitu ada perubahan signifikan pada fitur keselamatannya

Ruang interiornya dikemas dengan fitur lengkap dipadukan dengan tampilan berkelas

 

Terdapat beragam pilihan varian yang umumnya memiliki perbedaan dalam jumlah kursi

 

daftar harga Hyundai H-1 2018

Kalau review Hyundai H-1 2018 tanpa sebutkan harganya itu tidak enak ya sobat-sobat. Berhubung model ini belum dihadirkan di Indonesia, Cintamobil.com belum bisa memberikan daftar harga Hyundai H-1 2018. Meski begitu, jika menilik dari harga peluncurannya di Korea Selatan, model teranyarnya ini dibanderol mulai 21.100.000 Won atau setara $ 19.625.  Adapun di Malaysia, varian tertingginya memiliki harga 154.888 RM di kisaran Rp. 539 juta (1 Ringgit = Rp 3.495).

Video Hyundai H-1 2018

KESIMPULAN Hyundai H-1 2018

Varian-varian pada New Hyundai H-1 2018 kini semakin lengkap baik merambah sektor keluarga maupun kegiatan niaga. Hal ini dapat terlihat pada kapasitas kursi di ketiga variannya yang menawarkan daya tampung berbeda-beda mulai dari 8 hingga 11 penumpang. Dari sisi ini, nampaknya Hyundai H-1 2018 semakin menajamkan taringnya untuk merambah berbagai segmen. Memang tak dipungkiri, aktifitas perdagangan masyarakat yang kini semakin berkembang, menuntut banyaknya minat masyarakat akan mobil berutilitas tinggi. Dengan perubahan di berbagai sisinya, terlihat Hyundai H-1 2018 menjadi senjata ampuh merangkap banyak sektor baik keluarga, perusahaan maupun niaga. Tampilannya juga terlihat makin sporty, elegan dan modern, yang dirasa cocok untuk memenuhi selera masyarakat masa kini.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil