Harga Low MPV Bekas Ini Tak Goyang Meski Ada Diskon PPnBM

25/03/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Harga Low MPV Bekas Ini Tak Goyang Meski Ada Diskon PPnBM
Harga Low MPV bekas terlihat masih cukup stabil meski ada diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Salah satunya dialami oleh Mitsubishi Xpander.

Segmen Low MPV cukup mendapat sorotan saat pemerintah mengumumkan adanya relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor. Pasalnya dari 21 daftar mobil yang mendapatkan diskon PPnBM, segmen Low MPV lah yang mendominasi. 

Adanya diskon PPnBM ini membuat harga mobil Low MPV ini praktis menurun. Namun bagaimana dengan harga Low MPV bekas di pasaran? Tentunya iya lantaran ikut menyesuaikan dengan kondisi pasar mobil baru. 

Diskon PPnBM

Mitsubishi Xpander

Deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM

>>> Mengintip Harga Low MPV Bekas Jelang Akhir Tahun, Mana yang Tertinggi?

Harga Low MPV Bekas Tak Berpengaruh Banyak

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer sempat menyebut besar penurunan harga mobil bekas mengikuti model barunya. Tapi ini hanya berlaku pada model keluaran teranyarnya. Artinya, bila di pasaran harga mobil baru turun di kisaran 10% hal serupa juga berlaku di pasar mobil bekas. 

Di Indonesia, salah satu model Low MPV yang harganya cukup stabil adalah Mitsubishi Xpander. Sebelumnya dari catatan Cintamobil, Mitsubishi Xpander memiliki nilai jual kembali yang baik dibandingkan para rival di segmen Low MPV pada akhir tahun 2020. 

Rupanya hal itu masih berlaku saat ini. Meskipun ada kebijakan diskon PPnBM dari pemerintah, nyatanya harga Xpander terbilang stabil.  

Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Dikembangkan di Indonesia

Harga Xpander terbilang stabil di pasar mobil bekas

Dalam situs jual beli Cintamobil, terlihat bahwa harga Mitsubishi Xpander tahun 2019 masih berada di kisaran Rp 250 jutaan bila kondisinya masih mulus. Harga jual kembali ini terbilang baik mengingat saat ini model terbaru untuk varian Ultimate dibanderol Rp 278,9 juta belum termasuk potongan diskon PPnBM sebesar Rp 16,7 jutaan.

Kemudian untuk harga Xpander bekas tahun 2017 pun juga masih terlihat tinggi. Bahkan ada yang menawarkan Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2017 seharga Rp 234 jutaan. Sekadar informasi, saat pertama kali dijual di Indonesia Xpander memiliki banderol harga Rp 189 jutaan untuk model termurah. Sedangkan varian termahal pada model Ultimate kala itu dijual dengan harga Rp 245 jutaan.  

Untuk perbandingan, harga Toyota Avanza Veloz tahun 2017 memiliki banderol tertinggi di kisaran Rp 175 jutaan. Demikian pula dengan Suzuki Ertiga lansiran 2017 yang paling tinggi dijual di kisaran Rp 170 jutaan. Honda pun demikian, Low MPV Mobilio bekas keluaran tahun 2017 banderolannya tak sampai Rp 200 juta. 

>>> Intip Daftar Harga Low MPV Sebelum Dapat Diskon PPnBM

Fitur dan Desain Jadi Modal Utama

Meski terhitung sebagai pendatang baru, Xpander bisa dibilang punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Terlihat dari penjualan Xpander yang hingga saat ini masih mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. Pencapaian itu sudah diraih oleh Low MPV dari pabrikan berlogo tiga berlian tersebut beberapa bulan usai peluncurannya. 

[Kaleidoskop Mitsubishi Xpander 2018] Eskpansi Ke Mancanegara Dorong MMKSI Tingkatkan Produksi Hingga Level Maksimal

Xpander juga dibuat untuk mancanegara

Di segmen Low MPV, Xpander memang menawarkan segudang fitur mulai dari Anti-Lock Braking System (ABS), SRS Airbag, Immobilizer. Selain itu ada juga fitur Active Stability Control (ASC) yang menjaga kestabilan saat bermanuver, Emergency Stop Signal (ESS) dan Pedestrian Protection, Rear View Camera yang mempermudah saat parkir mundur, Hill Start Assist (HSA) yang membantu mobil ketika berhenti di tanjakan, dan juga Brake Assist (BA).

Belum lagi tampilannya yang memang berbeda dengan Low MPV lainnya. Mengisi segmen bersama dengan Avanza Cs, tampilan Mitsubishi Xpander justru menyerupai SUV. Terbukti fitur dan desain ala SUV yang ditawarkan mampu menjadi daya tarik untuk memikat konsumen di Indonesia. Di samping itu, Mitsubishi Xpander buatan Cikarang banyak diminati banyak negara. 

>>> Cari Low MPV Baru di Bawah Rp 200 Juta? Simak Nih Pilihannya

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top