Mengincar Mobil New Old Stock (NOS)? Waspadai Hal Ini...

20/02/2019

Jual beli
Share this post:
Mengincar Mobil New Old Stock (NOS)? Waspadai Hal Ini...
Namanya juga manusia, banyak yang beranggapan jika harga enggak masalah yang penting murah. Tak heran, menjelang keluarnya model terbaru, akan ada mobil dijual dengan kondisi baru namun stok lama atau akrab disebut NOS (New Old Stock). Sebelum Anda membeli, ada beberapa hal yang musti Anda waspadai ketika mengincar mobil NOS.

Tahun 2019 ini akan banyak model mobil baru keluar di pasar mobil Indonesia. Tentunya hal ini harus disambut positif, karena dengan banyaknya mobil baru yang beredar di pasaran, diharapkan akan merasang minat beli dari calon konsumen mobil baru. Salah satu efek dari peluncuran mobil model terbaru dari suatu merek adalah adanya mobil dengan kondisi NOS atau New Old Stock, bahasa mudahnya mobil dijual dengan kondisi baru namun stok lama atau mobil yang belum sempat laku terjual di pasaran.

>>> Ini alasan mengapa Wuling Confero S jarang di pasaran mobil bekas

Tampak Mobil Datsun dalam keadaan New Old Stock

Mobil dalam kondisi NOS adalah mobil dalam kondisi baru namun belum sempat terjual sementara model terbaru sudah meluncur di pasar

Mobil dengan kondisi NOS ini tentunya punya daya tarik tersendiri, seperti rekan sales kami di Jakarta Timur, yang menawarkan diskon hingga Rp 30 jutaan untuk salah satu produk dengan kondisi NOS. Bahkan, Nissan Grand Livina lawas didiskkon hingga Rp 70 jutaan! Bayangkan, Anda dapat memiliki mobil keluaran baru atau gress namun dengan harga yang menggiurkan bahkan nyaris lebih murah dari mobil dalam kondisi bekas. Namanya juga manusia, banyak yang beranggapan jika harga enggak masalah yang penting murah. Namun, sebelum Anda membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

>>> Mobil bekas dari Jakarta laku sekali di Kalimantan, ini alasannya

1. Resiko Mobil Disimpan

Ilustrasi resiko mobil disimpan

Jika mobil disimpan dengan benar, maka mobil dengan kondisi NOS sebenarnya tidak ada masalah

Yang pertama Anda harus tahu resiko mobil yang disimpan, sebagai konsumen kita tidak pernah tahu bagaimana mobil stok yang ada didiler disimpan ketika belum dijual maupun berpindah ke tangan konsumen. Ada diler yang menyimpan mobilnya dengan benar, seperti tidak terkena langsung sinar matahari dan juga diparkir ditempat yang teduh, resiko cat maupun kaca berjamur akan mengancam hal ini tentunya akan berpengaruh kepada kondisi cat mobil NOS yang Anda incar.

>>> Ini 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas

2. Kalah Tahun Perakitan

Tampak Mobil All New Ertiga GX ESP 2018

Mobil dalam kondisi NOS atau New Old Stock hampir pasti kalah dalam hal tahun perakitan

Hal kedua yang harus Anda ketahui, pahami serta sadari biasanya mobil NOS alias New Old Stock itu kalah dalam hal tahun perakitan, tahun perakitan ya bukan tahun diterbitkannya STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Anda dapat melihat tahun perakitan mobil NOS yang akan Anda beli melalui tahun diterbitkannya faktur kendaraan. Saran kami, meski kalah tahun perakitan usahakan membeli mobil NOS dengan model terkini atau terbaru, misal All New Ertiga sebelum Facelift.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Waspadai Kelistrikan

Tampak Jeep Grand Cherooke

Mobil yang disimpan dan berdebu seperti ini Anda harus waspada akan kelistrikannnya

Poin ketiga yang harus Anda waspadai adalah kelistrikan mobil NOS yang akan Anda pinang. Tidak, kami tidak bilang mobil dalam kondisi NOS itu cacat atau bermasalah terhadap kelistrikan, namun, Anda harus waspada dengan adanya hewan pengerat yang bukan tidak mungkin memakan kabel kendaraan. Resiko terjadinya kortsleting, short atau ada fitur yang tidak optimal dalam bekerja dapat terjadi jika ada kabel yang digigit atau dimakan tikus.

>>> Nih, cara menghasilkan foto mobil bekas yang baik

4. Diperlukan Pengecekan Ekstra

Pengecekan Honda All New CR-V Turbo 2018

Mobil dalam kondisi New Old Stock perlu pengecekan lebih ekstra

Meski dalam kondisi baru, namun mobil dengan kondisi NOS perlu dilakukan pengecekan ekstra, seperti pengecekan ruang mesin, kaki-kaki, rangka apakah ada korosi, serta fitur penunjang. Pastikan tidak ada yang kurang sedikitpun, jangan sampai beranggapan, mentang-mentang Anda sudah diberikan potongan harga yang besar namun Anda diberikan mobil dengan kondisi NOS yang tidak layak. Untuk itu, jangan lengah dan lakukan pengecekan ekstra.

>>> Baca juga artikel pilihan menarik lainnya seputar dunia otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Beli Mobil Bekas "Kilometer Rendah" Untung Atau Rugi?

19/02/2019

Jual beli

3 menit

Mendapatkan mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan memang menyenangkan, selain jarak tempuh masih sedikit, otomatis umur komponen bergerak dalam mesin "seharusnya" belum termakan. Lalu sebenarnya beli mobil bekas dengan kilometer rendah itu untung atau rugi?

Lihat juga

Inilah 3 Jenis Perbaikan Dengan Biaya Terbesar Pada Mobil Bekas

17/02/2019

Perawatan dan service

10 menit

Banyak yang berpikir biaya perbaikan terbesar pada sebuah mobil bekas adalah di sektor mesin, padahal bukan. Berikut ini adalah 3 jenis perbaikan dengan biaya terbesar yang biasa dilakukan pada mobil bekas.

Lihat juga

Ini 10 Cara Mempertahankan Harga Jual Mobil Bekas

17/02/2019

Jual beli

3 menit

Namanya juga manusia, tentu saja ogah rugi, tidak terkecuali soal mobil bekas, maunya untung terus, nah berikut kami kasih 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas untuk Anda

Lihat juga

Review Suzuki New Baleno 2019

01/02/2019

Editor rate:

Mungkin banyak dari Anda pembaca setia artikel ulasan kendaraan baru mengenai New Baleno. Mengapa Suzuki New Baleno 2019 ini menjadi ber-format hatchback. Padahal dahulu kala Suzuki Baleno sangat identik dengan sedan kecil yang sempat menjadi primadona kawula muda maupun eksekutif muda. Penasaran mengapa demikian? Ikuti terus ulasan kami mengenai New Suzuki New Baleno 2019.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018

05/11/2018

Editor rate:

Memberikan tampilan yang lebih sporty, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Ignis. Diluncurkan di salah satu Mall di Jakarta 26 Januari awal tahun ini, Suzuki Ignis Sport Edition 2018 datang menyapa konsumen Indonesia.

Lihat juga