Ini 10 Cara Mempertahankan Harga Jual Mobil Bekas

17/02/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Ini 10 Cara Mempertahankan Harga Jual Mobil Bekas
Namanya juga manusia, tentu saja ogah rugi, tidak terkecuali soal mobil bekas, maunya untung terus, nah berikut kami kasih 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas untuk Anda

Mempertahankan harga jual mobil bekas merupakan hal yang paling diinginkan ketika orang hendak menjual mobil bekas. Ya, namanya juga manusia, maunya selalu untung dan untung terus. Manusia manapun tentunya ogah rugi, dan dalam hal mobil bekas bukanlah suatu pengecualian. Nah, kini kami berikan 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas untuk Anda. Oh ya, perlu diingat, mempertahankan harga jual mobil bekas ini dimulai sejak Anda membeli mobil yang Anda pakai ya. Berikut 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas :

1. Pilih Mobil Dengan Resale Value Baik

Tampak Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Pilih mobil yang memiliki rekam jejak harga jual kembali yang baik

Hal pertama yang menjadi tips cara mempertahankan harga jual mobil bekas adalah, Anda harus pilih mobil dengan rekam jejak resale value yang baik. Contohnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Brio, Suzuki Karimun kotak, ataupun Toyota Kijang Innova. Kelima mobil tersebut memiliki rekam jejak mobil bekas dengan resale value yang baik.

2. Pilih Transmisi Yang Sesuai

Tampak transmisi manual Suzuki All New Ertiga Diesel

Di beberapa daerah, transmisi manual lebih banyak disukai 

Memilih transmisi yang sesuai adalah salah satu cara mempertahankan harga jual mobil bekas. Ada beberapa pilihan mobil yang memiliki harga jual lebih tinggi dengan varian transmisi manual, seperti Honda CR-V didaerah lebih disukai dengan transmisi manual. Sedangkan Toyota Kijang dengan mesin diesel lebih disukai dengan pilihan transmisi otomatis. Untuk itu memilih transmisi yang sesuai merupakan salah satu trik mempertahankan harga jual mobil bekas.

3. Pilih Warna Yang 'Aman'

Tampak Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna hitam

Warna hitam cenderung 'aman' untuk dijual kembali karena lebih netral

Salah satu trik yang tidak banyak diketahui maupun disadari oleh orang dalam usaha untuk mempertahankan harga jual mobil bekas adalah memilih warna yang 'aman'. Aman dalam artian relatif disukai oleh banyak orang. Seperti warna silver, hitam, maupun putih. Sebaiknya hindari warna-warna tidak populer, seperti oranye, merah, dan lainnya, kecuali memang warna khas atau hero color mobil tersebut memang favorit seperti Mazda2 dengan kelir soul red-nya.

>>> Baca juga: Berencana Membeli Mobil Bekas? Tips Merawat Mobil Putih Jadi Seperti Baru

4. Daftarkan Asuransi All Risk

Ilustrasi asuransi mobil all risk

Asuransi All Risk akan membuat Anda merasa aman

Mendaftarkan asuransi dengan polis All Risk bisa dibilang sebagai salah satu indikasi Anda merawat mobil dengan baik. Karena Anda melakukan tindakan preventif terhadap mobil Anda. Ini merupakan salah satu cara untuk mempertahankan harga jual mobil bekas. Saat ini banyak sekali asuransi mobil berkualitas yang ada di tanah air, seperti Asuransi Astra yang ada program chatbot bernama Garxia yang mempermudah dalam pengurusan asuransi.

>>> Baca juga: Beli Asuransi Semakin Gampang, Cukup “Ngobrol” Sama Garxia

5. Lakukan Perawatan Berkala Tepat Waktu

Tampak perawatan berkala mobil Mitsubishi

Melakukan perawatan berkala tepat waktu merupakan salah satu cara mempertahankan harga jual mobil bekas

Melakukan perawatan berkala tepat waktu juga merupakan salah satu cara untuk mempertahankan harga jual mobil bekas. Dengan melakukan perawatan berkala tepat waktu, selain akan memperpanjang umur komponen pada mesin, membuat awet, juga dapat menyegarkan terus kondisi mesin mobil Anda. Maka, jangan sampai Anda alpha atau lalai dalam melakukan perawatan berkala tepat waktu.

6. Simpan Bukti Catatan Servis Mobil Anda

Buku servis berkala Mazda

Bukti catatan servis maupun bon jangan sampai hilang ya

Salah satu bukti Anda melakukan perawatan berkala tepat waktu dan juga tidak pernah lalai adalah Anda dapat menunjukkan bukti catatan servis mobil Anda kepada calon pembeli. Ini merupakan salah satu trik dalam mempertahankan harga jual mobil bekas Anda didepan para calon pembeli. Simpan bukti catatan servis mobil Anda dalam satu booklet, termasuk bon-bon penggantian part yang sudah dilakukan oleh Anda terhadap mobil.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

7. Gunakan BBM Berkualitas

Honda CR-V Isi bahan bakar Pertamax series

Isi bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan agar selalu terjaga performa dan daya tahan mesinnya

Rata-rata mesin mobil saat ini sudah memiliki rasio kompresi mesin diatas 10:1. Otomatis, dengan rasio kompresi sedang seperti itu sudah membutuhkan bahan bakar yang berkualitas dan baik dan ini merupakan salah satu trik untuk mempertahankan harga jual mobil bekas. Untuk mesin berbahan bakar diesel selalu gunakan bahan bakar solar rendah sulfur seperti Dexlite, sementara untuk mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar bensin pakailah bahan bakar oktan minimum 92.

>>> Baca juga: Ini Pilihan BBM dan Oli Yang Bagus Buat Mobil LCGC Menurut BOS

8. Pasang Aksesoris Resmi

Suzuki Ignis dengan aksesoris resmi Suzuki Sport

Pakai aksesoris resmi akan mempertahankan harga jual dan tidak menggugurkan garansi

Jika Anda gemar untuk memasang aksesoris pada mobil Anda, selalu gunakan atau pasang aksesoris resmi yang peruntukannya memang diperuntukkan untuk mobil Anda. Karena memasang aksesoris resmi selain mendapatkan garansi pabrikan, tentu fitment-nya akan pas dengan mobil Anda. Apalagi dengan aksesoris resmi ini, Anda dapat lebih memepertahankan harga jual mobil bekas Anda dimata calon pembeli mobil bekas.

>>> Jangan abaikan ini: Hati-hati Memodifikasi Mobil, Asuransi Yang Berlaku Bisa Ditolak Klaimnya

9. Usahakan Bodi Mobil Serta Interior Selalu Bersih

Ilustrasi Cuci mobil Xpander

Mobil harus senantiasa bersih dan terawat

Salah satu indikator yang Anda dapat tunjukkan ke calon pembeli mobil bekas milik Anda adalah bodi mobil bekas yang relatif bersih serta interior yang terawat. Ini merupakan salah satu trik untuk mempertahankan harga jual mobil bekas milik Anda dimata calon pembeli. Usahakan bodi mobil serta interior mobil milik Anda selalu bersih dan terawat. 

Berikut adalah cara paling mudah dan murah untuk membersihkan interior mobil Anda:

10. Jika Hendak Menjual Mobil Bekas, Pasang Iklan Di Cintamobil.com

Tampak halaman muka listing Cintamobil

Tiap bulan, ada 4,5 juta visitor listing Cintamobil.com lho, otomatis kans mobil terjual makin tinggi

Trik pamungkas untuk mempertahankan harga jual mobil bekas adalah memasang iklan di Cintamobil.com. Mengapa? Karena dalam satu bulan saja sedikitnya ada 4,5 juta visitor yang melihat listing Cintamobil.com. Bayangkan, jumlah sebanyak itu yang melihat iklan mobil bekas Anda, otomatis kans untuk mobil bekas Anda cepat terjual akan semakin tinggi, dan usaha untuk mempertahankan harga jual mobil bekas Anda akan semakin mudah.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Beli Mobil Bekas Berbasis Jarak Tempuh Odometer, Apa Masih Layak?

07/02/2019

Jual beli

Enggak bisa dipungkiri, masih banyak dari konsumen mobil bekas juga penjual mobil bekas yang menggunakan basis jarak tempuh odometer dalam hal penentuan harga jual mobil bekas, pertanyaannya apa beli mobil bekas berbasis jarak tempuh odometer masih layak untuk dipertimbangkan?

Lihat juga

Ban Serep Belum Turun Apakah Menambah Harga Jual Mobil Bekas?

06/02/2019

Jual beli

Di beberapa iklan mobil bekas kerap kita temui kata-kata iklan yang mempromosikan "ban serep belum turun". Seakan jika ban serep belum turun itu menjadi nilai tambah bagi mobil bekas yang dijual, lalu apakah benar jika ban serep belum turun itu menambah harga jual mobil bekas?

Lihat juga

Harga Sama, Beli Mobil Bekas Atau Mobil Baru?

31/01/2019

Jual beli

6 menit

Membeli mobil baru maupun bekas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bila mempunyai harga yang sama, mana yang lebih menguntungkan, beli mobil bekas atau mobil baru?

Lihat juga

Cara Mengecek Mobil Bekas Berturbo

20/01/2019

Jual beli

Mobil dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger memang memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan mobil naturally aspirated. Berikut ini kami beri pandauan cara mengecek mobil bekas berturbo.

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas, Bisakah Asuransi Berganti Nama?

02/02/2019

Jual beli

Melindungi mobil dengan asuransi memang menjadi andalan sebagian pemilik mobil. Tapi ketika membeli mobil bekas, iming-iming mobil masih dilindungi asuransi sebenarnya bukan daya tarik. Lantas bisakah asuransi berganti nama?

Lihat juga
 
back to top