Pertama Kali Menjual Mobil? Ini Tips Menghasilkan Foto Mobil Bekas Terbaik

16/02/2019

Jual beli

10 menit

Share this post:
Pertama Kali Menjual Mobil? Ini Tips Menghasilkan Foto Mobil Bekas Terbaik
Satu foto bisa bernilai ribuan kata. Maka dari itu, memberikan foto mobil bekas yang terbaik merupakan salah satu cara untuk menarik pembeli untuk membeli mobil yang Anda tawarkan.

Pembeli mobil bekas seringkali mengalami ketidakpastian dan kekhawatiran dalam proses belanja. Terkadang, foto yang tidak jelas dan kurang menonjolkan daya tarik mobil menjadi salah satu masalahnya. Untuk itu, Cintamobil.com memberikan beberapa tips mengambil foto mobil bekas bagi Anda yang pertama kali menjual mobil Anda.

1. Foto sebanyak mungkin dengan kamera terbaik Anda

Dilansir dari The Packet, Casey Neistat yang merupakan fotografer, videografer dan YouTuber ini menegaskan bahwa Anda perlu menggunakan kamera terbaik untuk menghasilkan gambar terbaik pula. Jika Anda memiliki smartphone dan kamera DSLR, pertimbangkan untuk menggunakan kamera terakhir. Beberapa smartphone memang menghasilkan foto yang bagus, tetapi DSLR biasanya lebih baik.

DSLR, atau kamera mirrorless biasanya menangkap gambar lebih dalam, warna dan detail yang lebih baik, serta menghadirkan mobil yang lebih menarik. Kualitas gambar dan resolusi tinggi akan memberikan foto yang potensial untuk konsumen Anda.

beberapa angle mobil yang diambil dari empat mobil

Masing-masing mobil memiliki angle terbaik mereka sendiri

Selain itu, ambil sebanyak mungkin foto dengan berbagai sudut dan cahaya. Sama seperti manusia, semua mobil memiliki sudut terbaik untuk menonjolkan daya tariknya masing-masing. Bisa jadi, dari 30 foto yang Anda ambil, ada 4 atau 5 foto yang menarik. Tetapi yang paling penting, foto sisi depan, samping, belakang, dan bagian dalam mobil untuk mempermudah calon pembeli melihat tampilan mobil Anda.

>>> Keranjingan Memotret Mobil? Ikuti Saran Fotografer Andal Asal Inggris Ini

2. Perhatikan komposisi gambar

Anda tidak perlu menjadi seorang fotografer profesional untuk menghasilkan foto yang menarik. Pertama, atur foto Anda. Gambar garis datar imajiner untuk memberikan posisi mobil yang datar. Kedua, jangan memperbesar atau memperkecil (zoom in/zoom out) foto sembarangan.

foto mobil berwarna hitam yang terlalu dekat

Jangan biarkan gambar terpotong atau terlalu dekat

Cara cepat untuk menunjukan mobil Anda adalah dengan menunjukan mobil sedekat mungkin tetapi dengan menunjukan beberapa gambar lingkungan sekitar. Pertimbangkan untuk memegang kamera setinggi pinggang, setara dengan kepala mobil, dibandingkan mengambil foto dari atas (setara dengan mata) atau dari bawah.

>>> Mau Aman Membeli Mobil Bekas Secara Online, Perhatikan 4 Tips Berikut!

3. Pengaturan waktu

mobil putih pada saat sunset

Pada saat matahari terbenam adalah waktu yang tepat untuk memotret

Untuk hasil eksterior yang lebih baik, Anda bisa mencoba untuk memotret mobil pada sore hari, pada saat matahari mulai terbenam. Jika Anda ingin memotret di siang hari, kami sarankan untuk memotret pada saat berawan, untuk mengurangi kontras yang tinggi dan bayangan karena sinar matahari. Pada hari berawan, bagian dalam mobil Anda memiliki penerangan yang merata dan bebas bayangan, membuatnya lebih mudah untuk menangkap lebih banyak detail.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

4. Beberapa larangan ketika mengambil gambar kendaraan

mobil berwarna abu-abu yang membelakangi cahaya

Meskipun terkesan artistik, memotret membelakangi cahaya kurang memperlihatkan mobil

Jangan memotret bagian luar mobil yang membelakangi matahari. Karena pada kebanyakan kamera, hal ini bisa merusak foto dan mobil terlihat seperti bayangan. Setelah itu, posisikan roda lurus ke depan, tetapi pastikan untuk memotret dari sudut yang menunjukan roda, bukan tapak ban. Jika Anda memotret dengan smartphone, pegang pada posisi mendatar (menyamping) bukan vertikal untuk mendapatkan foto sebaik mungkin.

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

5. Foto sekreatif mungkin

foto mobil berwarna putih di tengah kota

Silahkan berkreasi dengan sudut foto terbaik Anda

Fotografi tergantung pada selera. Dan kreativitas merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan foto yang terbaik. Gabungkan beberapa tips dan saran di atas untuk mendapatkan hasil terbaik untuk foto Anda. Cobalah beberapa sudut dan posisi yang berbeda untuk menangkap tampilan menawan foto mobil bekas kesayangan Anda dan menghasilkan gambar yang Anda inginkan. Selamat mencoba.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Beli Mobil Bekas Berbasis Jarak Tempuh Odometer, Apa Masih Layak?

07/02/2019

Jual beli

Enggak bisa dipungkiri, masih banyak dari konsumen mobil bekas juga penjual mobil bekas yang menggunakan basis jarak tempuh odometer dalam hal penentuan harga jual mobil bekas, pertanyaannya apa beli mobil bekas berbasis jarak tempuh odometer masih layak untuk dipertimbangkan?

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: MPV Berkabin Luas Dan Mewah, Tips Beli Mercedes-Benz Viano Bekas

05/02/2019

Jual beli

Mempunyai MPV berkabin luas dengan nuansa mewah tentu idaman para keluarga. Salah satu mobil bekas yang bisa dilirik adalah Mercedes-Benz Viano. Agar tidak salah beli, simak tips beli Mercedes-Benz Viano bekas dari kami.

Lihat juga

Ban Serep Belum Turun Apakah Menambah Harga Jual Mobil Bekas?

06/02/2019

Jual beli

Di beberapa iklan mobil bekas kerap kita temui kata-kata iklan yang mempromosikan "ban serep belum turun". Seakan jika ban serep belum turun itu menjadi nilai tambah bagi mobil bekas yang dijual, lalu apakah benar jika ban serep belum turun itu menambah harga jual mobil bekas?

Lihat juga

Ini 5 Alasan Sebagian Orang Lebih Suka Membeli Mobil Bekas

04/02/2019

Jual beli

Meski berbagai model mobil baru terus bermunculan, sebagian orang masih setia dan lebih suka membeli mobil bekas. Dengan berbagai alasan yang ada mereka menganggap membeli mobil bekas lebih menguntungkan.

Lihat juga

Ingin Menjual Mobil Bekas, Lebih Baik Tukar Tambah Atau Jual Sendiri?

07/01/2019

Jual beli

3 menit

Ada beberapa cara menjual mobil bekas. Bisa dengan cara tukar tambah (trade-in) atau jual sendiri. Namun mana yang lebih menguntungkan?

Lihat juga

Sebelum Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek 5 Hal Ini

28/04/2017

Jual beli

10 menit

Ketika menentukan untuk membeli mobil bekas, jangan lupa cek bagian bawah mobil, karpet kaki, pedal kaki, bagian mesin dan surat-surat kelengkapan kendaraan. Lebih baik kita hati-hati cek 5 hal ini supaya tidak menyesal nantinya.

Lihat juga