Ragam Kapasitas HiAce, Mulai dari 9 Orang Hingga Muat 15 Orang

15/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Kapasitas HiAce yang lega membuatnya jadi pilihan armada dan angkutan. Lalu, mobil HiAce bisa muat berapa orang? Tentunya jawabannya tergantung kebutuhan.

Kapasitas HiAce yang beragam merupakan pilihan bagi penyedia armada angkutan maupun sebagai mobil rental. Sejatinya, mobil ini mampu menampung 9 orang dengan menggunakan captain seat pada baris kedua dan ketiga. Tapi bagi Anda yang ingin memaksimalkan ruang kabin untuk menambah lebih banyak penumpang, mobil ini bahkan sanggup menampung hingga 15 orang. Bagaimana tips dan trik untuk menampung hingga 15 orang itu? Simaklah artikel ini sampai akhirnya.

Kapasitas Toyota HiAce Premio

HiAce Premio merupakan nama yang digunakan pada model generasi keenam dengan kode H300. Mobil ini diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 silam, dan dipasarkan bersamaan dengan edisi generasi kelima HiAce H200 hingga saat ini. Untuk membedakannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggunakan embel-embel ‘Premio’ pada namanya.

Berbeda dibandingkan model Luxury yang masih digunakan pada HiAce H200, mobil ini menggunakan konfigurasi lima baris tempat duduk (termasuk baris pertama tempat pengemudi) dengan total penumpang 13 orang, termasuk sopir. Tak ditemukan kursi di sisi pintu sebelah kiri yang terdapat pada HiAce Commuter.

kapasitas HiAce Premio dengan 13 penumpang
Kapasitas HiAce Premio standar dipasarkan untuk 12 penumpang

Meski kapasitas HiAce Premio tak begitu tinggi dibandingkan model Commuter, namun kenyataannya tak perlu diragukan lagi. Minibus ini memiliki pengaturan dua kursi pada baris kedua hingga keempat. Sedangkan baris belakang mendapatkan konfigurasi 4-seater.

Ruang yang lebih lapang diberikan sebagai lajur untuk keluar masuk penumpang. Tak lagi ada kursi di bagian sisi pintu. Namun Toyota Indonesia mengungkapkan bahwa pemilik bisa menambah bangku yang digunakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

>>> Spesifikasi HiAce Premio Luxury, Dari Van VIP Hingga Jadi Campervan

Kapasitas HiAce Commuter

Sesuai dengan namanya, kapasitas HiAce Commuter memang dimaksimalkan untuk menampung lebih banyak penumpang tanpa harus mengorbankan kenyamanan di dalam kabin. Termasuk penumpang di baris pertama, mobil ini menggunakan 4 baris kursi yang membentang berkat wheelbase-nya yang panjang.

Lalu, sebenarnya mobil HiAce muat berapa orang? Jawabannya tentu saja tergantung jenis maupun tipe model yang Anda gunakan. Untuk versi standar, kapasitas HiAce Commuter standar mencapai 15-seater, dengan 3 baris di belakang mampu menampung hingga 13 penumpang.

interior Toyota Hiace 15-seater dengan kursi berbahan fabric
Kapasitas HiAce Commuter sebelumnya bisa menampung hingga 15-seater

Pengaturannya cukup rapi, dimana bangku baris ketiga bisa digunakan untuk 3 orang penumpang. Sedang pada baris kedua dan ketiga ada tiga tempat duduk dengan konfigurasi 2+1, dimana ada ruang kosong di bagian tengah untuk mempermudah penumpang ke baris belakang.

Di baris belakang, HiAce Commuter menawarkan empat tempat duduk yang masing-masing sudah dilengkapi dengan head rest. Dan ketika Anda ingin menambah ruang bagasi untuk meletakkan barang-barang bawaan, bangku baris belakang bisa dilipat ke samping dengan praktis.

Sebelumnya, Toyota HiAce juga menawarkan model dengan captain seat untuk pengendaraan yang lebih premium. Model ini dirasa cocok untuk penumpang VIP yang menginginkan kenyamanan sepanjang perjalanan. Sayangnya sejak kemunculan HiAce Premio, TAM tak lagi memasarkan ini sebagai varian standar.

>>> Laris Manis Ambulance HiAce yang Ternyata Langganan Modifikasi

Modifikasi kapasitas HiAce

Salah satu kelebihan Toyota HiAce tentu saja ruang kaki dan ruang kepala yang lega berkat wheelbase panjang serta desain boxy pada mobil ini. Karena itu, tak sedikit pemilik yang memodifikasi mobil ini untuk menambah kapasitas HiAce maupun meningkatkan kenyamanan di dalam kabin menggunakan captain seat. Berikut beberapa modifikasi HiAce yang bisa dilakukan.

1. HiAce 6-seater dan 8-seater

Tak jarang pemilik mobil menggunakan captain seat dibandingkan mobil standar. Tentunya akan memberikan rasa premium tersendiri pada mobil ini. Bahkan beberapa karoseri menggunakan captain seat hingga bangku baris belakang.

Toyota Hiace Captain Seat berwarna beige
Penggunaan captain seat tentunya memberikan rasa premium

Selanjutnya bagi Anda yang menginginkan ruang hanya untuk penumpang di bagian tengah, maka bangku baris belakang bisa dibongkar untuk menambah kepraktisan ruang bagasi di belakang. Sehingga pengaturan 6 seater di baris kedua hingga ketiga bisa lebih maksimal.

Satu hal yang menarik lainnya adalah beberapa karoseri maupun modifikator memberikan kursi listrik demi menambah kenyamanan dalam perjalanan jauh. Kursi listrik dengan fungsi pijat maupun penghangat tentunya akan membuat rasa berkendara semakin damai dan melepas penat sepanjang perjalanan.

2. HiAce 6-seater + toilet

Untuk sebuah armada VIP, mobil ini bisa ditransformasikan untuk meningkatkan rasa nyaman ketika berkendara dalam perjalanan jauh, salah satunya dengan membawa toilet portable di dalam mobil. Tentu saja menggunakan captain seat di baris kedua hingga keempat dengan toilet dipasangkan di bagian belakang.

toilet portable pada mobil Toyota HiAce
Anda bisa menambahkan toilet pada Toyota HiAce

Namun untuk menghadirkan modifikasi ini, Anda tentunya harus merelakan bangku baris belakang sebagai toilet. Meskipun toilet tidak membutuhkan ruang yang begitu besar, tapi tentu saja sangat aneh jika menyandingkan bangku di sebelah toilet. Maka ruang di samping toilet bisa digunakan untuk bagasi maupun wastafel.

Harga Toyota HiAce

Saat ini ada dua varian HiAce yang dipasarkan oleh PT TAM. Yang pertama yaitu model generasi terbaru dengan nama HiAce Premio yang bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 549 jutaan. Sedangkan model yang lebih ‘jadul’, yaitu HiAce Commuter H200 saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 512 jutaan saja.

mobil baru Toyota HiAce Premio berwarna silver
Hiace Premio yang diperkenalkan pada tahun 2019 silam

Sedangkan harga Toyota HiAce bekas yang tetap stabil di dan tidak mengalami depresiasi atau pengurangan nilai yang begitu jauh. Contohnya saja model keluaran tahun 2014 sampai 2015 dibanderol mulai dari Rp 260 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Toyota HiAce bekas merupakan pilihan yang masih populer, khususnya bagi armada sekaligus pemilik rental. Karena dengan banderol yang lebih rendah, maka versi bekas HiAce lebih mudah untuk dimodifikasi, termasuk dengan mengubah konfigurasi bangku maupun menambah peralatan lain untuk kenyamanan berkendara.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja varian Toyota HiAce yang ada di Indonesia?
Saat ini hanya ada dua varian Toyota HiAce, yaitu HiAce Premio 2.8 dan HiAce Commuter.
Berapa harga Toyota HiAce Premio?
Harga Toyota HiAce Premio saat ini dibanderol mulai dari Rp 549 jutaan.
Apakah HiAce menggunakan captain seat?
Sebelumnya HiAce menggunakan captain seat, namun saat ini Toyota tidak memasarkan Hiace Captain Seat sebagai model standar.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top