Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005

31/07/2018
editor rate: 3,9 user rate: 4,0
Apakah Anda mencari kendaraan yang dapat menjadi modal bisnis Travel? Kami punya rekomendasi terbaik untuk kebutuhan Anda seperti Toyota Hi-Ace Commuter yang akan dibahas kali ini. Bahkan kapasitasnya mampu menampung hingga 16 orang sekaligus. Apakah mobil ini layak untuk Anda miliki? Mari kita cari tahu bersama dalam review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005.

PENGANTAR Toyota Hiace 2005

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2015 – Termasuk dalam kategori Van komersial, Toyota Hi-Ace memang selalu dikenal akan kelebihan utamanya yakni daya angkut penumpang hingga 16 orang sekaligus. Dengan kelebihan tersebut, sehingga tak salah jika mobil satu ini sering kali digunakan untuk kegiatan bisnis layaknya Travel, mobil angkutan kru perfilman dan kategori bisnis lainnya.

Tampilan Toyota Hi-Ace generasi terbaru yang dikemas cukup modern

Tampilan Toyota Hi-Ace Commuter Manual terbaru yang akan kita bahas lebih lanjut

Bagi Anda yang hendak membeli mobil satu ini, kami cukup merekomendasikannya. Bahkan, Toyota Hi-Ace bukan barang baru dalam dunia otomotif, perhelatannya sudah dimulai sejak tahun 1967 dengan daya angkut delapan penumpang. Melihat rekam jejaknya yang cukup sukses, Toyota Hi-Ace akhirnya merilis generasi keduanya dengan beragam pilihan rangka bodi dan spesifikasi mesin diesel untuk pertama kalinya. Tak tanggung-tanggung, generasi keduanya sudah dirancang cukup tanggu dalam mengangkut 15 penumpang.

Sejarah Toyota Hi-Ace generasi pertama dan kedua, yang masih menggunakan bodi trim sederhana

Sejarah Toyota Hi-Ace generasi pertama (kiri) dan generasi kedua (kanan)

Generasi ketiga dirilis pada tahun 1982 yang memiliki desain lebih trendy serta menawarkan beragam varian yang didasari perbedaan Wheelbase. Setelah tujuh tahun berselang, generasi keempatnya mulai dipasarkan dengan mode penggerak Rear Wheel Drive (RWD) dan menawarkan pilihan mesin bensin serta diesel.

Toyota Hi-Ace generasi ketiga dan keempat dirilis mulai tahun 1982 yang menggunakan dimensi Wheelbase lebih panjang daripada versi sebelumnya

Sejarah Toyota Hi-Ace generasi ketiga (kiri) dan generasi keempat (kanan)

Nah, model yang dibahas kali ini adalah generasi keempat Toyota Hi-Ace yang menggunakan kode H200. Menggunakan basis Wheelbase memanjang sehingga mampu mengangkut hingga 16 penumpang khusus varian Commuter dan 11 penumpang untuk varian Luxury. Mengingat konsepnya yang lebih merujuk pada fungsi komersial sehingga Cintamobil.com hendak membahas varian Commuter. Mari kita simak lebih lanjut ulasan lengkapnya dalam review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005.

EKSTERIOR Toyota Hiace 2005

Sisi eksterior Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan desain bodi yang mirip dengan kapsul. Menerapkan dimensi bodi yang panjang dengan konsep bongsor. Sesuai keunggulannya, dimensi bodinya yang panjang mampu mengangkut hingga 16 orang sekaligus.

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Eksterior Depan

Dari sisi depan, Front Grille dengan desain bertingkat dilapisi krom mengilap, sukses menyampaikan pesan kokoh dan modern. Adapun dari segi pencahayaan, lampu utama berukuran besar dipadu dengan Fog Lamps pada sisi bawahnya, diklaim mampu memberikan fungsi penerangan yang optimal khususnya di malam hari. Tak lupa, pesona tegas dan agresif, ditampilkan dari Front Bumper berkelir hitam berongga. Selain memperindah tampilannya, desain tersebut juga mampu memberi sirkulasi udara yang baik bagi kap mesinnya.

Eksterior Depan Toyota Hi-Ace menggunakan Front Grille kokoh

Tampilan depan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan Front Grille bertingkat

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Eksterior Samping

Merambah ke sisi samping, kami akui tampilannya tidak semewah varian Luxury-nya. Pada masalah Door Handle misalnya, Toyota Hi-Ace Commuter menerapkan warna hitam, berbeda dengan varian Luxury yang dikemas dengan lapisan krom. Hal paling menarik dari generasi terbarunya ini, kami rasakan pada pintu sampingnya yang dapat membuka dan menutup, menggunakan mode geser. Memberi kesan mewah daripada generasi-generasi Toyota Hi-Ace sebelumnya.

Eksterior Samping Toyota Hi-Ace menggunakan Wheelbase berukuran panjang

Tampilan samping Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menerapkan mode pintu geser

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Eksterior Belakang

Menyisir ke sisi belakang, Toyota Hi-Ace sudah dilengkapi lampu Stop Lamp memanjang vertikal yang terintegrasi dengan lampu sein. Tentu fitur tersebut, semakin memperkaya fungsinya sebagai mobil Van komersial serta tampilan lebih modern. Pada sisi atas, juga terdapat lampu Stop yang mampu menyala terang di malam hari sehingga dapat memberi notifikasi kepada pengendara lain di belakang Anda.

Eksterior Belakang Toyota Hi-Ace menghadirkan lampu Stop di bagian atasnya

Tampilan belakang Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan lampu berdesain vertikal

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Hiace 2005

Dari segi interior Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005, tampilan dikemas cukup sederhana daripada varian Luxury. Namun hal tersebut masih dapat dimaklumi, mengingat konsepnya lebih diprioritaskan untuk dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih.

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Dashboard

Dashboard Toyota Hi-Ace Commuter dikemas dengan tampilan sederhana yang didominasi warna hitam standar. Hal yang paling kami kurang setujui dari dashboardnya, terletak pada absennya sistem audio yang ditukar dengan utilitas wadah yang lebih banyak. Lewat hal tersebut, dashboardnya lebih difungsikan untuk menempatkan barang-barang bawaan penting Anda seperti kunci, berkas, Handphone, Charger dan dokumen-dokumen penting.

Dashboard Toyota Hi-Ace menghadirkan banyak fitur wadah sehingga memudahkan Anda dalam menaruh barang

Dashboard Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menerapkan tampilan sederhana

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Setir

Menyinggung aspek setir, desainnya tampil standar menggunakan konsep palang empat yang dihias apik lewat logo timbul Toyota berlapis krom di bagian tengah. Di balik kemudi setirnya, tertata rapi panel informasi yang siap menyajikan berbagai kondisi mobil seperti tingkat kecepatan, sisa bahan bakar dan hal menarik lainnya.

Setir Toyota Hi-Ace menggunakan desain sederhana

Setir Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan desain palang empat

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Kursi

Hal paling menarik dari mobil satu ini terletak pada aspek kursi. Pasalnya, kursinya mampu mengangkut hingga 16 penumpang dengan ruang kaki yang lega. Racikan dimensi Wheelbase di angka 3.110 mm, menjadi alasan utama akan keunggulannya. Bahkan, penempatan kursinya terlihat cukup rapi sehingga penumpang tidak berdesak-desakan meski seluruh kabin terisi penuh.

Kursi Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 ditata cukup rapi dan mampu menampung banyak orang

Kursi Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 mampu menampung hingga 16 orang

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Ruang Bagasi

Apakah mobil satu ini menyediakan bagasi? Kami katakan iya, bahkan kapasitas bagasinya bisa diatur sedemikian rupa, seiring dengan pelipatan kursinya. Bagi Anda yang menginginkan daya angkut barang yang lebih, Anda bisa melipat kursi bagian belakangnya sehingga daya tampungnya semakin bertambah. Bahkan, kami berasumsi, hal tersebut menjadi keunggulan lain dari Toyota Hi-Ace Commuter.

Ruang bagasi Toyota Hiace Commuter Manual 2005 dapat diatur sedemikian rupa sesuai barang bawaan yang hendak Anda bawa

Ruang bagasi Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 mampu diatur sesuai kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Hiace 2005

Bagaimana dengan fitur Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005? Mungkin dari Anda ada yang bertanya demikian, maka dari itu di segmen kali ini Cintamobil.com hendak mengupasnya ke dalam dua hal yakni fitur keselamatan dan fitur hiburan.

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Fitur Keselamatan

Mendongrak keunggulannya dalam menampung 16 orang sekaligus, menuntutnya untuk tampil seimbang dan tetap handal dikendarai di berbagai medan. Racikan suspensi handal, menjadi jawaban utama di balik keunggulan Toyota Hi-Ace Commuter. Pada suspensi depan misalnya, Double Wishbone Stabilizer dipadu dengan Leaf Spring Rigid Axle, menjadikannya tampil handal dan tak limbung. Hal menarik lainnya, kami dapati pada aspek pengereman yang sudah didukung racikan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA). Sehingga, dapat memberikan Anda kapasitas untuk melakukan performa manuver responsif dan presisi.

Fitur keselamatan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 tampil tangguh dan tak limbung

Fitur keselamatan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menerapkan teknologi ABS dan BA

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005: Fitur Hiburan

Sayangnya, untuk masalah kenyamanan, Toyota Hi-Ace hanya mengandalkan fitur kesejukan Climate Control yang bisa Anda operasikan sesuai selera. Meski tidak begitu berkesan mewah, namun fitur tersebut kami rasa mampu untuk memberikan kesejukan yang cukup untuk seluruh penumpang dalam kabinnya. Sementara itu, absennya panel audio ditukar dengan fitur wadah di berbagai sisi.

Fitur Hiburan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 hanya menyuguhkan fitur pendingin saja

Fitur hiburan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 mengandalkan penyejuk Climate Control

>>> Mungkin Anda tertarik dengan model Van lainnya, Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya di sini

OPERASI Toyota Hiace 2005

Bobotnya sebesar 2.070 Kg dan mampu menampung 16 orang sekaligus, dituntut untuk memiliki performa mesin tangguh. Menjawab hal tersebut, operasi mesin Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan kode 2KD-FTV D-4D berkapasitas 2.494 cc. Berbahan bakar diesel, mesinnya mampu menyemburkan daya maksimum di  angka 102 PS setara 3.600 Rpm dengan torsi puncak di kisaran 1.600 hingga 2.400 Rpm. Perpaduan tersebut nyatanya, diklaim mampu memberikan performa bertenaga meski seluruh kabinnya terisi penuh oleh penumpang.

Mesin Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan tenaga diesel berkapasitas 2.494 cc

Mesin Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 menggunakan tenaga diesel

>>> Simak di sini harga terbaru dari model menarik besutan Toyota lainnya

spesifikasi Toyota Hiace 2005

Tentu tak lupa, Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005 di berbagai aspeknya.

SPESIFIKASI TOYOTA HI-ACE COMMUTER MANUAL 2005

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.380 mm x 1.880 mm x 2.285 mm

Jarak Sumbu Roda

3.110 mm

Jarak Pijak Depan

1.655 mm

Jarak Pijak Belakang

1.650 mm

Berat Kosong

2.070 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2KD-FTV 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC D-4D

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Daya Maksimum

102 PS / 3.600 Rpm

Torsi Maksimum

26,5 Kg.m / 1.600 – 2.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Leaf Spring Rigid Axle

Rem Depan

Ventilated Disc dengan Floating Calyper 1 Silinder

Rem Belakang

Leading-Trailing Drum Brake

Ukuran Ban

195 R15 C Machining & Ground Tire Alloy Wheel

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Common Rail

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

 

kelebihan & kekurangan Toyota Hiace 2005

Tiba saatnya, kami memberikan opini lengkap terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005. Tentu, segmen ini dapat memberikan referensi ketika Anda hendak meminang mobil satu ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Daya angkut hingga 16 orang sekaligus sehingga cocok untuk berbagai kegiatan Anda termasuk bisnis Travel

Fitur interior sangat minim hanya menyediakan fitur pendingin saja

Performa mesin tangguh dengan kapasitas 2.494 cc berdaya 102 PS

Tampilan interior dikemas sederhana

Suspensi handal disematkan sehingga memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang

Harga barunya cukup tinggi dibanding beberapa pesaingnya

daftar harga Toyota Hiace 2005

Di segmen kali ini, kami hendak melampirkan daftar harga Toyota Hi-Ace Commuter Manual terbaru. Berikut kita simak informasi harga selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA HI-ACE

Toyota Hi-Ace Commuter Manual

IDR. 471.350.000

>>> Ingin harga lebih terjangkau? Simak di sini beragam harga Toyota Hiace dalam kategori bekas

Video Toyota Hiace 2005

 

KESIMPULAN Toyota Hiace 2005

Keunggulan Toyota Hi-Ace Commuter Manual dalam mengangkut 16 penumpang, menjadikannya sangat mampu untuk digunakan dalam berbagai lini kebutuhan. Faktanya, mobil satu ini banyak dicari oleh peminatnya untuk kebutuhan bisnis Travel antar kota. Perfoma mesin tangguh dan suspensi handal, menjadi alasan utama di balik keunggulannya. Bahkan, desainnya juga cukup modern dengan aksen krom mengilap pada Front Grille-nya yang sekaligus memberi kesan tangguh. Sehingga, kami sepakat menobatkannya sebagai rekomendasi utama sebagai mobil Van komersial.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil