Review Toyota Hiace 2019: Mobil Travel Juga Bisa Mewah

21/02/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Kabar menggembirakan kini datang dari Filipina. Baru-baru ini, Toyota Motor Philippines (TMP) meluncurkan generasi keenam dari Toyota Hiace. Segala halnya dikemas baru mulai dari lini eksterior hingga kapabilitasnya sebagai mobil bisnis. Tentu sebagian dari Anda sudah tak asing mendengar namanya. Seperti apakah sosoknya? Mari kita saksikan bersama dalam review Toyota Hiace 2019.

PENGANTAR Toyota Hiace 2019

Review Toyota Hiace 2019 - Berdiri dalam kategori Light Commercial Van (LCV), Hiace sudah dikenal sejak tahun 1967 silam. Mobil satu ini sengaja dirancang oleh Toyota memenuhi kebutuhan masyarakat yang sarat akan mobilitas tinggi. Memang tak dipungkiri, kelebihannya lebih dikenal akan daya angkut hingga 8 orang. Tak heran, apabila Toyota Hiace banyak digunakan di berbagai lini bisnis seperti mobil kru film, antar jemput, Travel dan sebagainya.

Hingga tahun 2019 ini, Toyota Hiace sudah terhitung memiliki total enam generasi. Di setiap ubahan, Toyota selalu sukses memberikan ubahan baru khususnya dalam hal dimensi bodi, fitur hingga performa mesin. Menariknya, kendaraan satu ini bukan saja dipasarkan di negara Asia saja tapi juga sudah merambah negara Eropa, Afrika, China, Oceania, Mexico dan Amerika Latin. Dari tahun 1967 hingga kini, Toyota Hiace sudah terjual sebanyak 6,2 juta unit di seluruh dunia.

Generasi Toyota Hiace sudah memasuki versi keenam pada tahun 2019 ini

Dari generasi ke generasi Toyota Hiace

Generasi terbarunya baru saja diluncurkan di Filipina pada tanggal 18 Februari 2019. Tersedia tiga pilihan varian yang ditawarkan meliputi Toyota Hiace GL Grandia Tourer, GL Grandia dan Commuter Deluxe. Rencananya, model terbaru ini akan mulai dipasarkan di Filipina pada bulan April 2019. Fitur terbaru apa yang ditawarkan? Mari kita simak dalam review Toyota Hiace 2019.

Varian Toyota Hiace 2019 tawarkan tiga pilihan yakni GL Grandia, GL Grandia Tourer dan Commuter Deluxe

Toyota Hiace 2019 menawarkan tiga varian

EKSTERIOR Toyota Hiace 2019

Seperti biasa, Cintamobil.com akan membahas sisi eksterior terlebih dulu. Ada perubahan menarik dari desain eksterior Toyota Hiace 2019 khususnya pada wajah depan. Selain memberi tampilan lebih mengesankan, perubahan ini mengubah tata letak mesin ke arah depan.

Review Toyota Hiace 2019: Eksterior Depan

Menilik versi sebelumnya, Toyota Hiace dirancang tidak memiliki hidung depan yang memberi kelebihan dalam hal visibilitas pengendara. Namun karena rancangan desain tersebut, akhirnya mesin tidak ditempatkan di bagian depan  melainkan di bawah kursi pengendara. Tentu hal ini akan membuat bangku pengendara menjadi sangat panas dan kurang nyaman.

Belajar dari kekurangan tersebut, Toyota mulai membenahi Hiace dengan menghadirkan desain Semi-Bonnet pada wajah depan. Alhasil, kini mesinnya diletakkan di sisi depan. Perubahan ini tentu memberi beberapa kelebihan seperti memudahkan pengecekan berkala dan kursi pengendara tak lagi cepat panas.

Eksterior depan Toyota Hiace 2019 dilengkapi lampu DRL dan lampu kabut

Wajah depannya kini lebih modern, mengingatkan kami akan Toyota Vellfire

Khusus pada varian Toyota Hiace GL Grandia Tourer sudah dilengkapi fitur pencahayaan lengkap meliputi lampu Daytime Running Light (DRL) dan lampu kabut pada sisi bemper depan.

Review Toyota Hiace 2019: Eksterior Samping

Merambah ke sisi samping, esensi ikonik dari Hiace masih terasa kuat khususnya pada fitur Sliding Door. Selain memberi kesan praktis, pintu geser seperti ini dapat menawarkan esensi elegan ketika penumpang membuka pintunya.

Sliding Door Toyota Hiace 2019 mampu memberi kesan mewah dan elegan bagi penumpang

Bodi sampingnya masih menggunakan fitur Sliding Door

Review Toyota Hiace 2019: Eksterior Belakang

Di sisi belakang, Anda akan disuguhkan lampu LED Rear Combination bergaya vertikal. Adapun tampilannya terkesan menarik yang diklaim oleh Toyota menggunakan 3D Design. Memang tak dipungkiri, hal ini menjadi pemanis dari bodi belakangnya yang agak kosong melompong. Belum lagi, mobil ini memiliki dimensi tinggi sebesar 2.280 mm yang terasa kurang sedap dipandang.

Eksterior belakang Toyota Hiace 2019 tidak begitu elok dipandang

Wajah belakangnya hanya dihias dengan lampu LED Rear Combination 3D Design

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Hiace 2019

Hal paling istimewa terletak pada ruang interior Toyota Hiace 2019. Bukannya mengapa, pada varian Commuter misalnya, mobil ini mampu menampung hingga 17 orang sekaligus. Inilah hal yang paling dicari-cari oleh penggiat bisnis Travel.

Review Toyota Hiace 2019: Dashboard

Lini dashboard kini dibuat elegan dengan Dual-Tone Colour. Pada sisi atap dibalut warna hitam dan di bagian tengah hingga ke bawah dibekali warna putih. Meski berkategori sebagai mobil komersial, setidaknya hal ini bisa memberi tampilan yang lebih nyaman dipandang khususnya oleh para penumpang.

Dashboard Toyota Hiace 2019 sudah dilengkapi dengan fitur hiburan lengkap

Dashboard-nya kini dikemas dengan Dual-Tone Colour

Review Toyota Hiace 2019: Setir

Menariknya lagi jika Anda sudah melompat ke sisi setir. Tersedia beberapa tombol multifungsi meliputi tombol pengaturan audio serta konektivitas. Anda tak perlu lagi takut kehilangan konsentrasi ketika menyetir. Anda hanya perlu menekan tombol-tombol tersebut untuk mengaktifkan fitur lebih mudah. Untuk pertama kalinya, Hiace memberi kenyamanan mewah bagi pengendara.

Setir Toyota Hiace 2019 sudah dibekali teknologi canggih

Kemudi setirnya sudah dilengkapi fitur canggih sepertii Cruise Control

Review Toyota Hiace 2019: Kursi

Di setiap varian, memiliki kapasitas tampung berbeda-beda. Pada GL Grandia Tourer misalnya, mampu menampung 14 orang. Adapun GL Grandia dapat mengakomodasi 12 orang dan Commuter Deluxe memiliki kapasitas tertinggi hingga 15-17 orang. Hal inilah yang menjadi unsur memikat dari Hiace.

Kursi Toyota Hiace 2019 menyediakan ruang kaki yang cukup lega

Kursinya sendiri bisa mampu menampung banyak orang sesuai kebutuhan Anda

Review Toyota Hiace 2019: Bagasi

Bagasi juga diberi ruang akomodatif, cocok untuk lini bisnis Travel maupun tur. Pada varian Commuter misalnya, Anda bisa menampung 15 orang dengan ruang bagasi lumayan. Namun apabila Anda hendak menampung 17 orang maka tidak ada ruang bagasi. Dengan racikan seperti, Toyota memudahkan Anda untuk memilih formasi tempat duduk dan bagasi sesuai kebutuhan.

Bagasi Toyota Hiace 2019 menyediakan kapasitas berbeda-beda sesuai bagaimana Anda mengatur kursinya

Anda juga bisa mengatur sendiri kapasitas bagasinya

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Hiace 2019

Untuk generasi terbarunya ini, fitur Toyota Hiace 2019 terbilang lebih mumpuni daripada versi sebelumnya. Kini, teknologi sekelas Toyota Safety Sense (TSS) disematkan sebagai penunjang aspek keselamatan.

Review Toyota Hiace 2019: Fitur Keselamatan

Hiace kini dirancang dengan rangka bodi Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mana sudah lebih dulu digunakan pada Toyota C-HR Indonesia. Toyota mengklaim bahwa TNGA mampu meningkatkan kestabilan ke level yang lebih tinggi serta menunjang kesenyapan kabin lebih baik.

Fitur Toyota Hiace 2019 tergolong lengkap di berbagai aspeknya

Fitur Toyota Hiace dilengkapi rangka bodi TNGA yang menunjang tingkat kesenyapan kabin lebih baik

Untuk pertama kalinya di lini mobil komersial, Toyota menghadirkan Airbag pada bangku deret tengah. Varian Commuter Deluxe mendapatkan 3 SRS Airbags dan varian lainnya hanya mendapatkan 2 SRS Airbags.

Fitur keselamatan Toyota Hiace 2019 menyediakan Dual SRS Airbags

SRS Airbags juga ditempatkan pada bangku deret depan

Di sisi lain, semua variannya sudah dilengkapi teknologi seperti Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Rangkaian teknologi ini tentu saja memberikan jaminan keselamatan berkendara yang lebih baik.

Review Toyota Hiace 2019: Fitur Hiburan

Salah satu perubahan menarik adalah penambahan fitur wadah di beberapa sisi kabinnya. Anda dan seluruh penumpang dapat menaruh barang bawaan dengan lebih praktis. Hal ini tentu sejalan dengan konsepnya sebagai kendaraan komersial yang mana penumpang menjadi prioritas utama.

>>> Bandingkan juga dengan model Van yang tak kalah mengesankan lainnya

OPERASI Toyota Hiace 2019

Kini saatnya bagi Cintamobil.com mengintip operasi mesin Toyota Hiace 2019. Kali ini, All New Hiace dibekali dua pilihan mesin berkode 1GD-FTV berkapasitas 2.8 Liter Turbocharger. Tentu pilihan mesin ini sangat mumpuni untuk menopang hingga 17 orang sekaligus. Adapun tersedia teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Dual Mass Flywheel (DWF) yang mampu menyerap getaran mesin sehingga kabin dapat lebih senyap.

Operasi mesin Toyota Hiace 2019 menawarkan kapasitas silinder 2.8 Liter

Mesin Hiace 2019 dilengkapi teknologi baru yang mampu meminimalisir getaran

Dari catatan resminya, mesin All New Hiace bisa menyemburkan daya hingga 176 HP. Mengaca pada Hiace yang dijual Indonesia, mesinnya hanya menawarkan kapasitas 2.5 Liter berdaya 100 HP dengan torsi puncak 260 Nm. Tentu bisa dilihat perbedaannya bahwa Toyota memberikan peningkatan signifikan terhadap Hiace 2019.

>>> Anda juga bisa mengetahui produk Toyota menarik lainnya dengan klik tautan ini

spesifikasi Toyota Hiace 2019

Untuk informasi selengkapnya, berikut spesifikasi Toyota Hiace 2019.

SPESIFIKASI TOYOTA HIACE 2019

Model

Normal/Standar Roof

Long/High Roof

DIMENSI

Panjang Bodi

5.265 mm (+570 mm)

5.915 mm (+535 mm)

Lebar Bodi

1.950 mm (+255 mm)

1.950 mm (+70 mm)

Tinggi Bodi

1.990 mm (+10 mm)

2.280 mm (-5 mm)

Jarak Poros Roda

3.210 mm (+640 mm)

3.860 mm (+750 mm)

MESIN

Tipe Mesin

1GD-FTV 2.8 Liter

Kapasitas Silinder

2.799 cc

Daya Maksimum

176 HP

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Leaf Spring

kelebihan & kekurangan Toyota Hiace 2019

Seperti artikel review sebelumnya, Cintamobil.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Hiace 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Ruang kabin kini dikemas lebih lega khususnya pada ruang kaki

Belum ada kabar pasti mengenai kehadirannya di Indonesia

Penempatan mesin diubah ke arah depan, membenahi masalah kursi pengendara yang cepat panas pada versi sebelumnya

Eksterior belakang kurang diberikan polesan elegan nan modern

Fitur keselamatan lebih lengkap

Harganya kurang terjangkau untuk sekelas mobil bisnis

Performa mesin juga ditingkatkan

-

daftar harga Toyota Hiace 2019

Mengingat mobil ini baru melakukan World Premiere di Filipina, maka Cintamobil.com akan memberikan daftar harga Toyota Hiace 2019 yang sudah dirilis resmi di sana.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA HIACE 2019 (FILIPINA)

HASIL KONVERSI KE RUPIAH INDONESIA

Toyota Hiace GL Grandia Tourer A/T 2019

2.235.000 Peso

IDR. 603 jutaan

Toyota Hiace GL Grandia Tourer M/T 2019

2.160.000 Peso

IDR. 583 jutaan

Toyota Hiace GL Grandia A/T 2019

2.063.000 Peso

IDR. 556 jutaan

Toyota Hiace GL Grandia M/T 2019

1.988.000 Peso

IDR. 536 jutaan

Toyota Hiace Commuter Deluxe 2019

1.590.000 Peso

IDR. 429 jutaan

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Toyota Hiace terlengkap

Video Toyota Hiace 2019

KESIMPULAN Toyota Hiace 2019

Dari ulasan ini, bisa diamati bahwa mobil Travel juga bisa mewah. Hal ini bisa diamati dari sisi wajah depan hingga ke dalam kabin yang mana unsur mewah nan modern cukup banyak disematkan. Dari sudut pandang penumpang, Toyota Hiace 2019 benar-benar menyuguhkan kenyamanan istimewa. Namun cukup disayangkan, Cintamobil.com belum mendapat kabar resmi tentang kehadirannya di Indonesia.

Apakah pendapat Anda sebagai para pebisnis Travel apabila Toyota Hiace 2019 Indonesia hadir dalam waktu dekat? Tertarik untuk mencobanya?

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya. Dan untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil