Spesifikasi HiAce Premio Luxury, Dari Van VIP Hingga Jadi Campervan

13/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Harganya memang hanya setengah Toyota Alphard, tapi HiAce Premio Luxury digandrungi sebagai armada angkutan VIP, apalagi dengan berbagai tambahan modifikasi.

Toyota memang sudah memperkenalkan edisi terbaru dari HiAce Premio Luxury sebagai varian generasi terbaru dari mobil komersial 12-seater tersebut. Mobil ini saat ini masih dipasarkan berbarengan dengan generasi terdahulu, Premio Commuter Manual. Keunggulannya termasuk ruang kabin yang lega dan beragam modifikasi yang dikerjakan pada mobil ini. Mari simaklah spesifikasi mobil HiAce Premio Luxury ini dan beberapa tips dan trik seputar jual beli mobil tersebut.

Spesifikasi HiAce Premio

Sebagai bagian dari model komersial Toyota, banyak layanan rental mobil HiAce yang bisa Anda temukan di setiap kota. Membuktikan bahwa mobil ini merupakan salah satu pilihan premium sebagai mobil angkutan VIP. Apalagi dengan berbagai keunggulan dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan van komersial di segmennya.

Dari segi dimensi, HiAce Premio memiliki panjang mencapai 5,9 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi keseluruhan 2,2 meter. Gaya boxy dengan tinggi lebih dari 2 meter membuat ruang kepala yang terasa lega dengan kapasitas bagasi yang mengesankan.

kursi Toyota HiAce dengan kofigurasi 12 seater
Ruang kabin lega dan mampu menampung hingga 12 tempat duduk

Bodinya yang memanjang dengan wheelbase mencapai 3,8 meter turut berguna menawarkan ruang kaki yang lapang, walaupun penambahan konfigurasi kursi menjadi 12 untuk menampung lebih banyak penumpang. Sayang tidak ada lagi kursi Captain Seat yang sebelumnya bisa ditemukan pada HiAce Commuter.

Kepraktisan di dalam kabin juga dipercantik dengan overhead tray, ruang penyimpanan yang terdapat pada bagian atas baris pertama. Termasuk console tray dimana pengemudi bisa meletakkan barang atau keperluan sepanjang perjalanan.

Performa yang ditawarkan juga bisa dibilang bertenaga untuk sekadar pengendaraan di jalan raya. Hanya ada satu pilihan mesin yang ditawarkan, yaitu mesin berbahan bakar diesel dengan kode 1GD-FTV 4-silinder DOHC dengan VNT Intercooler dengan teknologi Direct Injection.

Tenaganya tercatat mencapai 156,4 PS pada putaran 3.600 rpm serta torsi puncak 420 Nm pada 1.600 rpm hingga 2.200 rpm. Cukup disayangkan, karena mobil ini hanya menggunakan satu pilihan transmisi saja. Yaitu transmisi manual 6-percepatan yang menyalurkan tenaga ke roda belakang.

mesin Toyota HiAce dengan berbahan bakar diesel
Toyota HiAce Premio Luxury menggunakan mesin berbahan bakar diesel

Kenyamanannya tentu saja terlihat dari pengaturan suspensi MacPherson strut di depan dan per daun di belakang. Dilengkapi dengan rem cakram berukuran 16 inci di depan dan belakang. Sedangkan untuk meningkatkan keselamatan, HiACe Premio juga sudah menawarkan fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA).

Fitur keselamatan aktif yang disematkan pada mobil ini yaitu Vehicle Stability Control (VSC). Fitur ini berfungsi secara otomatis membatasi tenaga yang disalurkan ke roda untuk mencegah terjadinya understeer maupun oversteer. Ditambah dengan Hill-Start Assist (HSA) yang akan memberikan kemudahan ketika harus berhenti di jalanan menanjak.

Modifikasi HiAce Premio

Meskipun mobil ini sudah cukup baik dalam hal kenyamanan yang diberikan, tapi ternyata masih banyak pengguna yang melakukan modifikasi untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman ketika berkendara, tak terkecuali pada HiAce Premio Luxury. Berikut beberapa ragam modifikasi yang bisa ditemukan pada mobil ini.

1. Modifikasi kursi

Satu hal yang membuat mobil ini digandrungi oleh layanan rental adalah berbagai modifikasi yang bisa dilakukan pada mobil ini. Apalagi ruang lega dengan panjang mobil hampir mencapai 6 meter mampu menawarkan berbagai pengaturan kursi pada HiAce Premio.

kursi HiAce Premio Luxury dengan Captain Seat
Salah satu modifikasi Toyota HiAce Premio dengan Captain Seat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, HiAce Premio ditawarkan dengan pengaturan 12-seater. Dimana model terdahulu banyak menggunakan pengaturan 9 kursi, lengkap dengan Captain Seat pada bangku baris kedua dan ketiga untuk kenyamanan ekstra di dalam kabin.

Tapi karena edisi HiAce Premio Luxury yang tidak lagi menggunakan Captain Seat, maka banyak yang mengubah modifikasi HiAce Premio dengan 8-seater, 9-seater, sampai dengan pengaturan 11-seater untuk lebih memanjakan penumpang di belakang.

2. Entertainment tambahan

Salah satu kekurangan Toyota HiAce terlihat dari minimnya sistem hiburan di dalam mobil ini. Bandingkan dengan Toyota Alphard maupun Kijang Innova yang sudah mendapatkan fitur entertainment bagi penumpang di belakang.

TV di Toyota HiAce dengan modifikasi baru
Banyak yang menambahkan TV pada Hiace Premio Luxury

Sehingga beberapa pengguna memasang fitur entertainment tambahan, hingga TV dengan ukuran yang cukup besar demi mengusir rasa bosan dalam perjalanan jauh. Tapi untuk TV berukuran besar, pemilik harus mengubah konfigurasi kursi agar tidak terlalu mepet dengan bangku baris kedua.

3. Sebagai Campervan

Dengan ruang kabin yang besar, mobil ini juga menjadi salah satu langganan modifikasi campervan. Beberapa modifikator juga tak ragu merombak ruang kabin dengan membongkar semua kursi dan menempatkan kasur di dalam mobil.

Dibantu dengan ruang kaki yang terbilang lega, maka beberapa modifikasi HiAce Premio Campervan menambahkan toilet pada bagian belakang mobil. Biasanya dibarengi pula dengan penambahan wastafel. Tapi tentunya hal ini membutuhkan lebih banyak ubahan, yaitu kursi baris belakang yang harus direlakan.

Harga Toyota HiAce Premio

Sejak diperkenalkan pertama kali pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 silam, HiAce generasi keenam masih tetap dibanderol setengah harga dari Toyota Alphard yang menjadi MPV premium dari Toyota di Indonesia.

Jika Alphard dibanderol mulai dari Rp 1 miliar, maka HiAce Commuter Manual yang menjadi varian terendah dari HiAce bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 512 jutaan. Sedangkan harga HiAce Premio 2.8 M/T yang didapuk sebagai tipe tertinggi dibanderol mulai dari Rp 549 jutaan.

mobil baru Toyota HiAce Premio berwarna emas
Mobil baru Toyota HiAce Premio Luxury seharga Rp 500 jutaan

Berkat nama besar Toyota serta popularitas mobil ini, harga mobil HiAce Premio bekas masih tetap stabil hingga saat ini. Contohnya saja Toyota HiAce 2014 maupun 2015 bisa didapatkan dengan rentang mulai dari Rp 260 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Dengan banderol yang ditawarkan dibantu dengan kenyamanan berkendara bersama mobil ini, maka tak heran HiAce Premio Luxury dan Commuter masih banyak dicari untuk armada rental maupun angkutan VIP. Tapi bagi Anda yang masih menginginkan edisi yang lebih mewah, tak ada salahnya mengubah bagian kabin untuk menghadirkan kesan yang lebih premium pada mobil ini.

Setelah membaca artikel dari Cintamobil.com, apakah Anda belajar sesuatu untuk diri sendiri atau telah dapat tips dan trik yang berharga lainnya?

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa kapasitas kursi Toyota HiAce Premio?
Saat ini Toyota HiAce Premio menggunakan konfigurasi 12 kursi, dengan sebelumnya memiliki kapasitas 9-11 kursi.
Berapa harga Toyota HiAce Premio terbaru di Indonesia?
Untuk generasi terbaru, harga Toyota HiAce Premio mulai dari Rp 549 jutaan.
Apa saja pilihan warna Toyota HiAce Premio?
Ada 3 pilihan warna Toyota HiAce Premio yang ditawarkan, yaitu putih, silver, dan beige.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top