Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Van untuk Travel bagi Penumpang VIP

09/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Dengan generasi kelima yang masih dijual di Indonesia, Toyota akhirnya memperkenalkan generasi kelima sebagai varian baru bernama All New Toyota HiAce Premio 2019. Disebut menyasar bisnis pariwisata, tampilan terbaru yang lebih mewah dengan aksen krom juga mendapatkan perubahan pada mesin yang membuatnya lebih bertenaga.

PENGANTAR Toyota Hiace 2019

Review All New Toyota HiAce Premio 2019 - Toyota memang masih mengandalkan HiAce sebagai salah satu lini van untuk kendaraan fleet dan komersialnya. Karena itu, meskipun generasi kelima H200 masih dijual di negara aslinya dan di Indonesia, Toyota memperkenalkan generasi keenam berkode H300 sebagai varian baru All New Toyota HiAce Premio 2019.

generasi pertama Toyota HiAce berwarna biru
Tampilan generasi pertama Toyota HiAce

Diperkenalkan pada 1967, HiAce ditawarkan sebagai taksi, delivery van, dan kendaraan komuter. Generasi pertama langsung masuk ke Indonesia versi CKD yang sebagian besar dikonversi menjadi minibus oleh karoseri dan cukup banyak digunakan untuk kendaraan pelat merah. Sedangkan generasi kedua diperkenalkan pada 1977 dengan dimensi yang lebih luas.

generasi keempat Toyota HiAce berwarna putih
Generasi keempat Toyota HiAce dengan kode KZH100G

Versi van HiAce diluncurkan pada 1982, dengan pikap truk pikap meluncur pada Agustus 1985. Generasi keempat diperkenalkan pada pertengahan 1989 dan tersedia dalam varian wheelbase standar dan wheelbase panjang. Dengan model yang lebih panjang, mobil ini mendapatkan desain bodi Commuter yang merupakan minibus 15 kursi.

Toyota HiAce generasi kelima berwarna putih
Toyota HiAce generasi kelima yang masih dijual di Indonesia hingga saat ini

Sedangkan generasi kelima cukup banyak diminati oleh konsumen Toyota di Indonesia dan dipasarkan sejak 2004 lalu. Dengan kode H200, mobil ini mendapatkan gelar sebagai mobil paling sering dicuri di Jepang pada November 2008 lalu karena kurangnya ‘theft immobilizer’. Sama seperti di Indonesia, H200 masih dijual di Jepang meskipun generasi terbaru H300 sudah diluncurkan sejak Maret 2019 lalu.

mobil baru Toyota HiAce Premio 2019 berwarna beige

Debut pertama All New Toyota HiAce Premio 2019 di Indonesia

Mendapatkan debut global pada 18 Februari 2019 di Filipina, generasi keenam dikembangkan oleh Chief Engineer Toyota, Takuo Ishikawa. Apa saja perbedaan yang ditampilkan pada HiAce Premio kali ini? Simak penuturan dari tim Cintamobil.com mengenai review All New Toyota HiAce Premio 2019 yang baru saja diluncurkan Toyota pertengahan tahun ini.

EKSTERIOR Toyota Hiace 2019

Dilihat dari luar, HiAce Premio mendapatkan tampilan yang sangat berbeda dengan varian Commuter. Tentu saja, mengingat tampilan baru merupakan peningkatan dari generasi terbaru HiAce. Dilihat sekilas, eksterior All New Toyota HiAce Premio 2019 yang dibuat lebih mewah dengan kesan krom di sekeliling mobil.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Eksterior Depan

Tampilan depan sangat banyak berubah dibandingkan versi H200 yang sedang dijual di Indonesia saat ini. Dengan tampilan yang lebih tegas serta aksen krom pada bagian atas gril yang dibuat lebih besar menunjukan kesungguhan Toyota menjadikan HiAce Premio sebagai mobil untuk kalangan atas.

eksterior depan All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna beige 
Tampilan depan All New Toyota HiAce Premio 2019

Bisa dibilang, eksterior All New Toyota HiAce Premio 2019 menghadirkan ubahan yang lebih kotak dibandingkan Commuter yang terlihat biasa. Hal ini jelas terlihat dengan lampu depan yang dibuat mengotak, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tapi secara keseluruhan, ubahan kosmetik serta penambahan aksen krom mendapatkan tampilan yang lebih elegan dibandingkan edisi Commuter.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Eksterior Samping

 eksterior samping All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna beige
Eksterior samping All New Toyota HiAce Premio 2019

Tampilan samping dibuat lebih minimalis dengan menghilangkan aksen hitam pada penutup spion serta gagang pintu. Semuanya dibuat senada dengan sliding door dengan kemudahan masuk ke dalam kabin. Dilihat dari eksterior samping All New Toyota HiAce Premio 2019, dimensi yang lebih panjang (tentu saja untuk kapasitas kabin yang lebih besar) serta lebih lebar dipadukan dengan penambahan jarak sumbu roda untuk membuat mobil ini lebih stabil dibandingkan generasi sebelumnya.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna beige
Eksterior belakang All New Toyota HiAce Premio 2019

Desain lampu belakang dibuat lebih tinggi dengan sedikit tampilan krom pada pintu belakang. Sama seperti sisi samping, nuansa minimalis jelas terlihat pada bagian buritan. Pengkotakan pada eksterior belakang All New Toyota HiAce Premio 2019 juga dibuat semakin mulus, tanpa adanya komponen knalpot yang terlihat. Dan dengan pintu belakang yang cukup besar, pastinya memudahkan Anda ketika memasukkan barang bawaan maupun koper ke dalam bagasi mobil ini.

>>>  Baca juga:

INTERIOR Toyota Hiace 2019

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penambahan panjang dan lebar pada dimensi memberikan kabin yang lapang pada mobil ini, meskipun Toyota menyebutkan bahwa HiAce Premio bisa membawa hingga 12 orang penumpang. Dan berbagai fitur di dalam mobil, kenyamanan berada di dalam interior All New Toyota HiAce Premio 2019 sangat jelas terasa.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Dasbor

 dasbor All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna hitam
Dasbor All New Toyota HiAce Premio 2019

Memang, jika dibandingkan dengan Toyota Alphard, mobil ini masih belum bisa menyaingi tampilan mewah yang ditawarkan. Walaupun beberapa tombol pengaturan tidak terasa baru dengan tampilan yang terasa biasa. Desain dasbor All New Toyota HiAce Premio 2019 yang mengusung tema dual tone masih menggunakan material plastik, masih kalah jika dibandingkan dengan model terbaru Toyota lainnya. Tapi untuk mobil yang menargetkan kenyamanan penumpang, sedikit pengurangan untuk pengemudi tidak masalah, bukan?

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Kemudi

kemudi All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna hitam 
Kemudi All New Toyota HiAce Premio 2019

Setir yang cukup nyaman, meskipun tanpa banyak fitur yang meletak. Bagian kemudi terlihat polos dengan hanya logo Toyota terletak pada bagian tengah. Jika dibandingkan dengan Alphard yang sudah mendapatkan kemudi multi fungsi, desain biasa dari kemudi All New Toyota HiAce Premio 2019 pun tidak begitu menarik.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Kursi

kursi All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna hitam 
Kursi All New Toyota HiAce Premio 2019

Perubahan yang paling kentara adalah penambahan konfigurasi kursi All New Toyota HiAce Premio 2019 menjadi 12 penumpang dengan ruang kaki yang cukup lapang. Sayangnya, tidak ada lagi desain kursi captain seat yang bisa kita temukan pada Commuter. Namun masih bisa dinikmati kenyamanan ketika masuk ke dalam kabin. Tak heran jika Toyota menyebutkan mobil ini bisa dipasarkan untuk konsumen yang menginginkan mobil yang lebih mewah dibandingkan versi Commuter.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Toyota Hiace 2019

Untuk pengemudi, Toyota menambahkan Supplemental Mirror yang mampu memperluas arah pandang pengemudi, serta retractable mirror yang praktis. Dan bagi penumpang di depan juga mendapatkan overhead tray dengan ruang penyimpanan yang cukup luas untuk barang bawaan yang berukuran panjang.

fitur All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna hitam 
Fitur All New Toyota HiAce Premio 2019

Fitur All New Toyota HiAce Premio 2019 yang disebut Toyota adalah Telescopic & Tilt pada kemudi. Selain kabin yang luas serta berbagai tempat penyimpanan, Toyota sepertinya masih terlihat malu-malu dengan penambahan fitur yang diberikan pada generasi keenam saat ini. Dan sebagian besar berfokus pada sistem keselamatan yang lebih lengkap.

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Menyasar bisnis transportasi, kenyamanan dan keselamatan menjadi salah salah satu daya tarik bagi mobil ini. Tak heran HiAce Premio mendapatkan berbagai fitur keselamatan aktif maupun pasif. Fitur keselamatan aktif All New Toyota HiAce Premio 2019 meliputi Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi secara otomatis membatasi output drive train serta pengereman selektif ke roda individual ketika kendaraan mengalami understeer atau oversteer.

ilustrasi fitur keselamatan All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna putih 
Fitur keselamatan aktif All New Toyota HiAce Premio 2019

Selain itu, Anda juga sudah mendapatkan fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk membantu ketika berkendara di daerah mendaki. Sistem pengereman sudah mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS). Sedangkan fitur keselamatan pasif yang diberikan berupa 3 point seatbelt di semua kursi dan Dual SRS Airbags.

>>> Lebih Dekat Dengan Fitur Dive In Toyota Sienta Yang Fleksibel

OPERASI Toyota Hiace 2019

Peningkatan juga terlihat pada dapur pacu Premio. Pertama kali dibawa ke Indonesia, HiAce menggunakan mesin 1GD-FTV 4 silinder. Tercatat, mobil ini mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 154 daya kuda, atau lebih besar 54 daya kuda dari edisi Commuter, sedangkan torsi maksimal yang dihasilkan yaitu 420 Nm, yaitu lebih besar 158 Nm.

 mesin All New Toyota HiAce Premio 2019 berwarna hitam
Mesin All New Toyota HiAce Premio 2019

Anton Jimmi Suwandi selaku Marketing Director Toyota-Astra Motor menyebutkan bahwa mobil ini hanya tersedia dalam transmisi FR-6 speed manual. Alasannya adalah untuk memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih murah untuk mobil ini karena mayoritas pengguna HiAce merupakan untuk fleet. Meskipun dia tidak menutup kemungkinan versi matik HiAce Premio akan hadir di Indonesia nantinya.

Wheelbase yang lebih besar dibandingkan varian Commuter memberikan kestabilan yang lebih tinggi. Selain itu, sistem operasi All New Toyota HiAce Premio 2019 juga sudah mengadopsi teknologi IMT (Intelligent Manual Transmission) untuk meningkatkan kontrol kendaraan serta mengurangi kebisingan di kabin. Memberikan kenyamanan yang lebih bagi tamu-tamu VIP Anda.

>>> Pilihan Mobil Bisnis Travel: Toyota Hiace 2017 vs Hyundai Starex Mover 2017

spesifikasi Toyota Hiace 2019

Dipasarkan bersamaan dengan generasi kelima, berikut spesifikasi All New Toyota HiAce Premio 2019 agar Anda tidak tertukar.

Dimensi All New Toyota HiAce Premio 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

5.915 mm x 1.950 mm x 2.280 mm

Jarak Poros Roda

3.860 mm

Konfigurasi Kursi

12 Penumpang

Mesin All New Toyota HiAce Premio 2019

Tipe Mesin

1GD-FTV 4 silinder

Kapasitas Mesin

2.755 cc

Tenaga Maksimal

154 dk @ 3.600 rpm

Torsi Maksimal

420 Nm @ 1.600 – 2.200 rpm

Transmisi

FR-6 speed manual transmission

Kaki-Kaki All New Toyota HiAce Premio 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Leaf

Rem Depan/Belakang

Disc 16”

Ukuran Ban

235/65R16C

kelebihan & kekurangan Toyota Hiace 2019

Jika dibandingkan dengan edisi Commuter yang masih dijual, ada beberapa kelebihan dan kekurangan All New Toyota HiAce Premio 2019. Beberapa diantaranya yaitu.

Kelebihan

Kekurangan

Desain kabin yang lebih luas dan menampung lebih banyak penumpang

Kabin yang dipenuhi dengan material plastik, terlebih pada dasbor dan kemudi

Tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan versi Commuter

Masih belum dilengkapi dengan fitur infotainment bagi penumpang

Tampilan yang lebih elegan dengan perubahan kosmetik

 

daftar harga Toyota Hiace 2019

Untuk saat ini, Toyota dipastikan masih mempertahankan HiAce model lama dengan harga Rp440,15 juta hingga Rp678,05 juta untuk OTR Jakarta. Sedangkan dalam penjelasannya, Anton Jimmi menyebutkan bahwa harga All New Toyota HiAce Premio 2019 mulai dari Rp516,6 juta OTR. Cukup murah dibandingkan Toyota Alphard yang baru bisa Anda milih dengan harga mendekati Rp1 miliar.

Video Toyota Hiace 2019

Sebagai negara pertama yang meluncurkan HiAce generasi keenam, Anda bisa melihat tampilan baru nan menawan dari video All New Toyota HiAce Premio 2019 yang diunggah langsung oleh Toyota Phillipines.

KESIMPULAN Toyota Hiace 2019

Perubahan kosmetik menunjukan tampilan yang berbeda dari generasi keenam HiAce yang dipasarkan di Indonesia sebagai varian terbaru bernama All New Toyota HiAce Premio 2019. Tambahan krom yang mengelilingi eksterior memberikan kesan mewah. Generasi baru juga menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih kuat dengan efisiensi bahan bakar cukup mumpuni.

mobil baru All New Toyota HiAce Premio 2019 pada GIIAS 2019 
Desain menawan All New Toyota HiAce Premio 2019

Tapi tidak hanya pada tampilan luar. Kenyamanan di dalam kabin dengan sistem keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan edisi Commuter. Untuk kendaraan fleet, konfigurasi 12 kursi memang membuat mobil ini mampu mengangkut lebih banyak penumpang. Dan sangat membantu bagi Anda dengan bisnis transportasi; mobil yang mewah dengan harga menawan, ditambah kenyamanan layaknya kendaraan VIP.

>>> Klik di sini untuk menyimak review mobil terbaru dari Cintamobil.com lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil