Kelebihan dan Kekurangan Toyota HiAce 15 Seat yang Bisa Muat Banyak

26/10/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Salah satu kelebihan Toyota HiAce 15 seat adalah kapasitas kabin untuk mengangkut banyak penumpang. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota HiAce ini?

Penyedia layanan antar jemput maupun rental mobil seringkali menonjolkan Toyota HiAce 15 seat sebagai salah satu pengendaraan yang terjangkau namun tetap nyaman dan bisa mengangkut banyak penumpang di dalam kabin. Didapuk sebagai andalan minibus niaga Toyota, mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan HiAce berkapasitas 15 tempat duduk ini biar tambahkan tips dan trik membeli mobil sendiri.

Kelebihan HiAce 15 seat

Tak heran jika banyak penyedia layanan angkutan maupun armada antar jemput menggunakan mobil ini karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Berikut beberapa kelebihan yang bisa dirasakan pada mobil ini.

1. Bisa muat banyak

kapasitas HiAce 15 seat dengan kursi berlapis kain
HiAce berkapasitas 15 tempat duduk demi meningkatkan kapasitas penumpang

Dalam perubahan pada interior HiAce 2017 mampu menampung hingga 15 tempat duduk di dalam kabin, bahkan beberapa perusahaan juga sempat menambah bangku menjadi HiAce 16 seat. Karena itu mobil ini sering dijadikan armada transportasi antar kota antar provinsi maupun sebagai minibus pariwisata dengan menawarkan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

2. Kaki-kaki nyaman

Salah satu alasan mobil ini banyak digunakan adalah kaki-kaki dan suspensi yang kokoh namun mampu menyerap benturan yang terasa ketika mobil menghantam jalanan yang kasar. Kenyamanan ini didapatkan dari teknologi suspensi Double wishbone di bagian depan dan tipe Leaf Spring Rigid Axle pada gardan belakang.

>>> Ragam Kapasitas HiAce, Mulai dari 9 Orang Hingga Muat 15 Orang

3. Mesin bertenaga

Tak lengkap rasanya jika kendaraan niaga memiliki mesin yang lemah. HiAce Commuter yang masih menggunakan kapasitas 15 seat ini menggendong mesin 4-silinder berkapasitas 2.4 liter dengan teknologi DOHC dan D-4D. Dengan bahan bakar diesel, HiAce membawa tenaga maksimal hingga 102 PS dan torsi puncak 262 Nm dengan transmisi manual 5-percepatan yang sudah cukup baik untuk mengangkut penumpang dan barang di jalanan perkotaan.

mesin Toyota HiAce 2017 berwarna hitam
Hiace menggunakan mesin berbahan bakar diesel dengan tenaga 102 PS

4. Sistem keselamatan sudah baik

Demi keamanan berkendara, mobil ini sudah mendapatkan sabuk pengaman dan headrest pada semua kursi. Dan yang membuat mobil ini lebih menawan dibandingkan pesaingnya di segmen minibus, HiAce sendiri sudah menggunakan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mampu menjaga mobil hilang traksi dan tergelincir ketika berkendara di jalanan yang licin.

Kekurangan HiAce 15 seat

Minibus ini memang ditawarkan dengan banderol yang lebih terjangkau dibandingkan Toyota Alphard yang dikhususkan untuk pengendaraan premium. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli mobil ini, berikut beberapa kekurangan mobil HiAce 15 seat.

1. Bodi besar

Ruang kabin yang lega dengan lima baris kursi tentunya sangat mempengaruhi dimensi mobil yang lebih panjang dibandingkan mobil MPV biasa. Ini merupakan salah satu kekurangan minibus; dengan bodi yang panjang dan tinggi, pengendaraannya pun menjadi terbatas. Diantaranya cukup susah ketika berkendara di jalanan yang sempit atau pada saat berbelok, maupun rentan limbung karena tingginya yang melebihi 2 meter.

2. Sistem infotainment standar

interior Toyota HiAce 2017 dengan dominasi warna hitam
Infotainment HiAce dengan kapasitas 15-seat masih kurang

Layaknya mobil niaga, tentunya HiAce tidak terlalu fokus menawarkan fitur hiburan layaknya mobil penumpang biasa. Terlebih HiAce diposisikan di bawah Alphard yang membawa sistem infotainment yang lebih lengkap. Sehingga tak jarang banyak pengguna yang memasang TV maupun audio tambahan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penumpang.

3. Harga termasuk tinggi

Walaupun mobil ini dibanderol setengah dari harga Toyota Alphard, namun harga HiAce masih terbilang tinggi. Selisih harga Toyota HiAce Commuter yang saat ini dipasarkan dengan banderol Rp 512 jutaan cukup tinggi dibandingkan Isuzu Elf yang berada di segmen yang sama. Isuzu Elf sendiri dibanderol ‘hanya’ Rp 300 jutaan.

>>> Rangkaian HiAce Pick Up Modifikasi, Alternatif Pick Up Rp 20 Jutaan

Interior HiAce 2021

Namun tentu saja ada banyak perbedaan yang bisa dirasakan pada interior HiAce 2021, atau disebut juga dengan HiAce Premio yang baru saja diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 silam. Selain tampilannya yang dibuat lebih modern, mobil generasi keenam mendapatkan penambahan fitur untuk meningkatkan pengendaraan.

Yang paling jelas berbeda adalah HiAce 15 seat tak lagi digunakan. Karena Toyota tak lagi memasang bangku di bagian pintu kiri mobil, sehinga total kursi yang ada di dalam interior HiAce 2021 hanya berjumlah 13 tempat duduk.

interior HiAce 2021 dengan kapasitas kursi 15-seater
Interior HiAce 2021 dengan konfigurasi 'hanya' 13 tempat duduk

Perbedaan terlihat pada bangku baris kedua untuk tiga orang penumpang. Baris ketiga dan keempat memiliki bangku di sisi kiri menggunakan konfigurasi 2+1 dengan ruang untuk berjalan ke baris terakhir. Tak terlihat pula ada konfigurasi captain seat yang sebelumnya ditemukan pada model Commuter di generasi sebelumnya.

Ini disebut memberikan ruang yang lebih lega bagi penumpang serta menambah kepraktisan ketika harus masuk ke bangku baris terakhir. Apalagi Toyota menyebutkan bahwa dimensi HiAce terbaru dibuat lebih panjang, sehingga turut membantu menambah ruang kaki penumpang.

Harga Toyota HiAce 2021

Ketika HiAce Premio diperkenalkan, Toyota memasarkan HiAce generasi kelima dan keenam secara bersamaan. Untuk membedakannya, Toyota menggunakan nama HiAce Premio pada generasi terbaru yang lebih modern, serta HiAce Commuter untuk generasi kelima. Perbedaan harga yang diberikan pun patut diperhitungkan.

Toyota HiAce 2021 berwarna silver dengan tampilan modern
Toyota HiAce 2021 dengan tampilan yang lebih modern

Seperti yang tercantum pada laman resmi Toyota saat ini, harga Toyota HiAce 2021 dibanderol mulai dari Rp 591 jutaan untuk model bermesin 2.8 liter berbahan bakar diesel. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 156 PS pada 3.600 rpm dan torsi puncak 420 Nm, jauh lebih bertenaga dibandingkan versi Commuter.

Saat ini, Toyota masih memasarkan HiAce 15 seat dari model Commuter yang dibanderol dengan harga jauh lebih terjangkau dibandingkan HiAce Premio. Anda masih bisa mendapatkan kapasitas banyak serta kenyamanan di dalam kabin mobil. Meskipun dalam hal tenaga dan fitur yang ditawarkan, HiAce Premio lebih cocok untuk pengendaraan kelas VIP yang menawan.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota HiAce paling baru di Indonesia?
Harga Toyota HiAce dibanderol mulai dari Rp 512 jutaan untuk varian terendah.
Apa saja pilihan kursi standar Toyota HiAce?
Ada dua konfigurasi kursi Toyota HiAce, yaitu 13 kursi dan 15 kursi untuk varian Commuter.
Apakah Toyota HiAce memiliki pengaturan Captain Seat?
Hanya HiAce keluaran generasi kelima yang menggunakan Captain Seat, sedangkan HiAce Premio tidak lagi dilengkapi dengan Captain Seat sebagai fitur standar.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top