Rangkaian HiAce Pick Up Modifikasi, Alternatif Pick Up Rp 20 Jutaan

16/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Meski populasinya tak ramai, Toyota HiAce Pick Up modifikasi cocok bagi Anda yang ingin mempercantik model yang sayangnya sudah tidak lagi diproduksi ini.

Toyota HiAce Pick Up modifikasi memang jarang terlihat di jalanan saat ini. Apalagi mobil ini merupakan model jadul yang sudah lama tidak diproduksi lagi. Sehingga spare part mobil ini tak mudah ditemukan. Tapi jika Anda masih memiliki model pick up tahan banting ini, ada beberapa desain modifikasi yang mungkin bisa Anda terapkan pada mobil ini.Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda.

Spesifikasi Toyota HiAce Pick up

HiAce Pick Up yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi kedua global yang diperkenalkan pertama kali sejak tahun. Di Jepang sendiri, mobil ini diproduksi hingga pertengahan 90-an ketika Toyota sudah merilis generasi keempat tahun 1989. Sedangkan model yang ada di Indonesia berkisar antara tahun 80-an hingga awal 90-an.

Ciri khas generasi kedua adalah lampu depan bulat yang cukup besar lengkap dengan logo HiAce pada pintu, tepat di bagian bawah spion samping. Tampilan depannya tak begitu jauh dengan model Commuter yang juga diperkenalkan pada tahun yang sama.

Toyota HiAce Pick Up bekas berwarna silver
Toyota HiAce Pick Up yang populer di Indonesia dalam rentang 80-an hingga 90-an

Model yang dibawa ke Indonesia menggunakan mesin diesel berkapasitas 2,2 liter yang terbukti tangguh sebagai angkutan maupun pengendaraan harian. Sebagai ciri khas Toyota HiAce Pick Up yaitu penggunaan transmisi 4-percepatan, bukannya 5-percepatan seperti yang sudah ditemukan pada model terbaru Toyota HiAce.

Mobil ini bersanding dengan Mitsubishi L 300, Suzuki Carry, hingga Daihatsu Zebra. Ketiga mobil ini memang sudah lama lalu lalang di pasar otomotif Tanah Air. Sedangkan untuk harganya, semuanya berada di kisaran Rp 20 jutaan saja.

Modifikasi Toyota HiAce Pick Up

Mobil ini memang sudah lama tanpa pembaharuan. Tapi ini tak menyurutkan sebagian penggemar HiAce Pick Up untuk memberikan sentuhan baru demi ‘mempermuda’ mobil ini. HiAce Pick Up modifikasi banyak ditemukan, sebagian diantaranya di daerah Jawa Tengah dimana mobil ini masih sering terlihat.

1. Velg baru

HiAce pick up standar sayangnya hanya menggunakan velg kaleng yang sudah ketinggalan jaman. Selain itu, velg kaleng memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg lainnya, sehingga berpotensi membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Sehingga beberapa pengguna HiAce menghadirkan kesan racing dengan menggunakan velg baru.

velg Hiace Pick Up modifikasi dengan velg racing
Gunakan velg racing untuk modif Hiace Pick yang lebih sporty

Seperti halnya Suzuki Carry maupun Mitsubishi L 300, membuat bodi mobil menjadi lebih rendah tentunya sering dilakukan oleh pengguna truk pick up. Ini bisa membuat mobil terlihat lebih catchy, tak ubahnya seperti mobil sport pada umumnya. Tentunya modifikasi ini membutuhkan lebih banyak perhitungan mengingat HiAce pada dasarnya merupakan sebuah pick up komersial.

2. Interior berbalut kulit

Ruang kabin Toyota HiAce Pick Up sudah bisa menampung hingga tiga orang dewasa di dalam kabin. Dengan bagian dalamnya masih menggunakan pelapis kulit sintetis, perhatikan kembali apakah jok yang digunakan sudah cukup empuk untuk perjalanan harian. Untuk membuat rasa nyaman di dalam mobil, mengganti jok yang lebih empuk bisa dilakukan.

Begitu pula dengan setir dua palang yang menjadi ciri khas mobil ini. Bahkan Toyota HiAce Premio terbaru yang dipasarkan oleh Toyota saat ini juga masih belum mendapatkan tombol multi fungsi. Demi kenyamanan berkendara dan tampilan yang lebih estetik, Anda bisa menambahkan pelapis kulit sewarna dengan interior pada setir mobil.

interior Toyota HiAce Pick Up bekas berwarna merah
Interior berbalut kulit bisa menambah kenyamanan di dalam kabin

Dan melengkapi balutan kulit pada mobil ini, Anda bisa memasang headliner dan pelapis dashboard untuk tampilan yang lebih premium. Mengingat interior Toyota HiAce Pick Up masih menggunakan material plastik keras. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan pelapis kulit pada bagian pintu bagian dalam.

3. Tambahan AC dan fitur lain

Satu hal yang menjadi kekurangan mobil ini tentunya masalah AC yang masih belum ditawarkan pada HiAce Pick Up selain beberapa fitur standar lainnya. Memasang AC di dalam mobil bisa menjadi modifikasi penting demi kenyamanan selama berada di dalam kabin mobil.

Mengingat mobil ini masih menggunakan model lama, tentunya fitur yang ditawarkan sederhana dibandingkan pick up terbaru. Peningkatan pada sistem kelistrikan bisa dilakukan dengan mengganti lampu LED pada mobil, atau tambahan head unit demi sistem infotainment yang lebih baik sebagai teman perjalanan.

Harga Toyota HiAce Pick Up

HiAce Pick Up memang tak begitu banyak ditemukan di pasar mobil bekas. Mengingat mobil ini sudah tidak lagi diproduksi serta populasinya yang sebagian besar sudah lekang ditelan waktu. Tapi pick up ini masih bisa Anda temukan di berbagai laman mobil bekas Tanah Air dengan kondisi yang tentu saja beragam.

Toyota HiAce Pick Up bekas berwarna biru
HiAce bekas saat ini dibanderol antara Rp 15 jutaan hingga Rp 30 jutaan

Karena umurnya yang tidak muda, harga Toyota HiAce Pick Up berkisar antara Rp 15 jutaan hingga Rp 30 jutaan. Hanya saja tim Cintamobil.com pernah menemukan mobil yang dibanderol dengan harga Rp 40 jutaan. Model ini memang lebih baru serta masih cukup baik untuk pengendaraan harian.

Meski banyak HiAce Pick Up modifikasi, masih banyak pengguna yang mempertahankan kondisi asli pada mobil ini. Dengan perawatan yang baik, HiAce ori memiliki harga tawar yang tentunya lebih tinggi dibandingkan HiAce Pick Up modif. Bahkan tak jarang pemilik mobil tidak menjual mobil ini walaupun sudah ditawar dengan harga tinggi.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, perhatikan lagi apa saja komponen yang mungkin perlu diganti. Pasalnya seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, spare part mobil ini sudah tidak bisa ditemukan di Indonesia, bahkan tidak diproduksi lagi. Namun Anda bisa melihat spare part lain yang mungkin saja bisa digunakan demi HiAce Pick Up modifikasi Anda.

Pertanyaan Sering Diajukan

Kapan Toyota HiAce Pick Up dipasarkan di Indonesia?
Diperkenalkan di Jepang pada tahun 1977, Toyota HiAce Pick Up dipasarkan sejak awal tahun 1980-an sampai dengan awal 1990-an.
Berapa harga Toyota HiAce bekas di Indonesia?
Saat ini harga Toyota HiAce pick up bekas normalnya berada di kisaran Rp 15 jutaan sampai dengan Rp 30 jutaan.
Apakah Toyota menjual Toyota Hiace Pick Up baru di Indonesia?
Sayangnya Toyota HiAce Pick Up sudah tidak lagi diproduksi sejak tahun 1995.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top