Heboh Ada City Car Mini 250 Cc Harga Rp 20 Juta

18/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Heboh Ada City Car Mini 250 Cc Harga Rp 20 Juta
Belum lama ini jagat maya dihebohkan munculnya penjual yang menawarkan mobil city car mini seharga cuma Rp 20 juta. Bahkan yang mencengangkan, mobil tersebut diklaim memakai mesin 250 cc dan buatan Jepang.

Bisa membeli mobil dengan harga murah tentu idaman setiap orang. Karena kebutuhan akan sebuah mobil untuk kendaraan sehari-hari pastilah diperlukan. Lantaran mobil punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kendaraan pribadi lain seperti sepeda motor.

Tapi kalau mau membeli mobil murah maka Anda pasti berpikir hanya bisa mendapatkan mobil tua berusia lebih dari 20 tahun. Karena sudah rahasia umum kalau mobil baru yang dikeluarkan para APM (Agen Pemegang Merk) otomotif di Indonesia, semuanya berharga di atas Rp 100 juta.

Tapi belum lama ini warganet dihebohkan dengan munculnya city car mini yang harganya setara harga motor bekas. Ini terjadi berkat satu unggahandi  laman media sosial Facebook dengan nama City Car Mini Indonesia.

Mobil City Car Mini Indonesia Bermesin 250 Cc

City Car Mini Indonesai Facebook

Warnanya menarik dan diklaim pakai mesin 250 cc

Dari laman Facebook City Car Mini Indonesia ini ditampilkan beberapa mobil berukuran kecil dengan warna-warna yang menarik. Ada biru, oranye, bahkan ada yang pakai skema warna two-tone dimana warna mulai dari pilar sampai bagian atap dibuat hitam dan berbeda dengan warna bodi.

Admin di laman media sosial tersebut menyebut jika mobil ini bernama Mini EV X2, mesinnya 250 cc made in Jepang, berbahan bakar bensin, dan bertransmisi otomatis (metic). Yang paling menarik adalah, harga city car itu tertulis cuma Rp 20.000.000 serta bisa dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia menggunakan layanan cargo.

Sayangnya tidak ada keterangan lanjutan mengenai spesifikasi teknis kendaraan tersebut. Namun sebuah komentar di laman City Car Mini Indonesia ini tertulis, dengan nama Mini EV X2, maka sejatinya mobil tersebut berjenis EV (Electric Vehicle) yang seharusnya menggunakan baterai serta motor listrik bukan mobil mini city car 250 cc mesin bensin. Tapi tidak ada keterangan motor listrik dan baterai listrik apa yang digunakan.

Selain itu, di laman tersebut juga dituliskan kalau mobil ini mirip dengan Smart Fortwo yang merupakan mobil mini keluaran Daimler. Tetapi lagi-lagi banyak komentar yang menuliskan kalau mobil tersebut lebih mirip mobil-mobil buatan Cina. Foto-foto dari mobil ini pun dicurigai merupakan foto yang diambil tanpa izin dari Google. Tentunya dengan maksud meyakinkan calon pembelinya.

>>> Baca juga:

Dipasarkan di Riau Tapi Alamat Diduga Palsu

Mini EV X2 Spesifikasi

Ternyata pernah juga bikin heboh di Malaysia dan menampilkan spesifikasi lengkapnya

Hebohnya keberadaan akun City Car Mini Indonesia ini langsung saja memecut banyak perhatian masyarakat. Apalagi di unggahan pada media sosial itu tertulis kalau lokasi showroom city car mini tersebut ada di Pekanbaru, Riau. Tetapi ada komentar warganet yang menulis kalau alamat yang diberikan di laman Facebook itu tidak ada sehingga dicurigai alamat fiktif.

Meskipun di unggahan itu ada keterangan "Di Utamakan Untuk Datang langsung ke showroom", serta tertulis nomor kontak pihak yang menjual city car kecil ini, tetapi banyak pula warganet yang menyarankan agar pengguna Facebook berhati-hati terhadap unggahan tersebut. Karena dicurigai calon pembeli akan diminta mentransfer uang muka (DP) terlebih dulu sebelum melihat unitnya.

Namun kehadiran iklan Mini EV X2 ternyata pernah juga menghebohkan Malaysia. Bahkan dibeberkan secara lengkap spesifikasi teknis dari mobil tersebut. Antara lain panjangnya 2.830 mm, lebar 1.500 mm, dan tinggi 1.565 mm. Mobil ini punya berat kosong hanya 570 kg. Sementara sumber tenaganya berasal dari baterai lithium-ion 72 volt 8,6 kWh dan motor listrik 4,5 kW. Mobil bisa dipakai sejauh 130 km dan jika baterai kehabisan daya dapat disii selama 8-10 jam.

Mobil tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari sekitar Rp 48 jutaan dan diklaim bebas kena pajak. Karena dinilai menawarkan mobil dengan harga terlalu murah, pihak kepolisian Malaysia pun memberikan peringatan jika unggahan iklan mobil tersebut melalui media sosial dianggap sebagai modus kejahatan cyber.

>>> Review MINI Countryman Blackheath Edition 2020: Kesan Misterius Britania Raya

City Car Ukuran Mini di Indonesia

Smart Fortwo

Seperti inilah sosok mobil mini Smart Fortwo sesungguhnya buatan Daimler

Meskipun belum mengetahui keberadaannya benar atau merupakan modus penipuan karena nomor kontak yang tertera di akun tersebut tak bisa dihubungi, namun sejatinya di Indonesia memang ada beberapa model city car mini. Disebut demikian karena ukuran mobil ini memang amat mungil dibandingkan dimensi mobil lainnya.

Yang pertama ada Smart Fortwo. Mobil ini pertama kali muncul di Jerman pada tahun 1998, namun baru masuk Indonesia di Januari 2011. Dimensinya amat mungil, memiliki 2 pintu dan muat hanya untuk 2 orang. Mesinnya 698 cc 3 silinder turbo dengan transmisi otomatis. Variannya ada coupe dan convertible, serta pernah muncul yang tipe Brabus. Mobil buatan Daimler dan dipasarkan melalui jaringan dealer Mercedes-Benz ini tidak begitu sukses karena dinilai terlalu mahal untuk mobil berukuran semungil itu.

Mobil city car kecil berikutnya yang resmi dipasarkan di Indonesia adalah MINI. Sebuah brand otomotif Inggris yang berada satu payung dengan BMW Group. Tentunya kalau melihat ukuran MINI generasi terbaru diseluruh jaringan dealer MINI di Indonesia, maka mobil ini tidaklah se-"mini" yang Anda bayangkan. Namun generasi-generasi MINI Cooper sebelumnya memang layak disebut mobil mini.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pilihan City Car Murah Bekas Rp 50 Jutaan

12/09/2020

Jual beli

8 menit

Ketika Anda sedang mencari mobil jenis city car murah yang harganya Rp 50 jutaan, maka ada beberapa model yang pantas untuk dilirik. Jika mendapatkan kondisi yang masih istimewa, selain murah, Anda bisa menjadi pusat perhatian di jalan lho!

Lihat juga

Atur Barang di Bagasi City Car, Perhatikan 5 Hal Ini

27/06/2019

Pengemudian

4 menit

Ketika harus membawa banyak barang di bagasi city car, sebaiknya jangan asal. Perlu pertimbangkan beberapa hal berikut ini, mengingat kapasitas bagasi city car tidak sebesar mobil tipe MPV atau SUV.

Lihat juga

Tips Modifikasi City Car Buat Harian yang Murah Tapi Bisa Tampil Kece

08/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi city car untuk harian tidak perlu terlalu ribet dan mengeluarkan banyak dana. Cukup lakukan pada tiga bagian berikut ini, maka akan membuat mobil Anda tampil kece di jalan raya.

Lihat juga

Tak Bisa Sembarangan, Mengemudikan City Car Ada Aturannya

14/04/2019

Pengemudian

Mengemudikan city car berbeda dibanding nyetir mobil jenis lain seperti sedan, MPV, atau SUV. Dimensi yang mungil, kapasitas angkut yang terbatas, serta mesin dengan kapasitas silinder yang juga kecil, butuh perhatian dari para pengemudinya.

Lihat juga

Perbedaan Mobil SUV, MPV, City Car, Dan Hatchback

10/05/2017

Jual beli

Apa Bedanya Mobil SUV, MPV, City Car, dan Hatchback. Keempat jenis mobil ini memiliki kemampuan berbeda-beda.

Lihat juga