Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kendaraan Bagi Pemula

08/07/2019

Jual beli

4 menit

Ketika dihadapkan pada situasi memilih asuransi kendaraan yang tepat, maka tentu saja ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Sebaiknya jangan terpaku apa kata orang lain dalam memilih asuransi. Berikutnya adalah beberapa saran untuk memilih asuransi kendaraan bagi pemula dari Cintamobil.com.

Setiap pemilik kendaraan bermotor sejatinya perlu untuk melindungi kendaraannya dengan asuransi. Agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan kendaraan Anda, maka Anda tidak direpotkan lagi dengan biaya perbaikan yang harus dikeluarkan.

Namun terkadang memilih asuransi kendaraan gampang-gampang susah. Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan jasa proteksi bagi kendaraan bermotor, makin membuat Anda pusing untuk menetapkan pilihan.

Oleh karena itu, hari ini Cintamobil.com akan membahas tentang  apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih asuransi kendaraan bagi pemula

1. All Risk

dua mobil kecelakaan

Asuransi all risk cocok untuk kendaraan harian

Setiap perusahaan asuransi kendaraan bermotor, memiliki dua jenis asuransi, yakni asuransi all risk dan asuransi TLO (Total Lost Only). Bedanya, asuransi jenis All Risk akan menjamin kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda baik kerusakan kecil maupun besar. Ini sangat cocok untuk kendaraan yang digunakan sehari-hari.

>>> Asuransi TLO dan All Risk, Mana Yang Terbaik?

2. Total Lost

pria di depan mobil yang kecelakaan

Total lost hanya mengcover kerusakan besar

Sementara itu jenis asuransi TLO, hanya akan menjamin kerusakan di atas 75 persen atau kehilangan. Jadi jika Anda hanya mengalami kecrusakan kecil dan minor pada kendaraan, maka asuransi tidak akan memberikan ganti rugi.

3. Premi

premi asuransi

Sesuaikan kemampuan dengan besar premi bulanan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi kendaraan bagi pemula adalah melihat besarnya premi asuransi yang harus dibayar tiap bulan. Idealnya tentu Anda menginginkan asuransi yang bisa memberikan perlindungan terbaik. Namun semua harus disesuaikan lagi dengan kemampuan finansial Anda dalam membayar premi asuransi.

>>> Seperti Ini Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

4. Klaim

mobil kecelakaan difoto

Pastikan proses klaim mudah dan cepat

Ketika memilih asuransi kendaraan, sebaiknya tanyakan juga bagaiaman proses klaim asuransi tersebut. Tanyakan juga proses pengajuan klaim, persyaratan klaim, dan lama proses klaim. Tentuna ini akan berguna di kemudian hari saat Anda akan mengajukan klaim.

Demikianlah cara memilih asuransi kendaraan bermotor, khususnya bagi para pemula. Ada baiknya Anda cari rekomendasi sebanyak mungkin tentang plus minus asuransi merek tertentu untuk membandingkannya satu sama lain.

>>> Tips dan trik menarik lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top