Asuransi Mobil TLO dan All Risk, Mana Yang Terbaik?

05/01/2021

Pengemudian

4 menit

Asuransi Mobil TLO dan All Risk, Mana Yang Terbaik?
Selalu ditawarkan dealer dalam setiap pembelian mobil secara kredit, Asuransi mobil TLO dan All Risk menjadi dua jenis asuransi paling dikenal. Meski demikian, banyak yang belum tahu secara mendetail mana yang terbaik diantara keduanya. So, simak ulasan berikut!

Foto mobil putih terbalik

Pentingnya asuransi untuk melindungi dari risiko kerugian lebih besar saat kecelakaan

Kebutuhan akan keselamatan di jalan saat ini cukup penting. Hal ini yang membuat masyarakat semakin sadar pentingnya asuransi mobil. Sudah banyak polis asuransi mobil yang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan. Namun, untuk asuransi mobil lebih baik asuransi mobil TLO atau Total Loss Only dan All Risk. Lantas, asuransi TLO dan All Risk, mana yang terbaik?

Gambar menunjukkan paket asuransi mobil di Cintamobil.com

Dapatkan berbagai manfaat mobil All Risk dalam jangka waktu yang lama

Beda asuransi TLO dan All Risk

Sama seperti namanya asuransi TLO akan memberikan jaminan apabila Anda mengalami kehilangan secara total. Itu artinya klaim asuransi hanya bisa dilakukan apabila terjadi hanya karena kehilangan secara total. Dalam asuransi mobil TLO yang dimaksud dengan kehilangan total adalah kerusakan yang terjadi pada mobil Anda di atas 75% atau terjadi kehilangan karena pencurian atau perampasan.

Sebaliknya, apabila kerusakan terjadi di bawah yang sudah ditentukan, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi akan kerusakan tersebut. Pastikan 75% dihasilkan dari mobil yang memang sudah tidak bisa digunakan kembali. Kelebihannya, premi dari asuransi TLO lebih rendah dibandingkan menggunakan asuransi all risk.

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi all risk akan memberikan segala ganti rugi. Itu artinya, asuransi yang satu ini bisa diklaim apabila terjadi kerusakan pada mobil Anda, baik kerusakan ringan, berat atau kehilangan. Tentunya, asuransi all risk juga bakal memberikan ganti rugi meski yang terjadi hanya lecet sedikit saja. Hanya saja, asuransi all risk pembiayaannya cukup mahal dibandingkan dengan TLO. Sudah begitu ada beberapa risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi all risk seperti bencana alam, sabotase dan huru hara. Oleh karena itu, perluasan pertanggungan diperlukan apabila ingin melindungi mobil Anda secara penuh.

>>> Banyak Mobil Dibakar di Jawa Tengah, Bisakah Kendaraan Terbakar Ditanggung Asuransi?

Foto sebuah mobil terbakar hebat

Tak peduli apa penyebabnya, asal sesuai ketentuan mobil rusak bisa ditanggung asuransi

Mungkinkah keduanya digabungkan?

Kedua asuransi yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun Anda tidak perlu bingung, pasalnya Anda bisa menggabungkan dua jenis asuransi mobil tersebut, baik TLO atau all risk.

Contohnya saja, mobil yang Anda asuransikan memang mobil keluaran terbaru. Tidak ada salahnya, Anda mengasuransikan all risk terlebih dahulu untuk tahun pertama dan kedua. Kemudian asuransi mobil TLO bisa Anda lakukan pada tahun ketiga dan seterusnya.

Tentu saja, beban finansial akan sebanding dengan risiko kerusakan yang terjadi. Pastinya, mobil baru membutuhkan biaya yang cukup tinggi dibandingkan dengan mobil bekas, walaupun hanya lecet sedikit saja. Namun saat mobil sudah mulai tua, tidak ada salahnya beralih ke asuransi TLO.

>>> Meski Mobil Sudah di Asuransi, Ada Jenis Risiko Yang Tidak Ditanggung

Foto seorang gadis bersama sebuah mobil baru

Mobil baru biasanya ditawarkan dengan paket asuransi

Jadi, mana yang lebih baik?

Apabila membandingkan asuransi TLO dan All Risk, mana yang terbaik? Tentunya akan sangat sulit. Hal ini karena setiap asuransi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing – masing. Seperti asuransi all risk lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Terutama Anda harus menambahkan perluasan perlindungan yang berarti penambahan premi asuransi.

Apabila mobil Anda merupakan mobil keluaran terbaru dengan harga tinggi, mungkin memang butuh sedikit biaya untuk dikeluarkan. Maka asuransi all risk menjadi solusi terbaik. Asuransi yang satu ini sangat pas bagi Anda yang menjalankan bisnis rental mobil. Pasalnya, resiko akan kerusakan sangat tinggi.

Sebaliknya, apabila Anda jarang menggunakan mobil dan hanya memarkirnya di garasi rumah, mungkin asuransi TLO menjadi pilihan yang tepat mengingat kecelakaan bukan menjadi faktor utamanya. Tapi lebih karena pencurian atau perampasan. Terlebih lagi, Anda tinggal di daerah yang banyak orang berlalu lalang.

Ilustrasi asuransi mobil

Silahkan pilih yang terbaik antara asuransi TLO dan All Risk sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top