Cuma Beda Harga Rp 6 Juta, Mending Beli Wuling Formo 1.2 Passanger Van Atau Wuling Confero S 1.5 Standar?

09/11/2018

Jual beli

4 menit

Sempat digadang-gadang akan memiliki harga jual dibawah Rp 110 juta untuk varian termurahnya, ternyata Wuling Formo dijual dengan harga mendekati Wuling Confero. Bahkan dengan cuman beda harga Rp 6 Juta, mending beli Wuling Formo 1.2 Passanger Van atau Wuling Confero S 1.5 Standar?

Gosip akan adanya MPV atawa Minubus dengan harga yang terjangkau sejatinya sudah beredar sejak tahun lalu. Info tersebut kami dapatkan tepatnya saat melakukan kunjungan ke pabrik Wuling di daerah Cikarang. Namun pada kenyataannya mobil ini baru keluar pada tahun ini, tepatnya hari rabu lalu (7/11) di bilangan ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat. Namun yang disayangkan adalah perbedaan harga antara Wuling Formo dengan Wuling Confero tidak terlalu signifikan. Cuman beda harga Rp 6 juta, mending beli Wuling Formo 1.2 Passanger Van atau Wuling Confero S 1.5 Standar? Pembeli pasti akan bingung. Maka dari itu kami dari tim Cintamobil.com melakukan komparasi antara kedua mobil ini. Penasaran? Mari ikuti terus pembahasan dari kami.

1. Tampilan

Tampak Wuling Formo 1.2 Passanger Van 2018

Tampak sebuah Wuling Confero S 1.5 Standart 2018

Perbedaan antara Wuling Formo 1.2 Passanger Van (atas) dan Wuling Confero S 1.5 Standart (bawah)

Coba Anda bandingkan tampilan antara Wuling Formo 1.2 Pasangger Van (gambar atas) atau Wuling Confero S 1.5 Standar (gambar bawah). Jika Anda kurang jeli, maka Anda akan bilang tampilan kedua mobil ini sama. Namun jika Anda sedikit jeli, ada pembeda antara kedua mobil ini. Dimulai dari grill depan, pada Wuling Formo yang didaulat oleh PT SGMW Indonesia sebagai Minibus menggunakan grill yang sama dengan Confero berwarna dasar hitam, bedanya Confero termurah diberi pemanis garis horizintal berwarna putih, sedangkan Formo tidak. Lalu beralih ke sisi samping, akan langsung terlihat dop pemanis pelek absen di Formo. Satu detail yang kami suka adalah spion serta handel pintu dibiarkan menggunakan warna dasar hitam. Hal tersebut menambah kontras tampilan Formo berwarna putih ini.

>>> Baca juga: 5 Mobil Mewah Terbaru 2018 di Indonesia dari Cintamobil TV

2. Performa 

Tampak sebuah mesin Wuling Formo 1.2 Passanger Van 2018

Tampak sebuah mesin Wuling Confero S 1.5 Standart 2018

Perbedaan dimensi lebar mesin berefek pada radius putar Formo lebih baik 0,1 meter dari Confero yang berdiri diatas sasis yang sama

Sektor performa jelas Wuling Formo menggunakan mesin yang berbeda dengan Wuling Confero. Formo mencangkok mesin S-TEC (yang diubah penamaannya oleh Wuling menjadi P-TEC, red) bawaan Chevrolet Aveo lawas. Dengan karakter mesin overstroke yang cenderung dapat mengkail torsi di putaran yang relatif rendah ditambah rasio gigi yang pas, akan membuat Wuling Formo mudah untuk melaju dan menyesuaikan dengan arus lalu lintas. Sementara Wuling Confero termurah ini menggendong mesin bawaan Chevrolet Spin yang sama-sama punya karakter langkah mesin lebih panjang dari bore. Namun, kami menduga Formo ini tidak lebih irit konsumsi bahan bakarnya dari Confero, dikarenakan bobotnya yang masih berat serta defisit tenaga akan berdampak pada power to weight ratio yang kurang baik.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Fitur

Tampak kursi baris kedua dan ketiga Wuling Formo

Wuling Formo tidak dilengkapi headrest di baris kedua dan ketiga sementara Wuling Confero dilengkapi sandaran kepala

Secara umum perbedaan antara Wuling Formo 1.2 Passenger  Van dengan Wuling Confero S 1.5 Standar hanya terletak pada kursinya. Jika Wuling Formo ini menggunakan kursi yang tidak dilengkapi dengan headrest di baris kedua dan ketiga, maka di Wuling Confero terdapat headrest yang dapat menyelamatkan nyawa Anda dan keluarga ketika mobil ditabrak dari belakang. Kami dari Tim Cintamobil.com sempat mempertanyakan kepada tim riset dan pengembangan PT SGMW Indonesia selaku agen pemegeng merek Wuling di Indonesia mengenai hal ini. Menurut mereka, Wuling Formo sudah mengadopsi seatbelt disemua kursi, dan dengan fitur yang ada Wuling Formo sudah dianggap unggul dari rival-rival yang dibidiknya seperti Daihatsu GranMax dan Suzuki APV.

>>> Simak juga beragam harga mobil Wuling yang dibanderol dengan harga spesial

4. Harga Dan Kesimpulan

Wuling Formo 1.2 Passenger  Van dijual dengan harga Rp 135,8 juta sementara  Wuling Confero S 1.5 Standar dilego dengan harga Rp 141,8 juta. So, mana yang akan Anda pilih? Apakah Anda rela menghemat uang Rp 6 juta namun beberapa kelengkapan dilucuti? Kalau kami boleh menyarankan, jika Anda menggunakan mobil untuk keperluan pribadi, ambil lah Confero bermesin 1500 cc, dengan mesin yang lebih besar, dan kelengkapan lebih memadai otomatis akan menambah nyaman penumpang dan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Sementara, jika Anda seorang pengusaha dan mengedepankan prinsip mobil itu untuk usaha serta harga tidak masalah asal murah, belilah Wuling Formo 1.2 Passenger  Van.

Formo, jagoan baru Wuling di segmen Light Commercial Vehicle (LCV)

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top