Menakar Dimensi Avanza Agar Sesuai Garasi Rumah Anda

19/05/2020

Jual beli

5 menit

Penting untuk mengetahui dimensi Avanza sebelum Anda membelinya. Karena dengan begini maka Anda dapat mengetahui ukuran garasi yang cocok dengan mobil tersebut.

Toyota Avanza adalah mobil yang banyak sekali peminatnya. Dimensi Avanza yang kompak namun tetap memberikan ruang kabin yang lega membuat Avanza selalu dicap sebagai mobil sejuta umat. Karena memang sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003 silam, kini populasinya sudah lebih dari satu juta unit di seluruh Indonesia.

Berasal dari bahasa Italia "Avanzato" yang berarti peningkatan, mobil ini awalnya adalah sebuah peningkatan dari pemilik Toyota Kijang namun dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan Avanza juga sudah diekspor ke banyak negara antara lain Filipina, Thailand, Brunei, Pakistan, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Sri Langka, Mexico, bahkan hingga ke Afrika.

Jika Anda kini tengah berminat untuk membeli satu unit Toyota Avanza, maka Anda wajib mengetahui dimensi Avanza yang akan Anda beli. Hal tersebut demi mencocokkan dengan ukuran garasi atau car port di rumah Anda. Berikut ulasan lengkapnya dari Cintamobil.com

Menghitung dimensi Avanza

Avanza yang sekarang dijual oleh jaringan dealer PT Toyota Astra Motor (TAM) masuk dalam generasi kedua Avanza sejak 2013 lalu. Meksi begitu, telah banyak model facelift yang dilakukan TAM untuk penyegaran Avanza di Indonesia serta tetap membuatnya jadi mobil paling laris di Nusantara.

Generasi pertama hadir 2003 hingga 2005, kemudian mengalami facelift pertama di 2006. Dua tahun setelahnya yaitu di Oktober 2008, muncul kembali facelift Toyota Avanza yang kedua yang kemudian bertahan hingga 2011.

Sama seperti dimensi dan tampilan luarnya, spesifikasi Toyota Avanza tak begitu jauh berbeda sejak awal diperkenalkan. Mulai dari penggunaan mesin 1.3 liter dan 1.5 liter, namun yang berbeda adalah keluaran tenaga yang lebih besar di generasi kedua.

Toyota Avanza 2020

Perhatikan dimensi Toyota Avanza yang Anda beli, apakah generasi pertama atau generasi kedua

Baru pada November 2011 Toyota munculkan Avanza generasi kedua termasuk Avanza Veloz. Untuk generasi kedua ini facelift pertama dilakukan pada Agustus 2015 yang bertahan empat tahun. Tepat di awal 2019, Avanza generasi kedua muncul lagi faceliftnya dengan ciri khas lampu utama terbelah dua seperti yang ada pada Toyota Voxy. Model inilah yang merupakan Avanza yang ada di dealer resmi Toyota saat ini.

Untuk dimensi Avanza generasi pertama memliki panjang keseluruhan antara 4.070 milimeter (mm) hingga 4.120 mm. Perbedaan panjang ini tergantung dari tipe dan facelift di generasi tersebut. Sementara ukuran lebar mobil Avanza generasi pertama adalah 1.630 mm hingga 1.640 mm, serta tingginya antara 1.685 mm sampai 1.695 mm.

Kemudian untuk dimensi Avanza generasi kedua memiliki panjang 4.140 mm - 4.200 mm. Lalu untuk ukuran lebar mobil Avanza generasi kedua 1.660 mm serta memiliki tinggi 1.685 mm - 1.695 mm. Pada generasi kedua Avanza ini jarak sumbu roda antara roda depan dan roda belakang ternyata masih sama dengan Avanza generasi pertama yaitu 2.655 mm.

>>> Cara Menentukan Garasi Mobil Berdasarkan Dimensi Fortuner

Ukuran Garasi yang Ideal untuk Avanza

Perubahan yang diberikan pada dimensi Avanza memang tidak begitu banyak berbeda sejak generasi pertama. Pasalnya PT TAM memang menginginkan Avanza sebagai mobil yang cukup kompak untuk jalanan perkotaan, namun masih tetap lega menampung hingga tujuh orang di dalam kabin. 

Jika sudah mengetahui dimensi Avanza termasuk panjang dan ukuran lebar mobil Avanza, maka sekarang waktunya menghitung ukuran garasi yang ideal untuk mobil tersebut. Ketika diambil ukuran tertingginya, maka Toyota Avanza memiliki panjang 4,2 meter dengan lebar 1,7 meter dan tinggi juga 1,7 meter.

Ukuran garasi mobil

Dimensi garasi wajib lebih besar 70-80 cm dari dimensi mobil

Maka menurut sejumlah arsitek, ukuran garasi yang idel untuk Avanza adalah memiliki panjang minimal 5 meter, lebarnya tidak boleh kurang dari 2,5 meter dan tinggi garasi antara 2,5 meter hingga 3 meter. Ukuran ini berasumsi dimensi garasi harus lebih panjang 70-80 mm dibanding ukuran mobil. Sehingga nantinya Anda masih bisa leluasa membuka pintu depan dan belakang termasuk pintu bagasi atau bermanuver untuk masuk dan keluar garasi.

Sementara jika Anda memiliki dua mobil, maka saat akan membuat garasi pertimbangkan pula jarak antara satu mobil dengan mobil lainnya. Jangan sampai kedua mobil terlalu berhimpitan yang pada akhirnya membuat Anda kesulitan saat akan parkir atau keluar dari garasi tersebut.

>>> Spesifikasi & Dimensi Toyota Agya Facelift, Kaya Fitur dan Lebih Sporty

3. Harga Toyota Avanza Terbaru

Toyota Avanza dan Avanza Veloz

Dimensi Avanza yang kompak cocok untuk mobil perkotaan

Setelah mengetahui berapa dimensi Avanza yang Anda incar serta telah disesuaikan dengan ukuran garasi di rumah, maka jika Anda berminat membeli Toyota Avanza baru, berikut daftar harga Toyota Avanza per Agustus 2021 berdasarkan situs resmi Toyota Indonesia:

  • Toyota Avanza 1.3 E STD M/T: mulai dari Rp 197,5 jutaan
  • Toyota Avanza 1.3 E STD A/T: mulai dari Rp 208,5 jutaan
  • Toyota Avanza 1.3 E M/T: mulai dari Rp 199,9 jutaan
  • Toyota Avanza 1.3 E A/T: mulai dari Rp 210,9 jutaan
  • Toyota Avanza 1.3 G M/T: mulai dari Rp 217,5 jutaan
  • Toyota Avanza 1.3 G A/T: mulai dari Rp 228 jutaan
  • Toyota Avanza Veloz 1.3 M/T GR Limited: mulai dari Rp 232,6 jutaan
  • Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T GR Limited: mulai dari Rp 244,2 jutaan
  • Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T GR Limited: mulai dari Rp 244,5 jutaan
  • Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T GR Limited: mulai dari Rp 256 jutaan

>>> Selain dimensi Avanza, dapatkan informasi tips dan trik terbaru di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa panjang Toyota Avanza terbaru?
Untuk model yang dipasarkan saat ini, panjang Toyota Avanza tercatat 4.190 mm.
Apa jenis mobil Toyota Avanza?
Toyota Avanza disebut sebagai mobil Low MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang dibuat khusus demi kenyamanan penumpang.
Apakah dimensi Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza sama?
Karena menggunakan sasis yang sama, maka dimensi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tak memiliki perbedaan.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top