Berapa Sih Idealnya Ukuran Garasi Mobil di Rumah?

16/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Berapa Sih Idealnya Ukuran Garasi Mobil di Rumah?
Saat memiliki mobil, maka Anda juga wajib memiliki garasi. Tapi terkadang Anda bingung menentukan seberapa luas ukuran garasi mobil di rumah yang ideal agar mobil tersimpan dengan aman dan nyaman.

Belakangan ini disejumlah wilayah di Indonesia beredar larangan pemilik mobil untuk memarkir kendaraan mereka di bahu jalan. Larangan ini menyasar mereka yang punya mobil namun tak punya garasi.

Memang sih, paling tepat jika sudah memiliki mobil harus menyediakan garasi sendiri di rumah. Tetapi mungkin terkadang Anda pusing untuk menentukan, seberapa luas bidang lahan yang harus disiapkan guna membuat garasi mobil sendiri.

>>> 4 Tempat Parkir Berbahaya Saat Musim Hujan

Mungkin kami bukan ahli arsitektur rumah, namun tim Cintamobil.com telah berhasil mengumpulkan beberapa data bagaimana cara ideal menghitung ukuran garasi mobil di rumah.

1. Lihat Dimensi Mobil

garasi rumah sesuai dimensi mobil

Pertimbangkan dimensi mobil untuk menghitung garasi

Saat menentukan ukuran lahan untuk digunakan sebagai garasi, maka sebaiknya harus lebih dulu menghitung dimensi mobil yang Anda miliki. Misalnya untuk mobil kecil jenis city car, hatchback, atau LCGC seperti Agya dan Ayla, Honda Brio, Toyota Yaris, Honda Jazz, atau Suzuki Swift. Mobil-mobil ini biasanya memiliki panjang tidak lebih dari 4,5 meter dengan lebar sekitar 2 meter.

Untuk itulah, garasi mobil yang ideal berukuran lebar 2,4 meter dan panjang 5,5 meter. Namun untuk Anda yang memiliki mobil dengan dimensi lebih dari itu, maka idealnya ukuran untuk garasi adalah dengan lebar 2,6 meter dan panjang 6 meter.

Sedangkan untuk ketinggian atap garasi bisa disamakan sekitar 2,5 meter hingga 3 meter. Lalu bagaimana jika saat ini Anda memiliki mobil berukuran kecil tapi suatu saat akan mengganti dengan mobil 7 penumpang? Maka lebih baik pakai ukuran garasi mobil dimensi besar.

2. Garasi Dua Mobil

garasi dengan dua mobil

Untuk garasi dua mobil perhatikan jarak antar mobil

Lantas bagaimana untuk Anda yang memiliki dua mobil, berapakah ukuran garasi mobil yang ideal? Berdasarkan situr Arsitag, maka untuk garasi dua mobil idealnya memiliki bentuk persegi empat dengan panjang dan lebar sama rata yaitu 6 - 6,5 meter.

Dengan ukuran ini memungkinkan mobil diparkir memiliki jarak sekitar 80 cm. Sehingga saat satu pintu mobil dibuka maka tidak mengenai pintu mobil lainnya. Sementara sisa jarak pada bagian depan dan belakang bisa digunakan untuk mobil bermanuver ketika masuk atau keluar garasi.

3. Pasang Pembatas

pembatas mobil di garasi

Pasang pembatas agar mobil tidak mentok ke dinding garasi

Guna menghindari mobil menabrak atau menyenggol dinding garasi saat parkir, maka sebaiknya gunakan pembatas di garasi mobil. Bangun pambatas dengan ketinggian tidak lebih dari 10 centimeter di lantai garasi. Dengan ketinggian ini maka tidak akan menyentuh bagian bawah bemper mobil, kecuali mobil Anda sudah dimodifikasi sehingga sangat ceper.

>>> Jual beli mobil bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia

Pembatas ini kemudian dipasang dengan jarak minimal 620 mm dari dinding garasi. Hal tersebut untuk mencegah Anda parkir terlalu dekat dengan dinding dan membuat cat mobil tergores, khususnya di bagian bemper.

4. Lantai Garasi

lantai garasi mobil

Pilih lantai garasi dengan pori-pori kecil dan tekstur sedikit kasar

Setelah menentukan luas lahan sebagai ukuran garasi mobil di rumah, maka langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan lantai di garasi tersebut. Pilihlah lantai dengan pori-pori kecil, misalnya keramik atau granit. Kemudian pilih permukaan keramik dengan tekstur agak kasar, seperti tekstur permukaan keramik yang digunakan untuk lantai kamar mandi. Ini untuk menghindari lantai terlalu licin saat terkena air.

Pembaca juga mencari: lebar mobil, ukuran garasi 2 mobil, ukuran ideal garasi mobil, ukuran garasi mobil dan motor,ukuran garasi 1 mobil, ukuran garasi mobil idealukuran garasi mobil alphard, ukuran parkir mobil di rumah, luas garasi mobil yang idealukuran ideal garasi mobil dan motor

>>> >>> Pengalaman perawatan dan servis mobil rutin di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ingin Punya Desain Garasi Ala Tony Stark? Aston Martin Bisa Buatkan Satu

19/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Saat Anda memiliki deretan supercar dengan harga puluhan miliar rupiah di parkiran mobil, tentu tidak akan lengkap rasanya jika desain garasi terlihat sangat konvensional, hal ini disadari Aston Martin.

Lihat juga

Peralatan untuk Garasi: Pastikan Anda Memiliki 8 Alat ini di Garasi Anda

Tidak semua pemilik mobil memiliki garasi. Tapi jika Anda memilikinya, pastikan Anda juga memiliki peralatan untuk garasi yang bisa membuat perawatan kendaraan menjadi lebih efisien.

Lihat juga

Hindari Kerusakan, Barang yang Tidak Boleh Diletakkan di Dalam Garasi

Rumah yang memiliki garasi mungkin tidak hanya diisi oleh mobil atau motor pemilik rumah, tapi juga beberapa barang lain yang ikut tergeletak disana. Masalahnya, ada beberapa barang yang tidak boleh diletakkan di dalam garasi.

Lihat juga

Review Ferrari F8 Spider 2019: Ketika Pengemudi Bisa Rasakan Performa 710 HP Lebih Dekat

27/09/2019

Editor rate:

Ferrari berjenis spider biasanya memiliki peruntukan khusus, yakni memberikan sensasi berkendara lebih dekat kepada pengemudi karena atap yang terbuka akibat raungan mesin yang lebih mudah masuk ke dalam mesin. Apakah ini saja karakteristik yang akan dibawa oleh sang sports car terbaru Ferrari F8 Spider 2019? Atau justru ia bisa menjadi pilihan yang lebih menarik ketimbang versi berlinetta Ferrari F8 Tributo?

Lihat juga

Daftar Harga Toyota Alphard terbaru Oktober 2020 Di Indonesia

01/10/2020

Toyota

Awal tahun 2018, Toyota Alphard diberikan penyegaran terbaru bersamaan dengan adiknya Toyota Vellfire. Kini, tampilannya terlihat sangat mewah dan memiliki karakter elegan yang lebih kental daripada versi sebelumnya. Berapa harga Toyota Alphard terbaru?

Lihat juga
 
back to top