Cara Menentukan Garasi Mobil Berdasarkan Dimensi Fortuner

01/09/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Membuat bagasi harus disesuaikan dengan dimensi mobil. Ketahui rumus menentukan bagasi berdasarkan dimensi Fortuner berikut ini.

Kehadiran Toyota Fortuner di pasar otomotif Tanah Air seolah menjawab akan kebutuhan SUV dengan harga yang terjangkau. Hadir dengan beberapa generasi sejak diperkenalkan pada 2005, bagaimana spesifikasi dan dimensi Fortuner terbaru?

Fortuner generasi pertama

Fortuner generasi pertama diimpor langsung dari Thailand

Nama Fortuner diambil dari bahasa Inggris yang berarti keberuntungan. Popularitasnya bukan hanya mendominasi Indonesia, tetap juga menjadi salah satu produk ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke beberapa negara tetangga.

Generasi pertama Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan di Thailand International Motor Expo pada Desember 2004 dan baru diimpor langsung untuk pasar Indonesia sejak Juli 2005 dalam ajang Gaikindo Auto Expo di Jakarta.

Terdapat beberapa varian Toyota Fortuner generasi pertama, yakni G M/T dan A/T, G Lux A/T, dan V A/T. Fortuner generasi pertama mengalami facelift pertama pada 2008 dengan perubahan pada lampu depan, grille, lampu belakang, dan velg alloy baru. Serta mengalami facelift kedua pada 2011 yang ditandai dengan beberapa perubahan.

Generasi kedua Toyota Fortuner hadir pada Januari 2016 dalam tiga pilihan varian, yakni G, VRZ, dan SRZ. Tipe VRZ merupakan varian diesel, sedangkan SRZ adalah varian bensin. Keduanya menggunakan mesin 2GD-FTV yang sama dengan Kijang Innova.

Jika Anda berencana untuk membeli unit Toyota Fortuner, baik generasi pertama atau kedua, maka Anda wajib mengetahui dimensi Fortuner. Hal ini bisa berguna untuk mencocokkan dengan ukuran garasi di rumah Anda.

>>> Spesifikasi dan Dimensi Toyota Raize 2021, SUV Terjangkau Toyota

Dimensi Fortuner

Fortuner Generasi Pertama

Berbicara mengenai dimensi Fortuner pastinya tak lepas dari desain eksteriornya. Fortuner generasi pertama memiliki tampilan yang gagah dengan grille yang mirip dengan Kijang Innova generasi awal.

Mobil dilengkapi dengan lampu depan menggunakan multi reflector dengan halogen biasa dan lampu foglamp di bagian bumper bawah. Mobil semakin gagah dengan hadirnya step bar, roof rail, dan rear spoiler. Velg Toyota Fortuner generasi pertama berukuran 16 inci untuk tipe biasa dan 17 inci untuk tipe TRD Sportivo.

Mesin Fortuner generasi pertama

Fortuner generasi pertama memiliki dua pilihan mesin

Dari sisi jantung mekanisnya, Fortuner generasi pertama memiliki dua pilihan mesin bensin berkapasitas 2,7 liter dan diesel 2,5 liter. Mobil mesin bensin mampu menghasilkan tenaga hingga 158 hp dan torsi 241 Nm.

Sementara mobil Fortuner diesel generasi pertama memiliki tenaga lebih kecil 102 hp dengan torsi lebih besar mencapai 260 Nm. Mesin tersebut berpadu dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Dimensi Fortuner terbilang besar dan tinggi sebagai SUV. Dimensi Fortuner generasi awal memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.790 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.750 mm dengan ground clearance 220 mm.

Fortuner Generasi Kedua

Eksterior Fortuner generasi kedua mengusung tema “Leading the World” dimana mobil hadir dengan perubahan menyeluruh di bagian eksterior. Dengan dimensi Fortuner lebih besar daripada generasi pertama, Toyota Fortuner 2016 hadir dengan kesan yang lebih segar, stylish, gagah, dan elegan.

Interior Fortuner 2016

Interior Toyota Fortuner 2016

Bagian belakang mobil ini dirancang lebih dinamis dan tinggi untuk menonjolkan sisi tangguh mobil. Ditambah dengan LED Tail Light modern berdesain tajam dan power back door untuk membuat tutup hanya lewat tombol bagian belakang, membuat mobil ini terlihat lebih elegan dan futuristik.

Lampu depan menggunakan desain headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling. Untuk tipe 2.4 G A/T, ban menggunakan velg 17 inch  sementara pada tipe 2.7 SRZ A/T menggunakan velg 18 inch.

Dari sisi mesin, Toyota Fortuner generasi kedua memiliki dua tipe mesin. Pertama mesin diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc yang mampu menghasilkan tenaga 147.5 hp dan torsi 400 Nm.

Kedua mesin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 160,7 hp dan torsi 242 Nm. Dimensi Fortuner generasi kedua lebih besar daripada generasi pertama. Mobil memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm.

>>> Spesifikasi dan Dimensi Toyota Rush Gen 1 dan TRD Sportivo Terbaru

Ukuran Garasi Ideal untuk Toyota Fortuner

Memiliki garasi mobil adalah suatu keharusan bagi pemilik kendaraan roda empat agar keamanan mobil selalu terjaga dan mobil permukaan mobil lebih awet karena tak langsung terekspos sinar matahari.

garasi Fortuner

Ketahui cara menghitung garasi mobil ideal

Jika sudah mengetahui dimensi mobil Toyota Fortuner, maka sekarang saatnya menghitung ukuran garasi yang ideal. Ukuran garasi mobil Fortuner memang tak bisa sembarangan, mengingat ukuran bodi yang cukup besar. Jangan sampai karena tak menghitung ukuran garasi yang sesuai dengan dimensi Fortuner, Anda jadi tak bisa buka-tutup pintu mobil.

Ada beberapa kriteria untuk mendapatkan garasi mobil Fortuner dengan ukuran paling tepat, seperti:

  • Mengetahui dimensi Fortuner, baik panjang, lebar, dan tinggi.
  • Garasi memiliki ventilasi udara yang baik.
  • Gunakan lantai garasi yang tak licin sehingga memudahkan parkir saat hujan.
  • Gunakan model pintu garasi yang tepat agar proses keluar-masuk lebih mudah.
  • Sediakan ruangan yang cukup untuk menyimpan kebutuhan mobil.

Dengan dimensi mobil Fortuner di atas, untuk garasi satu mobil saja, sebaiknya Anda menggunakan dimensi 3 x 5,5 meter atau 3 x 6 meter dengan tinggi 2,8 hingga 3 meter untuk satu mobil. Jika berencana membuat garasi dua mobil, dimensi ideal adalah persegi panjang dengan panjang dan lebar ukuran sama.

Rumus Menentukan Garasi Mobil

rumus garasi mobil

Ketahui rumus menghitung garasi mobil

Agar tak salah hitung, Anda harus mengetahui rumus menentukan garasi mobil. Pengukuran garasi fokus pada tiga hal, yakni panjang, lebar, dan tinggi. Berikut ini rumusnya.

  • Panjang garasi: Panjang garasi ditambahkan 100 cm – 120 cm agar mobil dan pintu garasi memiliki jarak yang lebih lebar
  • Lebar garasi: Tambahkan sekitar 100 cm untuk tipe satu garasi mobil. Sedangkan untuk tipe dua garasi mobil, tambahkan ukuran sekitar 200 cm agar memberikan ruang lebih luas antara mobil dengan dinding garasi.
  • Tinggi garasi: tinggi garasi tidak memberikan pengaruh besar. Namun, pastikan ukurannya cukup tinggi. Jika mau aman, tambahkan tinggi sekitar 100 cm – 200 cm agar lebih longgar.

 Itulah informasi seputar dimensi Fortuner bagi Anda yang sedang berencana membuat garasi mobil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam merawat mobil khususnya saat membuat garasi untuk memarkir mobil.

>>> Jangan lupa bahwa masih ada ribuan tips dan trik otomotif  yang sangat menarik di sini!

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa ukuran Fortuner generasi pertama?
Dimensi Fortuner generasi awal memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.790 mm.
Berapa ukuran Fortuner generasi kedua?
Dimensi Fortuner generasi kedua lebih besar daripada generasi pertama. Mobil memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm.
Apa yang harus diperhatikan saat membuat garasi mobil?
Agar tak salah hitung, Anda harus mengetahui rumus menentukan garasi mobil. Pengukuran garasi fokus pada tiga hal, yakni panjang, lebar, dan tinggi.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top