Spesifikasi dan Dimensi Toyota Rush Gen 1 dan TRD Sportivo Terbaru

31/08/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Jika dibandingkan dengan ukuran mobil Rush lama, dimensi Toyota Rush TRD Sportivo dirancang jadi lebih lebar. Apa saja perbedaan lainnya? Bersama Herti- content writer berpengalaman 1 tahun lebih di bidang otomotif kita membahas.

Meski hiruk pikuk di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lainnya erat dengan kemacetan, hal tersebut tetap menjadikan mobil SUV diminati meski penjualannya berada di bawah kendaraan multi purpose vehicle (MPV). Namun, harganya cukup melejit terutama untuk kelas menengah ke bawah.

Tapi tidak dengan Toyota Rush, SUV keluaran Toyota ini memiliki kisaran harga Rp 200 jutaan. Cukup terjangkau bukan untuk sebuah kendaraan SUV? Anda yang tertarik untuk tau lebih dalam soal spesifikasi mesin, eksterior, hingga dimensi Toyota Rush wajib disimak, ya.

Toyota Rush Gen 1 

Toyota Rush pertama kali meluncur di pasaran pada awal tahun 2007. Mobil SUV ini masuk ke dalam segmen pasar low class SUV. Meskipun Toyota Rush dan Daihatsu Terios memiliki desain mobil dan wheelbase yang sama, Toyota Rush punya spesifikasi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan pesaingnya. 

Toyota Rush 2007

Sejak kemunculannya, Toyota Rush generasi pertama mengalami 4 kali facelift

Toyota Rush Gen 1 telah mendapatkan 4 kali minor facelift. Masing-masing di tahun 2009, 2010, 2013, dan 2015. Beberapa perubahan yang dilakukan, bertujuan untuk menyegarkan tampilan SUV Rush ini, terutama untuk tipe S. 

Toyota Rush 2007 atau generasi pertama memiliki tampilan sporty dengan grille dilapisi warna hitam, headlamp, dan fog lamp. Sementara dari sisi interior, Toyota Rush lama memiliki ruang kabin lapang. Pada dashboard, mobil dilengkapi dengan fitur audio untuk memutar radio dan MP3.

Sedangkan dari sisi mesin, Toyota Rush generasi pertama memiliki kapasitas mesin 1.500 cc 4-silinder dengan tenaga maksimum 109 hp dan torsi 145 Nm. Untuk fitur keamanan, mobil ini dilengkapi fitur alarm, Central Locking System, Automatic Door Locking dan Immobilizer. Anda bisa mendapatkan Toyota Rush generasi pertama dalam kondisi bekas dengan harga Rp 85 jutaan di beberapa situs jual beli mobil online di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush Gen 1

Toyota Rush Gen 1 sudah lebih dari cukup jika Anda menginginkan kendaraan sporty, low SUV, dan hanya digunakan untuk perjalanan di dalam kota saja, terutama dalam menghadapi kemacetan atau jalan yang sedikit bumpy. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya simak dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Rush Gen 1: 

Interior Toyota Rush 2007

Interior Toyota Rush 2007

Kelebihan Toyota Rush Gen 1

  • Harga terjangkau
  • Tampilan sporty
  • Perawatan yang tidak rewel
  • Sparepart murah dan dapat disubstitusi dengan Avanza 1.5
  • Dimensi Toyota Rush lapang

Kekurangan Toyota Rush Gen 1

  • Mobil terasa limbung
  • Tenaga yang dihasilkan masih kecil
  • Suara mesin yang lumayan kasar
  • Ruang kaki penumpang pada bagian belakang yang sempit
  • Harga jualnya mudah jatuh jika dibandingkan dengan produk Toyota lainnya

>>> Mengenal Arti Dimensi Kendaraan pada Tabel Spesifikasi

Spesifikasi Toyota Rush 2010

Anda yang tertarik untuk membeli SUV bekas, Toyota Rush dapat dijadikan sebagai opsi. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, spesifikasi mesinnya juga terbilang mumpuni, terutama untuk mobil Rush keluaran 2010.

Spesifikasi Toyota Rush 2010 menggunakan mesin 3SZ-VE berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 108,4 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm di putaran mesin 4.000 rpm. 

Toyota Rush 2010

Toyota Rush 2010 menggunakan mesin 3SZ-VE berkapasitas 1.5 liter

Tenaga pada mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Meski tenaga yang dihasilkan terbilang kecil, namun torsi yang dihasilkan lumayan besar di putaran menengah dan masih nyaman digunakan stop and go untuk perjalanan di dalam kota. 

Sementara, spesifikasi mesin Toyota Rush terbaru dibekali mesin 1.496 cc bertipe 2NR-VE 4-silinder 16-katup Dual VVT-i, dengan pilihan transmisi otomatis (A/T) dan manual (M/T). Tenaga yang dihasilkan sebesar 102,5 hp per 6.000 rpm dengan torsi 127 Nm per 4.200 rpm.

Toyota Rush TRD Sportivo 2018

Anda lebih memilih Toyota Rush TRD Sportivo 2018 daripada Rush lama generasi pertama? Lalu apa perbedaan Toyota Rush 2010 dengan Toyota Rush Gen 1?

Jika dibandingkan dengan ukuran mobil Rush lama, dimensi Toyota Rush TRD Sportivo dirancang jadi lebih lebar. Panjang mobil Rush TRD Sportivo yaitu 4.435 mm, lebar 1.685 mm, tinggi 1.705 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.685 mm.

Hal ini membuat dimensi mobil Toyota Rush pada ruang dalam kabin jadi lebih luas, terutama dalam mendesain posisi bangku, di mana jarak antara bangku depan dengan baris kedua menjadi 925 mm atau lebih longgar 45 mm dibandingkan model sebelumnya.

Toyota Rush TRD Sportivo 2018

Dimensi Toyota Rush lebih lebar daripada Rush lama

Jarak bangku baris kedua dengan baris ketiga memiliki ukuran 700 mm dan masih menyisakan ruang yang luas untuk bagasi. Panjang bagasi dimensi Toyota Rush terbaru kini mencapai 450 mm.

Sedangkan di sisi lain, jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga 700 m dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi pada Toyota Rush pun mencapai 450 mm. Dengan kata lain lebih panjang 150 mm dibandingkan ukuran mobil Rush lama.

Toyota Rush TRD Sportivo 2018

Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki fitur keselamatan lebih lengkap

Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki desain front grille bertema Dashing Dark dengan menghadirkan 5 tingkat aksen hitam. Selain mampu memberi ketegasan pada fascia depan, fitur ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik pada kabin. 

Jika dibandingkan dengan Toyota Rush lama, Toyota Rush TRD Sportivo 2018 memiliki fitur keselamatan yang lebih unggul. Mobil ini dibekali dengan 6 buah Protective SRS Airbags sehingga keselamatan seluruh penumpang terjamin. Fitur keselamatan lainnya, terdapat 7 seat belt indicators, pengereman andal seperti Anti-lock Braking System, Slid Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist.

Kelebihan dan Kekurangan Rush TRD Sportivo

Jika dibandingkan dengan SUV lain, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Rush TRD Sportivo:

Kelebihan Toyota Rush TRD Sportivo

  • Mesin 2NR-VE baru lebih efisien
  • Tampilan yang lebih sporty
  • Beragam fitur baru ditambahkan
  • Penggerak belakang memberikan unsur ketangguhan saat bertemu jalan kasar

Kekurangan Toyota Rush TRD Sportivo

  • Dimensi bongsor
  • Tidak selincah dan sestabil rival SUV berbasis hatchback
  • Posisi duduk ditinggikan membuat ruang kepala berkurang

Untuk urusan harga, tentu saja Toyota Rush TRD Sportivo 2018 lebih jauh tinggi. Namun, dengan adanya pengganti Toyota Rush TRD Sportivo yakni Toyota Rush GR Sport, apakah harga mobil bekas TRD Sportivo menjadi turun? 

Demikian ulasan mengenai spesifikasi, eksterior, kelebihan dan kekurangan, serta dimensi Toyota Rush untuk TRD Sportivo atau generasi lama. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kenali dulu kendaraan yang akan dibeli. Jika Anda ingin mencari kendaraan SUV terjangkau, memiliki kapasitas penumpang dan muatan yang besar, serta tampilan mobil yang sporty, maka Toyota Rush dapat dijadikan pilihan. 

>>> Baca artikel tips dan trik seputar otomotif hanya di Cintamobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga bekas Toyota Rush generasi pertama?
Anda bisa mendapatkan Toyota Rush generasi pertama bekas dengan harga Rp 85 jutaan.
Apa kelebihan Toyota Rush generasi pertama?
Kelebihannya adalah Harga terjangkau, Tampilan sporty, Perawatan yang tidak rewel
Berapa dimensi Toyota Rush TRD Sportivo?
Panjang mobil Rush TRD Sportivo yaitu 4.435 mm, lebar 1.685 mm, tinggi 1.705 mm
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top