Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

24/10/2019

Share this post:

Toyota Rush 2019

Editor rate:

Lihat promo

Persaingan segmen Medium SUV Tanah Air saat ini begitu ketat karena juga harus bertarung dengan segmen Medium MPV. Namun dengan banderol harga yang kompetitif, Toyota All New Rush G memberikan pilihan sebagai salah satu Medium SUV teraman di Indonesia. Berikut ini adalah review Toyota All New Rush G 2019.

Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air
Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air
0 Gambar

Pengantar Toyota Rush 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota Rush 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin 2NR-VE efisien dan bertenaga

Ground clearance tertinggi di kelasnya

Fitur Keselamatan Lengkap

Kekurangan

Transmis otomatis 4-speed konvensional

Desain yang bukan selera semua orang

Jok belum berlapis kulit

Review Toyota All New Rush G 2019 - Perkembangan dunia otomotif saat ini menunjukkan pergeseran trend desain mobil sehingga menjadikan mobil-mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin dekat dengan desain dan kemampuan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV). Hal ini jugalah yang tampak di pasar mobil Indonesia. Keunggulan SUV dengan ground clearance tinggi dan mesin yang kuat semakin didekati oleh pabrikan-pabrikan mobil di Indonesia yang juga menciptakan MPV dengan karakter serupa SUV.

Gambar menunjukkan emblem Toyota Rush tipe G warna putih

All New Rush tipe G merupakan mobil dengan value yang tinggi

Hal ini yang kemudian menjadikan SUV di Tanah Air pun mengalami pergeseran karakter dengan menawarkan kemampuan mengakomodir kenyamanan dan kepraktisan sebuah MPV. Salah satu SUV tersebut adalah Toyota All New Rush produksi PT Toyota Astra Motor. Dengan membawa citra sebagai salah satu Medium SUV  terlaris di kelasnya, generasi terbaru Toyota Rush diperkenalkan di Indonesia dengan berbagai penyempurnaan desain, fitur, kenyamanan dan kepraktisan yang dimilikinya. Hadir dengan beberapa varian untuk dipilih, Toyota All New Rush G 2019 yang kami ulas ini merupakan salah satu SUV dengan rating keselamatan terbaik di kelasnya.

Eksterior Toyota Rush 2019

Review All New Toyota Rush G 2019 : Tampilan Depan

Tampilan eksterior depan All New Rush G 2019 memang mengalami perubahan besar di generasi keduanya. Perubahan fascia dengan lebih banyak garis-garis tajam menjadikan All New Rush tampil lebih agresif. Grille kini semakin besar dengan empat tingkatan lubang udara beraksen hitam tanpa aksen chrome, menegaskan kegagahannya sebagai sebuah SUV.

Gambar menunjukkan tampilan depan All New Toyota Rush G 2019 warna silver

Kesan gagah ditampilkan oleh All New Rush G 2019 ini

Lubang grille besar ini juga berfungsi memberikan aliran udara yang lebih baik untuk mendinginkan mesin. Lampu depan berteknologi LED tampil lebih sipit dibanding generasi pertamanya, dengan aksen Daytime Running Lights (DRL). Bumper depan juga dihiasi garis-garis tajam dan bentuk segitiga di kedua sudutnya sebagai rumah foglamp menegaskan sosok agresif.

Review All New Toyota Rush G 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping All New Toyota Rush G 2019

Panjang mobil ini bertambah 230 mm mengisyaratkan kelegaan kabin

Garis bahu yang semakin naik ke bagian belakang mobil memberikan kesan sosok mobil yang panjang. Tak heran, karena jika dibandingkan dengan generasi pertamanya, dimensi panjang All New Rush G ini bertambah hingga 230 mm. Selain itu, dengan ground clearance sebesar 220 mm, membuat sosoknya sebagai sebuah SUV juga semakin tegas. Penggunaan velg alloy 16 inci dengan model baling-baling two-tone berbalut ban 215 / 65 R16 juga mendukung tampilannya sebagai sebuah SUV.

Review All New Toyota Rush G 2019 : Tampilan Belakang

Penampilan bagian belakang All New Rush baru menunjukkan kesan modern dengan menghilangnya ban cadangan dari pintu belakang yang menjadi ciri khas Toyota Rush generasi pertama. Dimensi tinggi All New Rush menegaskan sosok SUV-nya yang dapat diajak ke segala medan. Lampu belakang horisontal dan lebar memberikan visibilitas yang baik bagi pengemudi mobil di belakangnya.

Gambar menunjukkan tampilan belakang All New Toyota Rush G 2019 warna silver

Tampilan maskulin diteruskan ke bagian buritan mobil

Toyota juga sudah memberikan rear spoiler di bagian belakang All New Rush G, lengkap dengan lampu rem tambahan di bagian tengahnya. Wiper di kaca belakang memberikan kemudahan saat hujan. Bumper berwarna hitam dengan reflektor di kedua ujung kanan-kiri juga menyuguhkan aksen tangguh bagi All New Rush G.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Rush 2019

Review All New Toyota Rush G 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor All New Toyota Rush G 2019

Layout dasbor All New Rush G lebar sehingga memberi kesan luas

Masuk ke dalam kabin All New Rush G 2019, Anda akan langsung disambut layout dashboard yang modern dan dan memberikan kesan luas. Paduan warna two tone dipadu dengan aksen chrome tipis selain memberi aura mewah juga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Head unit dengan layar sentuh berukuran 7 inci telah dibekali dengan sistem koneksi bluetooth dan USB.

Review All New Toyota Rush G 2019 : Tombol Pengaturan AC

Gambar menunjukkan tombol pengaturan AC All New Toyota Rush G 2019

Pengaturan AC sudah digital makin memudahkan pengoperasian

Pengaturan AC pada All New Rush G 2019 ini sudah tampil modern dengan tombol dan layar digital. Hal ini memberi kemudahan dalam hal pengoperasiannya.

Review All New Toyota Rush G 2019 : Setir

Gambar menunjukkan Setir All New Toyota Rush G 2019

Desain setir Toyota All New Rush G 2019 ini keren dan nyaman ketika digenggam

Lingkar kemudi All New Rush G 2019 memiliki desain terbaru yang keren dari Toyota dengan tiga palang dan nyaman digenggam dengan diameter yang pas. Di bagian palang sebelah kiri terdapat tombol-tombol untuk mengatur sistem audio agar tidak mengganggu konsentrasi mengemudi. Putaran setir juga bisa dibilang enteng berkat sistem electronic power steering yang sekaligus menghemat bahan bakar.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Rush 2019

Review All New Toyota Rush G 2019 : Head Unit

Gambar menunjukkan Head unit All New Toyota Rush G 2019

Head unit mampu terhubung dengan gadget Anda dan menerima input AUX dan HDMI

Head unit dengan layar sentuh 7 inci pada All New Rush G 2019 ini memiliki kemampuan terkoneksi dengan ponsel pintar melalui kabel AUX, USB dan juga Bluetooth. Pada head unit ini juga telah memiliki input koneksi HDMI untuk dihubungkan dengan multimedia device. Terhubung dengan enam buah speaker yang tersebar di seluruh kabin, sistem audio All New Rush G ini juga dapat dikendalikan dari tombol multifungsi di lingkar kemudi.

Review All New Toyota Rush G 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display All New Toyota Rush G 2019

Panel instrument All New Toyota Rush G 2019

Keberadaan multi information display (MID) menjadi salah satu fitur yang penting dimiliki pada mobil-mobil terbaru. Pada All New Rush G, MID tersedia pada panel instrumen untuk memberikan informasi odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar aktual serta indikator ECO yang dapat menjadi acuan untuk berkendara efisien.

Review All New Toyota Rush G 2019 : LSUV Ter-Aman Di Indonesia

Gambar menunjukkan Badge bintang 5 ASEAN NCAP untuk mobil Toyota Rush

Hasil yang dicapai saat pengetesan ASEAN NCAP tahun lalu tidaklah main-main

Komitmen Toyota untuk menghadirkan sebuah kendaraan dengan tagline Ever Better Cars untuk setiap produknya bukanlah isapan jempol semata. Salah satu buktinya adalah keberhasilan All New Rush mendapatkan predikat bintang 5 dari seluruh hasil uji tabrak dan keselamatan yang dilakukan oleh ASEAN NCAP pada tahun 2008 pada All New Rush tipe G.

Gambar menunjukkan tes tabrak All NEw Toyota Rush G oleh ASEAN NCAP

Anda dan keluarga akan tetap aman di dalam kabin All New Rush saat terjadi kecelakaan

Predikat tersebut antara lain didapat berkat kelengkapan fitur keselamatan yang dihadirkan All New Rush ini. Di dalam kabin tersedia enam airbag serta sabuk keselamatan 3-titik yang tersedia di seluruh tempat duduknya. Sistem pengeremannya telah disematkan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Selain itu juga masih ada Hill Start Assist (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur tidak sengaja saat berhenti di tanjakan curam serta Vehicle Stability Control (VSC) untuk jaminan pengendalian All New Rush G.

>>> Silakan cek harga mobil Toyota Rush G dulu jika berencana membelinya

Operasi Toyota Rush 2019

Gambar menunjukkan Mesin 2NR-FE All New Toyota Rush 2019

All New Rush dipersenjatai dengan mesin berkode 2NR-VE yang efisien dan bertenaga

Toyota All New Rush menggendong mesin berkode 2NR-VE berteknologi katup variabel Dual VVT-i yang mampu mengatur bukaan katup buang dan masuk berdasarkan kebutuhan mesin. Mesin 4-silinder segaris berkapasitas 1.500 cc ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Tenaga puncaknya yang 104 ps pada 6.000 rpm memang lebih kecil dibanding generasi sebelumnya, namun dengan torsi 136,5 Nm yang dapat dicapai pada putaran mesin lebih rendah dibanding sebelumnya, mobil ini terasa lebih responsif.

Berpadu dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed yang menyalurkan kemampuan mesinnya ke roda belakang, All New Rush menjanjikan karakter pengemudian yang diklami lebih cocok untuk medan jalan dan lalu lintas  di Tanah Air.

>>> Komparasi Bekas vs Baru: Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G vs All New Toyota Rush TRD, Harga Beda Tipis

Spesifikasi Toyota Rush 2019

Berikut ini adalah spesifikasi All New Toyota Rush G 2019.

Mesin All New Toyota Rush G 2019
Seri mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i
Pasokan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Jumlah Katup 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)
Tenaga Maksimum 102,5 (104 Ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 136,5 (13.9 Kgm) @ 4.200 rpm
Kapasitas Silinder 1,496 cc
Bore X Stroke 72,5 mm X 90,6 mm
Tipe Transmisi Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
Rangka All New Toyota Rush G 2019
Panjang X Lebar X Tinggi 4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm
Jarak Sumbu Roda 2,685 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 220 mm
Jumlah Tempat Duduk 7-Seats
Kapasitas Tangki 45 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki All New Toyota Rush G 2019
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer & 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer
Sistem Kemudi Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Disc Brake 16 inch & Drum
Teknologi Sistem Pengereman ABS, EBD
Teknologi Safety Sasis Side Impact Beam
Struktur Sasis Semi Monokok
Pelek Machining Alloy, 16 inch
Jenis Ban Dunlop Grantrek H/T atau GT Radial Savero SUV, 215/65 R16

Daftar Harga Toyota Rush 2019

Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Toyota Rush terbaru 2019 di semua variannya.

Tipe Mobil

Harga All New Toyota Rush 2019

(OTR)

Harga All New Toyota Rush G M/T

IDR. 244.250.000

Harga All New Toyota Rush G A/T

IDR. 254.250.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO M/T

IDR. 255.650.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO A/T

IDR. 265.650.000

*Harga per bulan Oktober 2019

>>> Ribuan mobil Toyota Rush dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia. Cepat klik yuk

Kesimpulan Toyota Rush 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Toyota Rush G 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Toyota All New Rush G 2019 merupakan mobil yang aman dan punya value tinggi

Dengan anggaran sebesar Rp 250 jutaan, All New Rush G dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang tengah mencari LSUV yang aman dan punya fitur lengkap. Desain terbaru yang tajam dan modern juga dapat menjadikan Anda sebagai pusat perhatian di jalan. Apalagi dengan dukungan mesin baru berteknologi dual-VVTi, memberi janji efisiensi bahan bakar yang semakin baik. Dukungan layanan purna jual Toyota yang luas bisa memberikan ketenangan untuk memiliki All New Rush, sekaligus memberikan nilai jual kembali yang lebih baik.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019, Kini Lebih Spesial

Review Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019, Kini Lebih Spesial

01/08/2019

Editor rate:

Bisa dibilang mobil yang satu ini menjadi mobil wajib para eksekutif muda di daerah perkotaan. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 ini akhirnya varian top of the line dari Toyota Fortuner ini mengalami cukup banyak ubahan. Apa saja ubahannya? Simak terus ulasan mengenai mobil Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019 ini.

Lihat juga
Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019, SUV Ladder Frame Tercanggih Di Kelasnya

Review New Mitsubishi Pajero Sport 2019, SUV Ladder Frame Tercanggih Di Kelasnya

31/07/2019

Editor rate:

Kemarin (26/7) Mitsubishi Motors Thailand meluncurkan generasi terbaru dari Pajero Sport. SUV ladder frame yang juga nge-hits di Indonesia ini akhirnya mendapat tampilan baru dan segudang fitur terkini yang membuat New Mitsubishi Pajero Sport 2019 menjadi SUV ladder frame tercanggih di kelasnya. Apakah ia akan segera masuk Indonesia atau secara mengejutkan dipajang di GIIAS 2019?

Lihat juga
Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Semakin Solid Dengan Kehadiran Fitur Baru

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Semakin Solid Dengan Kehadiran Fitur Baru

31/07/2019

Editor rate:

Dengan kehadiran dua fitur baru, membuat Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 memiliki kualitas yang semakin solid dan kompetitif, meski datang dari varian entry level

Lihat juga
Review Nissan X-Trail VL 2019 : Mobil SUV Ikonik Nissan Kini Semakin Cerdas & Menawan

Review Nissan X-Trail VL 2019 : Mobil SUV Ikonik Nissan Kini Semakin Cerdas & Menawan

23/07/2019

Editor rate:

Mengawali semester 2 2019, Nissan akhirnya menghadirkan mobil Nissan X-Trail baru yang mengalami facelift disertai tambahan fitur berkendara cerdas. Akankah Nissan X-Trail VL 2019 mampu mengangkat nama Nissan kembali di kancah mid-size SUV Indonesia?

Lihat juga
Review Honda HR-V 1.5E SE Mugen Edition 2019, Makin Sporti Dan Menggugah

Review Honda HR-V 1.5E SE Mugen Edition 2019, Makin Sporti Dan Menggugah

19/07/2019

Editor rate:

Bagi Anda yang merasa jika Honda HR-V "biasa" kurang sporti dan menggugah Anda, maka mungkin ini adalah salah satu varian Honda HR-V yang cocok untuk Anda. Inilah ulasan lengkap kami mengenai Honda HR-V 1.5E SE Mugen Edition 2019

Lihat juga