Mengenal Arti Dimensi Kendaraan pada Tabel Spesifikasi

01/12/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Mengenal Arti Dimensi Kendaraan pada Tabel Spesifikasi
Brosur kendaraan memuat berbagai informasi, mulai dari dimensi, mesin, hingga fitur. Dan berikut arti dimensi kendaraan yang tertera pada tabel spesifikasi.

Mengetahui dimensi kendaraan penting buat para pemilik maupun pengemudi. Buat pemilik bisa menjadi acuan saat membuat ruang penyimpanan atau garasi. Sedangkan buat pengendara bisa menjadi perhitungan saat ingin bermanuver di jalan raya maupun saat parkir. Bagaimana cara mengetahuinya?

Ada beberapa cara mengetahui dimensi kendaraan. Diantaranya; bertanya ke tenaga penjual / sales di dealer, melihat review lewat youtube, dan membaca brosur baik melalui media online maupun offline berupa brosur cetak. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan jika bertanya pada sales, Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih detail. Anda juga bisa bertanya langsung manakala ada yang belum dimengerti. Kekurangannya Anda harus datang ke dealer yang mungkin agak menyita waktu.

Kelebihan jika melihat review di Youtube yaitu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kekurangannya Anda membutuhkan koneksi internet. Anda juga hanya menerima informasi searah dari si reviewer. Jika ada yang belum dipahami Anda tidak bisa bertanya langsung.

Berikutnya kelebihan jika membaca brosur online maupun cetak, tidak banyak menghabiskan kuota internet. Bahkan tidak butuh internet jika Anda membaca brosur cetak. Kekurangannya, Anda mungkin tidak paham dengan beragam istilah dan arti dimensi kendaraan yang tertera dalam brosur dan Anda tidak bisa bertanya.

>>> Ukuran Mobil Innova Ideal Untuk Mobil Keluarga

Arti Dimensi Kendaraan

Foto menunjukkan dimensi Mercedes-Benz GLS 450

Ada banyak cara mengetahui dimensi kendaraan bermotor

Terlepas dari cara Anda mendapatkan informasi itu bukan yang utama. Bahasa dimensi kendaraan semuanya sama, yakni mengulas ukuran bagian-bagian dasar kendaraan. Hanya penyampaiannya saja yang berbeda satu sama lain. Pada brosur cetak maupun online, dimensi kendaraan tercantum di bagian atas tabel spesifikasi. Isinya meliputi:

  1. Overall Length / Panjang Keseluruhan (mm)
  2. Overall Width / Lebar Keseluruhan (mm)
  3. Overall Height / Tinggi Keseluruhan (mm)
  4. Wheelbase / Jarak Sumbu Roda (mm)
  5. Ground Clearance / Jarak Terendah (mm)
  6. Front Tread - Rear Tread / Jarak Pijak Depan (mm) - Jarak Pijak Belakang (mm)
  7. Curb Weight / Berat Kosong (kg)
  8. Gross Vehicle Weight / Berat Kotor (kg)

Berikut penjelasan singkat arti dimensi kendaraan tersebut:

  • Overall Length / Panjang Keseluruhan (mm)

Gambar menunjukkan Dimensi panjang mobil

Dimensi panjang mobil dihitung dari depan ke belakang

Panjang keseluruhan kendaraan dihitung dari titik paling depan (bumper) hingga titik paling belakang, bumper atau spoiler. Termasuk ban cadangan juga masuk dalam ukuran panjang, misalnya pada mobil Jeep, Toyota Rush dan Daihatsu Terios model lama. Semakin panjang kendaraan semakin stabil kendaraan, namun susah bermanuver saat di kemacetan atau di jalanan sempit.

  • Overall Width / Lebar Keseluruhan (mm)

Gambar menunjukkan Dimensi lebar mobil

Dimensi lebar mobil dihitung dari titik terluar kanan ke kiri

Lebar keseluruhan kendaraan dihitung dari titik terluar body kendaraan sebelah kanan dan kiri, termasuk over fender namun tidak memasukkan spion. Semakin lebar kendaraan semakin nyaman dikendarai karena kabin semakin lapang. Salah satu mobil penumpang dengan body paling lebar yaitu SUV BMW X7 yang memiliki lebar 2218 mm dan Mercedes Benz GLS 450 AMG Line lebar 2157 mm. Mobil penumpang lain di Indonesia rata-rata lebar di bawah 2 meter.

>>> Mercedes-Maybach GLS Tawarkan Kemewahan di Kabin Depan dan Belakang

  • Overall Height / Tinggi Keseluruhan (mm)

Foto menunjukkan Dimensi tinggi mobil

Dimensi tinggi mobil dihitung dari titik paling atas hingga ke permukaan tanah

Tinggi keseluruhan kendaraan dihitung dari titik terbawah ban hingga titik teratas bodi kendaraan dalam kondisi kosong. Perhitungan tinggi ini tidak termasuk antena dan roof rail. Tinggi kendaraan berpengaruh pada kestabilan. Mobil berukuran rendah seperti sedan lebih stabil dibanding mobil berukuran tinggi seperti model-model van dan minibus. Hanya saja dari sisi interior mobil berdimensi tinggi lebih lapang.

  • Wheelbase / Jarak Sumbu Roda (mm)

Gambar Jarak sumbu roda

Jarak sumbu roda berbeda-beda antara satu model dengan yang lain

Jarak Sumbu Roda yang juga jarak pijak roda kendaraan dihitung dari titik tengah poros roda depan hingga titik tengah poros roda belakang. Semakin panjang jarak sumbu roda semakin stabil kendaraan di jalan lurus. Namun lebih sudah bermanuver di tikungan maupun di tempat parkir. Sebaliknya, mobil dengan jarak sumbu roda pendek lebih mudah melakukan manuver namun kurang stabil di jalan lurus.

  • Ground Clearance / Jarak Terendah (mm)

Foto menunjukkan Ground Clearance Mercedes Benz GLS

Mobil-mobil modern ground clearance mobil bisa diatur sendiri

Ground Clearance atau jarak terendah kendaraan dengan tanah dihitung dari bagian terendah dengan permukaan tanah. Bagian terendah misalnya bagian tengah knalpot atau center muffler. Mobil dengan ground clearance rendah lebih stabil melaju di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Namun kesulitan di jalanan yang tidak rata, seperti jalanan tanah, medan offroad, jalanan rusak, maupun jalan yang berkontur patah. Sebaliknya jenis mobil dengan ground clearance tinggi seperti SUV mudah melibas berbagai medan, namun kurang stabil saat kecepatan tinggi hingga berpotensi rollover (limbung hingga terguling).

  • Front Tread - Rear Tread / Jarak Pijak Depan (mm) - Jarak Pijak Belakang (mm)

Gambar menunjukkan Jarak Pijak Roda Depan dan Belakang

Jarak pijak roda depan dan belakang bisa berbeda

Jarak pijak depan yaitu jarak antara roda depan sebelah kanan dengan roda depan sebelah kiri. Jarak ini dihitung dari titik tengah atau sumbu kedua roda. Sedangkan jarak pijak belakang adalah jarak antara roda belakang sebelah kanan dengan roda belakang sebelah kiri. Jarak ini juga dihitung dari titik tengah kedua roda.

  • Curb Weight / Berat Kosong (kg)

Berat Kosong adalah berat kendaraan tanpa muatan dan penumpang. Namun tetap memperhitungkan bahan bakar dalam kondisi penuh, air radiator, oli mesin dan pelumas-pelumas lain serta peralatan standar bawaan pabrik.

  • Gross Vehicle Weight / Berat Kotor (kg)

Gross Vehicle Weight (GVW) yaitu berat kendaraan dengan muatan dan penumpang. GVW adalah berat maksimal yang direkomendasikan pabrik mengacu pada aturan pemerintah. Berat kotor tidak boleh melampaui batas maksimal, selain melanggar aturan juga berdampak pada kendaraan dan jalan yang dilewati.

Seperti disebut di depan seluruh arti dimensi kendaraan diatas penting diketahui pengemudi maupun pemilik karena berpengaruh pada cara berkendara di jalan raya.

>>> 10 Pilihan Mobil Minibus untuk Liburan Bareng Keluarga Besar

Foto menunjukkan Mercedes Benz GLS SUV tampak dari samping belakang

Dimensi kendaraan berpengaruh pada kenyamanan

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top