Ada 3 Tipe, Intip Beda Fitur All New Veloz 2022 di Indonesia

28/11/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
‘Keluar’ dari nama besar Avanza, TAM membawa 3 tipe All New Veloz 2022. Simak lebih lanjut apa saja perbedaan fitur yang diberikan pada ketiga tipe tersebut.

All New Veloz 2022 merupakan bagian dari model anyar Toyota yang diperkenalkan pertama kali pada bulan November 2021. Yang menarik dari Veloz terbaru adalah mobil ini sudah tidak lagi dipasarkan sebagai bagian dari varian tertinggi All New Avanza 2022. Veloz akhirnya muncul sebagai model terbaru Toyota yang khusus menyasar segmen mobil keluarga yang lebih premium.

Mobil ini pertama kali dirilis bersamaan dengan Toyota Avanza generasi kedua dengan nama Toyota Avanza Veloz sebagai varian tertinggi menggantikan Toyota Avanza S yang dipasarkan hingga tahun 2011. Saat ini, hanya ada tiga varian yang dipasarkan di Indonesia, yaitu MT, Q CVT, dan Q CVT TSS. Berikut perbedaan antara ketiga varian tersebut.

Veloz MT Type

All New Veloz 2022 mendapatkan perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan edisi kedua. PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan tampilan yang lebih modern dan maskulin, membedakannya dengan All New Avanza 2022.

Fascia depan, seperti lampu, bemper, kap mesin, serta spatbor dan dudukannya dibuat berbeda dengan Avanza baru. Lampu depan mendapatkan perubahan signifikan, dibuat lebih sipit dengan teknologi LED. Ada lekuk dan bolongan untuk mengeluarkan angin guna mendinginkan rem depan dan menjaga suhu mesin.

mobil baru All New Veloz MT berwarna cokelat
Edisi terbaru dari All New Veloz MT

Veloz terbaru mendapatkan dimensi yang lebih besar serta wheelbase lebih panjang 96 mm untuk kabin yang lebih lega. Rumah spion gaya baru dibuat lebih aerodinamis, sudah dengan fitur Auto Retractable Mirror. Di belakang, kesan modern dipertegas dengan Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor LED.

Interior Toyota Veloz pun mendapatkan peningkatan dalam hal tampilan dan desain, dibuat semakin modern dan elegan. Termasuk layout dashboard baru pengaturan setir sudah dilengkapi pengaturan tilt-telescopic. Penggunaan head unit 9.0 inci terintegrasi dipadukan dengan A/C digital.

Kenyamanan pun semakin menawan dengan jok baru yang dibuat ergonomis, didukung fitur reclining dan pengaturan height adjuster untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih baik. Paduan kulit dan fabric pada kursi terasa empuk. Setiap jok juga mendapatkan headrest yang memiliki headrest yang bisa diatur tinggi rendah.

>>> First Drive Toyota Veloz dan Avanza 2022: Mobil Sejuta Umat Jauh Lebih Nyaman

jok All New Veloz 2022 berwarna cokelat
Jok mendapatkan paduan kulit dan fabric yang lebih empuk

Kelengkapan fiturnya tentu saja lebih baik dibandingkan All New Avanza. Mulai dari Engine Start/Stop serta dan Rear-Seat Entertainment yang tentu saja memberikan kenyaman ekstra bagi penumpang di belakang. Termasuk wireless charger serta pengaturan ruang kabin yang lebih baik dengan fitur Long Sofa Mode untuk menambah kepraktisan sepanjang perjalanan.

Pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Braking Assist (BA) turut ditawarkan. Electric Parking Brake with Brakehold turut disematkan, begitu pula dengan fitur keselamatan baru yang ditawarkan pada mobil ini, yaitu Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Tidak ada perbedaan antara mesin dari ketiga varian All New Veloz. Ketiganya sama-sama menggunakan mesin 1.5 liter berkode 2NR-VE yang mampu menghadirkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm. Varian Veloz MT hanya dipasarkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

>>> Ini 6 Perbedaan Toyota All New Avanza dan All New Veloz

Veloz Q CVT Type

Secara garis besar, tidak ada perubahan yang sangat signifikan pada mobil ini dibandingkan varian dibawahnya. Kecuali transmisi CVT yang tentu saja lebih praktis ketika berkendara di jalanan perkotaan. Penggunaan CVT merupakan tambahan baru menggantikan transmisi 4-percepatan otomatis yang sebelumnya ditemukan pada Avanza Veloz.

transmisi CVT pada mobil baru All New Veloz Q CVT
Veloz Q CVT memiliki Drive Mode Switch dan transmisi CVT baru

Di luar, tambahan fitur yang diberikan untuk membedakannya pada varian Veloz MT yaitu Foot Lamp, All Round View Camera, serta Drive Mode Switch. Drive Mode Switch adalah pilihan mode berkendara yang bisa dipilih pada tombol “Drive” di roda kemudi. Dimana Toyota memberikan tiga mode berkendara sesuai dengan kebutuhan pengemudi, yaitu Normal, Eco, dan Power.

Veloz Q CVT TSS Type

Seperti namanya, perbedaan terbesar dari tipe tertinggi All New Veloz 2022 ini tentunya hadirnya sistem keselamatan canggih Toyota Safety Sense yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada Toyota Raize. Tipe ini mendapatkan fitur keselamatan yang lebih baik, mulai dari 6 airbag yang tersebar di dalam kabin serta rangkaian sistem keselamatan baru, yaitu:

  • Pre-Collision System (PCS): sistem radar didesain untuk mengurangi kemungkinan tabrakan dengan kendaraan di depan.
  • Front Departure Alert: memberikan peringatan kepada pengemudi jika kendaraan di depan sudah melaju.
  • Pedal Misoperation Control: membantu mengurangi tabrakan ketika pengemudi salah menginjak pedal.
  • Lane Departure Assist: membantu meminimalisir kecelakaan dengan memberi peringatan jika mobil keluar dari marka jalan.
  • Rear Cross Traffic Alert: memberikan peringatan jika ada potensi kecelakaan saat sensor menemukan ada objek ketika mobil mundur.
  • Blind Spot Monitoring: memberikan peringatan jika ada kendaraan di area blind spot melalui simbol yang terdapat pada spion samping.

fitur All New Veloz 2022 pada sistem Toyota Safety System
All New Veloz 2022 mendapatkan fitur keselamatan baru

>>> Jadi Model Baru, Intip Lagi Inspirasi Modifikasi Avanza Veloz Lama

Harga Toyota Veloz 2022

Dengan banderol sedikit di atas Rp 250 jutaan, tentunya Veloz 2022 berada di segmen yang lebih premium dibandingkan model Low MPV lainnya seperti Daihatsu Xenia maupun Honda Mobilio. Dari tiga pilihan varian yang dijelaskan sebelumnya, berikut perbedaan harga yang bisa dipertimbangkan.

Tipe All New Veloz

Harga

Toyota Veloz MT

Rp 251.200.000

Toyota Veloz Q CVT

Rp 272.100.000

Toyota Veloz Q CVT TSS

Rp 291.500.000

Semua kelengkapan dan kenyamanan yang diberikan tentunya memberikan rasa mewah tersendiri dibandingkan Toyota Avanza. All New Veloz 2022 bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan mobil keluarga di segmen menengah ke atas yang lebih nyaman dan harga yang terjangkau namun tetap berada di bawah nama besar Toyota.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa kapasitas All New Veloz 2022?
All New Veloz 2022 memiliki pengaturan 3 baris kursi dan mampu menampung hingga 7 orang di dalam kabin.
Apa saja varian dari All New Veloz 2022?
Ada tiga pilihan varian dari All New Veloz, yaitu Veloz MT, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS.
Berapa harga All New Veloz 2022?
Harga All New Veloz mulai dari Rp 251 jutaan untuk tipe Veloz MT dan Rp 291 jutaan untuk tipe tertinggi Veloz Q CVT TSS.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top