Ini 6 Perbedaan Toyota All New Avanza dan All New Veloz

22/11/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Meski sekilas terlihat mirip, Toyota All New Avanza dan All New Veloz merupakan dua model dengan sejumlah perbedaan yang signifikan. Apa saja perbedaannya?

Jika sebelumnya Veloz ada varian tertinggi dari Avanza, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan keduanya sebagai dua model yang berbeda meski berasal dari platform yang sama.

Kedua mobil kini berpenggerak depan, ditawarkan dengan opsi transmisi CVT, serta sama-sama ditawarkan dengan varian mesin 1.5 Liter meski varian 1.3 Liter masih tersedia untuk All New Avanza.

Sebelum Anda memilih di antara keduanya, ada baiknya mengetahui perbedaan dari Veloz dan Avanza terbaru untuk lebih mengenal keduanya.

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

1. Harga

Gambar Avanza dan Veloz

Kedua mobil punya segmentasi pasar yang berbeda

Pertama, tentu saja harga Toyota All New Avanza yang lebih terjangkau dibandingkan dengan All New Veloz. Avanza memang menyasar konsumen yang menginginkan Low MPV 7-penumpang andal untuk mobilitas sehari-hari dengan segala kepraktisannya.

Sedangkan Veloz ditujukan untuk mereka yang menginginkan mobil yang lebih premium, dan mementingkan sisi emosional dengan tampilan berkelas dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Toyota All New Avanza ditawarkan di rentang harga Rp 206,2 (1.3 E M/T) hingga Rp 264,4 juta (1.5 G CVT TSS), Veloz ditawarkan di rentang harga Rp 251,2 (MT) hingga 291,5 juta (Q CVT TSS).

2. Tampilan Eksterior dan Interior

Masih berkaitan dengan pernyataan di atas, Avanza didesain dengan mementingkan fungsionalitas sebuah MPV. Fascia depannya memiliki tampilan seperti Toyota Raize dengan grille trapesiumnya.

Gambar Fascia Depan All New Avanza

Tampilan fascia depan All New Avanza

Di sisi lain, Veloz hadir dengan desain yang lebih mewah dan premium dengan fascia depan yang memiliki tampilan bak Toyota Corolla Cross. Di bagian samping, kedua mobil terlihat serupa di luar pemilihan velg 16 inci untuk Avanza dan 17 inci untuk Veloz.

Sementara di bagian belakang perbedaan paling signifikan ada di emblem, desain lampu, serta desain lower valance bumper. Diferensiasi kedua mobil terlihat jelas ketika Toyota tak lagi menyematkan tambahan emblem Avanza untuk saudaranya yang lebih mahal.

>>> Toyota Veloz 2022 Bikin Konsumen Rush Berpaling?

Gambar Interior All New Veloz

Tampilan interior All New Veloz

Desain interior Veloz juga terlihat lebih premium dengan aksen piano black di panel dashboard, material kulit sintetis yang membungkus jok, serta berbagai tambahan fitur canggih.

3. Dimensi

Toyota All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730, serta tinggi 1.700 mm (tipe 1.3 E MT 1.665 mm). Sedangkan All New Veloz memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu roda kedua mobil sama-sama 2.750 mm.

Secara keseluruhan, Veloz punya dimensi eksterior yang sedikit lebih besar. Meski begitu, tidak ada perbedaan dimensi interior di antara keduanya.

4. Tempat Perakitan

Gambar All New Veloz

All New Veloz tak lagi diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Toyota All New Veloz kini tak lagi dirakit oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), melainkan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Keputusan ini diambil karena Veloz akan naik kelas menjadi sebuah model global Toyota. Artinya, selain diproduksi di fasilitas perakitan TMMIN, mobil ini juga akan fasilitas perakitan Toyota di negara lain.

Sebelumnya, Toyota Innova menjadi model global pertama yang dilahirkan di Tanah Air. Kedua mobil juga akan terus dikembangkan di Indonesia yang tentu berdampak positif pada industri otomotif dalam negeri.

>>> 9 Hari GIIAS 2021, SPK Toyota Veloz dan Avanza 2022 Tembus 1.000 Unit!

5. Fitur

Ada beberapa fitur tambahan pada Toyota All New Veloz yang terletak di bagian kabin, yaitu Electronic Parking Brake with Auto Brake Hold, Wireless Charger, Auto Digital AC, Rear Seat Entertainment, All Round View Camera, dan Head Unit 9 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, serta T Intouch.

Gambar Wireless Charger

Fitur Wireless Charger dan Electronic Parking Brake hanya tersedia di Veloz

Di luar itu, kedua mobil dibekali dengan fitur yang serupa, mulai dari Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, sistem pengereman ABS+EBD+BA, dan 6 buah Airbag.

Keduanya pun ditawarkan dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

6. Pilihan Warna

Avanza ditawarkan dalam lima pilihan warna. Yaitu Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, serta White. Sementara untuk Veloz hanya tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Metallic, Silver Metallic, serta Platinum White Pearl.

>>> Temukan Mobil Bekas Incaran Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top