First Drive Toyota Veloz dan Avanza 2022: Mobil Sejuta Umat Jauh Lebih Nyaman

17/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Tim Cintamobil mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung Toyota Veloz dan Avanza 2022 dalam waktu singkat. Begini kesan singkat berkendara keduanya.

Setelah 18 tahun nyaman menggunakan layout penggerak belakang, Toyota Avanza dan Veloz kini mulai mengikuti jejak para rivalnya dengan beralih mengusung format penggerak roda depan. Ubahan pada sistem penggerak roda itu pun dibarengi dengan tampilan yang serba baru di eksterior maupun interior.

Toyota Veloz

Toyota All-new Veloz 2022 berubah total dari model lamanya

Tak ketinggalan, fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang biasanya hadir pada mobil premium jenama (merek) Jepang itu juga turut tersemat di dalam Avanza maupun Veloz. Toyota juga mengusung transmisi CVT pada varian matik Avanza dan Veloz di Tanah Air. Lantas seperti apa impresi kami mengenai mobil ini?

>>> Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan

Kesan Premium Terasa di Toyota Veloz 2022

Ubahan besar yang dilakukan pada Toyota Veloz dan Avanza cukup sukses membuat siapapun yang melihat dibuat penasaran untuk melirik lebih dekat. Begitulah kesan pertama saat tim Cintamobil.com melihat Veloz dan Avanza tipe tertinggi dari jauh saat berkesempatan untuk melakukan tes drive singkat di kawasan BSD.

Terlebih, Veloz dan Avanza kini memiliki nuansa ala mobil-mobil SUV. Tampak dari depan maupun belakang bodinya tampak lebih berisi ketimbang model lama. Grille depannya pun amat menarik perhatian, apalagi untuk Veloz yang kini menyerupai SUV Corolla Cross dengan honeycombnya sehingga makin terlihat premium. Sedangkan pada Avanza grille depannya melintang dan tak terlalu tampak istimewa. 

Toyota Veloz

Veloz tampak lebih berisi hingga lebih identik dengan SUV

Di belakang kesan SUV makin terasa dengan hadirnya Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar yang dipertegas dengan Sturdy Rear Bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh dari sebuah crossover.

Nilai premium yang ditawarkan oleh Veloz tipe Q varian CVT TSS masih terasa saat kami masuk ke dalam mobil. Kabin terasa kedap dibandingkan Avanza atau Veloz model sebelumnya. Saat remote ditekan, spion yang semula menutup secara otomatis terbuka.

>>> Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan

Untuk menyalakan mobil, Anda tinggal menekan tombol start/stop yang berada di bawah head unit asalkan posisi remote masih berdekatan. Kami sempat mencoba meletakan remote di pintu dan posisi pintu terbuka lebar, maka tombol itu tak berfungsi. Tak butuh waktu lama, hanya hitungan detik setelah tombol start/stop ditekan (sembari menginjak pedal rem tentunya) mesin mobil langsung menyala. 

Toyota Veloz

Ada material kulit sintetis juga di dashboard Toyota Veloz 2022

Kesan premium lain kami rasakan ketika duduk di jok berlapis kulit sintetis ditambah layar Multi Information Display (MID) yang sudah digital yang mampu memberikan beragam infotmasi. Kemudian juga material kulit sintetis tersemat di bagian dashboard dan menyelimuti setir.

Setirnya kemudinya juga sudah mengusung tilt and telescopic sehingga bisa disesuaikan dengan pengendara. Ini sangat membantu tester Cintamobil.com yang punya postur tinggi badan 160 cm untuk menyesuaikan tinggi setir untuk menambah kenyamanan sekaligus visibilitas berkendara.

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

Posisi duduk juga dapat disesuaikan beberapa kali dengan cara manual baik untuk ketinggian jok maupun posisi setirnya agar tak terhalang kap depan mobil. Kami juga merasa busa kursi yang empuk saat diduduki. 

Toyota Veloz

Fitur wireless charging pertama di kelasnya

Fitur wireless charging juga amat membantu pengendara tanpa harus ribet menggunakan kabel ketika kehabisan baterai. Tombol Electronic Parking Brake tak kalah menarik perhatian dan menambah kesan premium di dalam Toyota Veloz 2022. Adanya head unit berukuran 9 inchi sekaligus konektivitas ke ponsel juga menambah kenyamanan sepanjang berkendara. 

Beralih ke kursi belakang, kabin terasa cukup luas. Terlebih pengaturan kursi bisa dibuat dengan Long Sofa Mode, sehingga ketika berpergian jarak jauh Anda bisa selonjoran. Kami juga sempat merasakan nyamannya duduk di kursi belakang ketika disulap jadi Long Sofa.

Toyota Veloz'

Jok belakang Toyota Veloz 2022 bisa direbahkan bagai sofa

Pengaturan Long Sofa Mode itu berhasil dihadirkan berkat panjang mobil yang terbentang 4.475 mm dari sisi depan hingga belakang, dengan lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Keberadaan Rear Seat Entertainment juga menambah kenyamanan penumpang sepanjang perjalanan.

Rasanya Di Jalan

Kini giliran kami merasakan impresi berkendara dari Toyota Veloz 2022. Mobil cukup responsif saat gas dibejek pertama kali. Transmisi CVT yang baru diusung menambah kenyamanan berkendara karena tak ada lagi perpindahan gigi yang terasa selayaknya transmisi matik konvensional.

Mesin 2NR-VE Toyota All New Veloz

All New Veloz maupun Avanza berpenggerak roda depan

Suspensinya juga terasa lebih empuk ketika melintas di permukaan jalan yang bumpy. Sayang kecepatan hanya terbatas di kisaran 50-60 km/jam lantaran kondisi lalu lintas yang cukup ramai. Tapi di kondisi yang ramai itupula kami bisa merasakan fitur Blind Spot Monitoring berkerja yang berkelap-kelip di spion.

Kokpit Toyota All New Veloz

Kursi pengemudi terasa empuk dan bisa diatur maju-mundur serta naik-turun

Karena keterbatasan waktu tentu saja kami tak sempat melakukan tes lengkap terhadap mobil ini. O ya, fitur-fitur keamanan pada Toyota Veloz 2022 tipe Q CVT TSS juga cukup membantu. Misalnya New All Round View Camera yang menampilkan keseluruhan kondisi di sekitar mobil dan aktif ketika akan berbelok juga memarkir.

Toyota Veloz

Kini Veloz dibekali Electronic Parking Brake

TSS pun juga terasa cukup membantu pengendara. Kami pun merasakannya ketika mobil tak sengaja pindah jalur dengan kecepatan di atas 60 km/jam saat mobil memberikan peringatan sekaligus setirnya bergerak otomatis kembali ke jalur yang sebelumnya. 

>>> Daftar MPV Terbaru di GIIAS 2021, dari Avanza sampai Grand Carnival

TSS Bikin Avanza Naik Kelas

Begitu kami bertukar mobil ke Avanza, kesan premium itu langsung menghilang. Interior Avanza terlihat lebih 'merakyat' meskipun tampilan layar TFT MID 4,2 Inch baru. Kemudian material di dashboard dan pintu juga dibuat dari plastik sehingga menghilangkan kesan premium.

Toyota Avanza

Berbeda dengan Toyota Veloz, interior Avanza terlihat sederhana

Tak ada juga jok berbalut kulit seperti halnya Veloz. Padahal harga Avanza tipe tertinggi dan Veloz teratas hanya terpaut Rp 27.100.000. Tapi melihat pengalaman sebelumnya bahwa Avanza banyak digunakan untuk kebutuhan mobil operasional, maka dari sisi desain, eksterior, interior, dan fiturnya terbilang sudah lebih dari cukup.

Toyota Avanza

Rem tangan Avanza masih manual

Untuk penggunaan sehari-hari, Toyota Avanza terbaru terbilang sudah makin nyaman. Mobil lebih kedap, tarikan lebih responsif, dan perpindahan gigi sudah tak lagi terasa berkat penyematan transmisi CVT.

Toyota All New Veloz & Toyota All New Avanza

Toyota Veloz 2022 & Avanza satu basis beda rasa

Secara pengendaraan, kenyamanan yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan Veloz. Hanya saja tak ada fitur All Around View Monitor untuk membantu ketika pengendara akan berbelok.

Toyota All New Avanza

Kini rangka All New Avanza sudah full monokok

Belum lagi rem tangannya diaktifkan dengan cara ditarik bukan menekan tombol seperti pada Toyota Veloz 2022. Pengaturan AC di baris kedua masih menggunakan knop putar yang memberikan kesan sederhana. 

Toyota Avanza

AC belakang Avanza dinyalakan dengan tombol knop putar

Meski tampilan interiornya biasa, nyatanya fitur TSS ini membuat Avanza naik kelas. Kalau mau dibandingkan dengan rivalnya, TSS pada Avanza terbilang perdana di kelasnya. Saingannya tentu saudara sendiri Daihatsu Xenia. Sementara Low MPV model lain belum menyematkan fitur berbasis radar tersebut. 

>>> First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

Kekurangan Toyota All New Veloz & Toyota All New Avanza

Toyota Veloz 2022 memang memiliki sejumlah kelebihan namun tak lepas dari kekurangannya. Di sisi desain misalnya, Toyota yang mengklaim Veloz ini MPV premium justru tak tampak di interior terutama bagian pintu. Trim pintu masih menggunakan kombinasi plastik dengan warna senada kulit sintetis di bagian dashboard. Head unit besar masih sebatas untuk mengakses hiburan belum fitur-fitur seperti halnya mobil kekinian. 

Nilai premium juga absen ketika Anda harus mengatur jok karena harus dilakukan dengan cara manual baik untuk naik turun ataupun maju mundur. Kemudian, hadirnya fitur TSS memang amat membantu namun perlu juga diwaspadai kalau Anda belum terbiasa. Seperti adanya All Around View Monitor yang menurut kami bisa membuat kagok pengendara bila tak terbiasa menggunakannya. 

Begitu juga dengan Avanza, yang interiornya terbilang biasa saja dan masih jauh dari kata premium. Pun demikian dengan head unit yang berukuran besar hanya bisa digunakan untuk mengakses sistem hiburan. Pengaturan AC juga masih konvensional karena menggunakan tombol dan knop putar, kalau diperhatikan justru lebih praktis model lamanya.

Kesimpulan

Toyota Avanza

Untuk mengakomodir aktifitas sehari-hari Avanza sudah cukup mumpuni

Kalau Anda menginginkan MPV Premium dengan harga yang cukup ramah di kantong, Veloz bisa jadi pilihan yang tepat. Sekadar informasi, harga Toyota Veloz saat ini dibanderol di kisaran Rp 250-299 jutaan. Namun bila membutuhkan untuk kendaraan operasional yang digunakan sehari-hari, rasanya Toyota Avanza sudah cukup mumpuni. 

>>> Ini Dia Daftar Harga All New Veloz, Termurah Rp 251,2 Juta

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top