11 Mobil Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia

17/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
11 Mobil Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia
Indonesia bukan cuma jadi target pasar otomotif dari berbagai produsen mobil di dunia. Namun ternyata banyak pula mobil buatan Indonesia yang diminati oleh negara lain.

Siapa bilang Indonesia kalah dari negara lain seperti Jepang, Jerman, atau bahkan Malaysia dalam hal memproduksi mobil. Karena ternyata negara tercinta kita ini punya banyak sekali mobil yang diproduksi di dalam negeri. Bahkan beberapa diantaranya adalah mobil buatan Indonesia yang mendunia lantaran diekspor juga ke banyak negara lain.

Mungkin di negara ini memang tidak punya merk mobil buatan Indonesia karena brand yang dipakai masih menggunakan merk global, seperti Toyota atau Daihatsu. Walau begitu, mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan di luar negeri ternyata sudah mencapai ratusan ribu unit dengan total 80 negara tujuan.

Lalu apa saja mobil buatan Indonesia yang mendunia? Nah di artikel Cintamobil.com berikut ini akan kami ulas setidaknya ada 11 mobil buatan Indonesia, mulai dari mobil desa, sampai mobil keren buatan Indonesia yang bahkan sebagian besarnya diakui oleh negara asal dari merk mobil itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan di negara lain.

>>> Sudah 80 Negara Cicipi Mobil Made in Indonesia

Ternyata Banyak Lho, Merek Mobil Buatan Indonesia yang Diakui Dunia

Ada banyak mobil keren buatan Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Meskipun awalnya sempat diragukan, ternyata negara kita ini malah semakin menjadi basis produksi untuk sejumlah merk mobil yang beredar hampir diseluruh negara di bumi ini. Mari kita ulas satu per satu.

1. Daihatsu Gran Max

Daihatsu TownAce buatan Indonesia

Di negara lain Gran Max pakai nama Town Ace atau Lite Ace

Cukup unik yang terjadi dengan Daihatsu Gran Max. Karena awalnya mobil ini dipasarkan oleh Daihatsu secara global, dan Indonesia juga jadi target pasar dari kendaraan tersebut. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, Gran Max yang dibuat di pabrik Daihatsu di Indonesia malah diekspor ke negara lain, termasuk untuk kebutuhan pasar di Jepang sendiri yang merupakan basis produksi Daihatsu. Namun untuk negara lain, mobil ini pakai nama Daihatsu Town Ace atau Toyota Lite Ace.

2. Toyota Agya

Toyota Wigo buatan Indonesia

Agya buatan Indonesia ganti nama jadi Wigo

Agya yang di Indonesia bersama dengan Ayla masuk kategori LCGC (Low Cost Green Car), nyatanya juga digemari oleh negara lain. Kondisi ini membuat mobil mungil yang diproduksi di Indonesia tersebut juga dikirim ke berbagai negara lain, namun dengan nama Toyota Wigo.

3. Toyota Avanza

Toyota Avanza buatan Indonesia

Awalnya cuma buat Indonesia, ternyata Avanza juga diminati negara lain

Produk kolaborasi pertama antara Toyota dan Daihatsu ini juga menuai sukses di negara lain. Dikembangkan di Indonesia, ternyata banyak negara yang tertarik pada ketangguhan Toyota Avanza. Sehingga mobil yang diproduksi di Indonesia itu juga dikirim ke negara lain yang memesan, meskipun setelah tiba di negara tujuan namanya tak lagi Avanza.

4. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner buatan Indonesia

Unit Toyota Fortuner buatan Indonesia yang akan dikirim ke negara lain

Si bongsor dari Toyota yang satu ini bukan cuma jadi mobil keren buatan Indonesia. Namun Fortuner adalah satu dari beberapa jagoan mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan ke banyak negara di Asia Oceania, termasuk juga sejumlah negara di Timur Tengah.

5. Toyota Kijang

Toyota Kijang buatan Indonesia

Dari generasi ke generasi, Kijang buatan Indonesia diminati dunia

Kijang menjadi kendaraan dari Toyota yang menuai sukses besar di Indonesia dan juga negara lain. Sudah banyak negara di luar Indonesia yang merasakan bagaimana ketangguhan dari Toyota Kijang buatan anak bangsa. Meskipun awalnya dibuat sebagai mobil untuk komoditas rakyat kecil, nyatanya sampai Toyota Kijang Innova generasi saat ini, mobil 7 penumpang tersebut sudah banyak menyumbang devisa bagi negara karena diekspor ke banyak negara.

6. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander buatan Indonesia

Xpander yang dibuat di Indonesia juga diekspor ke sejumlah negara di Asia

Siapa yang tak kenal MPV (Multi Purpose Vehicle) 7 penumpang dari Mitsubishi yang satu ini. Desainnya yang stylish serta interior yang nyaman, Xpander kini jadi pilihan keluarga millenial. Dan ternyata, mobil yang dibuat di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat itu diminati juga oleh sejumlah negara lain.

>>> Terupdate harga Mitsubishi Xpander di Indonesia

7. Suzuki Carry

Suzuki Carry buatan Indonesia

Carry buatan Indonesia turut menopang penjualan Suzuki dari sisi ekspor

Mobil legendaris di Indonesia lainnya yang ternyata juga diminati oleh negara lain adalah Suzuki Carry. Diproduksi di pabrik Suzuki yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, Suzuki Carry sudah menginjakkan kaki di banyak negara di Asia bahkan hingga ke Timur Tengah.

8. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga buatan Indonesia

Bukan cuma jadi penantang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasar dalam negeri, namun Suzuki Ertiga yang diproduksi di Bekasi juga digemari konsumen di negara lain, misalnya Meksiko. Tak heran ekspor Ertiga yang dilakukan Suzuki Indonesia pun terus moncer.

>>> Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi

9. Wuling Almaz

Wuling Alamz buatan Indonesia

Almaz yang diekspor pakai merk Chevrolet

Masih mau mengerdilkan kualitas mobil-mobil merk Cina? Setelah baca artikel ini sebaiknya dibuang jauh-jauh deh. Karena mobil Cina seperti Wuling, ternyata mampu memasarkan model Almaz ke sejumlah negara lain di luar Indonesia. Padahal Almaza merupakan hasil produksi Wuling di pabrik mereka yang berlokasi di Cikarang.

10. Fin Komodo

FIN Komodo buatan Indonesia

Mobil offroad buatan Indonesia yang sudah cukup banyak peminatnya

Pernah dengar merek mobil buatan Indonesia ini? FIN merupakan perusahaan yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat dan memproduksi mobil offroad dengan kemampuan jelajah yang tak kalah dengan mobil-offroad merk internasional. Mobil ini sudah banyak dipakai untuk utilitas sarana pedesaan sampai kendaraan untuk keperluan militer atau layanan darurat.

11. GEA

Mobil GEA buatan Indonesia

Cukup diandalkan sebagai kendaraan pedesaan

Singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif, GEA adalah mobil buatan Indonesia dari PT INKA (Industri Kereta Api) yang berbasis di Madiun. Mesinnya berkapasitas 640 cc dengan teknologi EFI yang ukurannya sangat mungil tapi bentuknay bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Sehingga banyak yang memanfaatkan GEA sebagai mobil desa buatan Indonesia.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Buatan Indonesia

14/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Bukan hal mudah untuk melakukan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang. Hal itu dialami langsung oleh PT Astra Daihatsu motor saat mengekspor Gran Max.

Lihat juga

Jadi Kebanggaan! Ekspor Mobil Made in Indonesia Bisa Tembus Jepang

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Astra Daihatsu Motor mengaku bangga bahwa ekspor mobil made in Indonesia bisa menembus pasar Jepang yang dikenal mengedepankan kualitas dari kendaraan.

Lihat juga

Nissan Dikabarkan Bakal Ekspor Livina ke Negara-negara Asia

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan dikabarkan bakal melakukan ekspor Livina yang dibuat bersama dengan Mitsubishi Xpander ke sejumlah negara di kawasan Asia dalam beberapa waktu ke depan.

Lihat juga

Sebelum Diekspor, KMW AMMDes Sudah Melewati Uji Coba Ini

17/09/2020

Mobil baru

3 menit

Sebelum akhirnya kendaraan multiguna ini sukses diekspor ke negara luar, inilah serangkaian prasyarat dan juga uji coba yang harus dilewati oleh KMW AMMDes

Lihat juga

Produk Ekspor Suzuki Dukung Pemulihan Ekonomi Tanah Air

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Produk Ekspor Suzuki ternyata mendukung pemulihan ekonomi Tanah Air pasca pandemi COVID19 ini, lantas produk apa saja yang berkontribusi pada ekspor ini?

Lihat juga