Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

10/09/2019
editor rate: 4,2 user rate: 3,0
Suzuki Ertiga menjadi salah satu pemain low MPV yang cukup berhasil memberikan impresi menarik, salah satunya karena alasan efisiensi konsumsi BBM. Dan baru-baru ini, Suzuki memperkenalkan konsep mobil Suzuki Ertiga yang diberikan teknologi mild hybrid, yang mereka namakan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Seperti apa sosok mobil ramah lingkungan dari Suzuki ini?

PENGANTAR Suzuki Ertiga 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel Lawas 2019 berwarna hitam sedang berjalan di jalan Indonesia

Penampilan Suzuki Ertiga Diesel yang pertama kali menggunakan Hybrid

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 - Jika bicara soal teknologi hybrid, bisa dibilang Suzuki Ertiga adalah pionir di segmen Low MPV yang pernah menyematkan teknologi hybrid ke Indonesia. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menjadi mobil pertama di segmen Low MPV Indonesia yang hadir menggunakan teknologi mild hybrid yang disebut sebagai Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), sekalipun mesinnya merupakan mesin diesel yang agak jarang diaplikasikan untuk segmen mobil di kelasnya. Pun demikian mobil ini hanya dipasarkan selama 1 tahun saja, dari tahun 2016 sampai 2017.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suzuki Indonesia (@suzuki_id) on

 

Sosok Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid by Suzuki ditampilkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Sabtu (31/8) lalu dalam acara Kemenhub Republik Indonesia

Memasuki generasi kedua Suzuki Ertiga, teknologi ini kembali disandangkan kepada sang Low MPV dengan negara India sebagai pengadopsi pertama Suzuki Ertiga Hybrid ini, baik dalam versi mesin bensin dan diesel. Untuk versi mesin bensin secara mengejutkan dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam acara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bertemakan "Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi", yang diadakan pada Sabtu (31/8) lalu. Untuk unit yang ditampilkan Suzuki ialah Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid by Suzuki, yang akan kita ulas secara lengkap dalam review Suzuki Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019.

EKSTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Eksterior Depan

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi depan

Penampilan eksterior depan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 yang ditampilkan PT Suzuki Indomobil Sales dalam acara Kemenhub Republik Indonesia, pada dasarnya sudah dipasarkan sudah dijual umum di India dalam versi Maruti Suzuki Ertiga Smart Hybrid ZXI AT sebagai tipe tertinggi. Secara eksterior baik Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 tidak ada bedanya dengan Suzuki Ertiga 2019 terbaru di Indonesia, yakni masih sama-sama menggunakan grille chrome dengan headlight projector, serta fog lamp yang dibalut oleh panel sewarna ruang grille bawah untuk akses udara masuk ke mesin. 

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Eksterior Samping

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi samping

Penampilan eksterior samping Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Dari sisi samping, sekali lagi tidak ada bedanya antara Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dengan versi Suzuki Ertiga di Indonesia. Masih dengan pelek multi spoke alloy wheels 15 inci. Di area kaca spion terdapat lampu sein, serta di area pilar D dibuat panel kaca yang mengakibatkan secara kesan tampilan atap mobil ini bergaya floating roof.

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Eksterior Belakang

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi belakang

Penampilan eksterior belakang Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Konsep buritan belakang Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 sama seperti Suzuki Ertiga terbaru di Indonesia. Lampu belakang Suzuki Ertiga memiliki bentuk 3D Tail Lamp w/ LED. Selain itu pada area pintu bagasi terdapat lis chrome yang menjadi penghubung antara taillight. Satu yang menjadi pembeda ialah adanya emblem Smart Hybrid yang menandakan sang Low MPV hadir sebagai mobil dengan teknologi ramah lingkungan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Dashboard & Setir

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi dashboard dan setir

Penampilan dashboard dan setir Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Jika mengacu pada spesifikasi di India, untuk Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 hadir dengan interior yang tak jauh mewahnya seperti di Indonesia. Pada dashboard menggunakan wood panel dengan konsep warna beige dan hitam yang elegan, berpadukan dengan setir flat bottom berkelir man-made leather dengan detil wood panel.

Untuk menyampaikan informasi yang lebih jelas kepada pengemudi, pada instrument cluster terdapat layar TFT Multi Information Display yang menampilkan informasi Average Fuel Economy, Power & Torque, Clock, dan Door Open Display. Sedangkan pada area dashboard, selain masih mengadopsi head unit Smartplay Infotainment System dengan layar sentuh, terdapat Automatic Climate Control, serta pada cup holder di dekat tuas transmisi terdapat fitur pendingin.

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Jok & Bagasi

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi jok dan bagasi

Penampilan jok dan setir Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Masih menggunakan format jok 2+3+2, pengaturan jok pada Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 masih dengan kontur dan format jok yang sama seperti Suzuki Ertiga 2019 dijual di Indonesia. Sama-sama menggunakan bahan material fabric berkelir warna two-tone, jok baris tengah mobil ini juga menganut konsep pelipatan 60:40, dan jok baris ketiga juga bisa dilipat untuk memperluas ruang bagasi dari 209 liter menjadi 550 liter. Nah karena mobil ini menggunakan teknologi yang bersifat mild hybrid, di bawah jok penumpang depan terdapat baterai lithium ion yang memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik yang berfungsi terhadap efisiensi mesin mobil ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Fitur Hybrid

Fitur ini yang menjadi pembeda utama antara Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid dengan Suzuki Ertiga konvensional. Fitur Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dikembangkan Suzuki dengan pendekatan mild hybrid, dimana sistem mesin dilengkapi Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional. Selain itu tersedia juga baterai lithium ion yang berfungsi menyimpan energi elektrik dari ISG, dan mendukung kinerja kelistrikan dari aki mobil standar.

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari konfigurasi Smart Hybrid

Teknologi SHVS pada Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 mengutamakan kinerja Integrated Starter Generator (ISG) & baterai lithium ion

Cara kerja SHVS berfokus pada kinerja Engine Auto Stop, saat mobil bergerak pada kecepatan 15 km/jam sampai diam, maka mesin akan bisa mati namun sistem kelistrikan tetap menyala. Saat pengemudi menginjak pedal gas, maka sistem ISG akan menyalakan mesin dan membantu akselerasi awal dengan memfokuskan mesin untuk menghasilkan tenaga, dan sistem kelistrikan didukung oleh daya baterai dari baterai lithium ion. Dan saat mobil melakukan pengereman, energi kinetik yang dihasilkan akan dikonversi ISG menjadi daya baterai yang akan disimpan oleh baterai lithium ion.

>>> Berapa Biaya Servis All New Suzuki Ertiga untuk 10.000 Km Pertama?

OPERASI Suzuki Ertiga 2019

Mesin Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 menggunakan mesin bensin K15B Smart Hybrid berkapasitas 1462 cc 4-silinder, yang mana mesin ini terhubung ke sistem penggerak roda depan melalui transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Karena ia menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), maka mesin ini sudah dirancang ulang agar mampu melakukan engine's idle start-stop, serta didukung pula fitur torque assist.

Foto menunjukkan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 dari sisi mesin

Mesin K15B Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 sudah di-setting ulang agar mendukung teknologi SHVS

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 77 kW @ 6,000 RPM dan torsi 138 Nm @ 4,400 RPM. Menariknya, jika mengacu pada klaim Maruti Suzuki, mobil Suzuki Ertiga Hybrid terbaru bisa mencatatkan efisiensi konsumsi BBM 17.99 km/liter (otomatis) dan 19.01 km/liter (manual).

>>> Tips Dress Up All New Ertiga GX Jadi All New Ertiga Suzuki Sport

spesifikasi Suzuki Ertiga 2019

Mesin Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Seri mesin

K15B SMART HYBRID

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

77 kW (105 HP) @ 6,000 RPM

Torsi Maksimum

138 Nm @ 4,400 RPM

Kapasitas Silinder

1.462 cc

Bore X Stroke

74.0 x 85.0 mm

Tipe Transmisi

Manual 5-Percepatan / otomatis 4-percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.395 mm X 1.735 mm X 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

Radius Putar

5,2 Meter

Kapasitas Bagasi

209 Liter (3 Kursi Digunakan Semua)

Kapasitas Tangki

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Coil Spring & Multi-Link with Coil Spring

Sistem Kemudi

Electronic Power Assited

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Leading Trilling Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS + EBD + Electronic Stability Control

Teknologi Safety Sasis

Heartect

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

Alloy Wheel, 15 inch

Jenis Ban

Bridgestone Ecopia, 185/65 R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ertiga 2019

Setelah membahas Suzuki Ertiga Hybrid 2019 terbaru dengan mesin bensin, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Lebih efisien dan ramah lingkungan 

Tidak ada perbedaan tampilan dan fitur dibanding Suzuki Ertiga konvensional

Potensial dijual di Indonesia sebagai salah satu mobil keluarga ramah lingkungan 

Fitur SHVS hanya bersifat mild hybrid

Konsumsi BBM Irit

Biaya perawatan bisa jadi lebih mahal daripada Suzuki Ertiga konvensional

Fitur Keselamatan Lengkap

 

daftar harga Suzuki Ertiga 2019

Tidak ada informasi lebih detil terkait apakah Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019 akan dijual di Indonesia. Pada saat pengenalan mobil ini dalam acara  ‘Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi’ oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di Silang Monas Jakarta, Sabtu (31/8) lalu, mobil yang dibawa oleh PT Suzuki Indomobil Sales ini masih bersifat konsep. Tidak menutup kemungkinan teknologi ini bisa disematkan ke produk Suzuki Ertiga baru di Indonesia pada masa mendatang.

>>> Modifikasi Audio All New Suzuki Ertiga, Suara Lebih Berkualitas dengan 3 Alat Ini

 

Video Suzuki Ertiga 2019

KESIMPULAN Suzuki Ertiga 2019

Di pasar otomotif Indonesia, Suzuki Ertiga masih menjadi pemain "indie" yang cenderung berada di bawah rival-rival di kelasnya yang sudah populer, seperti duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, atau pemain baru seperti Mitsubishi Xpander. Tapi karena "indie" inilah, Suzuki bisa lebih leluasa memberikan teknologi-teknologi yang memikat untuk konsumen setia mereka, salah satunya teknologi hybrid.

Belajar dari pengalaman di tahun 2017, teknologi hybrid di tahun 2019 menjadi teknologi mobil yang mendapatkan perhatian tinggi dari pemerintah Republik Indonesia, sebagai salah satu solusi membuat Indonesia lebih ramah dan cinta lingkungan dengan menekan emisi BBM serendah mungkin. Dalam semangat ini memberikan teknologi ramah lingkungan inilah yang mengakibatkan PT Suzuki Indomobil Sales berani memperkenalkan mobil konsep ini. Dan tidak menutup kemunginan, andai produk ini resmi dijual di Indonesia, maka Suzuki Ertiga bisa kembali menjadi pionir dan trendsetter di segmen Low MPV dalam hal menghadirkan teknologi mobil cinta lingkungan ini. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil