IIMS 2021: Suka Duka Si Cantik yang Kini Wajib Bermasker

20/04/2021

Event - Promosi

3 menit

Masker menjadi barang wajib yang harus dikenakan oleh seluruh partisipan di ajang IIMS 2021. Pun demikian dengan para usher yang berdiri di samping mobil.

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 tetap jalan meskipun ada pandemi. Bahkan Presiden Joko Widodo membuka langsung pameran otomotif tahunan tersebut namun dari Istana Negara.

Ini merupakan gelaran perdana di dunia otomotif yang digelar semasa pandemi. Tentunya, pameran digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat yang wajib dipenuhi oleh seluruh partisipan baik itu pengunjung hingga peserta.

IIMS 2021

Memakai masker menjadi tantangan tersendiri bagi usher di pameran IIMS kali ini

>>> IIMS Hybrid 2021: Masih Pandemi, Jokowi Buka Pameran dari Istana Negara

Usher Tampil Bermasker di IIMS 2021

Pun demikian dengan usher yang tak pernah absen dari pameran IIMS. Di pameran IIMS 2021 ini, para usher hadir dengan penampilan berbeda. Tak lain dan tak bukan adalah menggunakan masker. Ya, masker merupakan salah satu perangkat dalam protokol kesehatan yang wajib dikenakan semasa pandemi. 

"Sedikit pengap karena maskernya double, jadi di dalamnya ini masker medis terus dilapisin lagi," ungkap Ribka salah satu usher yang berdiri di samping SUV anyar Wuling Almaz RS. 

Tapi hal itu tak membuat Ribka bersedih hati. Ia tak merasa keberatan dengan adanya prosedur ketat yang diterapkan selama IIMS 2021. Penggunaan masker medis bukan satu-satunya protokol kesehatan yang wajib dilakukan para usher. Dijelaskan Ribka, ia juga harus menjalani swab antigen setiap 3 hari sekali. 

Tak bisa dipungkiri adanya pembatasan jumlah pengunjung pada ajang IIMS 2021 membuat pameran cenderung sepi. Namun pada kenyataannya, masyarakat masih cukup antusias dan penasaran akan pameran otomotif yang baru digelar lagi itu. 

"Nggak usah takut datang ke event karena tiap event itu udah pasti ngikutin standar covid, semua yang jaga di swab, tetpa jaga jarak, pakai masker, pakai sarung tangan biar tetap safety. Ini kan untuk bantu perekonomian juga biar pulih lagi kalau ada event," kata Ribka. 

IIMS 2021

Penggunaan masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dipenuhi

>>> IIMS Hybrid 2021: Jokowi Mau Mobil Buatan Indonesia Makin Mendunia

IIMS 2021 Diharapkan Bisa Bangkitkan Perekonomian 

Apa yang dikatakan Ribka ada benarnya. Industri otomotif kata Jokowi merupakan salah satu motor penggerak perekonomian nasional. Tak heran saat pandemi melanda sejak tahun lalu, kondisi perekonomian di Indonesia merosot kala penjualan mobil terjun bebas.

IIMS 2021

Jokowi buka IIMS dari Istana Negara 

Tak sedikit pekerja yang harus dirumahkan karena adanya pandemi. Maka dari itu keberadaan pameran IIMS hybrid 2021 diharapkan bisa turut berperan dalam memulihkan industri otomotif Tanah Air. 

"Namun yang juga harus kita ingat bersama-sama kita ini masih di dalam pandemi, kita tetap harus waspada terhadap pandemi. Tapi juga kita tidak boleh berhenti menggerakan ekonomi tetap dengan kewaspadaan dan kehati-hatianan. Gas dan rem dalam penanganan kesehatan dan ekonomi harus dilakukan agar kesehatan aman dan ekonomi maju," tambah Jokowi lagi.

>>> IIMS Hybrid 2021: Sandiaga Uno Kepincut Toyota Cross Hybrid Seharga Rp 500 Jutaan 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top