IIMS 2021: Jokowi Mau Mobil Buatan Indonesia Makin Mendunia

16/04/2021

Pasar mobil

3 menit

IIMS 2021: Jokowi Mau Mobil Buatan Indonesia Makin Mendunia
Presiden Joko Widodo menginginkan agar mobil buatan Indonesia bisa makin mendunia. Ini sejalan dengan misi Indonesia jadi hub ekspor kendaraan bermotor.

Mobil buatan Indonesia sudah banyak diekspor ke mancanegara. Ini sekaligus menunjukan bahwa mobil buatan Indonesia yang diproduksi oleh merek ternama sudah bisa disandingkan kualitasnya dengan negara lain. 

Tapi itu saja belum cukup. Presiden Joko Widodo ingin mobil berlabel 'Made in Indonesia' itu makin mendunia.

>>> 100 Negara Bakal Cicipi Mobil Toyota Buatan Indonesia

Ekspor Mobil Buatan Indonesia Mulai Menggeliat Lagi

Presiden Joko Widodo

Jokowi saat membuka IIMS 2021

Indonesia memang menargetkan bahwa industri kendaraan bermotor nasional bisa menjadi pemain global sekaligus ekspor hub kendaraan bermotor. 

"Bukan hanya urus pasar dalam negeri saja tapi juga bergerak meningkatkan pasar ekspor. Saya lihat ini peningkatannya sudah baik tapi ingin lebih ditingkatkan lagi," kata Jokowi saat upacara pembukaan IIMS 2021 di Istana Negara, Kamis (16/4/2021). 

Meskipun digempur pukulan pandemi Covid-19, industri otomotif mampu menyumbang ke PDB nonmigas sebesar 4,24% sepanjang tahun 2020. Sementara itu, ekspor produk otomotif untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih termasuk komponennya mencapai Rp 65,99 tirliun. 

"Dari total nilai tersebut, sekitar Rp 41,86 triliun merupakan ekspor kendaraan jenis completely build up (CBU) dari Indonesia ke lebih dari 80 negara,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sekadar informasi, dalam data distribusi ekspor milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat ada beberapa pabrikan yang melakukan ekspor mobil made in Indonesia. Sederet pabrikan tersebut antara lain Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Honda, dan juga Wuling. 

Negara tujuannya pun beragam mulai dari ASEAN, Jepang,  Afrika Selatan, Timur Tengah hingga Amerika Selatan. Tampaknya daftar negara tujuan ekspor tersebut bakal bertambah.

>>> Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Made in Indonesia

Negara Tujuan Ekspor Akan Bertambah

ekspor mobil

Negara tujuan ekspor mobil made in Indonesia bakal bertambah

Belum lama ini, Agus telah berkunjung ke Jepang untuk meminta restu sejumlah pabrikan agar bisa menambah daftar negara tujuan ekspor mobil buatan Indonesia. 

Misalnya Mitsubishi yang akan mengekspor mobil yang dibuat di Indonesia ke 39 negara. Kemudian Honda juga disebut akan mengekspor ke 31 negara. Toyota pun demikian. Peluang ekspor mobil Toyota yang diproduksi di Tanah Air makin berkembang seiring dengan rencananya untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi dalam negeri. 

Salah satu negara yang saat ini menjadi incaran ekspor dari Indonesia adalah Australia. Peluang Indonesia untuk mengekspor mobil ke Australia memang sudah terbuka lebar. Hal itu dimungkinkan dengan adanya perjanjian bilateral antara Indonesia dan Australia dalam IA-CEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economy Partnership Agreement yang sudah berlaku sejak 5 Juli 2020. 

"Australia merupakan negara yang dekat dengan Indonesia yang penting sama setir kanan jadi tidak perlu lagi membangun di pabrik fasilitas masing-masing, itu yang bicara dari industri tersebut. Mereka sangat paham FTA (Free Trade Agreement) ini," kata Agus.

>>> Mitsubishi Outlander PHEV Dirakit di Thailand, Jadi Basis Ekspor ASEAN?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top