F1 Turki 2021: Valtteri Bottas Juara, Lewis Hamilton Marah-marah

11/10/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Valtteri Bottas memenangkan seri balap F1 Turki 2021 di Sirkuit Istanbul Park. Duo Red Bull Racing finis di belakang pebalap Mercedes-AMG Petronas F1 itu.

Meski berhasil menjadi yang tercepat di kualifikasi, Lewis Hamilton harus menyerahkan posisi pole sitter kepada rekan setimnya, Valtteri Bottas. Ia diganjar penalti 10 posisi setelah Mercedes-AMG Petronas F1 memutuskan untuk mengganti mesin mobil W12 yang dipiloti sang juara bertahan.

Bottas pun memulai balapan dari posisi terdepan di susul oleh Max Verstappen dan Charles Leclerc di belakang. Sejak awal lomba, Bottas tak tersentuh oleh pebalap lain dan akhirnya berhasil memenangkan seri balap F1 Turki 2021.

>>> Valtteri Bottas Resmi Bergabung Dengan Tim Alfa Romeo Musim Depan

Balapan di Lintasan Basah

Balapan dimulai dengan keadaan sirkuit yang masih basah, namun ketiga pebalap terdepan mampu mempertahankan posisi mereka masing-masing dengan baik.

Gambar Alonso Out

Insiden terjadi di lap pertama saat Alonso terlempar ke luar lintasan setelah 'tersundul' oleh Pierre Gasly

Fernando Alonso yang pertama kali start dari urutan top 5 harus mengalami nasib yang buruk setelah pebalap Alpine tersebut disenggol oleh Pierre Gasly di tikungan pertama. Alonso yang terpental keluar lintasan harus terjun ke posisi 15.

Karena insiden tersebut, stewards mengganjar Gasly dengan penalti selama lima detik. Hal serupa juga diberikan kepada Alonso yang sempat melakukan kontak dengan Mick Schumacher saat kembali ke lintasan.

Lewis Hamilton yang start dari posisi 11 menunjukan kelasnya sebagai juara dunia. Ia berhasil merangkak ke posisi kelima memasuki lap ke-14. Menjelang lap 20, Verstappen yang mulai menemukan pacenya mulai mendekati Bottas untuk merebut posisi pertama.

Meski begitu, Valtteri Bottas bisa melaju lebih cepat untuk mengamankan posisi pimpinan lomba sekaligus membuka peluang Hamilton untuk terus berjuang dengan Verstappen dalam persaingan gelar juara dunia F1 2021.

Gambar Hamilton vs Perez

Persaingan ketat Hamilton vs Perez di Turki menyajikan tontonan yang menarik bagi penggemar Formula 1

Memasuki lap 32, Hamilton mulai mendekati Perez untuk memperebutkan posisi keempat. Beberapa lap selanjutnya dihiasi oleh pertarungan ketat antara Hamilton dan Sergio Perez. Hamilton akhirnya mampu menyalip Perez dan semakin mendekat dengan Verstappen yang berada di posisi kedua.

>>> Bocoran Gaji 'Tukang Ganti Ban' di F1, Setahun Bisa Beli Ferrari!

Strategi Pit Stop Menentukan Prestasi

Verstappen memutuskan untuk masuk ke dalam pit pada lap 37. Lap selanjutnya, Valtteri Bottas mengikuti di lap selanjutnya. Karena kedua pebalap terdepan masuk ke pitstop, Charles Leclerc pun berhasil menjadi pemimpin lomba dengan selisih lima detik dari Bottas.

Sebastian Vettel melakukan perjudian dengan mengganti ban intermediatenya dengan ban slick. Aston Martin merasa bahwa trek sudah mulai mengering. Sayangnya, langkah tersebut terbukti kurang tepat karena Vettel justru kesulitan untuk tampil cepat.

Beberapa pebalap yang masuk ke pitstop akhirnya memutuskan untuk tetap mengganti ban intermediate, tak ingin mengikuti kesalahan yang dilakukan oleh Vettel.

Gambar Hamilton

Hamilton sempat marah-marah di team radio karena merasa timnya tidak melakukan strategi pitstop dengan baik

Perjudian lain dilakukan oleh Scuderia Ferrari yang menunda pit stop karena sedang memimpin balapan. Juga Lewis Hamilton yang menolak team order untuk mengganti ban.

Pada akhirnya, sang juara dunia 7 kali kehilangan banyak waktu dan memutuskan untuk pitstop. Sayangnya, ban intermediate yang fresh tidak cukup efektuf untuk membantunya bertarung di beberapa lap terakhir.

Hamilton yang merasa strategi Mercedes kurang tepat pun sempat mengomel di team radio. Ia merasa bahwa ban yang ia gunakan sebelumnya masih bisa digunakan ketimbang harus buang-buang waktu masuk ke pit. Pebalap asal Inggris ini masih merasa bahwa ia mampu naik ke podium dengan strategi yang tepat.

>>> Menolak Punah, Formula 1 Kenalkan Bahan Bakar 100% Ramah Lingkungan

Valtteri Bottas yang mampu kembali ke depan akhirnya memenangkan balapan diikuti oleh Max Verstappen dan Sergio Perez. Double podium ini jadi kenangan yang manis dari Red Bull untuk Honda yang menggunakan livery spesial sebagai bentuk salam perpisahan mereka.

Berikut hasil balap F1 Turki 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Turki 2021

Hasil balap F1 Turki 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top