CES 2022: BMW Bawa Mobil yang Warna Catnya Bisa Berubah Sendiri

07/01/2022

Event - Promosi

2 menit

Share this post:
CES 2022 menjadi ajang terbaik bagi BMW untuk membawa inovasi terbarunya pada mobil teranyarnya, yaitu cat mobil yang bisa berubah warna dan layar 32 inci.

Consumer Electronic Show atau CES 2022 menjadi waktu terbaik bagi pabrikan untuk memperkenalkan teknologi yang digunakan oleh mobil-mobilnya. Seperti BMW yang membawa dua teknologi terbaru, yaitu cat bodi yang bisa berubah warna hanya dengan menekan tombol serta layar 32 inci untuk menciptakan pengalaman menonton bioskop di dalam mobil.

Cat tiga warna

Di CES 2022, BMW menutupi tinta pada kelir mobil dengan E-ink yang bisa berubah warna hanya dengan menekan tombol yang ada di dalam kabin. Sayangnya, prototipe anyar BMW iX ini baru bisa berganti warna dari abu-abu ke putih dan hitam. Namun tak menutup kemungkinan pengembangan lainnya akan membuat pemilik BMW bisa mendapatkan warna yang lebih beragam.

BMW iX E-ink yang bisa berubah warna dari warna putih ke hitam
Cat milik BMW iX M60 yang bisa berubah warna di CES 2022

Teknologi ini didapatkan dari eReaders yang bisa berubah warna dari hitam ke putih berdasarkan perubahan mood atau perubahan cuaca. Karena mobil hitam menyerap lebih banyak cahaya, Anda bisa membuat mobil berwarna gelap di musim dingin dan berwarna putih di musim panas untuk membantu sistem pendingin udara.

Tinta bekerja menggunakan teknologi elektroforik yang membawa pigmen warna yang berbeda ketika dirangsang oleh sinyal listrik. Tinta hanya membutuhkan stimulus untuk mengubah warna. Berarti mengubah warna hanya membutuhkan daya yang kecil dan tidak akan menguras aki mobil untuk mempertahankan warna yang berbeda.

>>> BMW iX M60 Dirilis, Mobil Listrik Rp 1,5 Miliar Bertorsi 1.100 Nm

Bioskop di dalam kabin

CES 2022 juga menjadi ajang dimana BMW juga mengumumkan kemitraan dengan digital artist Cao Fei untuk menciptakan peningkatan desain infotainment dan pencahayaan di dalam kabin. Dalam BMW iX M60, Cao Fei membuat Art Mode yang mempengaruhi kontrol berkendara, kontrol kemudi, dan pencahayaan serta grafik pada layar head unit berukuran 14,9 inci yang digunakan.

"Karya saya 'Quantum Garden' memberi pengemudi BMW kesempatan untuk mendalami pengalaman menyaksikan lanskap digital yang selalu berubah dari alam semesta multifaset di dunia layar, di mana puisi abstrak dan piksel sensorik saling bersinggungan," kata Cao Fei.

>>> Wih! Main Golf Dapat Mobil BMW

Di belakang, BMW membawa “Theatre Screen” dengan layar ultra lebar 31 inci beresolusi 8K yang dapat dinikmati oleh penonton di belakang. Membawa pengalaman menonton bioskop dengan layar ultra lebar dan tampilan film dalam format 32:9. Bukan hanya konsep, BMW disebut-sebut akan membawa layar tersebut dalam kendaraan produksinya.

Untuk melengkapi tampilan layaknya bioskop, BMW menambah sistem Surround Sound Bowers & Wilkins Diamonds terbaru. Tak perlu khawatir dengan bagaimana membawa layanan streaming dengan resolusi 8K karena BMW telah memasangkan layar dengan konektivitas 5G.

>>> Dapatkan harga mobil BMW terbaru dengan promo menarik hanya di sini 

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top