Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Wuling Khusus Untuk Lawan Pandemi

19/12/2020

Share this post:

Wuling Almaz 2020

Editor rate:

Rp 351.800.000

Daftar Harga Wuling Almaz & Promo Terbaru di Indonesia Lihat promo

Wuling Indonesia meluncurkan Wuling Almaz Limited Edition 2020 sebagai edisi khusus untuk melawan pandemi COVID-19 dengan berbagai fitur dan teknologi baru.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Wuling Khusus Untuk Lawan Pandemi
Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Wuling Khusus Untuk Lawan Pandemi
0 Gambar

Smart Enjoy MT

Rp 257.3 juta

Harga OTR

7 Kursi, 1451 cc, 140 hp, Bensin

Lihat promo

Smart Enjoy CVT

Rp 272.8 juta

Harga OTR

7 Kursi, 1451 cc, 140 hp, Bensin

Lihat promo

Exclusive 5-Seater

Rp 320.8 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1451 cc, 140 hp, Bensin

Lihat promo

Exclusive 7-Seater

Rp 330.8 juta

Harga OTR

7 Kursi, 1451 cc, 140 hp, Bensin

Lihat promo

Pengantar Wuling Almaz 2020

Mari kita simak spesifikasi Wuling Almaz 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Terdapat berbagai tambahan fitur baru

Eksterior terlihat lebih elegan

Harga tak jauh berbeda dibanding varian standar

Kekurangan

Unitnya terbatas 

Spesifikasi teknis masih tetap sama

Ruang kaki belakang tak begitu lapang bagi orang dewasa 

Industri otomotif di tahun 2020 diporak porandakan dengan pandemi COVID-19. Tak ada satupun pabrikan yang selamat dari terpaan pandemi ini, kecuali merek yang punya model kendaraan komersial. Tak terkecuali dengan mobil China yang sempat berjaya tahun lalu. Pada masa pandemi ini pula Wuling punya strategi berupa produk dengan memperkenalkan Wuling Almaz Limited Edition 2020.

Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna putih

Tampilan elegan dari Wuling Almaz Limited Edition 2020

Sebagai informasi, selain Confero, Wuling Almaz juga menjadi salah satu 'bahan' jualan yang menggiurkan bagi pabrikan China yang sudah tiga tahun di Indonesia ini. Dan kali ini ada teknologi baru yang disesuaikan dengan kondisi dunia dengan pandemic COVID-19. Edisi spesial dari Wuling Almaz ini bisa dibilang sebagai salah satu model yang siap untuk menghadapi virus korona di Indonesia: ada air purifier yang bertugas mensterilkan udara di dalam kabin.

Fitur air purifier Wuling Almaz Limited Edition 2020

Ini dia alat 'anti' Corona di Almaz

Dari luar, sepintas tak ada perbedaan berarti antara Almaz Limited Edition dengan model standar yang dipasarkan di Indonesia. Namun, eksklusivitasnya terlihat dari jumlah mobil ini yang 'dilepas' ke pasar, tercatat hanya ada 100 unit yang dipasarkan sejak model ini dirilis beberapa waktu lalu. Membuat nama Limited Edition semakin lekat pada mobil ini. Tertarik membeli mobil ini? Simak terlebih dahulu review Wuling Almaz Limited Edition 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Wuling Almaz 2020

Tampilan luarnya yang sekilas tanpa perubahan memang membuatnya tak ubahnya seperti model standar dari Wuling Almaz yang dipasarkan sejak 2018 lalu. Namun ada beberapa ubahan untuk menawarkan kesan elegan dan menegaskan sisi ‘Limited Edition’ pada mobil ini, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Eksterior Depan

tampilan depan Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna putih
Tampilan depan Wuling Almaz Limited Edition 2020

Wuling masih tetap memberikan kesan maskulin dan modern pada Wuling Almaz. Terlihat pada lampu DRL (Daytime Running Light) di depan berbentuk menyipit dikombinasi dengan grille berwarna hitam gloss menjadikannya punya tampilan yang bisa Anda banggakan. Di bawah, bumper bergaya sporty dan elegan juga terasa, lengkap dengan aksen silver pada kedua sisi mobil.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Eksterior Samping

Sama seperti tampilan depan, Wuling menawarkan mobil ini tanpa ubahan signifikan. Terlihat dari desain velg, roof rails, serta over fender yang sama, demikian juga dengan gagang pintu, serta list chrome yang terletak pada jendela hingga ke jendela belakang mengikuti guratan samping mobil ini tak ubahnya dengan Wuling Almaz 'biasa' yang mulai diniagakan sekitar dua tahun lalu.

Tampilan samping Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna putih
Tampilan samping Wuling Almaz Limited Edition 2020

Yang membedakan mobil ini dengan varian standar adalah warna eksklusif yang dipasangkan pada versi Limited Edition. Anda bisa memilih antara dua warna yang terkesan lebih elegan, yaitu Pristine White with Starry Black dan Aurora Silver with Starry Black. Keduanya hadir dengan atap berwarna hitam yang memberikan kesan mewah pada mobil ini. Meski demikian, seperti halnya sebuah SUV, ia tetap dilengkapi dengan body cladding tebal yang menyiratkan aura macho.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Eksterior Belakang

Begitu pula dengan bagian belakang yang hadir tetap dengan kesan kokoh dari guratan-guratan tegas milik Almaz. Mulai dari shark fin antenna, spoiler yang terintegrasi lengkap dengan high mount stop lamp serta wiper belakang berikut dengan washer-nya yang bisa ditemui pada mobil ini. Tak ketinggalan aksen perak yang menyambungkan kedua sisi lampu belakang.

Tampilan belakang Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Wuling Almaz Limited Edition 2020

Tapi meski demikian, Almaz tetap menyodorkan kepraktisan di bagian belakang mobil Wuling Almaz Limited Edition semakin meningkat berkat bukaan pintu bagasi elektris dengan empat cara. Mulai dengan mengayunkan kaki tepat di bawah bumper, menekan tombol di bagian belakang, tombol bukaan bagasi di interior depan, serta melalui kunci di tangan Anda.

>>> Baca review mengenai Wuling Almaz lainnya di sini


Interior Wuling Almaz 2020

Kesan elegan juga masih tetap ditampilkan pada Almaz Limited Edition. Menggunakan basis dari Almaz 7 kursi, pengaturan kabin mendapatkan semua teknologi dari Wuling Almaz. Hanya saja ada fitur baru yang ditambahkan dengan fungsi yang sesuai dengan masa pandemi COVID-19 saat ini.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Dashboard

Head unit 10.4 inci bergaya portrait layaknya mobil keluaran Tesla masih menghiasi dashboard mobil ini. Tak ada yang berbeda dibandingkan edisi standar. Didominasi warna hitam, material soft touch dan plastik keras bisa Anda temui bagian dashboard hingga door trim. Secara umum kombinasi pada dashboardnya enak dilihat oleh mata dan tidak memantulkan cahaya matahari ketika digunakan pada saat cuaca terik.

dashboard Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna hitam
Dashboard Wuling Almaz Limited Edition 2020

Penambahan fitur paling signifikan bisa terasa pada penambahan air purifier pada bagian armrest depan. Penempatannya sekilas terasa elegan, tapi sebenarnya penempatan seperti itu mengurangi estetika serta kenyamanan berkendara. Sebab, Anda tak bisa lagi menyandarkan tangan ke armrest. Jelas itu mengurangi fungsionalitas armrest. Menurut kami, akan lebih baik jika Wuling meletakkan air purifier di tempat yang menyatu dengan kabin.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Setir

setir Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna hitam
Setir Wuling Almaz Limited Edition 2020

Kemudi multi-fungsi berlapis kulit lengkap dengan aksen perak masih menjadi bagian penting dalam kenyamanan berkendara. Pengaturannya sudah cukup baik dengan fitur tilt, meski belum teleskopik. Setir ini juga pas dimensi dan ketebalannya yang membuat lingkar kemudi yang dilengkapi audio steering switch ini nyaman saat digenggam oleh pengemudi.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Kursi

Pengaturan jok elektris pada kursi penumpang depan dan pengemudi semakin memberikan kepraktisan tersendiri bagi mobil ini. Kenyamanan di dalam kabin juga semakin terasa karena sema kursi di dalam kabin sudah dilapisi kulit. Khusus untuk varian Limited Edition ini, Wuling membawa Almaz tujuh tempat duduk. Sehingga Anda bisa menampung lebih banyak orang di dalam kabin.

Kursi Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna hitam
Kursi Wuling Almaz Limited Edition 2020

Bangku baris kedua bisa dibuat rebah, menawarkan rasa nyaman bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh. Hanya saja seperti review kami sebelumnya, ruang kabin yang diberikan pada model lima kursi sudah cukup baik. tetapi ketika menggunakan pengaturan tiga baris kursi, ruang yang diberikan pada penghuni baris ketiga tak begitu nyaman untuk orang dewasa.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Bagasi

Kepraktisan membuka pintu bagasi menjadi pembeda antara varian khusus ini dengan model biasa. Selain itu, tak banyak yang berbeda. Mulai dari pengaturan bagasi yang cukup lega untuk menyimpan barang bawaan serta kemudahan dalam melipat bangku baris ketiga.

>>> Baca berita paling update dari Wuling di bawah ini

Fitur Wuling Almaz 2020

Sama dengan tampilan interior yang tak banyak berubah, Wuling tetap mempertahankan teknologi dan fitur yang digunakan pada mobil ini. Tentu saja Wuling Indonesian Command (WIND) menjadi fitur paling mentereng sejak ubahan tahun 2019 lalu bagi Almaz. Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk mengaktifkan beberapa fitur di dalam kabin hanya dengan perintah suara “Halo Wuling”. Anda bisa membuka dan menutup jendela, mengganti saluran radio, serta menghidupkan AC.

Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Air Purifier

Fitur air purifier Wuling Almaz Limited Edition 2020
Fitur air purifier terbaru di Wuling Almaz Limited Edition

Kesan Limited Edition milik Wuling Almaz kali ini ditandai oleh kehadiran fitur baru yakni air purifier. Fitur yang cocok untuk masa pandemi COVID-19 kali ini. Ketika Anda membeli mobil ini, ada paket bersama dengan air purifier ini. Terletak pada bagian atas armrest di konsol tengah, penempatannya yang terkesan mengganggu, apalagi untuk perjalanan jauh. Tapi dengan fungsinya untuk mensterilkan ruang kabin, kehadiran fitur ini sangat berguna.

>>> 10 Fitur Wuling Almaz Smart Enjoy yang Tidak Ada di SUV Rp 200 Jutaan

Operasi Wuling Almaz 2020

Model Limited Edition masih menggunakan mesin yang sama dengan edisi standar yakni unit berkode LL5 yang dikembangkan oleh GM (General Motors). Almaz menggendong mesin berkapasitas 1.5L 4-silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 142 PS pada putaran 5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm dalam rentang 1.600 – 3.600 rpm. Tenaga disalurkan ke dua roda depan menggunakan transmisi CVT.

mesin Wuling Almaz Limited Edition 2020 berwarna hitam
Mesin Wuling Almaz Limited Edition 2020

Menariknya, transmisi CVT yang diberikan pada Almaz menggunakan mode virtual 8-percepatan yang dapat 'dipindah' dengan simulasi manual. Sehingga mampu memberikan rasa berkendara yang lebih fun to drive. Jadi SUV ini tetap enak untuk dikendarai secara agresif, namun terasa nyaman saat digunakan saat jalan santai karena terasa tanpa perpindahan gigi seperti khasnya transmis CVT.

>>> Pilih Mana, Wuling Cortez CT Tipe Tertinggi Atau Almaz Tipe Menengah?

Spesifikasi Wuling Almaz 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Almaz Limited Edition 2020

Mesin Wuling Almaz Limited Edition 2020

Seri mesin

 LL5, 4-silinder, Turbocharger, DOHC, DVVT

Pasokan Bahan Bakar

 Indirect Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 140,5 HP (142 PS) @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

 250 NM @ 1.600 - 3.600 rpm

Kapasitas Silinder

 1,451 cc

Bore X Stroke

 73,85 mm X 84,70 mm

Tipe Transmisi

 CVT 8-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Wuling Almaz Limited Edition 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.655 mm X 1.835 mm X 1.760 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

Jarak Pijak (Depan / Belakang)

 1.546 mm / 1.541 mm

Kapasitas Tangki

 52 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Almaz Limited Edition 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: McPherson Strut, Coil spring

 Belakang: Trapezoidal, Multi-Link.

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam, Crumple Zone

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Radial, 215/60 R17

Daftar Harga Wuling Almaz 2020

Kelebihan terakhir dari mobil ini terdapat pada harga yang ditawarkan. Sebagai model edisi khusus, harga Wuling Almaz Limited Edition 2020 memang tak jauh berbeda dibandingkan varian standar Almaz yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Almaz Limited Edition saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 351 jutaan, atau Rp 10 juta lebih tinggi dibandingkan harga Wuling Almaz untuk varian Exclusive 7-Seater.

Kesimpulan Wuling Almaz 2020

Edisi khusus Wuling Almaz Limited Edition 2020 membawa beberapa teknologi baru yang lebih lengkap serta tampilan khusus dari eksterior bergaya dual tone. Memang tak banyak perubahan lainnya yang terasa. Tapi varian khusus ini memang membawa kepraktisan yang lebih baik dibandingkan edisi standar. Apalagi menggunakan air purifier yang mensterilkan udara di dalam kabin. Sangat cocok untuk pengendaraan di masa pandemi saat ini.

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

FF Mobilindo Yk

DI Yogyakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top