Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota

23/12/2019

Share this post:

Toyota Alphard 2018

Editor rate:

Lihat promo

Toyota Alphard Hybrid 2018 merupakan level tertinggi MPV premium Toyota, dengan suntikan motor listrik untuk efisiensi, ramah lingkungan dan kenyamanan terbaik.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota
Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota
0 Gambar

Pengantar Toyota Alphard 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Alphard 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan varian lainnya

Nama besar Alphard langsung mengingatkan pada ‘mobil sultan’ dan kenyamanan kelas atas

Tampilannya lebih mewah dengan grille baru serta aksen chrome

Kekurangan

Varian Alphard termahal

Inden 3 bulan dimana pemesanannya dilakukan langsung ke Jepang

Fiturnya tak berbeda dibandingkan varian lainnya

Review Toyota Alphard Hybrid 2018 - Indonesia akhirnya mendapatkan edisi facelift dari Toyota Alphard Hybrid 2018. Sebagai salah satu produk unggulan Toyota untuk pasar MPV premium, Alphard diluncurkan pertama kali pada Mei 2002 untuk bersaing dengan Nissan Elgrand dan Honda Elysion. Sejak pertama kali diluncurkan, Alphard menjadi MPV terlaris Toyota di Jepang. Facelift dilakukan pada 2005 menggunakan desain lampu belakang dan penggunaan velg alloy 16 inci dan 17 inci, serta menambahkan lineup hybrid.

mobil lawas Toyota Alphard 2002 berwarna putih 
Generasi pertama Toyota Alphard keluaran 2002

Pada Mei 2008, Alphard mendapatkan desain ulang bersama eksterior yang lebih modern dan interior yang lebih mewah. Untuk generasi ini, lineup Alphard diperluas menjadi dua varian desain yang berbeda. Berdasarkan keterangan resmi Toyota sendiri, Toyota Alphard memiliki desain ‘elegan dan canggih”, sementara Toyota Vellfire menekankan “kekuatan dan individualitas yang kekar”.

Kedua model tersebut dijual melalui saluran distribusi yang terpisah. Baru pada 26 Januari 2015 Toyota merilis Alphard generasi ketiga. Penambahan terbaru seperti fitur dan teknologi anyar yang diberikan, serta penggantian mesin 2.5 liter yang baru serta mesin hybrid bensin 2.5 liter.

 mobil lama Toyota Vellfire keluaran tahun 2014 berwarna putih
Toyota Vellfire diperkenalkan untuk versi yang lebih sporty dari Alphard

Sedangkan versi facelift Alphard dan Vellfire generasi kedua diperkenalkan pada 25 Desember 2017 dan dirilis pada 8 Januari 2018. Sebagian besar perubahan terlihat pada eksterior dan mesin, sedangkan bagian dalam hampir mirip dengan generasi ketiga sebelum facelift. Dan baru beberapa waktu lalu Toyota membawa versi facelift Alphard Hybrid di Indonesia.

 mobil baru Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih
Tampilan baru Toyota Alphard Hybrid 2018 yang diperkenalkan tahun lalu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perubahan paling besar terjadi di luar dan mesin yang digunakan. Lalu, bagaimana review Toyota Alphard Hybrid 2018 dari tim Cintamobil.com? Berikut ulasannya.

Eksterior Toyota Alphard 2018

Dengan facelift yang dilakukan untuk generasi ketiga ini, ada beberapa perubahan eksterior yang terlihat. Seperti grille yang lebih besar serta aksen chrome yang lebih banyak menjadi pembeda mobil ini dengan versi sebelumnya.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Eksterior Depan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grille yang digunakan pada eksterior depan Toyota Alphard Hybrid 2018 lebih besar dibandingkan versi sebelum facelift. Ornamen chrome pun dibuat lebih banyak, mengalir dari lampu depan dan mengelilingi grille hingga ke bumper bawah. Tambahan lainnya berupa lampu sein sekuensial yang membuatnya berkesan lebih mahal.

tampilan depan Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih 
Eksterior depan Toyota Alphard Hybrid 2018

Salah satu perbedaan dari versi facelift Alphard yang sudah diperkenalkan di Indonesia adalah lampu kabut yang lebih besar serta tidak terlalu lancip. Untuk membedakan Alphard Hybrid dengan model biasa bisa terlihat dari emblem khas Alphard berwarna biru terang. Sedangkan untuk model biasa hanya menggunakan emblem berwarna hitam.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Eksterior Samping

tampilan samping Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih 
Eksterior samping Toyota Alphard Hybrid 2018

Spion dengan fitur auto folding sudah dilengkapi lampu sein. Sedangkan pada bagian samping dipercantik menggunakan emblem ‘hybrid’ yang eksklusif. Velg alloy menggunakan desain baru menjadi perubahan yang paling terlihat dari eksterior samping Toyota Alphard Hybrid 2018. Namun untuk versi Hybrid, velg yang digunakan lebih kecil, yaitu 17 inci. Bandingkan dengan versi standar yang mendapatkan velg 18 inci.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Eksterior Belakang

tampilan belakang Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih 
Eksterior belakang Toyota Alphard Hybrid 2018

Lampu belakang dibuat lebih kotak serta wiper belakang bisa terlihat di bawah rear upper spoiler. Pada bumper bawah terdapat reflektor dengan sensor parkir empat titik. Ada rear defogger untuk membantu Anda selama berkendara di musim hujan. Satu-satunya yang membedakan mobil ini dengan varian lainnya yaitu emblem Toyota berwarna biru dan tulisan “E-Four” pada eksterior belakang di sebelah kanan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Alphard 2018

Perpaduan material soft touch ditambah beberapa aksen kayu dan chrome pada interior Toyota Alphard Hybrid 2018 mengukuhkan kesan mewahnya. Tampilannya cukup mengesankan walaupun tidak memiliki banyak perubahan dibandingkan sebelum facelift.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Dashboard

dashboard Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna hitam 
Desain dashboard Toyota Alphard Hybrid 2018

Tidak banyak perubahan yang diberikan pada bagian dashboard Toyota Alphard Hybrid 2018 dibandingkan edisi sebelumnya. Masih mengandalkan nuansa gelap dipadu aksen chrome serta panel kayu yang terhubung dengan kontrol tengah. Head unit dilengkapi layar sentuh lalu diikuti berbagai tombol pengaturan, seperti kenop untuk AC di bagian bawah. Menariknya, pada dashboard bagian kanan terdapat ruang penyimpanan beserta card holder yang ditutupi dengan penutup beraksen kayu.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Setir

Setir multi-fungsi masih menghiasi genggaman Anda ketika membawa mobil ini. Untuk varian hybrid ini, sayangnya setir masih belum semuanya tertutupi kulit, hanya pada sisi pegangan tangan. Sedangkan bagian atas dan bawah dihiasi aksen kayu. Namun Anda sudah mendapatkan fitur Tilt & Telescoping untuk posisi berkendara yang lebih maksimal

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Kursi

Pengaturan kursi depan yang elektrik juga sudah mendapatkan tiga slot memori untuk memudahkan Anda menyimpan pengaturan posisi berkendara yang nyaman. Untuk pengemudi dan penumpang depan sudah disediakan armrest yang bisa dibuka di kedua sisi. Ketika dibuka, Anda bisa menemukan power outlet serta pengisian daya wireless.

kursi Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna beige
Kursi captain seat milik Toyota Alphard Hybrid 2018

Jok captain seat untuk penumpang di belakang, serta disediakan hand grip yang panjang pada pintu dengan aksen chrome untuk memudahkan Anda masuk ke dalam mobil. Di bagian belakang kursi depan juga dilengkapi hand grip, serta backseat pocket untuk penumpang di baris kedua. Menggunakan penggerak empat roda, lantai di bagian belakang dijaga tetap rata untuk memaksimalkan kenyamanan Anda.

Kemewahan Alphard pun bisa Anda rasakan hingga baris ketiga. Di sisi samping masih dijejali panel berlapis kulit, aksen chrome dan sedikit panel kayu. Jika sebagian besar kursi di baris ketiga hanya memiliki dua headrest, Alphard memberikan tiga headrest agar tiga penumpang bisa berkendara dengan nyaman. Kelengkapannya bahkan sampai gorden dan tirai manual pada baris kedua.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Bagasi

Ada banyak kompartemen penyimpanan yang tersebar di seluruh kabin mobil. Beberapa penyimpanan maupun cup holder ditutup oleh aksen kayu, seperti pada bagian samping dashboard atau pada konsol tengah di sebelah transmisi. Ada lampu bagasi, meskipun belum LED. Tapi ruang bagasi di belakang tidak cukup besar karena memberikan ruang untuk penumpang di baris ketiga. Ingin menambah ruang penyimpanan, Anda bisa melipat kursi baris ketiga menggunakan pembagian 50:50.

>>> Dapatkan juga review Toyota lainnya di sini:

Fitur Toyota Alphard 2018

Untuk mobil premium, Anda akan disuguhkan berbagai kemewahan kelas VIP dari Toyota. Baik pengemudi maupun penumpang di depan sudah mendapatkan heater pada kursi. Pengaturan AC Triple Zone dimana penumpang di baris belakang bisa memiliki suhu yang berbeda dengan penumpang di depan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kenyamanan penumpang menjadi prioritas mobil ini. Maka dari itu Anda bisa menemukan berbagai kompartemen penyimpanan di konsol tengah untuk penumpang baris kedua. Ada roof monitor yang memiliki lampu sendiri untuk menemani Anda selama berkendara. Mobil ini juga sudah dilengkapi panoramic sunroof untuk menegaskan kemewahannya.

fitur sensor parkir dari Toyota Alphard Hybrid 2018  
Fitur baru sensor parkir milik Toyota Alphard Hybrid 2018

Alphard pun mendapatkan berbagai kelebihan mobil premium Toyota, seperti power sliding door. Karena mobil ini merupakan mobil hybrid, Toyota juga memberikan suara artificial ketika berkendara dalam kecepatan lambat menggunakan motor listrik. Walaupun audio yang digunakan masih belum premium, seperti yang digunakan pada varian Executive Lounge.

Perbedaan yang didapatkan oleh varian Hybrid, serta Alphard 2.5 G, 3.5 Q, dan Vellfire 2.5 G adalah fitur tambahan berupa Blind Spot Monitor yang akan mempermudah Anda menambah luas pandangan, khususnya di area blind spot ketika berkendara. Selebihnya, fitur lainnya sama persis seperti semua varian Alphard yang dipasarkan di Tanah Air.

Dengan harganya yang cukup tinggi, tak heran jika Toyota memberikan sistem keamanan yang cukup banyak bagi mobil ini. Fitur keamanan yang Anda dapatkan seperti Immobilizer, Keyless Entry dan Start/Stop Button, serta sistem alarm.

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Fitur Keselamatan Aktif

Alphard mendapatkan penghargaan atas faktor keselamatan sebagai MPV yang aman dan menjamin perlindungan pejalan kaki dari Japan NCAP. Hal ini dikarenakan Alphard sudah dilengkapi Body Structure to Help Reduce Injury to Pedestrians. Fitur keselamatan aktif lainnya seperti Omni-Directional Compatibility Body Structure, Vehicle Stability Control, Clearance & Back Sonars, Airbags, serta sistem pengereman Anti-lock Brake System.

>>> Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

Operasi Toyota Alphard 2018

Sejak pertama kali diperkenalkan, Alphard Hybrid dapat menghasilkan daya hingga 1.500 watt dan dilengkapi dengan outlet listrik AC 100 volt yang mampu memberikan daya lebih bagi peralatan elektronik Anda. Artinya, ketika berkendara di dalam mobil ini Anda bisa mengisi daya untuk laptop atau lampu darurat.

Di Indonesia, mesin Toyota Alphard Hybrid 2018 menggunakan tipe 2AR-FXE, 4-silinder segaris 16 katup DOHC, Chain Drive berkapasitas 2,5 liter. Mesin ini telah mendapatkan teknologi Dual VVT-i, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 ps serta torsi maksimal 206 Nm. Dua buah motor listrik digunakan untuk menggerakkan roda depan dan belakang.

mesin Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih

Mesin Toyota Alphard Hybrid 2018

Pada roda depan, motor listriknya menghasilkan tenaga 143 ps dan torsi 269 Nm, sementara motor listrik di roda belakang dapat menghasilkan tenaga 68 ps dan torsi 139 Nm. Pengendaraan dipadukan transmisi CVT with rear shaft yg diklaim mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar mencapai 25 km/liter.

Sedikit gambaran tentang cara kerja mesin hybrid dari Alphard Hybrid yaitu menggunakan teknologi “by-wire” yang memonitor tekanan pedal rem dan kecepatan kendaraan untuk menghitung tekanan hidrolik yang optimal. By-wire bekerja menggunakan sistem E-Four AWD untuk memaksimalkan pengumpulan energi kinetik dari pengereman dan dikonversikan menjadi tenaga listrik.

>>> Cintamobil TV: Perbedaan Fitur Toyota Calya G AT 2019 dengan 2016

Spesifikasi Toyota Alphard 2018

Tak banyak perubahan spesifikasi Toyota Alphard Hybrid 2018 dibandingkan varian lain dalam versi facelift kali ini. Untuk data lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Dimensi Toyota Alphard Hybrid 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.915 x 1.850 x 1.895 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Jarak Pijak Depan

1.600 mm

Jarak Pijak Belakang

1.595 mm

Ground Clearance

160 mm

Mesin Toyota Alphard Hybrid 2018

Tipe Mesin

2AR-FE, V Type 4 Cylinders, in-line, 16-valve, DOHC, Chain Drive with VVT-i

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Tenaga Maksimum

150 ps @ 5.700 rpm

Torsi Maksimum

206 Nm @ 4.400 – 4.800 rpm

Motor Listrik

Depan: 143 ps – 269 Nm

Belakang: 68 ps, 139 Nm

Transmisi

CVT with rear shaft

Efisiensi Bahan Bakar

25 km/liter

Kaki-Kaki Toyota Alphard Hybrid 2018

Suspensi Depan

McPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Rem Depan/Belakang

Ventilated Discs

Ukuran Ban

225/60 R17

Daftar Harga Toyota Alphard 2018

Situs resmi Toyota Indonesia masih memajang versi pra-facelift dari mobil ini. Pembaruan bisa terlihat dari laman resmi Auto2000 yang sudah memasang versi facelift, walaupun belum mengungkapkan harga mobil ini. Dari berbagai sumber, harga Toyota Alphard Hybrid 2018 saat ini dibanderol mulai dari Rp1,4 miliar.

Masalah harga yang cukup mahal pun sudah dijelaskan oleh Anton Jimmy selaku Direktur Marketing PT Toyota Astra Indonesia. Namun dengan ditetapkannya Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, diharapkan harga mobil ramah lingkungan ini akan lebih murah. Karena harganya yang tinggi, penggemar mobil ini harus menunggu 3 bulan karena pemesanan mobil menggunakan sistem spot order.

Kesimpulan Toyota Alphard 2018

Perubahan dari facelift generasi ketiga memberikan tampilan yang lebih mewah dibandingkan pendahulunya. Dengan lebih banyak aksen chrome serta perubahan tampilan yang lebih segar untuk mobil ini, Toyota Alphard Hybrid 2018 bisa dibilang masih menjadi salah satu MPV premium kelas atas di Indonesia. Fitur yang diberikan cukup lengkap untuk kenyamanan dan keselamatan Anda selama di jalan.

tampilan baru Toyota Alphard Hybrid 2018 berwarna putih

Tampilan terbaru dari Toyota ALphard Hybrid 2018

Sayangnya, penjualan Alphard Hybrid yang menurun selama tahun 2019 terindikasi karena pemesanan mobil ini masih menggunakan sistem spot order. Anton Jimmy, menyebutkan Toyota baru memesan unit ke pabrik ketika ada permintaan dari pelanggan. Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, pemesanannya perlu menunggu hingga 3 bulan lebih.

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

13/11/2019

Editor rate:

Inilah varian terbaru dari Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross 2019 yang tak hanya menjadi penantang di kelas small MPV, namun juga langsung menantang kelas LSUV. Ia akan bersaing langsung dengan Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V.

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019: Varian 'Nanggung'?

14/10/2019

Editor rate:

Inilah salah satu model termurah dari Daihatsu Sigra terbaru dengan varian bermesin 1200 cc yang dilengkapi transmisi otomatis. Namun, ia hanya beda Rp 5,5 juta dari tipe dibawahnya dan beda 3 item saja. Lantas apakah mobil ini layak beli? Simak ulasan kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019

Lihat juga

Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?

22/02/2019

Editor rate:

Persaingan Low MPV tahun 2019 kian memanas dengan hadirnya Honda Mobilio 2019 baru dengan ubahan kosmetik dan fitur. Adanya ubahan ini juga membuat Honda Mobilio mengalami kenaikan harga. Lantas apa saja bedanya dengan model sebelumnya? Simaklah review Honda Mobilio 2019 dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Review Kia Grand Sedona Diesel 2018

22/11/2018

Editor rate:

Menyusul versi bensin diluncurkan dua tahun silam, PT Kia Mobil Indonesia meluncurkan Kia Grand Sedona Diesel.

Lihat juga