Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

06/04/2019
Ada dua varian Toyota Alphard produksi 2012 yang beredar di publik, yakni 3.5 dan 2.4. Varian mesin 2.4 menjadi pilihan paling bijak selain harganya yang lebih terjangkau, tetap nyaman dan fiturnya tidak kalah komplet. Agar tidak asal mewah, perhatikan tips lengkap beli Toyota Alphard 2012 bekas berikut ini.

Toyota Alphard merupakan premium MPV paling fenomenal diantara keduanya, versi 2.4 paling sukses di pasaran. Perbedaan paling jelas antara varian 2.4 dengan 3.5 adalah dari mesin yang digunakannya. Pada varian 2.4, Toyota membekali Alphard dengan mesin berkode 2AZ-FE berkapasitas 2.362 cc. Tenaga maksimum yang dihasulkan mencapai 170 dk dengan torsi puncak 224 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi canggih 7-percepatan Super Continous Variable Transmission-intelligent (Super CVT-i) menjadi andalan pada varian 2.4 ini.

Perbedaan Toyota Alphard 2.4 hanya pada mesin dan fitur

Secara tampilan eksterior nyaris tidak terlihat perbedaan antara varian 2.4 dengan 3.5

Meski memiliki bodi yang besar, ketika Anda berencana beli Toyota Alphard 2012 bekas ini mempunyai pengendalian yang ringan dan nyaman diajak bermanuver. Suspensinya pun terbilang empuk. Pada interiornya nuansa elegan dan mewah juga tetap terasa dan tidak berbeda jauh dengan varian 3.5. Perbedaan kecil adalah fitur pembuka bagasi yang tidak otomatis pada varian 2.4. Tetapi perbedaan harga yang jauh, bisa sekitar Rp 200 jutaan rasanya model 2.4 sudah cukup. Lantas apa saja yang harus diperiksa secara teknis dan non-teknis?

Teknis

Beberapa pemilik Toyota Alphard 2.4 ada yang mengeluh tenaganya terasa kurang pada putaran rendah. Solusinya adalah Anda harus menggunakan bahan bakar beroktan tinggi minimal sesuai rekomendasi pabrikan. Nah, ketika Anda akan beli Toyota Alphard 2012 bekas, cek pemilik sebelumnya apakah menggunakan bahan bakar beroktan diatas 90 atau tidak. Ini bisa dirasakan saat test drive.

>>> Baca juga: MPV Bergaya Station Wagon, Inilah Tips Lengkap Beli Honda Odyssey 2012 Bekas

Periksa fitur, mesin dan suspensi ketika melakukan test drive

Fitur yang dihadirkan cukup lengkap untuk varian 2.4, jangan lupa pastikan semua fitur berfungsi

Komponen kedua yang harus diperiksa adalah suspensi. Saat melintasi lubang, bantingan suspensi terasa lembut. Namun bila sudah termakan usia, umumnya suspensi terasa tidak normal seperti mengayun. Maka periksa sokbrekernya pakah masih dalam kondisi prima atau tidak sebelum Anda beli Toyota Alphard 2012 bekas ini.

Tidak kalah penting, periksa fitur sliding door otomatis. Apakah kinerjanya masih sehat atau mulus ketika membuka dan menutup. Memang saat motor listrik rusak, pintu masih bisa dibuka secara manual. Namun ketika Anda beli Toyota Alphard 2012 bekas ongkos memperbaiki sliding door otomatis tidaklah murah. Bila memang kondisinya rusak, maka harga bisa di negosiasikan dengan penjual.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Kabin luas menjadi keunggulan Toyota Alphard sebagai MPV mewah

Jangan lupa periksa interior mulai dari jok, dasbor hingga kolong mobil

Non-teknis

Sebagai layanan purna jual terbanyak di Indonesia, maka servis berkala sangatlah penting untuk mobil mewah ini. Cek buku servis berkala ke pemilik sebelumnya ketika Anda ingin beli Toyota Alphard 2012 bekas. Bila terlihat malas melakukan servis berkala akan ada efek jangka panjang yang membuat mobil tidak bekerja maksimal.

Hal non-teknis lainnya yang juga penting adalah interiornya. Warna interior Toyota Alphard produksi 2012 ke atas mempunyai warna lebih gelap tetapi periksa kondisi dasbor, jok dan plafon. Pastikan ketika beli Toyota Alphard 2012 bekas tidak ada noda membekas yang tidak bisa dihilangkan. Jangan lupa juga periksa kolong mobil pastikan tidak ada bekas makanan. Selamat mencari mobil impian Anda!

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain