Review Toyota Vellfire Z 2010: Bukan Saja Mewah Ala Konglomerat, Tapi Juga Pas Di Kantong

09/05/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Memang jika berbicara masalah mobil mewah, Vellfire harus dimasukkan ke dalam kategori tersebut, adik langsung dari Alphard. Bahkan, mobil satu ini sejatinya sudah bertebaran di tahun 2010 lewat jalur Importir Umum (IU), dengan kata lain masih belum dijual resmi oleh Toyota Astra Motor (TAM). Nah, di kesempatan kali ini, secara spesial, Cintamobil.com akan memberikan review Toyota Vellfire Z 2010.

PENGANTAR Toyota Vellfire 2010

Review Toyota Vellfire Z 2010 - Mengenal lebih dalam akan nama Vellfire, maknanya cenderung mendalam, kombinasi dari kata Velvet dan Fire. Ya, pihak Toyota sepertinya sangat berharap bahwa Vellfire bisa memberi kelembutan dan perasaan bergairah bagi pemiliknya.

Sebagai saudara kembar dari Toyota Alphard, Vellfire hadir di Tanah Air pada medio 2010 dan tidak dirilis secara resmi oleh TAM, melainkan lewat jalur importir. Kala itu, mobil mewah satu ini masih menggunakan mesin 2AZ-FE berkapasitas 2.400 cc saja. Sedangkan dari segi pilihan, tersedia beberapa varian yang dapat dipilih meliputi tipe X, Z, ZA dan ZG.

Toyota Vellfire Z 2010 hadir dengan segenap fitur menghibur

Toyota Vellfire Z 2010 yang hendak dibahas lebih mendalam kali ini

Untuk artikel kali ini, Cintamobil.com akan lebih membahas tentang Toyota Vellfire Z yang kami dapatkan dari Showroom KW Motor. DIY  Mengapa begitu, apa spesial-nya? Hmmm, jika boleh jujur, tipe satu ini terbilang khusus karena hadir dengan dua tambahan pilihan yakni Z Audioless dan Z Platinum Full Option. Selain karena alasan tersebut, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur super lengkap loh sobat. Cocok untuk Anda yang ingin mejeng di area perkotaan. Untuk lebih jauh, mari kita simak dalam review Toyota Vellfire Z 2010.

EKSTERIOR Toyota Vellfire 2010

Seperti biasanya, penilaian kami akan diawali tentang bagaimana tampilan eksterior Toyota Vellfire Z 2010. Secara desain, Toyota tampaknya sukses memberi garis pembeda yang tegas antara Vellfire dengan Alphard. Vellfire terlihat lebih stylish serta lebih ergonomis, menurut kami. Dengan harga yang lebih terjangkau daripada Alphard, jujur kami sudah sangat menyukai desain Vellfire, terasa sukses menyiratkan pesan kemewahan dan kesuksesan dari pemiliknya.

Review Toyota Vellfire Z 2010: Eksterior Depan

Mengamati sisi depannya, Anda akan disuguhkan sebuah Grille berlapis krom dengan ukuran besar. Hal ini sepertinya memang sengaja dirancang supaya tampil Eye-Catching, mudah menangkap perhatian masyarakat perkotaan.

Eksterior Depan Toyota Vellfire Z 2010 dikemas dengan sensasi mewah

Wajah depan Toyota Vellife Z 2010 masih kental akan nuansa mewah dan sukses menyampaikan jati diri pemiliknya

Sektor lampu sendiri sudah dilengkapi lampu utama dengan desain dua tingkat, terlihat sedikit aneh namun terasa sangat ideal ketika disandingkan dengan Grille-nya. Bahkan bisa dibilang, desain semacam ini menjadi ciri khas Toyota Vellfire dan sekaligus pembeda dengan Alphard. Adapun urusan pencahayaan juga sudah ditunjang lampu kabut yang tersemat pada dua ujung bemper depan.

Review Toyota Vellfire Z 2010: Eksterior Samping

Mungkin bagi sebagian orang, pintu geser atau Sliding Door sudah tak lagi diminati. Namun jangan salah, nyatanya Toyota terus-menerus membuat masyarakat untuk menyukai Sliding Door. Hal ini bisa dilihat dari model-model layaknya Alphard, Vellfire, bahkan Toyota Sienta, yang masih menerapkan pintu semacam ini. Menariknya, Toyota Vellfire Z yang dibahas kali ini, juga sudah mendukung fitur praktis tersebut.

Eksterior Samping Toyota Vellfire Z 2010 hadir dengan pintu geser serta pelek berdesain sporty

Sisi bodi sampingnya dibalut dengan alur yang aerodinamis

Di sisi lain, model satu ini juga sudah hadir dengan fitur menarik seperti kaca spion yang terintegrasi lampu sein. Meski mobil ini keluaran ‘jadul’ tapi fitur kekinian juga sudah dihadirkan sobat. Sedangkan untuk urusan ban, mobil ini menerapkan pelek berukuran 18 inci yang terlihat proporsional dengan bodi bongsornya.

Review Toyota Vellfire Z 2010: Eksterior Belakang

Sisi belakangnya sendiri juga sudah dilengkapi lampu berdesain dua tingkat, mirip desain lampu depan. Bukan saja, memikat dari segi desain namun juga fungsional dalam menyajikan pencahayaan selama proses parkir. Di lain sisi, kami juga hendak mengingatkan bahwa pintu bagasi di belakang menerapkan mode bukaan secara vertikal dan dilengkapi fitur Power Back Door. Sebagai tambahan saja, fitur ini mempermudah Anda dalam membuka pintu bagasi, tak perlu menggunakan banyak tenaga hanya bermodalkan satu sentuhan lembut maka pintu bagasi terbuka. Ya, sejalan dengan nama yang diusungnya, Velvet dan Fire.

Eksterior belakang Toyota Vellfire Z 2010 dilengkapi dengan aroma desain yang modern

Sektor buritan dikemas dengan lampu berdesain modern dan siap memberi fungsi pencahayaan yang cukup

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Vellfire 2010

Seperti yang dijelaskan pada segmen pengantar, ruang interior Toyota Vellfire Z 2010 terbagi menjadi dua pilihan tipe yakni Z Audioless dan Z Platinum Full Option. Tipe Audioless tidak menghadirkan kelengkapan seperti TV maupun kamera. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan lebih istimewa, tipe Platinum Full Option bisa menjadi pilihan.

Review Toyota Vellfire Z 2010: Dashboard dan Setir

Tampilan dashboard-nya terbilang cukup menunjang untuk dikategorikan sebagai mobil mewah. Ya, beberapa hal dikemas dengan sangat rapi, memperhatikan unsur ergonomis bagi sang pengendara. Inilah salah satu kelebihan dari Toyota yang mana postur tubuh orang Jepang dan Asia tak begitu jauh berbeda. Sehingga, jarak jangkauan tangan pengendara ke panel Head Unit tak jauh dan mudah mengoperasikan audio.

Dashboard Toyota Vellfire Z 2010 dikemas apik dengan fitur fitur lengkap

Dashboard-nya dibalut dengan aksen kayu yang menguatkan kesan Premium nan klasik

Di sisi lainnya, kami juga menyukai desain setir yang masih berbau klasik dan sangat nyaman digenggam. Panel informasi pun sudah tersampaikan dengan jelas, mulai dari sisa bahan bakar, tingkat RPM hingga kecepatan yang ditempuh. Semua hal sudah dikemas apik menurut kami, sesuai dengan tren fitur di medio 2010.

Review Toyota Vellfire Z 2010: Kursi

Hal yang paling disukai oleh banyak orang terhadap Toyota Vellfire Z 2010 sejatinya terletak pada kenyamanan dari kursinya. Mengapa begitu? Pertama, kursinya sudah dibalut mewah berbahan kulit yang tentu saja memberi kesan Premium bagi seluruh penumpangnya. Kedua, permasalahan model kursi Captain Seat pada baris kedua, lengkap dengan Arm Rest dan fitur spesial lainnya. Terakhir adalah daya angkut hingga tujuh  orang. Bisa dibayangkan, Anda bisa membawa satu kru keluarga lengkap kemanapun, dengan esensi berkendara mewah.

Kursi Toyota Vellfire Z 2010 mampu menampung 7 hingga 8 orang

Kursi Vellfire Z juga hadir dengan model Captain Seat pada bangku kedua

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Toyota Vellfire 2010

Tentu dalam membeli sebuah kendaraan, aspek fitur juga harus dipertimbangkan lebih lanjut. Sama halnya dengan fitur Toyota Vellfire Z 2010. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh mobil mewah ini?

Tentu dari segi hiburan, kami lebih merekomendasikan Toyota Vellfire Z Platinum Full Option mengingat hadirnya audio super duper megah. Bayangkan saja, speaker yang digunakan untuk menghasilkan suara jernih dari lagu favorit Anda, berjumlah 18 buah. Menggelegar dan bahkan model ini bisa dikategorikan sebagai mobil dengan kualitas audio terbaik.

Setir Toyota Vellfire Z 2010 juga hadir dengan tombol multifungsi

Menariknya, audio juga bisa diatur praktis lewat tombol pada setir

Adapun tipe paling khusus ini juga dipersenjatai dengan dua buah TV yang disematkan pada kursi belakang. Dengan hal ini, tentu penumpang dapat menikmati sajian video selama perjalanan berlangsung. Kurang mewah apalagi mobil ini, sobat?

Hal tak luput dari pantauan kami juga terletak pada fitur Sunroof yang disematkan pada sisi atap. Sembari menikmati perjalanan, penumpang dapat menikmati pemandangan alam dari atap kabinnya. Di sisi lain, hal-hal semacam ini juga menjadi tren pada akun-akun YouTuber ternama, mengendarai mobil dengan sinar terang matahari. Sehingga, memberi penerangan cukup untuk kegiatan foto ataupun melakukan video. Untuk update status di Facebook dan Instagram, tatanan kabin semacam ini sudah sangat mendukung dan terasa kekinian.

>>> Bandingkan juga dengan mobil-mobil MPV yang tak kalah menarik lainnya

OPERASI Toyota Vellfire 2010

Mobil mewah ini juga dilengkapi dengan tingkat kekedapan kabin yang nyaris sempurna. Operasi mesin Toyota Vellfire Z 2010 yang menggunakan kapasitas 2.494 cc, tak terdengar dari dalam kabin. Hal ini sejalan dengan tema mewah yang diusungnya, menyenangkan sekali berkendara sambil mengoperasikan musik dengannya.

Untuk urusan jantung pacu, mobil berbodi besar ini menggunakan mesin dengan daya maksimum 177 dk setara 6.000 Rpm dan torsi puncak sebesar 234 Nm pada putaran 4.100 Rpm. Adapun transmisinya terasa sangat mulus berkat penggunaan konfigurasi Super ECT 6 tingkat percepatan otomatis. Selain sensasi berkendara yang sangat nyaman, transmisi ini juga diklaim memberi performa mesin irit bahan bakar.

Mesin Toyota Vellfire Z 2010 mampu menghasilkan daya hingga 177 dk

Performa mesinnya menggunakan kapasitas 2.494 cc

Namun, perlu menjadi catatan, Toyota Vellfire besutan importir umum ini memiliki berbagai keluhan terkait masalah setir yang kerap kali berbunyi aneh. Tak perlu khawatir berlebih, mengingat mobil ini adalah bentukan asli dari Jepang yang memiliki konfigurasi untuk kondisi jalan di negeri Sakura tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengunjungi diler terdekat untuk mengganti beberapa Parts supaya tak ada lagi suara saat memainkan setirnya.

>>> Menyukai mobil-mobil Toyota? Simak ulasan dari model Toyota selengkapnya di sini

spesifikasi Toyota Vellfire 2010

Supaya Anda semakin mengenali sosoknya dari segi teknis, berikut Cintamobil.com memberikan informasi tentang spesifikasi Toyota Vellfire Z 2010.

SPESIFIKASI TOYOTA VELLFIRE Z 2010

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.5 Liter 2AR-FE 4 Silinder Segaris DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Daya Maksimum

177 dk / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

234 Nm / 4.100 Rpm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Otomatis Super ECT

Mode Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

75 Liter

kelebihan & kekurangan Toyota Vellfire 2010

Segmen yang paling ditunggu-tunggu yakni kelebihan dan kekurangan Toyota Vellfire Z 2010. Sebelum memutuskan untuk membelinya, ada baiknya Anda mengamati opini Cintamobil.com di bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Vellfire sudah terekam di benak banyak orang sebagai mobil mewah yang mampu menggambarkan kesuksesan pemiliknya

Karena didapatkan dari importir langsung dari Jepang, mobil ini memiliki konfigurasi setir berbeda dan sering berbunyi menghadapi kondisi jalanan di Indonesia

Penumpang di baris kedua dan ketiga dikemas sangat nyaman, nyaris tidak ada guncangan berarti serta dibekali berbagai fitur hiburan menarik

Banyak pengguna mengeluhkan masalah Keyless, namun bisa diatasi dengan menempelkannya di kaca belakang kanan

Performa mesinnya terbilang mengesankan, Anda tak akan menyadari bahwa sedang mengendarai mobil berukuran besar

Masih banyak orang menganggap, orang yang duduk di kursi pengendara adalah supir dan pemiliknya duduk di kursi baris kedua atau ketiga

daftar harga Toyota Vellfire 2010

Karena mobil ini sudah tergolong jadul dan bahkan generasi ketiganya sudah meluncur, maka harganya kini dijual cukup terjangkau. Bahkan nyaris 50% dari harga jual barunya di medio tahun 2010. Berikut daftar harga Toyota Vellfire Z 2010.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA VELLFIRE BEKAS

Toyota Vellfire Z 2010

Rp, 288 jutaan – Rp. 450 jutaan

>>> Klik di sini untuk informasi harga lengkap Toyota Vellfire bekas tahun 2010

Video Toyota Vellfire 2010

KESIMPULAN Toyota Vellfire 2010

Kebanyakan orang akan menganggap Anda adalah orang yang sukses ketika sudah memiliki Alphard atau Vellfire. Ya, itulah esensi karismatik yang diusung oleh mobil ini. Di sisi lain, mobil ini bukan hadir dengan mengutamakan segi desain saja tapi juga menawarkan masalah kenyamanan luar biasa. Bahkan untuk jenis kenyamanan yang ditawarkan oleh Toyota Vellfire, nyaris tidak ada pesaing berarti yang bisa menyamainya. Bagi Anda yang punya dana cukup untuk membawanya pulang ke garasi rumah, Toyota Vellfire Z 2010 bisa Anda dapatkan di diler kepercayaan Cintamobil.com yakni KW Motor YK yang beralamat di Jl. Magelang Km 5.5, Kabupaten Sleman, DKI Yogyakarta. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa juga menghubungi diler tersebut di nomor 081227771188.

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil