Review Toyota Alphard 2018 Facelift, Varian Teranyar Dari Alphard

30/04/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Sebagai salah satu produk unggulan Toyota, Alphard merupakan mobil MPV mewah yang menguasai pasar inisejak pertama kali diluncurkan. Untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi penggunanya, Toyota meluncurkan versi facelift Toyota Alphard 2018 dengan beberapa peningkatan di bagian eksteriornya. Tampilannya yang mewah dengan dimensi besar membuat mobil ini semakin terlihat gagah utuk seri terbarunya ini. Berikut ini adalah review Toyota Alphard 2018 yang baru saja diluncurkan di awal tahun 2018.

PENGANTAR Toyota Alphard 2018

Review Toyota Alphard 2018 - Dengan mengusung konsep mobil mewah dan nyaman, Toyota Alphard menjadi salah satu mobil MPVmewha dengan angka pejualan yang cukup tinggi sejak pertama kali muncul di tahun 2002. Ukurannya yang besar dengan interior yang mewah menjadikan mobil ini sebagai mobil standar bagi kalangan menengah atas di Indonesia. Memang tidak bisa dipungkiri, dengan seluruh fitur dan kenyamanan yang ditawarkan, harga mobil ini tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dengan harga diatas 1 miliar rupiah untuk sebuah mobil Alphard terbaru, mobil ini benar-benar dikhususkan untuk orang-orang tertentu saja. Di tahun 2018 ini, Alphard mendapatkan sedikit facelift di bagian eksteriornya dan menjadi nampak lebih elegan dan mewah dibandingkan sebelumnya. Berikut ini adalah review Toyota Alphard 2018.

EKSTERIOR Toyota Alphard 2018

  • Desain Semakin Elegan dan Berkelas

Tampilan baru mobil Toyota Alphard 2018 berwarna putih

Desain baru mobil Toyota Alphard 2018

Untuk menegaskan kelasnya sebagai salah satu mobil MPV mewah di Indonesia, Alphard selalu hadir dengan berbagai macam kemewahan di bagian luar dan dalam mobil. Perubahan yang cukup terlihat untuk versi facelift dari Alphard 2018 terdapat di bagian wajah mobil yang lebih elegan dibandingkan sebelu facelift. Bagian lainnya yang mendapatkan sedikit pembaruan adalah di bagian velg yang lebih tegas serta di bagian chrome di belakang mobil ini yang tampil lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya. Tetapi, secara keseluruhan kemungkinan Anda tidak akan terlalu melihat perubahan-perubahan tersebut kecuali Anda memang seorang fanatik untuk mobil mewah ini.

  • Desain bagian depan

Grill bagian depan mobil Toyota Alphard 2018

Grill depan lebih dinamis

Bagian grill di edisi terbarunya ini bisa dibilang lebih dinamis dibandigkan dengan seri sebelumnya. Penggunaan grillnya yang besar kali ini sudah sangat menyatu dengan bagian headlamp yang dibuat lebih dinamis. Perubahan ini membuat Alphard 208 terlihat lebih gagah dan enak untuk dilihat.

  • Desain bagian samping

Sisi samping mobil Toyota Alphard 2018 berwarna silver

Sisi samping terlihat besar

Di bagian samping, tidak ada perubahan signifikan yang bisa terlihat. Bentuk mobil yang cukup boxy dengan dimensi besar sama sekali tidak berubah dengan versi pendahulunya. Perbedaan yang bisa terlihat hanya berada di bagian velg yang sekarang nampak lebih tegas.

  • Desain Bagian belakang

  ​Sisi belakang mobil Toyota Alphard 2018 berwarna silver

Sisi belakang dengan palang chrome

Untuk bagian belakang, perubahan yang cukup terlihat adalah penggunaan palang chrome yang lebih memakan banyak ruang. Hal ini mebuat mobil ini terlihat ebih mewah dibandingkan sebelumnya. Sementara desain dari rear lamp mobil ini masih nampak serupa dnegan versi sebelum faceliftnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Alphard 2018

  • Ruang Mewah

Ruang kasin meah dari mobil Toyota Alphard 2018

Interior tidak ada perubahan signifikan

Di bagian interior, bisa dibilang sama sekali tidak ada perubahan signifikan untuk versi ketiga facelift dengan pre-facelift. Setiap detail dari mobil ini sudah menggunakan material kulit yang mewah dan nyaman. Untuk bagian hiburan juga sudahtersedia lengkap dengan berbagai fitur canggih seperti heated seat dan monitor di dalam ruangan kabin. Tetapi, ini semua sudah ada di versi sebelumnya jadi bukan sebuah hal yang cukup mengejutkan lagi.  

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Alphard 2018 dengan memakai kayu dalam desainnya

Dashboard memakai bahan soft touch

Untuk bagian dashboard, mobil ini menggunakan desain yang cukup elegan dengan menggunakan bahan soft touch dan kulit di bagian konsol tengah ditambah lapisan wood panel agar nampak semakin mewah.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil Toyota Alphard 2018

Setir sudah dilapisi dengan memakai lapian kulit

Untuk bagin setir sudah dilapisi dengan menggunakan lapisan kulit yang pastinya akan sangat nyaman ketika digenggam pengemudi. Setir ini juga sudah dilengkapi audio steering switch.

  • Desain kursi

Gambar kursi belakang mobil Toyota Alphard 2018 dengan jok berwarna hitam

Kursi canggih dan nyaman

Kursi mobil ini sangat canggih dan juga nyaman untuk digunakan. engan pengaturan kursi elektrik akan membuat Anda semakin mudah untuk menentukan tingkat kenyamanan ketika berkendara. Kelebihan lainnya kursi ini sudah diengkapi dengan mode penghangat dua level agar Anda semakin nyaman ketika berada di kursi penumpang.

  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil Toyota Alphard 2018 cukup luas untuk sebuah mobil MPV

Ruang bagasi Toyota Alphard 2018

Ruang bagasi mobil ini tidak terlalu besar tetapi dapat mudah ditambah dengan melipat kursi di baris ketiga.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Toyota Alphard 2018

Kita lanjutkan review Toyota Alphard 2018 dengan membahas fitur. Dari sisi fitur Toyota Alphard 2018 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Sebagai sebuah mobil mewah, Toyota Alphaard 2018 tentunya sudah menyediakan berbagai macam fitur keselamatan yang sangat cukup bagi penumpangnya. Mobil ini sudah dibekali dengan 7 buah safety airbag untuk seluruh penumpang di dalamnya.

Sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, Kamera Parkir, 3 Point Seatbelt dan berbagai fitur lainnya sudah ada di mobil ini.

  • Fitur hiburan

Untku bagian hiburan, mobil ini menggunakan headunit 2Din yang sudah bsia tekoneksi dengan smartphone dengan mudah. Selain itu, di bagian tengah terdapat sebuah layar monitor agar penumpang di baris kedua bisa nyaman menonton berbagai jenis hiburan dari DVD ataupun USB.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Toyota lainnya

OPERASI Toyota Alphard 2018

Gambar bagian mesin mobil Toyota Alphard 2018

Bagian mesin mobil Toyota Alphard 2018

Mobil ini menggunakan dua jenis mesin utuk varian yang berbeda. Untuk varian 2.5G dan 2.5X, Alphard ibekali dengan mesin 2AR-FE dengan kapasitas silinder 2.494 cc, Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 180 PS dengan torsi maksimal hingga 23.9 Nm. Sementara untuk varian tertinggi yaitu varian 3.5Q, Alphard menggunakan mesin 2GR-FE debgan kapasitas silinder sebesar 3.456 cc, Dual VVTi. Mesin ini memiliki tenaga maksimal hingga 275 PS dan torsi maksimalnya sebesar 34.7 Nm.

Dengan menggunakan sistem percepatan CVT, perpindahan gigi di mobil ini memang akan sangat terasa halus. Hal ini memang wajar untuk menjaga tingkat kenyamanan penumpang di baris kedua agar semakin maksimal. Di bagian kaki-kakinya, Toyota Alphard 2018 mengandalkan sistem suspensi McPherson Strut dan juga Double Wishbone. Untuk bagian velg, mobil ini menggunakan velg berukuran 18 inci untuk mengimbangi body mobil ini yang sangat besar.  

>>> Lihatlah produk mobil Toyota lain dijual dengan banyak promosi di sini

spesifikasi Toyota Alphard 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Alphard  2018

Spesifikasi Toyota Alphard 2018

2.5 G A/T & 2.5 X A/T

3.5 Q A/T

Mesin

Seri Mesin

2AR-FE

2GR-FE

Tipe Mesin

2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i

2GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i

Isi Silinder (Cc)

2,494

3,456

Diameter X Langkah (Mm)

90.0 x 98.0

94.0 x 83.0

Daya Maksimum (Ps/Rpm)

180/6,000

275/6,200

Torsi Maksimum

23.9/4,100 (Kgm/Rpm)

34.7 / 4,700

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Kapasitas Tangki (Liter)

75

Dimensi

Panjang

4915

Lebar

1850

Tinggi

1895

Jarak Poros Roda

3000

Jarak Pijak Depan

1575

Jarak Pijak Belakang

1570

Jarak Terendah

160

Kaki-Kaki

Transmisi

CVT

6 Speed A/T Sequential

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Steering Gear

Rack and Pinion with EPS

Ukuran Ban

235/50/R18

kelebihan & kekurangan Toyota Alphard 2018

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Alphard 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior semakin dinamis

Harga naik drastis dibandingkan dengan versi sebelumnya

Fitur dan interior mewah

Perubahan eksterior dan interior tidak terlalu banyak

Harga jual kembali tidak terlalu jatuh

 

daftar harga Toyota Alphard 2018

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Alphard 2018 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Harga Toyota Alphard

Tipe

Harga

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Rp925.200.000

Toyota Alphard 2.5 G A/T

Rp1.079.000.000

Toyota Alphard 3.5 Q A/T

Rp1.733.400.000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

Video Toyota Alphard 2018

KESIMPULAN Toyota Alphard 2018

Sebagai sebuah mobil MPV mewah, Toyota Alphard memang memberikan berbagai macam fitur yang sangat nyaman dan mewah bagi penggunanya. Sayangnya, untuk versi facelift 2018 ini, Toyota Alphard hanya menampilkan sedikit perubahan di bagian eksteriornya. Untuk bagian dalamnya sendiri, mobil ini tidak terlalu jauh berbeda dengan generasi tiga versi tahun 2012-2017.

Kekurangan yang dirasakan untuk mobil ini terdapat pada harganya yang melonjak cukup tajam bila dibandingkan dengan versi tahun 2017. Padahal perubahan dari mobil ini sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bila Anda mencari mobil ini tetapi tidak terlalu asalah dengan tampilan eksterior, tidak ada salahnya untuk membeli Alphard versi sebelumnya karena memang tidak jauh berbeda dari segi fungsionalitas.  

Ryan Sugandy
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Komentar

Sisa 1000 karakter

REVIEW LAIN

Cari review mobil