Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019

02/10/2018
editor rate: 4,8 user rate: 4,0
Sporty Utility Vehicle (SUV) VinFast diluncurkan di acara Paris Motor Show 2018. Berdiri sebagai mobil otomotif nasional Vietnam, SUV VinFast dipersenjatai teknologi canggih Jerman. Siapkah VinFast bertandang dengan Brand otomotif ternama lainnya? Simak jawabannya dalam review SUV VinFast LUX SA2.0.

PENGANTAR Vinfast LUX SA2.0 2019

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019 - Perusahaan otomotif Vietnam, VinFast, banyak dibicarakan akhir-akhir ini di beberapa jejaring media sosial Asia. Benar saja, VinFast telah dibentuk dengan segala persiapan yang cukup matang. Pabrikan utamanya yang terletak di Hai Pong sudah dibangun sejak tahun 2015 lalu. Menargetkan angka produksi di kisaran 100.000 hingga 200.000 unit kendaraan per tahunnya.

Foto Teaser SUV VinFast dirilis beberapa bulan lalu

Beberapa bulan lalu, VinFast mengeluarkan foto Teaser akan produk SUV terbarunya

Meski berdiri sebagai New-Comer, VinFast tak bisa dipandang sebelah mata. Visi utamanya adalah menghadirkan kualitas produk dengan standarisasi Eropa. Demi melangsungkan upayanya ini, VinFast bekerja sama dengan pabrikan Jerman baik dalam hal teknologi dan mesin unggulan dari Brand ternama, BMW. Tentu sebagai salah satu negara berkembang, Vietnam nampak sangat gigih mengibarkan benderanya di kancah internasional lewat hadirnya VinFast. Tersedia dua model yang akan diluncurkan yakni sedan dan SUV. Namun, di kesempatan kali, Cintamobil.com hendak melakukan review SUV VinFast LUX SA2.0 2019.

EKSTERIOR Vinfast LUX SA2.0 2019

Jika dilihat dari segi dimensi, eksterior SUV VinFast LUX SA2.0 2019 memiliki ukuran yang sepadan dengan BMW X-5. Desainnya juga dirancang dengan siluet bodi maskulin, sport, berkarakter serta modern. Perlu diketahui juga, model SUV terbaru ini menerapkan hasil rancangan tangan artistik dari perusahaan ternama Italia yakni Pininfarina.

SUV VinFast tampil cukup anggun dengan segala kemewahannya lewat rancangan perusahaan Italia

Tampilan anggun dari SUV VinFast LUX SA2.0 dengan menggabungkan siluet bodi khas PininFarina Italia dan karakteristik Vietnam

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Eksterior Depan

Bahasa desain yang diterapkan sangat kental dengan nuansa mobil-mobil mewah Eropa. Meski begitu, sebagai mobil nasional Vietnam, VinFast juga dibekali identitas negara asalnya. Hal ini bisa kita amati pada sisi Front Grille mengusung dua logo V yang dimaknai sebagai Vietnam dan VinFast. Setidaknya, mulai detik peluncurannya nanti, masyarakat internasional bisa menangkap identitas baru dari logo VinFast sebagai perusahaan otomotif ternama asal Vietnam.

Eksterior depan SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menerapkan logo Double V pada Front Grille-nya

Eksterior depan SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menerapkan logo desain Double V

Adapun jika diamati dari sisi pencahayaan, SUV VinFast menerapkan desain lampu menyipit yang disebut Holographic Lightning Fixture. Belum lagi, lampu utamanya sudah mendukung konfigurasi Full LED dan Daytime Running Light (DRL) sehingga pengendara bisa melaju dengan nyaman meski berada di area minim pencahayaan.

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Eksterior Samping

Jika mengamati dari sisi samping bodinya, nampak ukuran Wheelbase dirancang memanjang. Tentu hal ini memiliki alasannya tersendiri seperti halnya ruang kabin yang lebih luas, kesenyapan kabin serta menampilkan kesan anggun dari keseluruhan bodinya.

Eksterior samping SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menyuguhkan tampilan yang berkelas dengan siluet bodi maskulin khas SUV Eropa

Eksterior samping SUV VinFast LUX SA2.0 2019 mampu menyampaikan pesannya yang tampil anggun dan berkarakter

Sebagai penguat identitasnya sebagai SUV, VinFast menerapkan Fender berdesain pipih dengan Side Skirt pada bagian bawah pintu samping. Dipadu dengan Ground Clearance yang cukup tinggi, VinFast LUX SA2.0 2019 terlihat sukses menyampaikan bahasa desain maskulin dan memiliki karismatiknya sendiri.

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sisi belakang, tampilannya cukup berkarakter dengan beberapa tonjolan maskulin. Adapun hal paling menarik, nampak sisi lampu belakang terintegrasi dalam satu sapuan garis minimalis yang dihias apik dengan logo kebanggaan VinFast. Tampilan Tail Lights seperti ini nyatanya terlihat seragam dengan lampu depannya yang sama-sama menerapkan desain menyipit.

Eksterior belakang SUV VinFast LUX SA2.0 2019 tampil anggun dengan lampu Tail Lights yang tersambung menjadi satu sapuan garis

Eksterior belakang SUV VinFast LUX SA2.0 2019 tampil menarik dengan suguhan Tail Lights berdesain sipit

>>> Baca juga:

INTERIOR Vinfast LUX SA2.0 2019

Beranjak ke sisi interior SUV VinFast LUX SA2.0 2019 tampilannya terlihat futuristik dengan berbagai komponen canggih di dalamnya. Memang, nuansanya terlihat kental akan nuansa ala Eropa namun tetap mengusung ciri khas Vietnam di dalamnya.

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Dashboard

Menyisir lini dashboard, Anda akan disuguhkan beberapa aksen kayu berkualitas yang mampu memberi kesan elegan namun tetap sporty dan menawan, ditunjang oleh perpaduan warna hitam dan Beige.

Dashboard SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menyuguhkan berbagai fitur futuristik yang siap menghibur Anda

Dashboard SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menghadirkan atmosfer yang futuristik dipadu esensi elegan

Pada sisi tengah dashboard, terdapat fitur hiburan Head Unit berukuran 10,5 inci. Spesifikasi tersebut tentu kami menilainya cukup lebar untuk menghibur seluruh penumpang dalam kabinnya. Menariknya lagi, panel tersebut sudah mendukung format modern layaknya Apple CarPlay serta Android Auto. Tentu, lewat hadirnya format tersebut, pengendara menjadi lebih praktis dalam memutar musik favorit dari Gadget-nya.

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Setir

Merambah ke sisi setir, desainnya cukup elegan dengan sentuhan manis berbentuk mirip huruf V, mengikuti desain tiga palangnya. Pada sisi tengah juga sudah dilengkapi logo kebanggaan VinFast yang kami sebut sebelumnya dengan istilah pengusung identitas Vietnam.

Setir SUV VinFast LUX SA2.0 2019 dilengkapi dengan berbagai tombol praktis

Setir SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menyuguhkan desain yang elegan

Tersedia juga berbagai tombol praktis di kedua sisi sampingnya seperti pengaturan audio serta konektivitas. Hal yang paling memanjakan mata kami adalah ketika mengamati sisi panel Multi Information Display (MID) yang sudah berkonfigurasi Digital. Dapat dipastikan, Anda akan merasakan sensasi percaya diri ketika mengendarainya.

Review SUV VinFast LUX SA2.0 2019: Kursi

Perihal kursi, layaknya mobil SUV pada umumnya, VinFast LUX SA2.0 mampu mengangkut hingga tujuh orang sekaligus. Kapasitas tersebut tentunya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan layaknya keluarga, perkantoran dan sebagainya. Adapun jika melihat dari segi desain, kursinya sudah dibalut dengan material kulit berkualitas dan dihias apik dengan warna Beige.

Kursi SUV VinFast LUX SA2.0 2019 dibekali warna putih yang cukup elegan

Kursi SUV VinFast LUX SA2.0 2019 dibekali dengan ruang kaki yang cukup lega

>>> Artikel terkait:

FITUR Vinfast LUX SA2.0 2019

Lantas apa saja fitur VinFast LUX SA2.0 2019? Berdasarkan data yang berhasil kami himpun, VinFast mengklaim bahwa produk SUV-nya ini telah mendapatkan standarisasi bintang lima dari ASEAN NCAP. Sehingga dapat dipastikan segala fiturnya akan sangat menjamin keselamatan pengendara maupun pejalan kaki. Sejauh ini, kami baru menerima informasi terkait komponen rem Disc Brakes yang diaplikasikan di keempat rodanya, 330 mm pada sisi belakang dan 332 mm pada roda depan.

Fitur SUV VinFast LUX SA2.0 2019 dilengkapi perlengkapan keselamatan yang mumpuni

Fitur SUV VinFast LUX SA2.0 2019 dirancang dengan penuh ketelitian sehingga berhasil meraih Rating bintang lima dari ASEAN NCAP

Di sisi lain, jika menelaah dari perolehan rating bintang lima ASEAN NCAP sudah pasti SUV VinFast dipersenjatai dengan segala fitur keselamatan standar serta Vehicle Stability Assist (VSA) yang mampu memberi performa stabil di medan licin serta notifikasi audio untuk pemasangan Seat Belt pada bangku depan.

>>> Bukan Main, Sebagai Pemain Baru, VinFast Langsung Hadang Audi, Bentley, BMW Dan Ferrari

OPERASI Vinfast LUX SA2.0 2019

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, operasi mesin SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menerapkan mesin BMW yang berkode N20. Mesin unggulan ini dapat kita temui pada model BMW 3-Series dan 5-Series. Khusus untuk model SUV-nya ini, VinFast menawarkan racikan mesin 2.0 Liter empat silinder segaris Turbocharged dengan dua pilihan tenaga.

Operasi mesin SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menerapkan tenaga Turbocharged berkapasitas 2.000 cc

Operasi mesin SUV VinFast LUX SA2.0 2019 menggunakan mesin 2.0 Liter bertenaga Turbocharged besutan BMW

Pada varian pertama, tenaga yang dihasilkan mampu meraih angka 179 HP dengan torsi puncak 300 Nm. Sedangkan pada varian kedua, performa mesinnya tampak lebih unggul dengan perolehan daya sebesar 228 HP dengan estimasi torsi maksimum menyentuh angka 350 Nm. Menariknya lagi, kedua variannya menerapkan transmisi senada yakni 8 tingkat percepatan otomatis. Dengan spesifikasi SUV VinFast LUX SA2.0 2019 yang tampil cukup mumpuni, sudah dapat dipastikan bahwa performa mesinnya tak akan kalah dibanding Brand otomotif ternama lainnya.

>>> Perusahaan Otomotif Vietnam, VinFast, Siap Debut di Paris Auto Show

KESIMPULAN Vinfast LUX SA2.0 2019

Sebagai pemain baru dalam dunia otomotif, SUV VinFast tampil sangat gagah dan berkarakter. Menilik sasis bodinya tampil sepadan dengan BMW X-5 dipadu sentuhan maskulin dari desainer Italia, Pininfarina. Sehingga, kami sangat percaya bahwa kehadirannya di Paris Motor Show 2018 akan mendapatkan banyak perhatian dari para pengunjung. Meski DNA-nya dari Asia, namun mobil nasional Vietnam satu ini tak dapat diremehkan mengingat standarisasinya memenuhi minat dan ketentuan keselamatan Eropa. Setidaknya, itulah hal yang sangat mendarah daging dari SUV VinFast LUX SA2.0, mampu menjelaskan posisi kuat Vietnam kepada dunia otomotif internasional. Rencananya, model besutan Vietnam ini akan dipasarkan mulai awal tahun 2019 mendatang.

Video Teaser VinFast SUV yang belum lama ini dirilis

Lalu bagaimana dengan SUV VinFast Indonesia? Apakah model ini akan dipasarkan juga di Tanah Air? Sebelum kita menangkap jauh kepada kesimpulan tersebut, setidaknya dari kehadiran VinFast sebagai sesama Asia, bisa menjadi inspirasi dan masukan bagi perusahaan otomotif nasional Indonesia. Kegigihan dalam hal perencanaan matang hingga eksekusi pemasaran serta Branding, patut kita apresiasi. Tentu tak mudah bagi negara berkembang untuk beranjak ke arah globalisasi. Namun dengan kehadiran VinFast, diharapkan dapat memacu negara Indonesia untuk tak pernah mundur dalam upaya menduduki podium-podium otomotif di kancah internasional. Lalu, bagaimana opini Anda? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Sedan VinFast LUX A2.0 2019

    Jika sebelumnya, Cintamobil.com sudah membahas tentang model SUV-nya, tiba saatnya kami membahas sedan VinFast LUX A2.0 2019 ...

    Sedan User rate: 4,5 Editor rate: 4,8
  • Review Mitsubishi Grandis 2005

    Di Indonesia yang dimana mobil jenis MPV merupakan kendaraan keluarga paling dicari, Mitsubishi pernah membawa MPV menengah ...

    MPV User rate: N/A Editor rate: 4,3
  • Review Toyota Avanza 2008

    Penyegaran dilakukan oleh Toyota di tahun 2008 ini, kali ini ubahan yang dilakukan cukup banyak. Hal ini penting untuk ...

    MPV User rate: N/A Editor rate: 4,0

Cari review mobil