Review Porsche Cayman S 2013: Entry Level Sports Car Dengan Performa Mendekati Supercar

30/05/2019

Share this post:

Porsche Cayman 2013

Editor rate:

Lihat promo

Pada generasi ketiga Porsche Cayman, sangat terlihat para insinyur di Stuttgart bekerja keras membuat varian entry-level berkembang menjadi sports car sesungguhnya. Kinerjanya bisa dibilang mendekati model 911, dan sukses menghancurkan perlawanan kompetitor-kompetitornya di kelas yang sama. Maka ketika 911 (991) dianggap terlalu “menyala”, Porsche Cayman S bisa menjadi pengganti.

Review Porsche Cayman S 2013: Entry Level Sports Car Dengan Performa Mendekati Supercar
Review Porsche Cayman S 2013: Entry Level Sports Car Dengan Performa Mendekati Supercar
0 Gambar

Pengantar Porsche Cayman 2013

Mari kita simak spesifikasi Porsche Cayman 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Bodinya lebih besar dengan desain yang lebih modern dan matang

Beberapa komponen memakai milik Porsche 911 sebagai trim top of the line-nya Porsche

Efisiensinya meningkat karena membawa banyak fitur yang menunjang keiritan BBM

Sistem hiburan di kabin komplet dan advance

Kekurangan

Masih dalam keluarga Cayman yang dianggap sebagai varian entry level Porsche

Transmisi manualnya bukan tipe short shifter, sehingga wajib membiasakan diri agar tak terjadi miss gear

Bentuk fog lamp depan sangat sederhana

Gambar menunjukkan sebuah mobil Porsche Cayman S 2013 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Porsche Cayman S 2013 berpose dengan latar belakang laut Atlantik

Review Porsche Cayman S 2013 - Dibanding generasi sebelumnya, ada beberapa penyempurnaan dari Cayman generasi ketiga. Seperti yang bisa dilihat juga pada seri 911 (991) dan Boxster 918, Cayman berkode bodi 981 secara general merefleksikan bahasa desain terbaru Porsche. Desain keseluruhan terlihat lebih dewasa dari pada generasi pertama dan kedua Cayman. Terlihat mendekati tampang 991 yang dititah sebagai top of the line-nya keluarga Porsche.

Generasi ketiga keluarga Cayman ini dirancang lebih besar. Stabilitas adalah hal yang mau diraih dengan perubahan ini, mengingat ia dirancang sebagai sportscar sirkuit dan jalanan yang tak selamanya dikendarai seorang driver antusias.

Pada generasi ini terdapat dua varian yakni Porsche Cayman S dan Porsche Cayman tanpa imbuhan “S”. Keduanya dibedakan dari besaran kapasitas mesin boxer 6 silinder segarisnya, masing-masing 3,4 liter untuk Porsche Cayman S dan 2,7 liter dipakai Porsche Cayman.

Porsche Cayman sendiri lahir sebagai sports car berkonfigurasi mid-engine buah karya desainer Pinky Lai, yang kemudian memulai debut perdananya di Frankfurt Motor Show 2005. Positioning Cayman sangatlah jelas, ia diciptakan menjadi varian penengah, dalam artian harus memiliki feel and taste selayaknya 911 Carrera namun dengan packaging yang lebih kompak bak Boxster. Untuk mengetahuinya lebih dalam, mari kita bahas dalam review Porsche Cayman S 2013 berikut ini.

Eksterior Porsche Cayman 2013

Tampilan luar Porsche Cayman S 2013 dieksekusi sempurna lewat aksen garis dan lipatan pada pintu, lubang udara di samping, tampang gagah, serta ducktail yang memanjang dari sisi ke sisi. Inovasi ini dikatakan berpotensi menetapkan standar dan dinamika berkendara tertinggi di kelasnya. Apalagi generasi ketiga Cayman ini juga dilengkapi sasis baru nan rigid, jarak sumbu roda lebih panjang, serta bobot yang signifikan ringannya dibanding model sebelumnya.

Review Porsche Cayman S 2013: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Porsche Cayman S 2013 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan depan Porsche Cayman S 2013 lebih sleek dengan ciri lampu utama menonjol khas Porsche

Porsche jelas ingin memberikan karakter lebih sporty dan atletis untuk 981 Cayman. Salah satunya dengan membuat mobil terlihat presisi dengan bentuk yang lebih sleek, dinamis, dan landai. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan adanya air intake horizontal di area depan demi mengakomodir kebutuhan visual maupun aerodinamika.

Lampu utamanya mengadopsi Bi-Xenon dengan LED untuk penerangan Daytime Running Light (DRL)-nya. Sementara bentuk lampu utamanya tetap lonjong khas Porsche, dengan reflektor hitam dan mika bening yang terlihat sporty. Terdapat pula fog lamp bulat pada air intake, yang sayangnya membuat tampang di bagian depan Cayman malah terkesan entry level-nya.

Review Porsche Cayman S 2013: Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Porsche Cayman S 2013 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Porsche Cayman S 2013 saat sesi pengujian di sirkuir Autodromo Internacional Algarve, Portugal

Ekspos besar-besaran terhadap air intake samping sangat membuat tampilan samping tersimak sangar. Air intake ini selain berfungsi memasukkan udara untuk membantu kinerja mesin, juga sebagai penanda bahwa Porsche Cayman adalah mobil penganut mesin tengah.

Sementara itu wheelbase dipanjangkan 60 milimeter, untuk mendapatkan stabilitas solid dalam kecepatan tinggi. Sementara poros roda depan diperlebar 40 milimeter dan poros belakang hingga 12 milimeter. Upaya ini pun dibantu dengan meningkatkan diameter roda bawaan menjadi 19 inci (dari sebelumnya 18 inci).

Harus diakui, sangat sulit untuk melihat peningkatan ukuran ini secara kasat mana. Porsche Cayman S 2013 tetap memiliki overhang depan dan belakang yang pendek, dengan demikian yang lebih terlihat adalah keseimbangan estetikanya. Tapi upaya ini sejatinya memperlihatkan bagaimana hasrat insinyur-insinyur Porsche menghadirkan figur mobil yang tangkas dengan “kuda-kuda” lebar.

Review Porsche Cayman S 2013: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Porsche Cayman S 2013 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Revisi tampilan belakang Porsche Cayman S 2013 tersimak tampak lebih gagah dan dewasa berkat ducktail memanjang di antara stop lamp

Kami rasa buritan Porsche Cayman S 2013 merupakan bagian terbaik. Revisi lampu belakang dengan desain membulat yang dilengkapi LED, dibuat menyambung dengan ducktail sukses membuat tampilan belakang terasa berisi dan mahal.

Selain itu, untuk meningkatkan downforce pada kecepatan di atas 80 km/jam, pop-up spoiler akan secara otomatis  keluar dan menambah stabilitas buritan sebesar 40%. Maka mobil pun terasa makin melekat ke aspal.

Poin berikutnya, dengan menyusutkan garis atap sebesar 10mm ternyata tak hanya mengurangi coefisien drag aerodinamika dan mengurangi kebisingan angin, namun juga menampilkan buritan yang lebih “mapak”. Apalagi dual muffler di tengah terasa cukup impresif.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Porsche Cayman 2013

Kami harus mengacungkan jempol terhadap kualitas interior Porsche Cayman S 2013. Seperti halnya Porsche lain, kabin Cayman juga memancarkan aura sporty dan exclusive secara bersamaan meski tak banyak yang berubah dibanding seri sebelumnya.

Review Porsche Cayman S 2013: Dasbor dan Jok

Gambar menunjukkan desain bagian Interior Porsche Cayman S 2013

Detail pengerjaan interior Porsche Cayman S 2013 benar-benar presisi dan dirancang form follow function

Perbedaan besar dibanding Cayman generasi sebelumnya hanya pada konsol tengah yang lebih tinggi besar serta redesain pada kisi-kisi A/C. Dua buah jok semi-bucket tetap mantap membalut tubuh dengan pengaturan elektris, sementara indikator-indikator pun mudah dibaca dan dijangkau membuat pengemudi tak perlu banyak bergerak saat berkendara. Terdapat pula  pilihan opsional warna interior two-tone.

Review Porsche Cayman S 2013: Audio

Gambar menunjukkan desain Audio Porsche Cayman S 2013

Sistem hiburan di Porsche Cayman S 2013 termasuk advanced dengan power amplifier besar untuk memberikan suara audio yang detail

Porsche Cayman S 2013 yang kami ulas ini memiliki sistem audio high-end Burmester dengan 12 loudspeaker dan power ampifier 300 watt yang untuk pertama kalinya di sematkan di Cayman. Selain bisa mendengarkan musik dalam berbagai format (MP3, USB, CD, DVD, AUX, Radio AM/FM, Bluetooth), Anda juga dimungkinkan memutar video serta menangkap navigasi.

>>> Baca juga:

Fitur Porsche Cayman 2013

Gambar menunjukkan Roda mobil Porsche Cayman S 2013

Roda Porsche Cayman S 2013 yang didukung perangkat performa tinggi serta menjadi penghubung fitur keselamatan dan kenyaman

Porsche Cayman S 2013 dilengkapi fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang memungkinkan Anda mengendarai mobil ini dengan kecepatan stabil sepanjang jalur bebas hambatan tanpa menginjak pedal gas. Selain itu terdapay pula sistem Entry & Drive yang membuat Anda tak perlu anak kunci lagi untuk mulai mengendarainya.

Dari sisi pengendalian, sistem fitur torque vectoring akan memberi tanggapan kemudi secara presisi dan stabil. Perangkat ini dengan sigap mengatur intervensi rem belakang untuk memperoleh traksi sesaat setelah kemudi dibelokkan, sehingga pengemudi bisa langsung tancap gas sesaat setelah keluar tikungan.

Setirnya juga yang sudah menganut electronic power steering yang di-retuned sehingga lebih “berbicara” kepada driver. Secara naluri sistem elektrikal ini akan memberikan respons yang sama rata di berbagai permukaan jalan. Artinya, Anda tak perlu khawatir tak bisa mengendalikan Porsche Cayman S di jalur licin, karena sistem ini memastikan pengemudi dapat menstabilkan kendaraannya kembali dengan mudah. Bahkan ada fitur self-alignment yang akan memastikan setir kembali ke posisi lurus secara otomatis dalam kecepatan rendah.

>>> “Hands Off!”, Teknologi Porsche untuk Cegah Pencurian Mobil Klasik

Operasi Porsche Cayman 2013

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin Porsche Cayman S 2013

Mesin Porsche Cayman S 2013 yang dirancang semakin powerful namun lebih efisien

Sejatinya pada bagian dapur pacu inilah yang membedakan Porsche Cayman S 2013 dengan varian tanpa imbuhan “S”. Mesin flat-six 3,4 liter yang dibawanya bertenaga 325 dk dengan torsi 370 Nm terasa cukup bertenaga membopong bodinya yang besar. Uniknya, mesin ini diklain lebih efisien dibanding model Cayman sebelumnya.

Campuran konstruksi aluminium-baja pada bodi sangat berjasa mengurangi bobot mobil hingga 47%. Artinya, angka power to weight ratio-nya pun menjadi ideal, atau lebih sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.

Selain itu, Porsche Cayman S 2013 dilengkapi fitur engine start-stop serta skenario pengisian baterai alternator yang hanya terjadi pada saat mobil meluncur (tanpa digas) dan deselerasi yang membantu efisiensi. Dimana pengelolaan suhu pada mesin dan transmisi dengan mengandalkan sistem intelenjensia elektris, membuat kedua bagian tersebut lebih cepat mencapai suhu kerja yang ideal. Hal ini disebut-sebut berujung pada pembakaran yang lebih baik dengan friksi yang lebih sedikit.

Saat mencoba atau review Porsche Cayman S 2013 di sirkuit, kami memakai Sport driving mode dengan mengaktifkan kontrol traksi dan dengan posisi suspensi normal. Kebetulan yang dipakai adalah unit bertransmisi otomatis dengan upgrade opsinal PDK (Porsche Doppelkupplungsgetriebe) yang merupakan sistem dual clutch transmission hasil kolaborasi transmisi manual dan otomatis.

Gambar sebuah mobil Porsche Cayman S 2013 berwarna silver dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Porsche Cayman S 2013 saat digeber untuk merasakan performanya di sirkuit Autodromo Internacional Algarve, Portugal

PDK memiliki 7-speed dengan rentang penggantian yang rapat dan cepat. Buktinya, pada track lurus kami mendapat kecepatan puncak 250 km/jam, atau selisih 31 km/jam dari klaim yang tertulis di spesifikasi. Porsche Cayman S 2013 sendiri diklaim memiliki catatan waktu 0-100 km/jam hanya 4,9 detik.

Jangan tanya bagaimana cara deselerasinya, tapi kami yakinkan dalam kecepatan seperti itu, rem bukanlah satu-satunya perangkat pengurang laju. Kami pun menurunkan gear secara periodik, untuk membantu kaliper dan piringan karbon-keramik yang diaplikasi Porsche Cayman S. Sistem pengereman ini adalah perangkat yang sama yang dipakai oleh 911 (991).

Nah, dengan performanya yang lumayan garang di sirkuit, Porsche Cayman S juga amat jinak dipakai sehari-hari tak ubahnya mobil komuter. Bahkan versi bertransmisi manualnya sangat “manusiawi”, meski harus membiasakan memainkan tuas 6-speed-nya jika tak mau miss gear terutama pada gigi-gigi tinggi.

>>> Remote Park Assist dari Porsche untuk Anda yang Tidak Bisa Parkir

Spesifikasi Porsche Cayman 2013

Berikut ini adalah spesifikasi Porsche Cayman S 2013 yang Cintamobil.com sudah kumpulkan untuk Anda. 

  Mesin dan Peforma Porsche Cayman S 2013
 Kapasitas (cc)  3.436
Tenaga (hp) 325
Torsi (Nm) 370
Silinder 6
Katup 24
Bahan Bakar Bensin
Transmisi PDK 7-speed dan Manual 6 speed
Sistem Gerak Rear wheels drive (RWD)
Dimensi Porsche Cayman S 2013
Panjang (mm) 4.380
Lebar (mm) 1.801
Tinggi (mm) 1.295
Berat (kg) 1.370
Wheelbase (mm) 2.475
Suspensi dan Pengendalian Porsche Cayman S 2013
Suspensi Depan Independent front suspension
Suspensi Belakang Independent rear suspension
Power Steering Servo unit, electromagnetic with variable steering ration and pulse
Ukuran Roda 235/40R19 (depan) & 265/40R19 (belakang)

Daftar Harga Porsche Cayman 2013

Porsche Cayman S 2013 memang tak lagi menjadi jualan pengagennya di Tanah Air. Namun begitu di daftar listing Cintamobil.com Anda akan banyak menemukan varian harga Porsche Cayman S dalam kondisi bekas dijual. Sporscar entry level ini dijual dalam kisaran harga Rp 800 jutaan sampai Rp 1,3 miliar.

Kesimpulan Porsche Cayman 2013

Tampak 3/4 Depan Porsche Cayman S 2013

Apakah Porsche Cayman S 2013 merupakan sportscar yang menarik untuk Anda?

Generasi ketiga Porsche Cayman ini merupakan pertaruhan Porsche untuk membuat seri penengah yang lebih rasional. Wajib bisa mendefinisikan sensasi sport dengan pendekatan sisi entry level, tanpa menghilangkan konsistensi desain dan heritage khas Porsche. Dan pada Porsche Cayman S 2013 ini rasanya Porsche berhasil berhasil mengangkat derajat keluarga Cayman dengan membuatnya lebih gagah, serta feeling berkendara dan tenaga yang makin impresif.

Maka mungkin saja inilah pilihan sports car terbaik dan paling rasional untuk Anda para pemula dan tentu saja driver enthusiast, yang ingin merasakan impresi berkendara sport secara menantang dari Porsche. Sebelum akhirnya naik kelas ke varian supercar Porsche 911.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Rudy Ghupta
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Porsche Cayman 2013

16/07/2018

Editor rate:

Tak asing rasanya mendengar nama Porsche sebagai lambang dari kemewahan dan produk sporty besutannya. Mungkin kita lupa, bahwa Porsche Cayman yang sudah berjalan dari tahun 2005, sudah meraih generasi keempatnya kini. Namun perubahan paling menarik menurut kami ada pada generasi ketiganya. Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak membahas segala hal tentangnya dalam review Porsche Cayman 2013.

Lihat juga

Review Porsche 911 2019

30/11/2018

Editor rate:

Akhirnya diperkenalkan pada Los Angeles Motor Show 2018, generasi kedelapan yang dikenal dengan Porsche 911 2019 mendapatkan panggung pertamanya. Ditonton oleh puluhan ribu pasang mata, 992 menjadi iterasi teranyar Porsche dalam kendaraan paling legendaris milik pabrikan asal Jerman ini.

Lihat juga

Review McLaren GT 2019

24/05/2019

Editor rate:

Mendobrak pakem mobil Grand Touring secara fundamental, apakah McLaren GT 2019 bisa menjadi mobil paling asyik untuk digunakan dalam berkendara jarak jauh?

Lihat juga

Review Mercedes-AMG CLA 35 2019: Perpaduan Desain Ikonik dan Fitur Cerdas Mercedes

18/05/2019

Editor rate:

Mengikuti debut Amerika dari CLA 250 yang dilakukan pada Consumer Electronic Show, Mercedes-AMG CLA 35 2019 yang berorientasi performa juga mendapatkan penampilan pertamanya. Coupé empat pintu yang berbagi teknologi dengan A-Class menampilkan desain ikonik yang lebih berani dan asisten interior MBUX yang cerdas.

Lihat juga

Review Ferrari 488 Pista 2019

15/05/2019

Editor rate:

Sebagai edisi spesial dari keluarga Ferrari 488, Ferrari 488 Pista menjadi model kendaraan Ferrari yang paling dinanti dan menjadi salah satu collectible item yang ada di keluarga Ferrari. Apa sebabnya?

Lihat juga
back to top