Peringati Ulang Tahun ke-50, Porsche 917 Mendapatkan Restorasi Modern

13/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Peringati Ulang Tahun ke-50, Porsche 917 Mendapatkan Restorasi Modern
Tahun ini, Porsche merayakan ulang tahun ke-50 mobil balap Porsche 917 yang legendaris. Mobil balap yang pernah mendapatkan berbagai kemenangan dari kompetisi balap tahun 1970-an tersebut akan mendapatkan versi modern yang diperbarui.

Tepat lima dekade yang lalu di Jenewa, pembuat mobil sport Jerman memperkenalkan contoh seri pertama yang dijuluki 917-001. Untuk menandai kemunculan pertama Porsche 917, Porsche memiliki beberapa kejutan bagi penggemarnya tahun ini, salah satunya konsep 917 modern yang akan ditampilkan di Museum Porsche akhir tahun ini.

Porsche 917 modern berwarna merah dan putih

Tampilan modern Porsche 917 dengan corak merah dan putih

Porsche menjelaskan model merah-putih yang terlihat dalam gambar di atas dirancang oleh “sebagian kecil desainer dan teknisi Porsche”. Namun bagi Anda yang merasa memiliki cukup uang untuk membeli mobil apapun di muka Bumi, sayang Anda mungkin tidak bisa membeli mobil ini. Pasalnya, Porsche menegaskan bahwa edisi ulang tahun ini akan tetap “murni sebuah konsep studi”.

>>> Hanya Satu di Dunia, Bugatti La Voiture Noire adalah Mobil Termahal Sepanjang Masa

"Pendekatan kami terhadap penanganan mobil klasik yang otentik telah banyak berubah selama sepuluh tahun terakhir," Achim Stejskal, Direktur Museum Porsche, menjelaskan dalam keterangan resminya. Perubahan versi modern akan mendapatkan corak Salzburg merah yang putih yang sama dengan 917 ketika memenangkan Le Mans pertamanya.

Porsche 917-001 berwarna putih dan hijau

Versi asli Porsche 917 ketika pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show

>>> Ingin membeli mobil klasik lainnya? Dapatkan daftarnya di sini

Pada tahun 1970, satu tahun setelah debutnya, kemenangan 917 di Le Mans menandai keberhasilan motorsport terbesar yang pernah dicapai Porsche sampai saat itu. Kecepatan 917 kembali dibuktikan dengan memenangi Le Mans keduanya tahun berikutnya dengan Dr. Helmut Marko dan Gojs van Lennep di belakang kemudi. Dengan versi turbo 917/10 dan 917/30 yang dimodifikasi, Porsche terus mendominasi berbagai kejuaraan di seluruh dunia beberapa tahun berikutnya.

Stejskal juga menunjukan proses pemulihan 917 sehingga menjadi kendaraan yang lebih modern dilakukan di tempat produksi pertama untuk "mempertahankan bahan asli" dan dengan mempertimbangkan sejarah pameran yang relevan. Porsche mengatakan proyek itu menantang karena banyak transformasi yang telah dialami mobil ini selama bertahun-tahun.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

restorasi Porsche 917-001 berwarna putih dan hijau

Proses restorasi Porsche 917 yang dirilis oleh Porsche

Tidak ada detail lain yang tersedia selain satu gambar yang dirilis Porsche di atas. Namun kali ini, 917 akan mendapatkan spesifikasi asli tahun 1969. Pameran khusus yang juga memamerkan memorabilia balap serta teknis Porsche 917 akan diadakan mulai dari 14 Mei hingga 15 September tahun ini.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top