Remote Park Assist dari Porsche untuk Anda yang Tidak Bisa Parkir

03/09/2018
Bagi Anda malas memarkirkan mobil dan memiliki banyak uang, Porsche telah mengembangkan Remote Park Assist yang ditanamkan pada crossover mewah Porsche Cayenne yang telah diperbaharui.

Dilansir dari The Drive, Porsche telah mengumumkan pada Selasa (28/9) lalu bahwa perusahaan asal Jerman tersebut telah menanamkan fitur bantuan parkir baru bernama Remote Park Assist pada SUV crossover mewah, Cayenne. Teknologi ini diprediksi juga akan diberikan pada beberapa model lain.

Gambar yang menunjukan penggunaan fitur Remote Park Assist yang ada pada Porsche

Fitur ini bisa membuat mobil parkir secara swakemudi (foto: Porsche)

Sistem ini bekerja bersama fitur “parking spot search” atau pencarian tempat parkir yang memindai ukuran ruang parkir yang bisa dimasuki oleh SUV Cayenne. Ketika fitur tersebut mendeteksi adanya ruang kosong untuk parkir – entah dalam slot parkir paralel atau diagonal – teknologi tersebut akan memberitahu pengemudi.

>>> Bukan Cuma Fitur Standar, Sabuk Pengaman Juga Ada Teknologinya

Selanjutnya pengemudi bisa keluar dari kendaraan, menghidupkan fitur ini dalam smartphone mereka, menekan tombol aplikasi yang terhubung dengan mobil untuk mengaktifkan fitur Remote Park Assist. Pemindaian akan dilakukan, dan kendaraan menggunakan empat kamera untuk tampilan 360 derajat.

Selusin sensor ultrasonik akan memasukan data ke “unit kontrol penggerak kemudi pusat” yang menggunakan 20 unit kontrol tambahan untuk menempatkan kendaraan ke dalam ruang parkir sambil menghindari rintangan, seperti mobil lain, pejalan kaki, atau binatang kecil di di sekitar kendaraan.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Gambar yang menunjukan teknologi Remote Park Assist pada Porsche yang bisa diaktifkan menggunakan smartphone

Fitur Remote Park Assist bisa diaktifkan dengan menggunakan smartphone (foto: Porsche)

Teknologi parkir swakemudi bukanlah hal baru dimana BMW telah memamerkan teknologi ini pada tahun 2015 menggunakan BMW Seri 7 G11/G12. Mercedes juga mengumumkan fitur Remote Parking Pilot dengan W213 E-Class, serta Audi dengan A8 terbaru.

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Meskipun begitu, Porsche belum menentukan kapan Remote Park Assist akan tersedia di Cayenne, atau apakah fitur ini akan tersedia pada model lain. Pasalnya, dalam pernyataan resmi perusahaan berisi tentang referensi kendaraan yang akan mendapatkan fitur ini, seperti Cayenne, Cayenne Turbo, Panamera Turbo S E-Hybrid Sport Turismo, 718 Boxster S, 718 Cayman, 911 Carrera 4S dan 911 Carrera S Cabriole.

Teknis parkir Remote Park Assist pada Porsche Cayenne Turbo

"Ini adalah fitur yang direncanakan untuk Cayenne baru (yang akan diperkenalkan di AS akhir tahun ini), tetapi waktu ketersediaan fitur belum ditentukan atau belum diumumkan," jelas juru bicara produk Porsche, Frank Wiesmann dalam email untuk The Drive.

"Kami mempertimbangkan untuk menawarkan teknologi Remote Park Assist di kendaraan Porsche lain di masa depan. Namun, kami belum membuat keputusan atau pengumuman tentang hal itu." Wiesmann juga menegaskan bahwa fitur yang dikendalikan aplikasi smartphone ini tidak memerlukan langganan untuk digunakan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0