Bukan Untuk Pengereman Keras, Porsche Jelaskan Manfaat Sebenarnya Rem Carbon Ceramics

07/04/2019
Rem carbon ceramics sangat mahal. Karena itu, sebagian besar pengemudi menyebutkan bahwa rem jenis ini bisa digunakan dalam pengereman tingkat tinggi dan daya tahan yang lama. Namun ternyata anggapan tersebut salah.

Jika Anda memilih mobil sport baru dengan rem carbon ceramics untuk kinerja tinggi dan daya tahan yang lebih lama, sepertinya Anda telah salah tangkap. Paul Watson, perwakilan teknis dari Porsche Australia menjelaskannya dalam sebuah wawancara dengan Which Car. Ternyata, penggunaan rem jenis ini bukan untuk kinerja.

rem carbon ceramics yang terletak pada ban Porsche berwarna hitam

Porsche merupakan salah satu pabrikan yang menggunakan rem carbon ceramics

>>> Perbedaan Sistem Pengereman Otomatis, BMW X1 ‘Bunuh’ 3 Boneka Percobaan

"Ya, cakram keramik dapat menurun jika Anda mengerem," kata Paul Watson, perwakilan teknis veteran Porsche Australia. "Penumpukan panas akan menurunkan serat karbon dalam disk, jadi jika Anda ingin menjajal mobil dalam kecepatan, kami selalu merekomendasikan cakram besi," tambahnya.

Watson mengakui bahwa ketika Porsche pertama kali membawa rem karbon keramik ke pasar, mereka menyebutkan bahwa rem jenis ini diiklankan sebagai rem yang bisa digunakan sepanjang umur mobil. Namun pernyataan tersebut terbukti salah oleh seorang pemilik mobil yang menggunakan mobil yang mereka iklankan.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

“Kami mengetahui hal tersebut sejak lama,” katanya di acara peluncuran 992 di Tailem Bend. "Ketika kami pertama kali meluncurkan cakram, kami memberi tahu orang-orang bahwa mereka akan bertahan hampir seumur hidup mobil dan orang-orang melakukan balapan track dan kembali kepada kami dengan mengatakan 'Saya sudah menghabiskan [rem] tersebut'," akunya.

Memang sedikit mengejutkan karena rem jenis ini tidak digunakan untuk menambah kinerja maupun masa pakai yang lebih lama. Tetapi sebenarnya, rem carbon ceramics digunakan bagi mereka yang tidak suka membersihkan roda mereka. Watson menjelaskan, “[Penggunaan rem keramik karbon karena] mereka tidak meninggalkan tumpukan debu rem, jadi itu [sebuah] keuntungan."

>>> 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudikan Mobil Otomatis

Begini cara membersihkan roda yang menggunakan rem carbon ceramics

Jadi, bukan hanya rem jenis ini tidak begitu tahan jika digunakan dalam pemakaian tingkat tinggi, namun akan mempercepat rem menjadi aus. Bagi Anda yang memiliki rem jenis ini, Anda bisa lebih tenang dalam membersihkan roda karena rem carbon ceramics bisa lebih tahan dalam menghadapi debu dan kotoran. Karena itu, Anda tidak perlu membersihkan rem dalam jangka waktu yang lama.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya seputar mobil

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain